Serunya menonton Festival Barongsai Meriah

Aku tinggal dan berasal dari salah satu kota yang tradisi tionghoanya cukup kental. Sebagai salah satu budaya yang cukup mempengaruhi kehidupan mulai dari makanan, fisik, maupun sosial.

IMG_20190217_165900-02

Yuph, aku berasal dari PALEMBANG. Salah satu tokoh tionghoa yang cukup terkenal adalah Muhammad Ceng Ho. Belum lagi aku tinggal bertetangga dengan saudara saudara multietnis. Diantaranya banyak juga etnis tionghoa.

Setiap mereka merayakan ibadah agamanya dan menampilkan Barongsai. Kami anak anak yang tinggal berdekatan rumah. Dapat ikut menikmatinya. Walaupun keluarga muslim kami tetap menjaga silahturrahim. Yang penting tetap ada aturan yang dijaga.

Barongsai sudah tidak asing lagi buatku. Berdasarkan kepercayaan tradisional masyarakat Tiongkok, singa adalah simbol keberanian, stabilitas, dan keunggulan. Tarian tradisional memakai kostum menyerupai singa disebut pula sebagai barongsai.

Konon katanya, Barongsai merupakan salah satu cara mengusir roh jahat. Ya bagiku menonton barongsai saja sudah memberikan hiburan yang sangat menarik. Menurutku Barongsai adalah seni olahraga yang Indah, tidak kalah dengan jenis olahraga atletik lainnya. Bagaimana kecakapan mengatur lompatan, berpadu dengan gerakan tarian.

Makanya waktu One Parc Puri mengadakan festival Barongsai  di akhir pekan. Acara ini diadakan selama 2 Hari 16-17 februari 2019. Namun aku dan teman teman memilih hadir di hari Minggu 17 februari.

Aku bersama teman temanku minat sekali untuk menyaksikan ya. Sayangnya karena Ada trouble di bus transjakarta. Setelah menunggu 1 jam lebih, baru dapat bus.  Membuat kami terlambat hadir ke acara.

Melewatkan 2 keseruan lainnya yakni coaching class dan workshop membuat bunga mei hua. Padahal dua acara ini juga ingin kuikuti. Hiks gara gara telat dapat bis. Telat pula sampainya.

Tentang One Parc Puri Tangerang

Oh iya Apartement One Parc Puri merupakan hunian modern integrated development. Dengan mengusung tema WOHO (work office home office) One Parc Puri ini dikembangkan oleh PT. Metropolitan Karyadeka Ascendas. Tahukah kamu konsep ini pertama kalinya loh diterapkan di Indonesia dan juga di negara-negara berkembang lainnya contoh Singapura
One Parc Puri
One Parc Puri
Sebenarnya dari rumahku ke One Park Puri sendiri tidak terlalu sulit. Bisa Naik bus transjakarta dari Blok M jurusan Blok M – Ciledug. Lalu turun di Puri beta 2. Lanjut menggunakan taksi online sekitar 15 menit. Namun bagi yang memiliki kendaraan pribadi, akses jalur transportasi jadi lebih mudah karena hunian yang berlokasi di wilayah barat Jakarta yang  memiliki akses langsung tol Karang Tengah.
Lokasinya juga strategis karena berada sekitar 15 kilometer dari pusat bisnis Jakarta. Sangat dekat dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta, dan Toll JORR. Serta akses langsung ke jalan toll Jakarta – Merak. Selain itu juga  dekat dengan pusat perbelanjaan Puri Indah Mall dan Lippo Mall Puri.
One Parc Puri ini dibangun di jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan, Pondok Bahar,  Karang Tengah, Petir, Cipondoh, Kota Tangerang Banten.
IMG_20190217_151111

Festival Barongsai One Parc Puri

Rangkaian acara lain dimulai sejak pukul 12.30 di dalam gedung marketing One Parc Puri. Sedangkan untuk penampilan barongsai Acara dimulai jam 15.30 sore di halaman gallery One Parc Puri. Para tamu undangan sudah duduk manis di kursi kursi dalam tenda yang sudah disiapkan.
Ada 3 penampilan Barongsai hari itu. Yakni Performance barongsai lantai by boen tek bio, lalu barongsai meja by dragon star kids dan barongsai tonggak by daya bersama indonesia.
IMG_20190217_162706
Semua penampilan istimewa. Warna dan ornaments singa Barongsai sunggu menarik. Ada warna silver, dengan renda/hiasan berkilau. Ada juga Barongsai yang berwarna emas. Makin berkilau terkena sinar matahari.
IMG_20190217_163042-01
Penonton yang hadir benar benar disuguhi atraksi menarik. Belum lagi One Parc Puri ini royal sekali memberikan hadiah kepada pengunjung. Dimulai dari kuis kuis yang dilemparkan oleh MC yang bertugas saat itu. Aku menang kue Khas imlek yakni kue keranjang plus sebotol minuman kopi.
Yang paling membuat hati deg deg an adalah penampilan Barongsai tonggak dari daya bersama Indonesia.  Sebagai informasi Tim Barongsai yang ini sudah punya segudang prestasi. Salah satunya adalah memenangkan kompetisi Barongsai di Shanghai.
Wuih terbang
Wuih terbang
Dan memang saat Kita menyaksikan langsung bagaimana singa yang isinya adalah 2 anak manusia ini melompat lompat di tonggak yang tinggi. Pasti menarik kesimpulan. ” pantas sering menang, emang hebat banget. “
Penonton dibuat menahan napas, saat mereka melompat dari tonggak yang satu ke yang lain. Dan lompatannya bukan sembarang melompat. Tapi menampilkan akrobatik yg Indah. Dan anak anak kecil pun semangat sekali untuk memberikan Barongsai makanan berupa angpao.
Ngomong ngomong soal angpao, rupanya tiap tamu undangan yang Hadir di acara festival Barongsai ini. Berhak mendapat hadiah kupon angpao. Yang nanti bisa ditukar dengan beragam hadiah sesuai keberuntungan masing masing.
Ada kalender, matras, topi, kaos polo, paket dari happy fresh, Tupperware Dan masih banyak lagi. Alhamdulillah aku dapat kaos polo one Parc Puri. Aih senangnya bisa diundang dan hadir di acaranya one Parc Puri semoga di acara berikutnya Saya diundang lagi ya.
IMG_20190217_150248

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *