4 Tips Merawat Dinding Rumah Impian

” Aku mau punya rumah nggak papa mungil, tapi cantik. Bersih, namun cukup untuk ditinggali bersama keluarga, dindingnya harus putih” ujarku dulu saat masih mahasiswa dan belum menikah.

Disaat yang lain ingin rumah besar di kampung halaman. Aku malah ingin rumah kecil tapi di tengah Kota. Dan ternyata beneran terkabul.

Alhasil teman temanku sekarang memang punya rumah luas tapi mereka tinggal di kampung di Kota asalku Palembang. Sedangkan aku malah berjodoh dengan orang Jakarta dan sekarang menetap di Jakarta Selatan. Ya you know lah tinggal di Jakarta tapi punya rumah luas nggak mungkin banget kecuali keturunan sultan.

Cat anti bakteri
Walau kecil yang penting rumahnya nyaman dan sehat

Lebih lucunya lagi rumahku memang berdinding putih bersih. Entah rasanya aku ngga suka aja kalau rumah tuh nggak putih warna dindingnya. Apalagi kalau berjamur. Oh no rasanya pengen langsung aku cat ulang saat itu juga.

Nah ngomong ngomong mengenai dinding rumah yang nggak jamuran. Ternyata ada solusi supaya terhindar dari dinding berjamur. Kunci salah satunya adalah pemilihan cat dinding rumah.

Jamur dan lumut yang menempel pada cat dinding rumah Kita, bisa jadi berbahaya loh. Kuman dan bakteri bisa bersarang di dalamnya. Kalau punya anak kecil dapat mempengaruhi kesehatan anak. Nggak cuma anak sih, Kita dan manula juga dapat terkena problem yang sama. 

Jadi selain membersihkan ruangan dalam rumah, menyapu dan mengepel lantai. Mengelap aneka furniture. Kita juga harus membersihkan dinding rumah supaya kuman dan bakteri tidak menempel. Apalagi sekarang musim corona. Harus extra hati hati.

Faktanya, selain menyebabkan penyakit. Bakteri pada dinding rumah juga bisa menimbulkan bau tak sedap pada ruangan. Ya seperti bau apek gitu. Dan ternyata memang benar beberapa jenis bakteri yang berbahaya seperti bakteri Staphylococcus Aerus, penyebab penyakit kulit, infeksi Luka bedah, radang paru paru. Juga Ada bakteri Escherichia Coli penyebab diare dan kejang perut dan gagal ginjal. Oh my God. Serem juga ya.

Lantas bagaimana caranya menjaga kebersihan dinding rumah impianmu dan terhindar dari bakteri berbahaya?

Ada 4 Cara yang bisa kamu lakukan berikut diantaranya.

1. Buka jendela setiap pagi agar cahaya matahari masuk dan menerangi ruangan.

Membuka jendela dan membiarkan ruangan mendapat cahaya yang cukup dapat mengurangi pertumbuhan jamur dan bakteri jahat, karena ruangan jadi tidak lembab dan sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Bagaimana dengan debu? Tenang tips kedua adalah solusinya

2. Bersihkan dinding rumah dari debu secara rutin dan konsisten.

Debu adalah partikel yang cukup kecil yang dapat masuk kedalam hidung sampai pada sistem pernapasan bagian atas dan masuk kedalam paru-paru bagian dalam. Partikel yang masuk kebagian paru-paru bagian dalam atau sistem pernapasan bagian dalam secara umum tidak bisa dikeluarkan oleh sistem mekanisme tubuh secara alami (cilia dan mucous) maka akibatnya partikel tersebut akan tinggal selama-lamanya didalam paru-paru.

Nah karena berbahaya debu harus rajin dibersihkan. Nggak cuma di lantai tapi juga di dinding. Karena itu Ada baiknya kita menggunakan Kain microfiber karena akan menyerap lebih banyak Debu. Namun jangan lupa sebelum membersihkan dinding. Tutup semua aksesoris yang menempel di dinding, agar debu yang dibersihkan tidak menempel ke aksesoris.

Bila dinding cukup tinggi, perginakan sapu yang telah diselimuti Kain pel. Gunakan masker untuk melindungi wajah kita dan menutup hidung serta mulut saat Kita membersihkan ruangan.

3. Bersihkan noda dan kotoran pada dinding dengan kain lap.

Kalau musim hujan tiba, seringkali dinding rumah terciprat dengan noda tanah, apalagi rumahku dapurnya outdoor. Nggak Ada pintu belakang.

Cat anti bakteri

Kalau misalnya buru buru angkat jemuran. Kadang air dan debu yg nempel di pakaian ikut menempel ke dinding. Sebel banget kalau begini. Apalagi punya rumah berdinding putih.

Makanya perlu dibersihkan dengan kain lap. Biasanya cukup pakai Kain lap microfiber yang sudah dibubuhi sedikit cairan pembersih piring. Lalu diusap ke noda. Kemudian dikeringkan dengan kain bersih.

Jangan gunakan pembersih yang mengandung alkohol ya Gaes, karena akan merusak lapisan cat dan malah meninggalkan noda cerah.

4. Sangat penting untuk menggunakan cat dengan formula tanpa bau dan anti bakteri

Yang terakhir memang paling penting, karena akan mengurangi kerepotan kita saat membersihkan dinding rumah. Ibaratnya ada dua pakaian dengan jenis kain yang berbeda tapi perawatan sama. Kain pertama jenis biasa, Kain kedua anti bakteri. Jelas kain kedua bakal lebih optimal penggunaan serta jadi jauh lebih awet ketimbang kain jenis Pertama.

Begitupun memilih cat anti bau dan anti bakteri untuk dinding Rumah impianmu akan sangat membantu agar bakteri tidak menempel dan tumbuh lalu menyebarkan penyakit.

Apalagi zaman now sudah sangat canggih dan berkembang, saat ini produsen cat tidak hanya menawarkan keberagaman warna-warna yang indah, tetapi juga mulai memerhatikan kesehatan lingkungan. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya bermunculan produk cat yang dilengkapi formula anti bakteri yang biasa disebut sebagai cat anti bacterial.


Aku sarankan buat kamu semua yang sedang membangun rumah impianmu untuk menggunakan produk Lenkote No Odor Medicare dari Avian Brands yang merupakan cat dinding premium dengan formulasi anti bakteri dan anti kuman sehingga menciptakan ruangan yang aman dari pertumbuhan bakteri dan higienis bagi keluarga kita. 

Kenapa harus menggunakan Lenkote No Odor Medicare? 

*Lenkote No Odor Medicare adalah cat tembok premium dengan formulasi cat anti bakteri dan anti kuman sehingga menciptakan ruangan yang aman dari pertumbuhan bakteri dan higienis bagi keluarga Anda, terutama untuk kamar anak maupun bayi.

Cat anti bakteri

*Lenkote No Odor Medicare juga diproses dengan teknologi tinggi sehingga cat tembok ini tanpa bau dan ramah lingkungan.

 *Bersertifikat Green Label Singapore yang merupakan sertifikasi produk ramah lingkungan dengan kadar VOC -Volatile Organic Compound rendah) 

Tahu nggak selama lapisan cat masih menempel pada dinding rumah, zat anti bakteri akan terus bekerja secara efektif dan dapat menekan pertumbuhan bakteri. Jadi tentu saja mengurangi kerepotan, Kita nggak perlu tiap hari mengelap dinding rumah.

Cat anti bakteri

Yang lebih menarik lagi, cat ini tanpa bau dan anti bakteri, Lenkote No Odor Medicare ini tentunya sangat cocok jika kita aplikasikan pada ruangan seperti kamar bayi, kamar orangtua yang sudah lanjut usia, kamar orang yang sedang dalam pemulihan kesehatan, kamar mandi, dapur, atau ruangan lainnya yang membutuhkan suasana sehat dan bersih.

Untuk warna sih bebas ya, kalau aku memang senangnya cenderung warna putih. Apalagi rumahku tidak terlalu besar. Warna putih memberikan kesan lebih luas. Tapi tenang saja Lenkote No Odor Medicare dari Avian Brands ini juga banyak pilihan warna. So kamu bisa pilih mana yang paling menarik dan cocok untuk rumah impianmu.

Cat anti bakteri

Yup menurutku rumah impian nggak cuma harus bagus, tapi juga nyaman dan sehat bagi penghuni di dalamnya. So untuk mencegah dampak negatif bakteri yang bersarang pada dinding rumah, mulai sekarang jangan ragu untuk selalu pilih cat tembok yang tepat seperti Lenkote No Odor Medicare!

Semoga tips ini bisa bermanfaat ya serta semakin meningkatkan kesadaran kita untuk selalu menjaga kebersihan dinding rumah. Karena dinding rumah juga bisa jadi sarang penyakit kalau tidak diperhatikan. Selamat membangun dan  merawat rumah impianmu teman.

5 Comments

  1. Rumah qw mah sulit buka jendela karna saking dempetnya mbak palingan diatas dikasih jendela besar, semoga aja rumah sebelah gak dinaikkin lagi temboknya

  2. Makasih infonya yaa, baru tahu deh kalau ada cara yang anti bakteri …..

  3. terima kasih tips nya ya bund…aku coba untuk rumah ku deh…

  4. Rumah dan ruangan itu memang butuh nyaman ya bukan hanya karena penghuninya lagi plek kumpul karena pandemi tapi juga karena cat yang anti bakteri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *