Office 365 Tingkatkan Produktivitas Modern PC mu

Generasi milenial merupakan generasi mobile. Generasi yang dapat bekerja dimana saja, tidak terikat waktu dan tempat. Oleh karena itu keringkasan dan kemudahan dalam penggunaan perangkat PC merupakan hal yang paling dicari.

Pas banget dengan kondisi tersebut, aku turut hadir dalam acara Workshop Supercharged Productivity yang diselenggarakan oleh Microsoft  pada 27 September 2019 di daerah Karet Jakarta Selatan.

Walaupun sekarang aku sudah tidak bekerja kantoran lagi. Tapi tetap saja pekerjaanku sebagai frelancer juga masih membutuhkan support tools dan laptop/pc yang mumpuni. So pas banget acara kemarin itu menambah wawasan dan informasi yang tepat untukku dalam memilih modern PC yang pas.

Acara dimulai dengan pemaparan dan pengenalan microsof office 365 yang ditampilkan oleh 3 narasumber yakni, Bapak Indra Raharjo sebagai Channel Marketing Lead Microsoft Indonesia. Hadi Gunawan Sugito – Consumer Master Trainer Microsoft Indonesia. Serta Christianto Raslo Produk Marketing Synnex metrodata.

Selain menjelaskan begitu banyak manfaat modern PC serta kenapa harus menggunakan microsoft office yang asli bukan bajakan. Di akhir acara para blogger yang hadir pun berkesempatan mencoba langsung fitur fitur canggih Office 365 di modern PC. Dan yang bikin aku happy sebagai pengguna MAC. Sekarang office 365 bisa digunakan untuk windows dan Mac. Iyes inilah tren baru untuk teknologi komputer.

Apa sih yang dimaksud dengan Modern PC

Dengan kondisi dan tren generasi mobile maka lahirlah istilah baru dalam dunia teknologi komputer, yaitu modern PC. Modern PC dapat dikatakan merupakan perangkat komputer yang memiliki desain ringan dan tipis, performansi yang cepat dan memiliki daya tahan baterai yang lama. Sekaligus luxury secara penampilan.

Ciri perangkat komputer yang sudah menerapkan modern PC dapat dilihat pada perangkat keras atau hardware yang digunakan. Salah satu perangkat keras tersebut misalnya adalah untuk penyimpanan data atau hardisk dengan tipe SSD (Solid State Drive). Jika dahulu kita lebih mengenal penyimpanan data dengan tipe HDD (Hard Disk Drive), maka pada modern PC, penyimpanan data SSD-lah salah satu perangkat pendukung tersebut. SSD jauh lebih tipis dibanding dengan perangkat HDD.

Kelebihan Kelebihan Modern PC

Dengan bentuk yang lebih tipis, maka  tentu saja bobotnya jadi lebih ringan. Selain itu kecepatan baca tulis untuk data lebih cepat pada perangkat SSD dibandingkan perangkat penyimpanan data HDD. SSD juga lebih unggul untuk daya tahan baterai. Fitur yang dimiliki SSD merupakan bagian dari modern PC.

Selain perangkat keras, salah satu ciri modern PC adalah hybrid atau all-in-one. Artinya dapat digunakan untuk beragam fungsi, apakah berupa laptop standar, atau berupa tablet. Perubahan fisik tersebut memudahkan pengguna untuk melakukan aktifitas sesuai yang diinginkannya.

Jika dalam suasana atau kondisi formal, pengguna dapat menggunakan mode seperti laptop dengan papan ketiknya, namun ketika mobile atau lebih ringkas, pengguna dapat mengubahnya menjadi tablet seperti melakukan corat-coret menggunakan perangkat pena pendukung. So mendukung juga untuk paperless.

Modern PC bukan hanya mengenai perangkat keras atau hardware, namun juga berbicara berkaitan dengan perangkat lunak atau software. Perangkat keras yang bagus tak dapat berfungsi optimal tanpa didukung perangkat lunak yang memudahkan juga. Untuk sistem operasi yang mendukung dalam modern PC pastinya adalah Windows 10. Windows 10 memiliki beragam fitur keringkasan dan kemudahan fungsi didalamnya.

Selain perangkat lunak berupa sistem operasi dalam modern PC, penggunaan perangkat lunak untuk membuat, menulis dokumen adalah hal sangat dibutuhkan dan digunakan rutin setiap hari. Dalam hal ini, salah satu perangkat lunak bagian dari modern PC adalah office 2019 dan office 365.

Kita sudah lama mengenal dengan microsoft office sebagai perangkat lunak unggul untuk pengolah dokumen, dari microsoft words untuk pengolah dokumen, microsoft excel untuk spreadsheet, microsoft power point untuk presentasi. Microsoft pun terus berkembang hingga yang terkini dalam modern PC adalah office 2019 dan office 365. Walau keduanya merupakan produk dari microsof, namun keduanya memiliki fungsi yang ditawarkan berbeda.

Office 2019 merupakan paket office terkini berupa office words, office excel dan office powerpoint. Paket tersebut hanya dilakukan pembelian satu kali untuk penggunaan dan tersedia untuk PC dan Mac namun tidak memiliki opsi untuk pemutakhiran atau update. Jika ada pemutakhiran pada versi office maka, kita harus melakukan pembelian dengan harga penuh.

Office 365 merupakan paket office yang terkini juga berupa office words, office excel dan office powerpoint seperti halnya office 2019. Namun office 365 dalam penggunaanya berupa sistem berlangganan dengan periode, bisa dilakukan bulanan yang lebih kecil atau juga tahunan. Dengan sistem berlangganan, maka office 365 ini menawarkan update fitur, perbaikan dan keamanan yang terbaru. Selain itu juga ada dukungan teknis tanpa biaya tambahan. Selain itu pada office 365 dapat digunakan berbagi langganan untuk multi device atau perangkat lebih dari satu, seperti PC, Mac, Tablet dan smartphone. Pada office 365, microsoft juga menawarkan fitur penyimpanan online (cloud OneDrive) sebesar 1 TB. Dengan penyimpanan online, maka device yang sudah terinstall lebih dari satu office 365 dapat saling terhubung atau tersinkron.

Dibalik penggunaan perangkat lunak modern PC berupa office 2019 dan office 365, hal yang penting utamanya adalah menggunakan produk perangkat lunak adalah yang original atau resmi. Jangan menggunakan produk bajakan atau tidak resmi, akan dapat memberikan dampak atau efek pada perangkat modern PC kita menjadi rentan dan lemah disusupi virus atau software berbahaya. Potensi buruk pada produk bajakan justru dapat mempengaruhi kinerja pada pengguna dan mengancam data pengguna.

Nah kira kira seperti itulah informasi yang dapat aku sampaikan kepada kalian semua. Oleh oleh mengikuti workshop supercharged productivity sekaligus menjajal office 365 dari microsoft. Sayangnya waktu yang terbatas membuat tidak semua fitur dapat kami coba. Yuph sepertinya memang harus beli sendiri ya. Jadi lebih puas pakenya xixixix.

Baiklah sampai disini dulu ceritaku tentang Modern PC dan office 365. Jangan lupa beli Microsoft office yang original biar terhindar dari hal hal yang tak diinginkan. Apalagi sekarang membelinya pun sangat mudah sekali. Bisa dibeli secara online.  Oke deh sampai bertemu lagi ya di postinganku berikutnya.. bye bye

2019_0929_10030100-01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *