Supear dan Manfaatnya untuk Kesehatan

pears-1209915__480-01

Intan sempat ragu ragu saat ditawari paket detox’s dengan buah dan sayur.  Namun keinginannya bebas dari masalah jerawat berat membuatnya menyetujui untuk di asingkan sementara dan mengikuti program diet buah buahan.

Singkat cerita Intan dipingit selama 2 Minggu. Dan selama disana Intan menjalani program detoxsifikasi dengan buah dan sayur. Makanannya di atur, jumlah terpantau. Masker wajahnya pun terbuat dari campuran buah yang dihaluskan.

Alhamdulillah proses detoxs Intan berhasil, dalam 2 pekan wajahnya yang cantik today lagi dihiasi dengan jerawat yang mengganggu. Kini wajah Intan sudah bersih, jerawatnya mengecil dan perlahan menghilang.  Semua berkat manfaat dari buah buahan.

Hal diatas memang sebuah cuplikan sinetron Indonesia. Namun karena sangat berkesan, Dan info yang disampaikan bermanfaat. Menjadi sangat berkesan untukku.

Buah adalah Superfood

Seperti yang Sama Sama Kita ketahui. Memang buah dan sayur adalah makanan superfood. Yakni makanan yang memiliki banyak manfaat.  Salah satunya ya untuk mendetoksifikasi racun dari dalam tubuh.  Sayangnya tidak semua orang menyukai rasa sayuran.  Namun lebih mudah menerima rasa buah yang manis dan menyegarkan.

Karena itu ketika duduk dan mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Bapak Kafi Kurnia Founder dari Sembutopia.  Sebuah platform yang bertujuan untuk memotivasi menginspirasi, dan memberikan edukasi tentang gaya hidup sehat sekaligus memberikan layanan sosial dan pemberdayaan kesehatan sehari hari melalui program dan kegiatan Sembutopia.

Dalam sambutannya di acara launching Supear di kawasan kemang beberapa hari lalu.  Bapak Kafi Kurnia menginformasikan beberapa program Sembutopia yang mengkampanyekan hidup sehat.  Diantaranya adalah kampanye makan buah.

Bapak Kafi bahkan dijuluki Bapak washington karena sebelumnya sudah sukses dengan kampanye makan buah “Apel Washington”, kini Bapak Kafi meluncurkan kampanye makan buah kedua yakni buah Pear.  Dan untuk kamu ketahui Kampanye Supear ini akan dimulai besok tepat 1 Desember 2018 yang bertepatan dengan peringatan hari Pear Sedunia atau disebut juga World Pear Day.

pear-2297977__480

Pear Tak Sekedar Manis, Tapi Juga Bermanfaat

Siapa yang menyangka bahwa buah yang berbentuk lonceng ini telah dikonsumsi oleh nenek moyang sejak berabad abad lamanya.  Kisah ini sudah ditemukan sejak 10 SM. Pear merupakan tanaman yang bertumbuh di daerah dengan iklim tropis di Eropa Barat, Asia dan Afrika Utara.  Nama pear sendiri berasal dalam bahasa inggris.

Buah ini merupakan spesies yang bergenus pyrus. Kabarnya lebih dari 30 jenis buah pir dari genus pyrus. Dan hampir di tiap daerah penghasil pir, memiliki kekhasan buahnya masing masing.  Namun orang banyak mengenal jenis pear dari dari penghasil terbesarnya.  Seperti Pear Asia, Pear Eropa dan Pear amerika.

Supear merupakan beberapa jenis buah pear yang diimport dari Bagian Oregon dan Washington di Amerika Serikat yang dianggap sebagai daerah khusus pengembangan buah pear.  Ada 1600 petani yang mengembangan buah jenis ini disana.

Menurut Pak Kafi Kurnia, yang paling membedakan antara pear asia dan pear amerika adalah dari teksturnya.  Pear asia mempunyai tekstur yang garing seperti buah bengkuang.  Sedangkan pear amerika memiliki tekstur yang lembut dan empuk serta rasa yang sangat khas dan otentik.

Ini Dia Manfaat Supear

Sebagai sepupunya buah Apel, buah pear juga mencatat banyak sekali kebaikan di dalamnya.  Tidak hanya rasanya yang lezat tapi buah ini juga sangat bermanfaat.  Manfaatnya adalah sebagai berikut

  1. Makanan yang cocok untuk menurunkan berat badan

Pir memiliki kadar kalori yang rendah, sehingga buah pear sangat bagus untuk disertakan sebagai makanan penurun berat badan.  Buah ini dapat membuat rasa kenyang lebih lama, karena kandungan serat yang tinggi.  Buat yang sedang sembelit, buah ini cocok sekali dimakan untuk memperlancar pencernaan.

Pear berukuran medium memiliki kandungan 6 g serat yang mencukupi sekitar 24 persen kebutuhan sehar hari untuk wanita di bawah 50 tahun.  Hal ini pernah dimuat dalam the food and nutrition board dari institut nasional kedokteran.

     2.  Makanan Pencegah Kanker

Walaupun buah pear rasanya manis dan segar, tapi kandungan vitamin C nya cukup tinggi.  Karena itu sebagai sumber vitamin C dan Vitamin A Pear juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh.

    3.  Memerangi Penyakit Kardiovaskular
Selain vitamin C dan Vitamin buah pear juga mengandung mineral seperti sodium dan kalium. Mineral Ini penting untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menguatkan otot jantung. Selain itu Serat pada Buah Pear juga dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, sehingga menjaga agar jantung tetap dalam kondisi kerja yang baik.
   4. Mengurangi risiko kolitis
Kolitis adalah penyakit berupa peradangan usus besar yang menyebabkan gejala nyeri, meradang, diare dan perdarahan anus. Usus besar meliputi area dari caecum (tempat menempel usus buntu/appendiks), kolon ascendant, kolon transversum, kolon descendent sigmoid, rektum, dan anus.
Pir dengan jumlah serat yang tinggi mampu mencegah dan juga mengatasi terjadinya kolitis. Bahkan buah pear dapat menjadi obat untuk radang usus.  Caranya konsumsi setengah kg buah pear segar yang sudah dikupas kulitnya sebelum waktu makan tiga kali sehari selama seminggu.
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat buah pear bagi kesehatan.  Namun yang terpenting adalah bagaimana informasi ini bisa kita praktekan dalam kehidupan sehari hari.  Kita jadikan lifestyle gaya hidup.  Makan buah itu sehat, bisa jadi beragam obat. seperti yang disampaikan oleh bapak Kafi Kurnia, sebenarnya tubuh bisa sehat dengan mengkonsumsi makanan yang tepat.
Makanan yang sehat dan gaya hidup yang sehat.  Makanan tersebut dapat ditemukan dengan mudah disekitar kita.  Contohnya Supear yang mudah sekali ditemukan di Swalayan, toko buah, supermarket dll.   Yuk Sehatkan tubuh dengan makan buah.
IMG_20181127_120129
Bagi teman teman yang ingin mengikuti informasi kesehatan dan kegiatan dari sembutopia serta Supear.  Bisa mengikuti media sosial ini
Instagram @Sembutopia
Instagram @Supear
Youtube @Supear
Bapak Kafi dengan Supear Girl
Bapak Kafi dengan Supear Girl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *