Tips Berolahraga Lari Bagi Yang Bertubuh Gemuk

Aku lari keliling lapangan sepak bola Sebanyak 3 x terakhir itu tahun 2016. Ceritanya kami ikutan kuis, yang menang peringkat ke 1-2 Akan diberangkatkan ke BALI. Sayangnya Tim kami kalah gara gara Saya. Yes karena Saya nggak kuat lari. Bayangin kami itu bisa maju dari posisi ke 5 jadi ke 3 karena nomor 1 terus di kompetisi akademis.. baik menjawab soal, maupun menebak kandungan produk dari brand.

Bersama teman teman komunitas Blogger Crony
Bersama teman teman komunitas Blogger Crony

Aih sayangnya karena aku larinya ga kencang jadilah kalah deh Tim kami. Nah kuingat ingat 2016 lalu aku masih sanggup untuk lari lari kecil sesekali disambi jalan cepat. Sayangnya itu 3 tahun lalu. Tahun ini aku bahkan berjalan pun ngos ngos an.

Hal ini terjadi tak lain tak bukan karena berat badan yang Makin bertambah. Naik naik ke puncak gunung.

Sedih ya? padahal aku masih sanggup jalan kaki loh dari sarinah kerumahku di jl madrasah dekat stasiun MRT haji nawi. Sayangnya kegiatan ini cuma kulakukan setiap pekan. Coba tiap hari ya, pasti terasa efeknya.

Pucuk di cinta ulam pun tiba. Dengan nekatnya aku mendaftarkan sebagai peserta di Healthiest Run 5 K Kemenkes RI. Melalui komunitas blogger crony aku mendapat kesempatan ikut dalam lari fun bersama Kemenkes RI ini.

Suamiku juga ingin daftar awalnya, apalagi dia memang rutin berolahraga. Baik sepedaan ataupun lari pagi dari rumah – monas – rumah. Sayangnya pendaftaran sudah ditutup. Jadi beliau cuma bisa mengantarku pagi pagi jam ½ 5 shubuh ke Gedung Prof Sujudi Kemenkes di JL Rasuna Said Sudirman.

Rumahku tidak terlalu jauh apalagi jalanan lancar. Jadi dalam 15 menit sudah sampai di lokasi. Wajar ya kalau gitu. Eh tapi jangan salah, teman teman blogger lainnya dari BCC yang rumahnya jauh jauh dari lokasi pun sudah pada tiba. Keren deh pada ontime loh.

IMG-20191004-WA0029

Yang unik dari lomba lari 5 K ini adalah sebelum lari Kita akan dicheck kesehatan terlebih dahulu. Aku mendapatkan angka 170/110 untuk tekanan darah.

Asli sebenarnya aku kaget banget, Masa sih tekanan darahku setinggi itu. Karena setinggi2nya tekanan darah itu pas lagi hamil 2017 yang lalu. Itu pun sekarang sudah normal jadi 120/80.

Panitia menyarankan aku untuk tidak ikut berlari. Tapi aku Kan pingin lari juga. So ketika sudah agak terang sekitar jam 6 pagi aku mengantri kembali check tekanan darah. Lah Kali ini berubah jadi 110/80 aduh bikin bingung Kan jadinya. Xixixxi

Ya sudah pokoknya nanti hati hati saja. Nggak usah ngoyo. Kalau kuat ya terus kalau enggak ya tinggal lambaikan bendera putih.

Acara dibuka oleh sambutan dari Ibu Menteri Nila F Moelok. Beliau beserta jajaran ikut lari juga loh. Mulai dari kantor Kemenkes mengitari mega kuningan kembali lagi ke kantor Kemenkes di bilangan Rasuna said.

Kegiatan tersebut dalam rangka kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diikuti 1000 peserta yang terdiri dari berbagai macam komunitas. Salah satunya komunitas Blogger Crony Community.

IMG_20191006_063242

“Ini salah satu upaya kampanye untuk Germas. Kedepannya bukan hanya menggerakkan, tapi supaya masyarakat bisa membudayakan,” jelas Sekretaris Jenderal Kemenkes, Oscar Primadi yang juga ikut memberikan sambutan.

Rupanya kegiatan healthiest run 5 K ini sangat disambut masyarakat, terutama Anak lari. Sebutan untuk orang yang sangat menyukai dan selalu ikut event lari. ” Apalagi gratis begini, beuuw diserbu” celoteh mbak mbak yang berdiri di depanku saat bersiap siap di garis start. Mbak yang mengaku anggota komunitas lari itu bercerita bahwa dia ikut mendaftarkan diri dengan teman temannya.

Lantas apa saja tips agar yang Obesitas sepertiku tetap Aman sepanjang berlari? Kamu bisa baca point per point nya dibawah ini.

Tips Berolahraga Lari Bagi Yang Bertubuh Gemuk

1. Check Dulu kesehatan mu sebelum mulai berlari

Iyes ini penting banget. Terutama tekanan darah tinggi. Orang dengan tekanan darah tinggi sebaiknya jangan terlalu capek. Apalagi lari karena jantung dipaksa memompa darah lebih kuat karena aktivitas yang dilakukan terlalu berat.

Sebaiknya dilakukan pengecekan tekanan darah saat istirahat Dan setelah beraktivitias berat. Kalau tidak ada keanehan ya bisa lanjut.

2. Gunakan sepatu yang nyaman.

Saat berlari jelas banget kaki menjadi anggota tubuh yang menahan bobot badan lebih besar.

Semakin berat tubuh Anda, makin besar pula benturan antara kaki dengan permukaan tanah. Besarnya benturan ini perlu diredam menggunakan sepatu dengan bantalan yang tepat.

Sepatu road-running dirancang untuk dipakai di permukaan rata dan keras seperti aspal. Sepatu-sepatu jenis ini dilengkapi bantalan untuk meredam benturan serta untuk membuat langkah pemakainya stabil.

Baiknya memilih sepatu yang bertumit kuat guna membantu stabilitas tubuh serta sol sepatu yang tidak terlalu menekan dan responsif. Dan sebaiknya memakai sepatu dengan ukuran sedikit lebih besar agar tetap nyaman saat berlari.

3. Gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.

Orang gemuk biasanya punya intensitas keringat yang berlebih. Menggunakan pakaian yang menyerap keringat dengan baik akan membantu memberikan rasa nyaman saat beraktivitas fisik. Apalagi orang dengan kondisi khusus. Seperti ku yang nggak bisa terkena keringat terlalu banyak. Kulit akan mengalami gatal gatal.

Selain itu pakaian yang longgar juga memberi kenyamanan lebih pada orang yang berbadan gemuk. Jangan menggunakan pakaian ketat apalagi dengan niat terlihat lebih kurusan. Karena hanya akan membuat kulitmu iritasi. Terutama penggunaan celana ketat.

4. Cukupi cairan hindari dehidrasi

Kecukupan cairan tubuh juga harus diperhatikan. Kalau aku biasanya akan minum lebih banyak sebelum mulai berolahraga. Karena saat olahraga keringat yang berasal dari cairan tubuh akan keluar lebih banyak .

Kita juga bisa menambah cairan tubuh dengan minum di tengah tengah waktu berolahraga atau lari

Seperti saat healthy run 5 K kemarin. Kami dapat asupan cairan dari panitia saat menempuh jarak 2.5 Km dan Setelah selesai berlari.

5. Ukur Kemampuan Jangan memaksakan diri

Ini yang paling penting. Terutama untuk pemula. Jangan memaksakan diri terlalu berat. Apalagi lari untuk orang bertubuh gemuk memiliki beberapa faktor resiko. Nggak usah takut dicela karena larinya lelet, daripada tumbang karena terlalu diporsir.

IMG_20191006_063321

Aku kemarin hanya lari lari kecil bercampur jalan cepat. Dan informasi dari Pak Suami yang sudah rutin berlari. Baiknya untuk pemula disarankan mulai dari target yang sedikit lebih dahulu lalu ditambah pelan pelan baik jarak maupun kecepatan larinya. Yang penting konsisten ceunah.

Nah konsisten ini yang memang agak sulit kulakukan xixixi. Pengen sih olahraganya sekarang seminggu 3-5 kali. Biar terlihat efek germasnya. Sekarang aku baru seminggu sekali pas CFD saja.

Padahal sebaiknya olahraga itu rutin dan terukur. Baiklah 5 tips diatas menurut informasi tentang healthies run 5K yang kuikuti minggu lalu. Alhamdulillah aku sampai finish dan turut mendapatkan medali yang dibagikan ke peserta yang finish.

Mak aye finish mak
Mak aye finish mak

Ternyata berolahraga itu menyenangkan ya. Semoga kedepannya aku bisa terus melakukan ini dan Ada efek positifnya pada kesehatan tubuhku

Salam olahraga Salam Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *