Langkah Kecil Dan Mudah Pelihara Lingkungan Dengan Kampanye Be Fashionable Be Sustainable Bersama SoKlin White And Bright

Saat ini kita memang tidak bisa tak peduli pada alam. Dampak dari kerusakan alam sudah kita rasakan bersama.

Perubahan iklim dan kenaikan suhu bumi. sudah terasa panas sekali kan sekarang?

Ya selain karena efek rumah kaca, juga karena makin berkurangnya hutan paru paru dunia. Tapi bukan hanya itu penyebabnya. Limbah yang dibuang dan mencemari lingkungan turut serta merusak alam tempat tinggal kita ini.

Selain sampah plastik, sampah tekstil dan limbahnya juga merupakan penyebab parahnya kerusakan lingkungan.

Tahu nggak bahwa setiap tahun kain yang diproduksi di seluruh dunia ini mencapai 400 miliar meter persegi. Dari jumlah itu, sekitar 15 persen atau 60 miliar m² dibuang selama proses pemotongan.

Jumlah kain yang terbuang ini bahkan bisa untuk menyelimuti kota Surabaya yang luasnya 350,54 km² ini sebanyak 171 kali. Kain sebanyak itu kalau dibuat kemeja bisa jadi 26,666 juta.

Itu baru sisa potongan Pola, belum lagi limbah bahan pewarna, limbah Proses pembuatan Kain, Limbah pakaian lama yang tidak lagi digunakan.

Yuk ambil bagian setidaknya mengurangi beban bumi. Apalagi sebagai seorang perempuan sekaligus customer fashion no 1 Kita dapat mengambil langkah langkah simple dan mudah demi mengurangi limbah tekstil ini.

Pas banget kemarin itu aku ikut campaign ” Be Sustainable Be Fashionable by Soklin“. Yang diadakan beberapa hari lalu di The Forum Mall Kelapa Gading Jakarta Utara.

Dalam Talkshow sekaligus workshop yang bekerja sama dengan ESMOD Jakarta Dan komunitas Sadar Sedari, Soklin melalui campaign ini mengajak para Ibu dan keluarga di Indonesia untuk turut serta mengurangi limbah tekstil dengan cara menjaga dan merawat pakaian lebih tahan lama.

Ibu Joanna dari Wings
Ibu Joanna dari Wings

“Biasanya kalau pakaian pudar, terutama untuk perempuan. Rasanya pingin segera ganti pakaian baru. Padahal sebenarnya ada Cara mudah merawat pakaian agar warna dan serat kainnya lebih tahan lama” Ujar Joanna Elizabeth Samuel, Marketing Manager Fabric Care PT Sayap Mas Utama.

Lebih lanjut Joanna mengatakan So Klin mendukung inovasi kreatif khususnya dalam hal merawat dan mix and match pakaian. Dengan So Klin White & Bright, pakaian lama Anda akan tetap bersih dan tampak selalu baru. So Klin White & Bright menjaga warna agar tetap cemerlang seperti baru walaupun sudah dicuci berulang kali. Selain itu, So Klin White & Bright juga membantu meningkatkan efisiensi waktu para Ibu di rumah agar tidak perlu repot dalam memilah warna baju ketika mencuci,”

Esmod Jakarta sebagai salah satu sekolah design terkemuka juga sudah turut melakukan kampanye demi mendukung fashion yang sustainable. Selain memilih Kain berbahan khusus yang lebih aman dan mudah terurai bila tidak lagi terpakai.

” Saat ini, kami juga lebih memilih untuk menggunakan serat kain tencel yang berasal dari kayu, sehingga ketika pakaian tersebut sudah tidak dipakai lagi, dapat dengan mudah terurai ke alam. Metode ini juga kami terapkan kepada para siswa melalui kurikulum di sekolah” Jelas Patrice Desilles, Academic Program Head ESMOD Jakarta.

Pakaian dari Kain tencel yang lebih ramah lingkungan
Pakaian dari Kain tencel yang lebih ramah lingkungan

Dalam acara kampanye Be Sustainable Dan be Fashionable with Soklin ini, ESMOD Jakarta juga menunjukkan beberapa rancangan design karya siswa disana yang merupakan hasil dari Upcycling dan Recycling pakaian.

Upcycling adalah upaya mendaur ulang dengan menggunakan bahan lama ditambah beberapa bagian yang baru.

Recycling adalah upaya mendaur ulang dengan menggunakan bahan lama menghasilkan bentuk/pakaian baru.

Pakaian Upcycling dari Esmod Jakarta
Pakaian Upcycling dari Esmod Jakarta

Kami pun beruntung mengikuti “workshop upcycling pakaian” bersama siswa ESMOD. Bahan bahan pakaian lama disediakan oleh komunitas Sadari Sedari yang telah mengumpulkan pakaian layak pakai Dan mencuci, merapikan lalu menjual ke yang membutuhkan. Nanti hasilnya dijadikan untuk mensupport pendidikan kreatif.

Aku saat menambahkan pernak pernik di pakaian bekas
Aku saat menambahkan pernak pernik di pakaian bekas

Nah di workshop ini, kami dibebaskan berkreasi menyulap pakaian bekas menjadi sesuatu yang lebih bagus, fashionable dengan menambahkan pernah pernik tertentu. Aku ingat Patrice Desilles berkata bahwa yang namanya kreativitas itu kebebasan berekspresi dari dalam diri. Selagi sesuatu itu hanya melibatkan diri sendiri ya bebas saja lakukan kreasimu. Kecuali bila untuk keperluan bisnis, maka harus melihat banyak Hal lain diantaranya selera pasar.

Workshop Upcycling bersama Esmod Jakarta
Workshop Upcycling bersama Esmod Jakarta

Tambahan lagi dari Indi barens yang menjadi MC di acara ini ” bagaimana sebagai konsumen harus memperhatikan petunjuk perawatan/label pakaian. Karena kuncinya selain kreatif juga harus pandai merawat pakaian. Sehingga baik serat Kain/warna tidak mengalami kerusakan. Memilih detergent yang baik dan pas untuk kebutuhan merawat warna dan serat Kain harus dilakukan”

Nah pas banget rasanya bila memperkenalkab produk detergent yang mampu merawat serat kain dan warna pakaian lebih tahan lama. Produk ini merupakan hasil produksi Wings yang juga bagian dari Soklin.

Soklin White and Bright merupakan produk detergent terbaru dari PT. Wings yang sudah diluncurkan sejak Oktober 2018. Dengan bentuk konsentrat dan liquid. dengan Optical Brightener Technology membuat warna pakaian menjadi lebih cemerlang walau sering dicuci. Dengan Power Clean Action nya yang bisa membersihkan pakaian sampai jauh ke dalam serat pakaian sehingga pakaian lebih cepat bersih dengan mudah.

Selain itu SoKlin White and Bright ini membuat Proses pencucian jadi lebih efisien karena tidak perlu memisahkan antara pakaian putih dan berwarna. Jadi mencuci tidak perlu berkali kali.

Berkat teknologi Fresh Lock yang mengunci keharuman farfum detergent lebih lama di pakaian. Membuat pakaian jadi wangi dan segar lebih tahan lama.

Nah garis besar yang dapat aku simpulkan dari Acara diatas adalah. Sebagai seorang perempuan, ibu dan konsumen fashion number one. Kita dapat mengurangi limbah tekstil dengan Cara kreatif. Bisa dengan mendaur ulang pakaian lama menjadi pakaian yang lebih fashionable. Juga dengan memakai pakaian lebih lama dengan bantuan detergent SoKlin White And Bright yang akan merawat pakaian Kita jadi lebih tahan lama lagi.

Apapun langkah kecil yang Kita lakukan Tentu saja bila dilakukan bersama sama dan terus menerus pastinya akan kelihatan hasilnya. Lingkungan yang sehat dan nyaman tentu saja juga hak anak cucu Kita kelak. Baiklah, sampai jumpa nanti di postingan lainnya. Bye bye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *