Pekan ASI Sedunia 2019, Pentingnya Dukungan Keluarga Untuk Ibu Menyusui

Air susu ibu menjadi salah satu keajaiban dunia. Bagaimana tidak? dari cairan yg keluar dari tubuh ibu ini ternyata mengandung gizi terbaik dan sangat mudah diterima oleh setiap bayi.

Rasanya tidak pernah terdengar ada bayi yang tidak dapat menerima ataupun mengkonsumsi asi. Yang sering terdengar adalah tidak setiap ibu mampu dan dapat memberikan asi.

Ibu Mentri Nila F Moeloek Bersama para pemenang Ibu Asi
Ibu Mentri Nila F Moeloek Bersama para pemenang Ibu Asi

Aku waktu kecil termasuk yang hanya sempat sebentar saja mendapatkan asi, yakni hanya 9 bulan. Karena di usia yang masih sangat kecil itu aku sudah harus memiliki adik. Yup ibuku hamil. Dan dengan kondisi kehamilannya beliau lantas tidak dapat memberikan air susu ibu.

Tapi untunglah hal itu terjadi setelah melewati masa 6 bulan ekslusif serta aku sudah makan menu pendamping asi. Sehingga dengan tambahan susu formula aku tidak kekurangan nutrisi. Ya walaupun tentu saja bayi dengan air susu ibu 2 tahun tentu lebih baik.

Dulu mungkin ibu terkena yang namanya baby blues tapi karena dahulu belum terkenal seperti sekarang istilahnya jadi ya dianggap biasa saja.

Bagaimana tidak, kondisinya dulu bapak masih bekerja di perusahaan minyak yang mengharuskan beliau masuk keluar hutan/ke pantai yang jauh dari tempat kami tinggal. Selain punya anak bayi, Ibu yang baru saja jadi pasangan muda pun jauh dari orang tua dan keluarga. Plus suami yang pulang tiap 2 minggu/1 bulan sekali. ditambah lagi sedang hamil muda. Jadilah proses memberikan asi untukku jadi macet.

Nah hal ini muncul dari ingatanku saat mengikuti peringatan pekan asi sedunia yang diadakan di kementrian kesehatan RI. yuph karena aku hanya sempat hamil lalu keguguran, praktis aku belum punya pengalaman mengASIhi anak.

Selain acara talkshow mengenai betapa pentingnya Asi bagi bayi selama 1000 HPK juga diadakan workshop menjadi ayah siaga asi. Bahwasanya proses pemberian asi ini tidak hanya menjadi tugas dan kewajiban ibu. Dalam pelaksanaannya juga harus ada peran ayah lebih baik lagi bila didukung oleh semua keluarga.

Para Narasumber dalam Talkshow Pekan ASI Sedunia
Para Narasumber dalam Talkshow Pekan ASI Sedunia

Pentingnya Air Susu Ibu Bagi Bayi dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan

1000 hari pertama kehidupan dimulai sejak 270 hari di dalam kandungan ditambah 730 hari awal kehidupan atau setara dengan usia 2 tahun pertama.

Masa 1000 HPK ini memegang peranan yang amat penting karena Proses tumbuh kembang seorang anak paling maksimal terjadi di masa ini. Pertumbuhan dan perkembangan otak dan organ dalam anak paling banyak terjadi di masa ini.

80 persen pertumbuhan otak pada anak terjadi di masa 1000 HPK sedangkan sisanya adalah setelahnya. Selain itu bila terjadi kekurangan nutrisi pada bayi selama rentang usia ini. Maka ancaman  malnutrisi dapat menyebabkan stunting atau perawakan pendek yang juga mengancam rendahnya kualitas IQ.

IMG_20190807_094347

Sayangnya sekarang ada banyak Faktor yang membuat seorang Ibu kesulitan memberikan ASI. Yakni Faktor internal Dan Faktor eksternal. Apa saja kedua Faktor tersebut. Yuk simak penjelasan u dibawah ini.

Bagaimana Cara Ayah memberikan Dukungan Kepada Ibu Dalam Rangka Pemberian ASI?

Beberapa Hal yang bisa Ayah lakukan untuk mendukung ibu menyusui

1. Biarkan Ibu menyusui beristirahat.

Kelihatannya saja pekerjaan menyusui bayi adalah suatu Hal yang mudah. Tapi ternyata sekedar duduk sambil menyusui pun itu cukup melelahkan loh.

2. Ikut bangun saat ibu menyusui

Nah ini membantu secara psikologis. Walau kadang ibu tidak perlu dibantu untuk menyusui. Tapi saat melihat suami ikut bangun ketika si kecil menangis tengah malam. Secara psikologis ini membuat sang ibu merasa diperhatikan. Bahwa ini adalah Anak mereka berdua.

3. Bantu mengganti popok bayi

Ayah yang hebat adalah ayah yang berusaha membantu semua keperluan anaknya. Toh hal ini bukan hal hal yang sulit dan bisa dipelajari.

4. Bantu sendawakan bayi Setelah bayi menyusui.

Caranya dengan menggendong bayi Dan tepuk tepuk pelan punggungnya. Oh iya Tentu saja hal ini bisa Ayah lakukan saat sedang berada dirumah dan tidak sedang bekerja

5. Bantu ibu membersihkan rumah.

Ini penting sekali, untuk beberapa ibu. Lingkungan rumah yang nyaman dan bersih. Membuat perasaannya menjadi lebih bahagia dan Proses menyusui menjadi lebih lancar.

6. Selalu jadi supporter no 1

Yes dukung istri dengan kalimat kalimat positif. Tenangkan dia dan boleh juga beri pujian serta semangat. Yang pasti ibu yang bahagia cenderung menghasilkan ASI yang lebih banyak.

Ternyata nggak terlalu sulit ya untuk mendukung proses menyusui Anak Anak kita. Apalagi memang ASI merupakan makanan yang Paling bernutrisi Dan dibutuhkan bayi  Yes dengan begini semoga ASI ekslusif untuk Anak Anak kita dapat tercapai. Semoga tulisan ini bermanfaat ya.

IMG_20190807_073315

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *