Hei Marlo hei Marlo Dia Chatbot yang Ramah Berbagi Informasi Marlo selalu senang Bacanya biasa aja ya Gaes. Nggak perlu pake nyanyi segala. Hihihi. Marlo ini bukan Artis ataupun selebgram. Marlo adalah nama dari aplikasi Chatbot berbasis Line yang merupakan inovasi terbaru dari UNAIDS. Gaes kalau ngomongin HIV AIDS aku yakin pasti masih merasa tabu. Ya nggak Sih? saking negatifnya stigma mengenai penyakit ini. Bahkan ngomonginnya aja seringkali merasa sungkan. Memang, penyakit ini penularan utamanya karena “sesuatu yang dianggap nakal”. Hingga kini pun aku mengamini hal ini. Yuph mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Sex bebas, bergonta ganti pasangan dan sex yang tidak Aman. MenjadiRead More →

Aku teringat pasien pasien yang Satu ruangan dengan almh ibuku kala itu. Ibu adalah pasien gagal ginjal, pemakai BPJS kelas 1. Namun karena kondisi rumah sakit yang penuh. Kami terpaksa merawat ibu di ruangan kelas 3.  Ruangan yang panas, karena ndak punya AC. Dan ramai dihuni oleh 6 pasien. Aslinya aku sebal banget, karena ibu harus dirawat di kamar seramai dan panas itu. Tapi sudahlah yang sudah terjadi maka terjadilah. Yang kuingat 5 pasien yang sekamar dengan ibu adalah pasien dengan penyakit darah.  Ada anemia aplastik, penyakit pengentalan darah, leukimia, penyakit kelainan darah kromosom 13 Dan thalasemia. Usia mereka pun beragam. Pasien leukimia malah masihRead More →

Hellow Fellas, masih ingat kan curhatanku 2 pekan lalu?  itu loh tentang Suamiku yang seringkali tidak cocok minum susu.  Beliau biasanya mual, negh setelah minum susu.  Malah kadang bisa jadi lebih buruk. Bisa langsung diare atau sakit perut.  Nah kalau kamu belum baca bisa mampir ke sini dulu.  Ini rahasia minum susu tanpa sakit perut.  Jadi memang tidak setiap orang bisa aman mengkonsumsi susu.  Beberapa orang malah memiliki ketidak mampuan mencerna sebagian protein susu.  Yuph pada susu biasa, protein tersebut terdiri dari protein A1 dan protein A2.  Nah protein A1 dapat menjadi pencetus alergi bagi sebagian orang. Trus gimana dunk? jadi nggak bisa minum susu?Read More →

Lucu ya, namanya Malika.  Ada nama panjangnya tapi kami memanggil si cantik lucu ini Ayuk Malika.  Malika tentu bukan kedelai seperti di iklan kecap. Malika ini keponakan saya.  Satu satunya keponakan perempuan diantara 7 keponakan laki laki. Usianya sekarang 2 tahun 9 bulan.  Anaknya pintar, lucu, menggemaskan.  Cuma satu yang mengkhawatirkan.  Malika sempat diberi susu kental manis oleh orang tuanya selepas asi 2 tahun.  Lihatlah giginya sudah ompong padahal baru 2 tahun usianya. Agak sulit memang, mengingat ekonomi keluarga Malika sedang tidak bagus.  Karena murah, SKM dibeli ortunya sebagai susu pelengkap gizi.  Ya nggak salah ortunya juga sih.  Interpretasinya begitu karena di televisi kan adaRead More →

Sumpah! ngomongin anak pernah jadi hal yang paling sensitif buatku. Bagaimana tidak?. Kami, aku dan suami belum memiliki anak hingga saat ini, pernikahan di tahun ke delapan. Memang tahun lalu aku sempat hamil namun tidak beruntung sampai melahirkan.  Ya aku keguguran.  Tepat di hari ulang tahunku. Sedih? sudah barang tentu. Apalagi melihat keponakan keponakanku. Anak anaknya adikku makin bertambah banyak dan bertumbuh. Saking sedihnya, aku tidak menginfokan ke banyak orang tentang keguguranku. Aku memilih menjelaskan pelan pelan hanya pada yang bertanya. Hingga satu tahun berlalu, barulah aku berani menceritakan secara terbuka bahwa aku mengalami keguguran. Untungnya aku tidak kapok untuk mencoba hamil. Dan memang akanRead More →