Laporan Keberlanjutan Bukti Komitmen Danone Untuk Kesehatan Masyarakat Indonesia

” Apa yang diambil dari bumi, harus dikemballikan lagi ke bumi” begitulah kutipan kalimat disalah satu sambutan yang diberikan oleh Ibu Connie Ang saat meluncurkan laporan keberlanjutan dari Danone Specialized Nutrition beberapa hari lalu.

Ibu Connie Ang di depan Laporan Berkelanjutan Danone SN
Ibu Connie Ang di depan Laporan Berkelanjutan Danone SN

Yes tepatnya Hari rabu tanggal 12 februari kemarin, aku dan teman teman blogger lainnya berkesempatan mengunjungi salah satu pabrik Danone di Citeureup Jawa Barat. Kami Sama sama berangkat pagi dari gedung Cyber 2 di Kuningan. Ini kunjunganku ke pabrik Danone yang ke 4 kalinya. Pertama pabrik SGM di Jogja, kemudian pabrik Aqua di Klaten, pabrik Aqua di Sukabumi dan sekarang pabrik Spesialis Nutrition di Citeureup Jawa Barat.

Padahal ya dulu pas masih kuliah di Teknologi Pangan aku tuh belum berkesempatan mengunjungi pabrik pabriknya Danone. Sekarang setelah jadi blogger malah dapat kesempatan ini.

Melihat Peluncuran Laporan Berkelanjutan lah yang jadi alasan kami bisa mengunjungi pabrik specialist nutrition ini

Sesuai tagline di dalam Laporan Keberlanjutan Danone 2017-2018 ” Danone Membawa Kesehatan Melalui Makanan Untuk Sebanyak Mungkin Orang” isi dari laporan keberlanjutan Danone Juga mencerminkan komitmen Danone pada prinsip keberlanjutan dalam menjaga kesehatan manusia.

Di salah satu wall PAUD Cerdas
Di salah satu wall PAUD Cerdas

Salah satunya adanya program Edukasi Danone SN seperti kampanye Isi Piringku yang telah memberikan manfaat bagi lebih dari 7000 orang tua dan 700 guru pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Salah satu paud yang menerapkan kampanye ini kami kunjungi juga kemarin. Paud Cerdas yang lokasinya tepat di sebelah pabrik Danone SN Citeureup telah berdiri sejak 2012 dan sudah meluluskan Sebanyak 7 angkatan. Sekilas Paud ini sama seperti Paud lainnya. Namun yang membedakan adalah di Paud ini sudah menerapkan menu isi piringku.

Ibu Connie Ang menemani anak anak Paud Cerdas Sarapan
Ibu Connie Ang menemani anak anak Paud Cerdas Sarapan

Yakni menu dengan komposisi, dan gizi berimbang yang terdiri dari 1/3 bagian protein, 2/3 bagian karbohidrat, 1/3 bagian buah, 2/3 bagian sayur. Dan jangan lupa untuk Anak Usia Dini, hidrasi harus cukup plus kalau bisa ditambah susu.

Informasi tentang isi piringku lengkap bisa kamu baca disini 

Orang tua anak cukup dengan mengumpulkan 1000 rupiah per hari diluar biaya SPP dan Anak anak sudah dapat menu makan isi Piringku.

Yang kedua tiap 2 bulan sekali para karyawan di Danone SN berkesempatan mengajar di kelas PAUD.

Dan memberikan inshight wawasan ke Anak Anak terkait kesehatan dan gambaran pekerjaan di pabrik makanan bernutrisi.

Unik banget kan? dan di acara kemarin pula, sekalian Ibu Connie Ang memberikan kenang kenangan untuk PAUD Cerdas. Sekaligus ikut melihat kegiatan anak anak makan dengan isi piringku.

Hadiah kenang kenangan untuk Paud Cerdas
Hadiah kenang kenangan untuk Paud Cerdas

Dalam kesempatan tersebut Ibu Connie Mengatakan bahwa ” Danone mendukung perkembangan anak yang sehat melalui pendekatan ilmiah, yang telah menjadi keahlian kami sejak kami berdiri. Danone tidak ingin anak anak Indonesia tertinggal hanya karena kurangnya asupan maupun akses Makanan bergizi. Sejalan dengan fokus pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia, terutama di Indonesia mendapatkan gizi yang baik sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki”

Selain isi Piringku, Danone juga giat melakukan kampanye 1000 Hari Pertama kehidupan. Yang mana di event ini aku Pertama Kali berkenalan dengan Danone di tahun 2016. Dan disitu juga aku tahu bahwa 1000 hari Pertama kehidupan sangat penting bagi tumbuh kembang anak.

Danone juga giat mengkampanyekan mengenai alergi. Karena ternyata ini juga erat kaitannya dengan nutrisi dan tumbuh kembang anak.

Klik ini agar tahu informasi tentang alergi dan 1000 Hari pertama kehidupan

Nah pabrik yang kami kunjungi kemarin ternyata memang special membuat produk produk Makanan yang spesial dan berkebutuhan khusus. Seperti produk produk susu untuk anak anak dengan alergi laktosa.

Saat berkunjung ke Pabrik kami tidak cuma duduk mendengarkan talkshow, tapi juga diajak berkeliling melihat langsung proses pembuatan produk di dalam pabrik. Dan wow banget, benar benar higienis.

Dan ternyata pabrik Danone SN di Citeureup merupakan pabrik dengan zero accident terlama dan salah satu pabrik Danone terbaik di Indonesia.

Menurut Bapak Delta salah satu Perwakilan dari pabrik Danone SN Citeureup, Employee merupakan aset yang sangat penting. Karena itu banyak kebijakan yang juga didapat dari hasil mendengar pendapat para employee. Program ini disebut juga One Person One Voice.

Narasumber Talkshow Laporan Keberlanjutan Danone SN
Narasumber Talkshow Laporan Keberlanjutan Danone SN

Salah satu kebijakan yang menguntungkan para pekerja perempuan di Danone adalah cuti hamil 6 bulan. Aku bahkan sudah pernah menulis tentang ini di blogku. Bisa baca disini ya Gaes.

Cuti hamil 6 bulan untuk pekerja perempuan di Danone.

Selain employee hubungan dengan komunitas dan masyarakat yang ada di sekitar pabrik. Contohnya pengembangan ekonomi Lokal, salah satunya pendampingan  para perempuan Desa Geneng Klaten melalui produk Tempe yang higienis.

Dulu saat mengikuti Danone Blogger Academy Saya pun berkesempatan mengunjungi proses pembuatan Tempe di Desa Geneng Klaten. Memang prosesnya tuh bersih, nggak ada adegan injak menginjak tempe pakai kaki. Tempenya lebih awet, butir kedelainya besar, rasanya jauh lebih gurih dibanding tempe biasa.

Danone juga peduli pada Alam dan lingkungan melalui pengelolaan limbah dan air, kontrol emisi dan konsumsi energi, inisiasi green office serta pengelolaan dan pengolahan limbah Industri.

Kerjasama Danone dengan FEMA IPB
Kerjasama Danone dengan FEMA IPB

Danone juga bekerjasama dengan FEMA IPB terkait program berkelanjutan ini, contohnya edukasi di bidang nutrisi, dalam upaya peningkatan gizi masyarakat Indonesia. Ini contoh kerjasama Danone dengan para akademisi.

Kampanye dan sosialisasi isi piringku ke para guru PAUD di Jakarta Utara, sebagai bentuk contoh kerjasama Danone dengan akademisi di FK UI dan pemerintah Jakarta Utara

Di sisi lain Ibu Maria Dian Nurani seorang Konsultan CSR Dan Sustainable Management mengapresiasi langka Danone SN Indonesia dalam mewujudkan nilai transparansi dan akuntabilitas perusahaan melalui laporan berkelanjutan ini.

Mengenai laporan berkelanjutan tersebut. Bapak Karyanto Wibowo, Sustainability Director Danone Indonesia mengatakan ” Laporan Berkelanjutan Danone mencakup 6 Pilar utama yang terdiri dari berbagai komitmen dan tanggung jawab kami dalam hal Riset dan Inovasi, Lingkungan, Pemberdayaan komunitas, Kepatuhan, Kualitas, serta Karyawan. Laporan ini disusun mengikuti Pedoman Standard Pelaporan Berkelanjutan (GRI) dengan menampilkan struktur modular yang saling terkait dan mewakili praktik terbaik dalam Pelaporan berbagai dampak ekonomi, lingkungan dan sosial. Dengan begitu laporan ini diharapkan dapat mencerminkan langkah langkah positif yang telah Danone SN ambil dalam setiap pelaksanaan kegiatan operasionalnya yang mengutamakan ketiga aspek Keberlanjutan yaitu aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Kalau teman teman ingin membaca laporan Keberlanjutan Danone. Kita dapat mendownloadnya di link yang ada di website www.sarihusada.co.id di bagian “Tentang Kami”

Bentuk laporan berkelanjutan Danone SN
Bentuk laporan berkelanjutan Danone SN

Semoga dengan mengetahui isi laporan Keberlanjutan Danone Kita dapat mengetahui bukti komitmen Danone SN dalam mewujudkan one planet one health. Baiklah sampai disini dulu ceritaku mengenai kunjungan ke Pabrik Danone Citeureup. Dan sampai ketemu lagi di kegiatan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *