Air susu ibu menjadi salah satu keajaiban dunia. Bagaimana tidak? dari cairan yg keluar dari tubuh ibu ini ternyata mengandung gizi terbaik dan sangat mudah diterima oleh setiap bayi. Rasanya tidak pernah terdengar ada bayi yang tidak dapat menerima ataupun mengkonsumsi asi. Yang sering terdengar adalah tidak setiap ibu mampu dan dapat memberikan asi. Aku waktu kecil termasuk yang hanya sempat sebentar saja mendapatkan asi, yakni hanya 9 bulan. Karena di usia yang masih sangat kecil itu aku sudah harus memiliki adik. Yup ibuku hamil. Dan dengan kondisi kehamilannya beliau lantas tidak dapat memberikan air susu ibu. Tapi untunglah hal itu terjadi setelah melewati masaRead More →

Pernah nggak kesebuah rumah yang kamar mandinya bagus banget? Sudahlah bersih, apik, wangi dan kloset serta aksesoris kamar mandi lainnya tuh terlihat bagus. Pokoknya pancen oke.  Pasti pernah ya kan?  Nah dulu kamar mandi dan dapur tuh dianggap bukan ruangan yang penting. Karena letaknya dibagian belakang rumah. Namun sekarang ini kamar mandi dan dapur telah mengalami pergeseran letak dan nilai dalam tata ruang sebuah bangunan. Bener kan? coba deh ingat-ingat. Jaman dulu kamar mandi dan dapur milik Nenek kita itu letaknya jauh di belakang bangunan utama, bahkan banyak yang didirikan terpisah dari rumah.  Dengan alasan kesehatan tentunya. Kesannya dulu itu kamar mandi dan dapur adalahRead More →

Aku bertemu dengannya beberapa tahun silam. Saat itu dia berangkat berdua suaminya. Kebetulan beliau adalah kakak Kandung temanku di perkuliahan. Dan kebetulan lagi aku tinggal di Jakarta, tidak terlalu sulit untuk berkunjung ke Dharmais. Sebut saja mbak ayu, beliau memintaku membawakan tekwan, Makanan Khas Palembang. Sudah satu bulan dia dirawat di RS Dharmais dn dia kepingin sekali makan tekwan. Mbak Ayu cerita beliau terkena penyakit leukimia setelah melahitkan anaknya yg ke 3. Usia anaknya dulu 6 bulan. Terpaksa ditinggal, karena tidak mungkin ikut menginap di RS. Awalnya beliau mengira lemas/letih /lesu dan anemia karena bawaan busui. Tapi wajahnya yang selalu terlihat pucat, Dan pendarahan diRead More →

Semua perempuan pasti senang kalau dipuji cantik. Tidak usah jauh jauh, keponakanku Malika yang tahun ini berusia 3 tahun senang sekali bila dipuji ” Ayuk Lika Cantik Nian” Memang wajar, perempuan dipuji cantik. Karena sudah kodratnya terlahir untuk menyukai yang indah indah. Sampai sampai untuk terlihat selalu cantik, banyak yang menggunakan segala cara, jalan pintas bahkan  salah pakai. Sudah banyak korban kulit rusak, karena salah memakai kosmetik. Terkena kanker kulit karena menggunakan kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya. Salah satunya adalah merkuri. Selama ini memang orang Indonesia sudah terpengaruh doktrin bahwa yang cantik itu putih. Padahal nenek moyang Indonesia tidak berkulit putih. Kebanyakan kulit wanitaRead More →

” Wah ibu tekanan darahnya cukup tinggi ya” Ujar Perawat yang saat itu sudah menyelesaikan memeriksa tensi darahku.  “140/80 ini kurang baik untuk ibu hamil bu” Lanjutnya lagi.  Terus terang aku kaget. Masa sih aku hipertensi.  Selama ini tekanan darahku selalu 120/80 normal.  Dan memang tekanan darahku berubah drastis itu sejak aku terlalu capek saat merawat ibu di rumah sakit. Aku begadang berhari hari, kurang istirahat.  Makanpun semnbarangan. Boro boro makanan sehat, sempat makan pun sudah alhamdulillah. Ya sejak itu kalau tidak salah tekanan darahku meningkat. Awalnya aku tidak diberikan obat tekanan darah tinggi.  Karena dianggap masih muda, masih grade awal jadi bisa dirubah denganRead More →