Mengenal Wakaf Sebagai Sedekah Yang Istimewa

Assalamualaikum sobat millennials, good people dimana saja, alhamdulillah insyaallah yang sedang berpuasa semuanya dalam keadaan sehat Dan dipermudah ya ibadahnya.

Beberapa Hari yang lalu aku malah lagi kurang sehat. Jadi di rumah saja istirahat. Sampe sampe Pak Suami enggak sholat tarawih di masjid. Kebetulan hujan juga sih, jadi beliau dirumah saja dan jadi imam sholat tarawih malam itu. Makmumnya siapa? Ya aku doang. Kan cuma berdua di rumah xixixi. Setelah sholat Isya, beliau kuminta untuk kultum. Eh malah aku yang disuruh kultum. Bagaimana sih Pak?.

Untungnya aku mau ye kan. Kebetulan ada informasi menarik tentang Wakaf yang aku dapatkan beberapa hari lalu. Sebagai mantan amil lembaga amil zakat Nasional. Ya setidaknya aku masih bisa membedakan pengertian antara Zakat Infak Sodaqoh Dan Wakaf

Teman teman good people juga pasti sudah tahu kan apa sih ZIS itu? Karena memang informasi tentang ZIS sudah masif di masyarakat. Baik offline maupun online. Wajar saja bila pertumbuhan ZIS di masyarakat Indonesia cukup bagus. Alhamdulillah suamiku termasuk yang telah rutin mengeluarkan Zakat Penghasilan tiap bulannya. Dan sudah menyalurkannya ke Lembaga Amil Zakat Nasional. Karena kami percaya melalui LAZNAS insyaallah pengelolaan dana zakat menjadi lebih terukur, terstruktur Dan terarah. Sehingga kemanfaatannya menjadi lebih besar dan luas karena dikelola secara professional

Kalau ZIS sudah dikenal bagaimana dengan Wakaf Sendiri? Sayangnya sedekah istimewa bernama Wakaf ini belum begitu masif dikenal masyarakat. Selama ini Wakaf hanya dikenal dalam bentuk Wakaf tanah Dan bangunan. Pelakunya biasanya orang orang tua yang telah mapan dan memiliki banyak harta benda

Seperti Kakekku yang telah mewakafkan tanah untuk bangunan pesantren dan sekolah, Wakaf tanah kuburan, wakaf tanah untuk jalanan dll. Aih tapi aku belum semapan Kakek. Apa aku tidak punya hak untuk bisa berwakaf juga?

Nah disinilah salah kaprahnya. Wakaf itu sebenarnya bisa dalam bentuk yang sekecil kecilnya, bahkan kalau perlu bagian yang besar. Kita bisa berwakaf secara gotong royong

Pingin tahu lebih lanjut nggak Sobat millennial? bagaimana orang orang muda seperti Kita bisa punya kekuatan membangun akhlak Dan membantu masyarakat Indonesia lainnya dengan cara berwakaf?

Sebelumnya aku akan memberi tahu secara singkat saja apa itu Wakaf dan mengapa menjadi sedekah yang istimewa

Wakaf  Adalah Sedekah Yang Istimewa

Wakaf insyaallah jadi sedekah yang istimewa. Dari sisi bahasa, wakaf berasal dari kata waqf yang berarti Radiah  (terkembalikan,) al-tahbis (tertahan), al-tasbil(tertawan), al-man’u (mencegah). Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa wakaf menurut bahasa adalah “menahan harta”tidak dipakai oleh seseorang, tidak pula diizinkan untuk dikuasai

 Wakaf bisa diartikan sebagai sedekah jariyah yang tujuan sedekahnya untuk kepentingan orang banyak. Harta wakaf tidak boleh berkurang nilainya, tidak boleh dijual dan tidak boleh diwariskan. karena wakaf pada hakikatnya adalah menyerahkan kepemilikan harta manusia menjadi milik Allah atas nama umat.

Kenapa jadi istimewa? Sebab wakaflah yang dimaksud dan sudah menjadi ijtima ulama sebagai sedekah Jariyah. Masih pada ingat kan hadist tentang Amal Jariyah?

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Yup dalam hadist tersebut diungkapkan bahwa Ada 3 amal perbuatan yang pahalanyaa akan terus mengalir walau orang yg melakukannya telah meninggal. Wakaf menjadi salah satunya.  Karena inilah sedekah yang akadnya WAKAF menjadi istimewa.  Pahala tidak akan putus putus, selama harta wakaf tersebut dimanfaatkan.  Walau si pemberi wakaf sudah meninggal.

Lantas Bagaimana caranya berpartisipasi dalam kegiatan Wakaf ini?.  Caranya mudah sekali sobat milenial.  Sekarang ini sudah banyak sekali lembaga Wakaf yang sudah dikelola dengan cara profesional.  Program program wakaf yang ditawarkan pun sangat menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan zaman ini.  Salah satunya bisa melalui Wakaf Al Quran di I-Wakaf.

Sekilas Mengenai I-Wakaf

Beberapa waktu lalu aku sempat mengunjungi Lembaga Wakaf ini. I-wakaf yang sekarang berkantor di Graha PKPU lantai 3.  Jalan Raya Condet no 27 G.  Batu Ampar, Jakarta Timur.  Rupanya I-Wakaf merupakan bagian dari PKPU.  Mungkin sudah banyak yang tahu tentang PKPU bukan?

I-Wakaf memberikan kemudahan untuk kita dalam menunaikan wakaf.  Selain layanan transfer wakaf, juga ada layanan donasi wakaf online, juga jemput wakaf.   I-Wakaf yang memiliki Jargon Siapapun bisa berwakaf ini memiliki banyak program wakaf yang dapat kita pilih dan kita tunaikan sesuai kemampuan kita.  Salah satunya adalah Program Wakaf Alquran.  Seperti kita ketahui masih banyak umat muslim yang belum mempunyai Alquran yang layak karena minimnya fasilitas Ibadah.  Nah I- Wakaf mengeluarkan program wakaf Al Quran.

Ini keutamaan Wakaf Alquran

Al Quran bagi umat muslim tentu saja menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting. Seorang muslim yang baik tidak akan jauh dari yang namanya membaca AlQuran.   Karena itulah Alquran merupakan shodaqoh jariyah yang terbaik.   Setiap satu kata yang dibaca dari Alquran akan mengalir pahala.  Selain itu ada banyak ilmu pengetahuan yang didapat dari membaca alquran.  Setiap kali orang yang menerima Alquran tersebut memanfaatkan ilmunya, insyaAllah akan mengalir pahala yang sama untuk yang memberikan wakaf.

Alhamdulillah, I-wakaf sendiri sudah pernah menyalurkan Wakaf Al Quran dari para Wakif ke beberapa penghapal alquran, pesantren dan sekolah.  Insyaallah kegiatan ini akan terus berlanjut selagi masih banyak Wakif yang mewakafkan uangnya untuk program ini.

Tidak sulit untuk turut berpartisipasi dalam program Wakaf Alquran.  Cukup dengan Rp. 120.000/Mushaf.  Kita sudah turut serta dalam program wakaf Al-Quran ini. InsyaAllah akan disalurkan kepada yang berhak menerima. Bila teman teman berminat bisa menghubungi layanan konsultasi dan konfirmasi IWAKAF di 081375900678 atau mengunjungi www.iwakaf.or.id

Nah sampai disini dulu informasi tentang wakaf. InsyaAllah nanti akan ada artikel lainnya yang juga bisa jadi bahan informasi untuk kita semua.  Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *