Pengalaman Menggunakan Soft Pastel Faber-Castell

Amma lihat ini hafidz mewarnai.. ujar Anak kecil berusia 5 tahun yang merupakan keponakanku itu. Kulihat hasilnya, cukup lumayan untuk anak seusianya. Hafidz tampak sangat menikmati mewarnai kertas kertas berpola hewan dan pemandangan itu. Kegiatan tersebut membuatnya lupa akan keasyikan memainkan games di smart phone. Buku aktivitas mewarnai terbukti memberikan stress release pada anak anak.

Lantas bagaimana dengan orang dewasa. Aneh nggak sih kalau mereka mewarnai? Kekanak kanakan nggak sih?. Begitulah yang selama ini banyak orang pikirkan. Seolah olah aktivitas bermain bersama pencil warna dan kertas hanya layak untuk anak anak.

WhatsApp Image 2019-11-14 at 21.44.03

Tapi sebenarnya nggak mesti begitu. Aktivitas mewarnai harusnya dapat dirasakan untuk semua orang. Art4all, seperti Faber Castell. Peralatan mewarnai yang ternyata bisa digunakan oleh siapa saja, tua, muda, wanita maupun pria.

Yes pengalaman ini aku dapatkan saat mencoba produk terbaru dari Faber Castell pada art workshop di Plaza Senayan beberapa hari lalu. Bersama dengan emak emak blogger lainnya. Kami berkesempatan mencoba bagaimana berkreasi dengan produk soft pastels.

Kebetulan tidak butuh waktu lama menuju plaza Senayan. Bermodalkan naik MRT di stasiun H. Nawi yang hanya 30 langkah dari rumah. Kemudian turun di MRT Senayan.

Makanya happy banget waktu menerima undangan mengikuti workshop ini. Nah disinilah aku mengetahui bahwa Faber Castell menciptakan beberapa produk dengan grade tertentu dan disesuaikan dengan kebutuhan usia pemakai.

Ternyata peralatan mewarnai dengan label merah. Jelas diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan peralatan mewarnai bagi anak-anak. Tetap dengan kualitas yang terbaik. Pensil warna berkemasan merah dibuat khusus untuk anak-anak yang masih belajar memegang peralatan tulis.

WhatsApp Image 2019-11-14 at 21.44.45

Seperti yang disampaikan oleh mbak Yayu Afliyani Rahayu, Creative team Faber Castell sebelum memulai workshop.

Seri lainnya adalah Faber Castell Prismacolor dan Polychromos. Keduanya dibuat untuk jenis mewarnai yang lebih professional. Untuk kebutuhan mewarnai yang membutuhkan warna yang lebih detail dan ergonomis saat digunakan.

Dan kedua jenis ini lebih cocok digunakan oleh orang dewasa. Nah soft pastel yang digunakan pada kegiatan workshop kali ini merupakan bagian dari jenis pensil warna ini.

Awalnya ekspektasiku dalam prosesnya nanti akan menggunakan air dan kuas. tapi ternyata tidak seperti itu. mewarnai menggunakan soft pastel ini ternyata mudah dan sangat menyenangkan.

Ekspektasi kedua adalah pastel akan digunakan dengan dipoles langsung ke gambar. Prakteknya ternyata tidak seperti itu. penasaran kan ? nah baca ceritaku berikutnya ini ya.

Berkreasi menggunakan soft Pastels Faber Castell
Sebelum memulai workshop kami diajak melihat paket isi dari starterkit. Yang berisi 24 warna soft pastel. 2 buah penghapus, mistar pencetak, kertas mewarnai.

Nah kita juga membutuhkan bolpoint dan stencil. Karena tidak terdapat di dalam starterkit. Mbak Yuni yang mengajarkan kami, memperkenalkan kegunaan dari masing masing alat yang ada di starter kit.

Disinilah aku nggak bisa menahan tawa. Karena semua yang kami bayangkan itu salah. Ternyata menggunakan soft Pastels tidak dengan cara dipulas/digores langsung.

Soft pastel yang kita punya diserut sedikit sesuai kebutuhan. Alat mewarnainya pun cukup dengan menggunakan jari. Kuncinya adalah kemampuan kita memilih warna dan membuat warna blending yang indah.

Untuk menghasilkan warna blendid ini tentu saja harus berani campur warna. Dan tergantung tebal tipisnys warna yang Kita gunakan. Sambil mendengarkan informasi dari mbak Yuni. Kami langsung mempraktekan Cara menggunakan soft pastell.

Aku tidak menyangka ternyata menggunakan soft pastell dari Faber Castell sangat menyenangkan dan bikin lupa waktu. Kegiatan mewarnai juga bagus untuk stres release. Buktinya saat mewarnai semua peserta serious dan mencoba soft pastell sambil mengikuti semua petunjuk dari mbak Yuni.

Dan Setelah selesai, semua puas dengan hasil karya yang telah kami buat.

Berikut testimoni menggunakan soft pastel Faber Castell :

1. Warna dari soft pastel sangat pigmented

2. Mudah diaplikasikan ke kertas warna dan mudah juga untuk diblend jadi warna yang baru.

3. Praktis

Karena diserut dengan penggaris. Soft Pastel sedang Ada Acara.

Soft Pastel berbentuk bubuk halus dan tinggal disapukan ke kertas warna menggunakan jari jemari.

4. Lengkap

Starter kit yang lengkap mendukung berbagai kreasi yang diajarkan oleh mbak Yuni.

Aku suka banget dengan soft pastel dari Faber Castell. Saking serunya mewarnai. Semuanya hampir nggak sadar waktu workshop sudah berakhir.

Untung saja hasil mewarnai sudah jadi dan cantik cantik banget.

WhatsApp Image 2019-11-14 at 21.44.23

Untuk mengenal lebih jauh mengenai soft pastell faber Castel kamu bisa mengunjungi web berikut ini :

Faber Castell
Facebook: Faber-Castell Creative Kids
Instagram: @fabercastell_id
Twitter: @FaberCastell_id
Youtube: fccreativekids

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *