Ini dia 3 Kunci Tumbuh Kembang Optimal Anak

Sore itu Ibu menyuruh adek Umar 2 tahun 8 bulan untuk mandi sore. Tapi kali ini sapaannya tidak biasa. ” Gendut, mandilah ndut, Ayo mandi ndut”

Rupanya adek Umar merespon ucapan Ibu dengan sesuatu yang tidak disangka sangak. ” Eh ibu, Dak boyeh bu”

” Kenapa nggak boleh” pancing ibu lagi.

” Ganteng, adek Umar Ganteng” jawabnya polos yang langsung disambut ketawa nenek dan ibu yang mendengar.

Masyaallah memang adek Umar ini istimewa. Sejak umur 2 tahun dia sudah paham bahwa memang dia itu ganteng. Sudah mengerti berpenampilan rapi itu bagus. Bisa memilih pakaian yang dia mau pakai. Menggunakan jam tangan. Memilih sepatu bahkan topi.

Anaknya pun supel dan ramah. Bisa berkomunikasi dengan baik kalau ditanya orang dewasa.
Memang tubuhnya sedikit lebih berisi daripada kakaknya. Karena Umar ini tidak sulit diberi makan. Padahal dulu dia sempat terkena dehidrasi akibat diare waktu kecil. Alhamdulillah Setelah sembuh dan ibu rajin konsultasi ke dokter Anak. Pencernaan adek Umar sekarang pun sudah Sehat.

Nah ngomong ngomong tentang pencernaan yang sehat. Rupanya hal ini Penting sekali loh bagi tumbuh kembang Anak. Terutama di masa 1000 Hari Pertama kehidupan.

Hal ini aku ketahui saat mengikuti workshop. Grow Happy Parenting bersama Lactogrow

Ternyata Ada 3 kata kunci Penting yang dapat membuat anak anak tumbuh Sehat dan cerdas yakni Nutrisi, pencernaan Sehat Dan hati yang bahagia.

Bagaimana ketiga Hal ini dapat saling berhubungan? Nah di workshop bersama narasumber seorang Dokter Spesialis Anak Ariani Dewi Widodo
dan psikolog Anak Elizabeth Santosa.

Dokter Ariani Dewi Widodo, menjelaskan bahwa untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, salah satu langka yang dapat dilakukan orangtua adalah dengan memastikan pencernaan anak dalam kondisi sehat.

Sementara itu Psikologi Elizabeth Santosa, menambahkan bukan hanya asupan nutrisi yang harus diperhatikan dari si buah hati, emosi anak juga perlu.

“Karena kematangan emosi dan kebahagiaan anak dapat dibantu dengan mempraktekkan perilaku positif, dengan mengajarkan kebiasaan untuk bersyukur,” katanya.

Lebih lanjut, Elizabeth mengatakan kalangan orang tua telah mengerti teori pentingnya mendukung anak tumbuh bahagia. Namun, yang menjadi tantangan adalah bagaimana mewujudkan kondisi tumbuh bahagia (Grow Happy) seorang anak.

Namun yang juga nggak kalah Penting adalah Orang tua yang bahagia akan menghasilkan anak yang memiliki ketahanan terhadap stres dan tantangan hidup dimasa depan, anak-anak ini dihasilkan melalui pola asuh orang tua yang bahagia dan terlibat dalam aktivitas anak. Untuk mengenal dirinya sendiri, setiap individu khususnya orang tua perlu memahami apa saja sumber kebahagiaan dalam hidup seperti positif afektif (tertawa, damai, pemenuhan diri), negatif afektif (marah, sedih, curiga), dan tingkat kepuasan hidup agar dapat mengajarkan anak bagaimana arti kebahagiaan yang sesungguhnya,” ungkap Elizabeth.

Di Acara ini audience tidak hanya duduk diam memperhatikan Acara. Tapi ada timbal balik karena workshop diadakan secara interaktif, sangat menarik.

Audience para mom yang hadir selain leluasa bertanya kepada para Narasumber. Juga di test pemahamannya terhadap materi melalui games interaktif. Yang tentu saja bertabur hadiah.

Wah kami baru tahu loh ternyata manfaat probiotik bagi pencernaan. Salah satu bakteri baik yang harus ada dalam sistem pencernaan Kita.  Probiotik merupakan mikrobiota baik yang terdapat di dalam usus besar dan usus kecil, yang bukan hanya berfungsi menjaga kesehatan pencernaan saja, tetapi juga mempengaruhi otak yang akan menentukan kognitif (kecerdasan) anak. Probiotik yang terdapat di usus bernama Lactobacillus reuteri.

Mikrobiota paling banyak terdapat di usus besar, fungsi probiotik di usus besar sendiri untuk melancarkan pencernaan. Sedangkan di usus kecil, probiotik berfungsi menyerap zat-zat makanan dan menjaga kesehatan saluran cerna.

L.reuteri merupakan jenis probiotik yang ditemukan di usus, dan terdapat di dalam kandungan ASI. Bayi yang mengalami diare atau kolik, di ususnya itu berarti sedang kekurangan L.reuteri,

Nah banyak yang tidak tahu loh, bahwa L.reuteri ini juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan Anak.  Aku salah satunya. Untunglah dapat turut hadir di acara workshop yang ternyata sudah diadakan di beberapa Kota besar lainnya.

Workshop yang terdiri dari beberapa Acara, seperti Talkshow, dan Tanya jawab interaktif ternyata tidak sampai disitu saja, kami pun diajak belajar menyusun aneka menu sehat sekaligus berkreasi dengan play doh. Dan kelompokku menjadi salah satu pemenang loh.

Makanya sebagai seorang mom/ibu harus jeli memilih Makanan dan minuman apa saja yang akan dikonsumsi oleh Anak. Penambahan susu sebagai salah satu sumber Nutrisi dan kalsium bisa dilakukan. Memilih susu dengan tambahan probiotik juga menjadi pilihan utama karena probiotik dapat membantu menjaga pencernaan anak menjadi lebih Sehat.

3 Kunci tumbuh kembang Anak optimal adalah nutrisi, pencernaan yang Sehat dan hati yang bahagia. Sudah siap Kan mom? Membesarkan Anak dengan 3 Kunci tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *