Pahami Air Minum Dalam Kemasan Yang Paling Baik Untuk Hidrasi

Assalammu’alaikum Teman Teman ^^

Marhaban ya Ramadhan.  Alhamdulillah tidak terasa sudah menginjak hari ke ? ayo hari ke berapa puasa?.  Aku mau tes konsentrasi dan fokus kamu dengan pertanyaan tersebut. Sudah dijawab kan? Alhamdulillah kalau benar artinya konsentrasimu masih sangat baik. By the way membicarakan soal konsentrasi dan fokus.  Erat kaitannya dengan hidrasi loh.  Masih ingat tidak hidrasi itu apa? Kalau lupa yuk sama sama mengingat kembali.

Pas sekali beberapa hari yang lalu aku ikut acara #HydrationTalk bersama IHWG (Indonesia Hydration Working Group) yang didukung penuh oleh DANONE, selaku perusahaan yang sangat peduli akan nutrisi dan kesehatan lingkungan, apalagi acara ini sangat sesuai visi misi ONE PLANET ONE HEALTH, yakni mengedukasi masyarakat akan hidrasi yang sehat.

Para Narasumber
Para Narasumber Hydration Talk

Apa sih Hidrasi itu

Gaes, seperti yang kita ketahui.  Tubuh kita terdiri dari sejumlah air.  Mulai dari ujung kepala hingga organ dalam dan sampai ujung kaki.  2/3 dari tubuh kita terdiri dari Air.  Bahkan 75 % komposisi Otak kita terdiri dari air.  Lantas apa sih hidrasi itu?  jadi hidrasi adalah pemenuhan kebutuhan cairan tubuh.   Walau ternyata air ini sangat penting dalam kehidupan sehari hari.  Termyata air sempat terlupakan.  Baru di 2013 air dimasukkan kedalam tumpeng gizi  seimbang.  Padahal air merupakan zat gizi makro esensial, karena tubuh kita tidak dapat memproduksi air.

Tubuh kita yang sangat pintar ini mampu mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh.  Bila air yang masuk banyak, maka air yang dikeluarkanpun banyak. Baik melalui urin maupun keringat. Akan tetapi jangan sampai berkekurangan karena akan menggangu kesehatan, disebut juga dengan Dehidrasi.   Hal ini terkait fungsi air di dalam tubuh kita.

Fungsi Air Bagi Tubuh Manusia itu ternyata sangat banyak sekali.  Bahkan ini sempat jadi pertanyaan kuis di acara Hydration Talk.  Saking banyaknya aku tidak bisa menjawab semuanya dengan benar.  Untunglah Dokter Ratna Mutu Manikam salah satu nara sumber di acara ini memperbaiki jawabanku.  Fungsi air bagi tubuh manusia diantaranya adalah menurunkan suhu tubuh, melembabkan dan membasuh mukosa (mulut, mata dan hidung), lubrikan pada sendi, melindungi organ dan jaringan dalam tubuh, mencegah sembelit, melarutkan zat gizi dan membawanys ke perbagai bagian tubuh, membawa oksigen dan zat gizi ke perbagai jaringan tubuh. Membuang sisa metabolisme serta pengatur proses biokimia.

Dokter Nurul Ratna Mutu Manikam Selaku ketua departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengingatkan agar kita ” Minum air yang cukup, karena penting untuk keseimbangan tubuh. Selain itu harus memperhatikan jumlah kebutuhan air minimal 8 gelas sehari.  Karena hal ini diperlukan untuk mencegah dehidrasi atau ketidakseimbangan kebutuhan cairan tubuh yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan baik itu jangka pendek seperti penurunan konsentrasi, kelelahan dan sembelit.  Maupun jangka panjang seperti gangguan ginjal (Batu ginjal, penyakit ginjal kronis), infeksi saluran kemih ataupun resiko kegemukan.”

dba-foto-2-inge-komposisi-cairan-pada-organ-manusia-5a26e0c9fcf681539b245fe2

Setelah mengetahui fungsi air bagi tubuh kita.  Pasti pada penasarankan? air seperti apa sih yang baik kita konsumsi sehari hari? Nah sebagai bagian dari masyarakat perkotaan.  Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan air minum dalam kemasan.  Bisa dihitung jari ya, masyarakat perkotaan yang masih memasak sendiri air minumnya.  Yuph air minum dalam kemasan (AMDK) memiliki kelebihan dalam hal higienitas, kesegaran dan praktis.  Karena itu tidak salah dijadikan salah satu pilihan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidrasi.

Pahami Air Minum dalam kemasan yang paling baik untuk hidrasi

Di pasaran saat ini banyak sekali dijual air minum dalam kemasan dalam berbagai jenis dan iming iming kesehatan.  Oh iya sebelum acara dimulai, para audience juga sempat diberikan mini survey terkait pemilihan air minum dalam kemasan.  Ada salah satu pertanyaan yang berbunyi begini.  ” Apa yang membuat anda tertarik dan mengkonsumsi jenis air minum dengan pesan kesehatan?”

Terus terang saja, aku menjawab ” Terpercaya karena ada uji klinis”.  Aku memang termasuk type orang yang akan percaya begitu saja hal yang ditawarkan terkait kesehatan.  Bahkan sudah setua ini kalau sakit biasanya langsung ke dokter. Nggak pernah sama sekali ke alternatif.  Pokoknya sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan, harus bisa kuterima secara logis.  Inget banget waktu itu Ibu yang sedang sakit CKD State 5 ditawari minum air kesehatan.  Sebut saja air alkali.  Iming imingnya berdasarkan testimoni para pasien pasien sebelumnya. Pasien yang memberi testimoni adalah pasien cancer dll. Namun setelah konsultasi dengan dokter penanggung jawab ibu. Pak dokter bilang, minum air mineral juga nggak papa.  Malah ibu nggak boleh minum banyak dan harus ditakar.

Kembali lagi soal air kemasan, ternyata di Indonesia sangat familiar 4 jenis AMDK. Yakni diantaranya air mineral, air demineralisasi, air oksigen dan air alkali.  Dengan banyaknya jenis AMDK yang berada di pasaran saat ini.  Sayangnya tidak banyak masyarakat  yang memahai perbedaan dan manfaat pada setiap jenisnya.  Bahkan Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Dr. dr Diana Sunardi, M Gizi. Sp. GK mengatakan ” AMDK merupakan produk yang diatur secara ekstensif karena mempunyai peran yang sangat penting dalam kesehatan masyarakat. Dari banyak AMDK yang dipasarkan di Indonesia.  hanya 4 jenis amdk yang akan dibahas lebih lanjut dalam acara #hydrationtalk.  Yakni air mineral, air oksigen, air alkali dan air demineral.  Keempat jenis amdk tersebut memiliki karakteristik yang berbeda beda pula”

Bagaimana telaah lebih lanjut IHGW terhadap ke 4 jenis AMDK tersebut?  Simaklah informasi berikut ini :

  1.  Air Alkali

Air alkali selama ini dikenal sebagai air kesehatan. Dengan iming iming dapat membantu menyembuhkan banyak sekali penyakit.  Hasil telaah kritis dari IHGW ternyata manfaat air alkali  untuk kesehatan berikut overclaimnya belum ditemukan bukti yang kuat.  Namun air alkali tetap dapat dikonsumsi sekedar memperbaiki hidrasi dewasa orang kuat

2.  Air Oksigen

Klaim yang diberikan oleh banyak produsen air oksigen adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat hilangnya dahaga, melancarkan buang air besar.  Hasil telaah kritis menyatakan bahwa air oksigen sampai saat ini tidak terbukti memperbaiki status hidrasi lebih cepat dibanding air keran pada orang sehat dengan aktivitas ringan-sedang. Air oksigen sampai saat ini tidak terbukti meningkatkan kinerja fisik. Dan soal mampu melancarkan buang air besar.  Memang seperti fungsi air pada umumnya. yakni mencegah konstipasi

3. Air demineral

Air demineral diklaim sebagai air murni dengan banyak manfaat kesehatan.  Sayangnya dari hasil telaah kritis, malah ditemukan terdapatnya hubungan antara defisiensi vitamin B12 degan konsumsi air demineral. Jadi makin banyak kita minum air ini, makin berkurang jumlah vit B12 kita di dalam tuibuh.  Dan juga sampai saat ini tidak ditemukan adanya bukti ilmiah hubungan antara air demineral dengan manfaat kesehatan.

4, Air mineral

Air mineral merupakan air mata air yang dikemas secara higienis sesuai standard nasional indonesia tanpa ditambahkan bahan bahan lainnya.  Hal ini sesuai persyaratan Air minum dalam kemasan yang baik dikonsumsi. Yakni tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa juga tidak mengandung zat zat berbahaya.  Komposisi mineral yang terkandung didalamnya. ternyata sesuai dengan kebutuhan tubuh.  Air mineral menjadi rekomendasi air minum dalam kemasan yang cocok dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  sesuai fungsi air sebenarnya

dba-foto-2-mineral-esensial-5a26e2b5cf78db61d4575b72

Ditutup dengan pernyataan Dr. dr Diana Sunardi M. Gizi, Sp. GK bahwa ” Selain manfaat dari tercukupinya kebutuhan hidrasi, untuk jenis air demineral, air alkali, air oksigen masih memerlukan dukungan kajian ilmiah lebih lanjut untuk mengetahui jenis jenis air tersebut dapat memberikan manfaat kesehatan lain, misalnya detoksifikasi, menyembuhkan kanker, tumor dll hingga saat ini semua klaim tersebut masih perlu dibuktikan secara ilmiah.  Dan penting diingat bahwa dalam memilih air minum untuk hidrasi sehat, mengkonsumsi air mineral biasa saja sudah cukup bermanfaat untuk mendukung upaya menjaga kesehatan tubuh”

Okey Gaes sampai disini sudah jelas ya, ternyata untuk memilih air minum yang paling baik. Kita harus benar benar jeli menerima informasi.  Agar tidak termakan overclaim sehingga membeli air minum dengan harga yng lebih tinggi dari fungsi aslinya. Baiklah selamat berpuasa, dan jangan lupa penuhi kebutuhan hidrasimu setiap hari.  Minimal 8 gelas sehari.  Sampai jumpa di postingan berikutnya ya. Bye bye

IMG_20190514_185854

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *