Inspirasi Menata Rumah Mungil di Talkshow Pameran IPEX 2019

Bener nggak sih, kata orang rumah nenek Kita dulu seluas lapangan bola, rumah orang tua seluas lapangan basket dan rumah Kita seluas lapangan tennis meja.

Atau bisa dibilang rumah orang tua setengah rumah nenek, dan rumah Kita seperempat rumah nenek.

Ya kalau dipikir-pikir memang ada benarnya juga sih. Contohnya rumahku. Luasnya bangunannya hanya 70m luas tanahnya 100m. Memang jauh lebih kecil dari rumah orang tua apalagi rumah nenek kakek di kampung.

Tapi wajar sih, mengingat harga tanah dan bahan bangunan sekarang sudah sangat Mahal. Dan sudah ada perubahan style dan gaya hidup juga. Jadi rumah minimalist sekarang juga banyak disukai keluarga muda.

Contohnya aku, memang dari masih single dulu. Cita citaku kalau punya rumah ya maunya yang minimalist saja, karena aku teringat dulu waktu kecil selalu merasa kerepotan tiap dapat giliran mengepel atau menyapu rumah.

Berkunjung ke IPEX July 2019

Rumahku yang sekarang hanya seluas ruang tamu rumah nenekku xixixixi. Tapi tidak mengapa yang penting isinya lengkap dan fungsional.

Yup sebagai kawula muda yang pingin selalu praktis. Rumah minimalist dengan design yang apik dan dukungan alat alat elektronik canggih nan memudahkan adalah tujuanku saat ini.

Kebetulan sekarang aku sedang merenovasi rumahku di Cibinong. Selain memperbaiki beberapa genteng yang bocor karena rumah tersebut belum kami tempati dari 2015. Juga membangun kamar mandi tambahan di belakang. Membangun dak untuk toren air. Juga kitchen set.

Direnovasi biar Makin ciamik
Direnovasi biar Makin ciamik

Rencananya September Setelah cat dinding rumah dengan warna baru dan kitchen set selesai. Kami akan mulai pindahan.

Tapi terus terang aku bingung bagaimana mulai memilah barang apa saja yang akan aku bawa dan kupindahkan dari rumah lama ke rumah baru.

Karena dulu aku pernah berjualan palugada online shop. Masih banyak stok daganganku bertumpuk di rumah lama. Ini juga menjadi peer yang bikin pusing kepala.

Untunglah, BTN kembali mengadakan gelaran Indonesian Property Expo yang berlangsung di JCC mulai tanggal 27 Juli hingga 4 agustus kemarin.

Nah seperti biasa, di IPEX 2019 sering diadakan talkshow yang diperuntukkan juga untuk pengunjung yang datang.

Jadi selain pengunjung bisa melihat lihat penawaran promo perumahan dari Jabodetabek hingga lokasi bergengsi lainnya. Pengunjung pun mendapat insight dari event talkshow yang berlangsung di panggung utama IPEX.

3 narasumber di talkshow serba Serbi Menata rumah
3 narasumber di talkshow serba Serbi Menata rumah

Salah satunya yang aku ikuti beberapa waktu lalu di Indonesia Property Expo 2019. Event bertajuk ” Serba Serbi Menata Rumah” bersama Adelya VK seorang designer interior, Zata Ligow Selebgram dan Ani Berta Founder Komunitas ISB.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, sambil cari rumah bisa juga upgrade ilmu menata rumah small space living.

Penasaran nggak apa saja isi sharring dari acara talkshow kemarin itu? Kalau penasaran sini aku dengan senang hati menceritakannya.

Small Space Living ala Adelya VK

Rupanya mbak Adel ini dahulu juga menjadi narasumber di talkshow IPEX 2018, Dan kebetulan aku juga ikut hadir.  Bisa baca disini ya inspirasi rumah mungil di IPEX 2018

Materi yang dulu disampaikan oleh mbak Adelya tentu sangat bermanfaat dan dari sinilah aku sudah menentukan tema rumahku saat ini.

Wanita cantik dengan blus biru donker ini memaparkan materi bagaimana menyiasati rumah dengan luas bangunan yang kecil. Walau kecil rumah tetap bisa dibuat cantik, nyaman dan instagramable.

Adelya VK
Adelya VK

Menurut mbak Adelya, rumah mungil tetap bisa jadi menarik, nyaman, lengkap dengan fungsinya bila ada sebuah tema yang Kita terapkan. Nah ada 4 tahapan penting dalam perencanaan sebelum Kita menentukan tema rumah. Apa saja sih ke empat hal tersebut?

1. Catat kebutuhan masing masing anggota keluarga.

Misal ayah butuh ruang kerja dengan meja kerja yang nyaman. Ibu suka sekali masak dan bikin kue, maka perlu kitchen set dengan tools yang cukup lengkap. Diharapkan dengan adanya data ini, Kita tidak membeli furniture atau tools yang tidak diperlukan dan hanya akan memakan ruang.

2. Mengenal karakter diri sendiri dan keluarga kearah kesukaan.

hal ini juga menentukan warna hunian, beserta cat dinding, tema rumah yang nantinya juga akan dipilih Misal skandinavian, bohemian, japanese, gothic dll

3. Perbanyak Referensi untuk hal hal yang disukai

Sebelum pindah ke sebuah rumah atau memutuskan mendesign sebuah ruangan. Kita diperkenankan mencari referensi, biaa melalui instagram, pinterest, majalah home design dll

4. Budget, nah ini benang merah dari ke 4 tahap diatas.

kalau memang budgetnya cukup, maka akan bisa banyak referensi yang dipakai. tapi bila tidak, cari referensi yang paling sesuai dengan kemampuan budget.

Kalau rumah sudah memiliki tema yang jelas. Kita dapat dengan mudah menyusun, menyiapkan produk, baik elektronik maupun furniture yang pas dan sesuai dengan tema rumah yang Kita ambil.

Namun setidaknya ada enam Hal Penting yang dapat Kita lakukan. Ada 6 Hal Penting yang dapat Kita lakukan agar rumah mungil Kita jadi lebih optimal baik dalam segi style, maupun function.

Yuk sama sama simak apa saja ke 6 hal tersebut.

1. Lighting

Tentu saja ini merupakan hal yang amat penting. Pencahayaan baik cahaya alami maupun cahaya tambahan akan membuat ruangan dirumah mungil terasa luas dan tidak pengap. Penggunaan jendela jendela besar, maupun lampu lampu gantung yang cantik membuat kesan ruangan terasa lebih lega sekaligus instagramable.

Contoh Lighting tambahan
Contoh Lighting tambahan

2. Sirkulasi udara

Ini juga amat sangat penting, sirkulasi udara dalam ruangan yang baik, tidak hanya membuat ruangan terasa nyaman, juga memberikan support kesehatan bagi penghuninya. Penggunaan exhaust juga dapat membantu mengeluarkan udara Panas dari ruang sempit.

3. Warna cat

Cat dengan warna cerah dan terang seperti putih/cream akan memberikan kesan lapang, hangat dan bersih pada ruang ruang di rumah mungil.

4 . Storage
Penyimpanan pada rumah mungil, harus pandai mengambil arah/space agar storage ini tidak mengambil luas tersendiri dan makin memberi kesan sempit

5. Penghijauan.

Sepertinya menempatkan tanaman hijau baik organik/real maupun artificial dapat memberikan kesan segar, nyaman.

Screenshot_20190805-221632-01

6. Ketepatan furniture terhadap tema

Nah yang ini pun tidak kalah psnting. Karena furniture yang sesuai dengan tema yang diambil akan memberikan kesan balance. Misal ambil tema Japanese yang bersih dan serba tertata rapi. Sebaiknya pilih warna warna yang sesuai.

Nah khusus yang baru mengisi rumah baru sepertiku, mbak Adel memberikan tambahan tips. Barang/furniture apa saja yang sebaiknya Kita beli/persiapkan terlebih dahulu. Ya kecuali Kita Anak sultan dengan budget tidak terbatas, tips ini tidak berlaku.

Furniture yang bisa Kita dahulukan saat mengisi rumah diantaranya adalah, tempat tidur yang nyaman lengkap dengan lemari pakaian dan pendingin ruangan. Lalu setelah itu kitchen set dan perlengkapannya, yang ketiga sofa empuk nan nyaman untuk ruang tamu. Nah setelah tiga hal ini terpenuhi. Kita bisa memulai mencicil membeli barang lainnya.

Salah satunya meja kerja dan mood booster wall yang ternyata kalau serious ditata selain akan meningkatkan produktivitas juga mempercantik rumah Kita.

Seperti tips yang disampaikan oleh Mbak Zata Ligow tentang bagaimana menata dan mempercantik ruang kerja di rumah.

Pas, banget rasanya begitu mendengar penuturan dari Selebgram cantik yang juga memiliki usaha sekolah kepribadian ini.  Selain berprofesi sebagai seorang freelancer blogger. Aku juga memiliki hobi menjahit pakaian.

Sudut kerja yang apik dengan meja kerja yang rapi tentu saja amat sangat aku butuhkan.  Ada Dua hal Penting yang menjadi benang merah dari materinya mbak zata Ligow ini yakni

Meja kerja yang sesuai dan ergonomis. Tidak perlu beli yang baru. Modifikasi dari yang sudah Ada pun cukup. Yang Penting posisinya membuat tubuh Kita nyaman saat bekerja. Agar tidak pegal bila digunakan dalam waktu lama

Mbak Zata Ligow
Mbak Zata Ligow

Sediakan kotak kotak penyimpanan atau pilih meja berlaci bila Kita termasuk kategori orang yang tidak Rajin rajin amat rapi rapi. Yang Penting meja belajar/kerja harus tampak rapi, bersih di permukaan.

Yang kedua adalah mood board. Menurut mbak Zata. Dengan adanya mood board ini. Selain tempat menuliskan segala macam kesukaan Kita, target target hidup, reminder. Juga Akan menambah semangat ataupun memperbaiki mood.

Menambahkan tanaman hijau juga dapat menambah kesegaran sudut ruang kerja.

Nah itulah tadi kedua materi yang disampaikan oleh para Narasumber dalam event serba Serbi menahan rumah di IPEX 2019. Semua rumah mungil bisajadi cantik kalau Kita beneran concern untuk menata dan mempercantiknya.

Untuk kamu yang belum sempat ke IPEX 2019 edisi Juli nanti bisa hadir ke IPEX November di JCC. Dan jangan lupa selain membeli rumah baru di IPEX 2019. Pastikan pula kamu Menata rumah tersebut ya.

BTN menjadi sponsor utama IPEX 2019
BTN menjadi sponsor utama IPEX 2019

22 Comments

  1. Noted nih semua tips menata dan mempercantik ruang kerja di rumah yang mungil, dengan begitu moodbosster buat cari ide di ruang kerja yang tertata apik akan dapat ya

  2. Tips yang diutarakan di atas perlu kucoba deh, secara rumahku mirip deh konsepnya..

  3. Promonya buanyaaakk dan super menarik ya Mba
    Jadi semangaaatt buat menata dan renov rumah, yeayyy!

  4. Tadinya mau ikut liputan ini nih tapi bentrok acara keluarga. Nggak ada kata sulit ya zaman now karena referensi urusan menata rumah mungil aja gampang banget ya

  5. kayaknya aku harus ganti warna cat rumah mbak ehheee…kalau dipikir-pikir iya sih, warna puith bisa bikin ruangan berasa lebih luas

  6. Aku baru sekali nih ke event IPEx senangnya dpat insight baru ttg penataan rumah terutama ruang kerja. Walau ga punya ruangan sendiri tapi saran mbak Zata boleh juga tuh klo sudut rumah bisa jd ruang kerja dengan penataan yang bikin mood naik.

  7. Iya tuh, kalo menata ruang mungil memang harus perlu siasat yang bener-bener detail, biar terlihat rapi, luas dan nyaman.

  8. Emang rumah tak perlu gede yang penting fungsional dan nyaman menurutku, btw rumahku ya seuprit std developer hahaha. Seneng ya dapat banyak tips menata rumah. Terutama ruang kerja, emang butuh space buat freelancer supaya bisa kerja dengan hati gembira hehe

  9. Cuss mba Fika beli rumah lagi hehehe, promo di IPEX emang luar biasa banget. Kmrn aku sambil nanya2 sapa tau jodoh cari rumah tapi blm jodoh juga hahaha

  10. sekarang lagi trend banget yang rumah yang minimalis seperti ini ya seiring dengan gaya hidup minimalist juga

  11. Rumah q istana q. Senang nya ya kl sedang mendekor rumah. Sebisa mungkin d buat nyaman sesuai keinginan kita. Semoga menjadi rumah yg penuh keberkahan ya .. Aamiin

  12. Kepingin bnget deh menata rumah sekarang Instagramable biar nyaman Dan indah di lihat ya,, jadi bikin betah y mba fika lagi nyicil barang2 nya dulu nih

  13. Jadi kepingin punya rumah sendiri, udah gitu di dekor dengan interior design yang seperti ini. Kaya nya asik kalau punya rumah yang instagramable dan nyaman, ga perlu pusing cari kafe untuk Poto cantik.

  14. Wah kalo tahu trik2 ini pasti bisa mengakali rumah yang sempit jadi kelihatan luas ya. Emang harus disesuaikan semuanya. Terima kasih tips dan triknya ya. Menarik untuk dicoba.

  15. Dicatet banget nih mbak tipsnya…secara suka melihat rumah yang cantik dan tertata rapi meski gak luas…Apalagi dilengkapi tanaman…

  16. aku emang tertarik banget punya rumah yang modern tapi minimalis. barangnya secukupnya ajaa 😻

  17. Ke ipex, selain bisa tau info property, bisa dapat info menata rumah minimalis dan meja kerja juga ya, mba. Mayan bgt.

  18. Aku lagi merapikan rumah dengan mengurangi barang nih mbak Fika. Perasaan banyak barang ga berguna tapi sayang kalo mau disingkirkan

  19. huwa menyenangkan banget ini mba Fika bisa ikutan ngangsu ilmu dan mengurangi berbagai barang yang nggak penting ya. Di rumah aku banyak numpuk barang wkkwwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *