Mari Hadirkan Layar Kebaikan Untuk Rumah Ibadah

Suatu hari saat jam sholat Ashar tiba. aku dan Suami mampir ke sebuah masjid bagus di daerah depok. Hari itu kebetulan kami mampir mengambil keperluan umroh tante di salah satu travel yang berada di Depoka. Sembari menunggu Suami sholat ashar. Aku duduk menunggu di sebuah ruang disamping masjid yang sudah dilengkapi dengan kursi kursi panjang dan sebuah meja kayu

Sepertinya masjid ini dekat dengan sekolah. Karena banyak anak Anak berseragam sekolah yang juga ikut sholat di Sana. Ada yang berseragam SD berwarna merah tapi lengan panjang dan celana panjang Khas SDIT. Ada juga yang berseragam putih biru dan putih abu.

Yang ingin kuceritakan tentu saja bukan tentang ramainya anak anak tersebut.  Tapi sebuah layar televisi berukuran kira kira 22 inchi yang terpasang di salah satu dinding ruang tunggu.  Layar televisi ini sering kali juga kutemui di beberapa restorant atau rumah makan.  Tapi yang membedakan adalah isinya.

children-403582__480

Rupanya layar itu bernama Television Program sejenis dengan televisian display program. Kalau di restaurant isinya adalah iklan, di Masjid tersebut berisi aneka tayangan inspiratis.  Tivi sejenis juga pernah kulihat di minimarket.  Kalau di Minimarket isinya adalah potongan channel youtube review produk yang mereka jual ataupun tips dan trik seputar kehidupan sehari hari.

Terus terang ini menarik. Mengingat sekarang ini memang sudah masanya atau zamannya serba digital.  Orang orang cenderung lebih menyukai menonton gambar bergerak daripada membaca tulisan tulisan panjang.  Makanya koran dan majalah media cetak sekarang cuma digemari oleh angkatan Baby Boomer dan sedikit generasi X.

Generasi Y alias generasi milenial apalagi generasi Z lebih menyukai tayangan bergerak atau video.  Sebab itulah YOUTUBER menjadi salah satu profesi yang terlahir di zaman ini.  Dan video video di youtube bisa ditonton puluhan ribu sampai jutaan kali  Bahkan Atta Halilintar yang dijuluki king youtube mendapat penghasilan ratusan juta tiap bulannya hanya dari membuat video.

Ini membuatku berpikir mengenai jam penunjuk waktu sholat yang ada di masjid masjid.  Bagaimana bila selain jam tersebut juga ditambahkan TVP di beberapa lokasi untuk media informasi maupun hiburan.  Ya ini bukan berarti nonton televisi jadi pindah ke masjid.  Tapi bagaimana menyelipkan informasi ataupun materi keislaman ke dalam tayangan TVP tadi.

Nggak usah yang berat berat deh.  Informasi ringan saja, misal tentang wakaf, bagaimana menunaikan wakaf, keistimewaan wakaf, keutamaan wakaf.   Cara berwudhu yang benar.  Cara tayamum, kalkulator zakat wakaf. dll Sesuatu yang kecil tapi bermanfaat.

Sayangnya belum banyak Masjid masjid yang memiliki TVP.  Padahal dengan TVP banyak manfaat yang bisa didapat loh.  Nah mau nggak mewujudkan TVP ini berada di masjid masjid yang membutuhkan? Caranya sangat mudah loh.  Yup menjadi seorang Wakif itu mudah sekali. Kira kira syaratnya seperti ini

Syarat Menjadi Seorang Wakif

Ada 5 syarat utama untuk menjadi seorang wakif (Orang yang berwakaf) yakni sebagai berikut :

1. Islam

Yup tentu saja harus beragama islam ya, karena kalau bukan muslim.  Wakafnya bisa saja jadi tidak sah

2. Baligh

Kita harus sudah akil baligh dulu agar dapat menjadi seorang wakif.  Dengan begitu nanti nya wakaf yang kita bayarkan sesuai dengan kebutuhan dan diputuskan dari akal sehat.

3. Berakal

Berakal disini dalam pengertian mampu diajak berkomunikasi dengan orang dalam ruang lingkup keluarga dan mampu bersikap mana yang baik dan buruk bagi dirinya.

4,  Harta Milik Sempurna

Yang dimaksud dengan milik sempurna adalah pemiliknya bisa menggunakan harta itu dan kepemilikan atas harta itu diperoleh dengan benar.  Jadi suatu harta tidak bisa dikatakan milik sempurna apabila harta itu tertahan pada orang lain,  Harta yang tidak sempurna juga termasuk harta yang didapatkan dengan mencuri/korupsi.

5. Mampu bertindak secara hukum

Implikasinya adalah orang bodoh, orang yang sedang muflis dan orang lemah ingatan tidak sah mewakafkan hartanya.

Ke lima hal diatas adalah hal mudah yang harus kita penuhi sebelum memutuskan berwakaf.  Dan sebenarnya I-Wakaf sebagai salah satu lembaga wakaf indonesia memiliki program TVP yang dapat kita ambil dan bayar.

Wakaf TVP Masjid merupakan wakaf tv program yang berkonten jadwal kegiatan, film edukasi islam dan lain sebagainya.  TV program ini, nantinya akan ditempatkan di masjid yang membutuhkan.  Nah adapun biaya program ini adalah  Rp 1000.00 bagian.

Alhamdulillah, semoga nantinya makin banyak yang terinspirasi dari menonton tayangan TVP di masjid. Yuk turut hadirkan layar kebaikan bagi yang menonton tayangan di TVP masjid. Aamiin allahumma aaamiin

hall-828553__480

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *