Wow Ini Dia Pemenang Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet

Zaman digital memberikan banyak peluang bagi yang mampu memanfaatkannya. Salah satunya jadi jalan mencari informasi sekaligus rezeki melalui media sosial.  Bagi generasi milenial, berbagi informasi melalui social media bukan lagi hal yang aneh. Sudah menjadi sebuah hal yang lumrah.

Termasuk salah satunya mencari informasi tentang kinerja pemerintahan terkini. Langsung dari sumber terpercaya sehingga terhindar dari HOAX.  Salah satu sumber informasi terpercaya tentang kinerja pemerintah untuk #MenujuIndonesiaMaju dapat diperoleh melalui akun web dan sosial media Sekretariat Kabinet.

Di tahun 2018 ini, melalui berbagai lomba sosial media Sekretaris Kabinet Bapak Pramono Anung mengajak seluruh warganet dan masyarakat Indonesia untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah #MenujuIndonesiaMaju.

Melalui beragam lomba di Sosial Media Pak Pramono Anung ingin Warganet menjadi lebih akrab dan mengenal lebih dekat pemerintah serta kinerja #MenujuIndonesiaMaju baik program maupun pencapainnya dengan cara yang menyenangkan. Kompetisi secara sehat, fun sekaligus masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya.

Apa Saja Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet RI #MenujuIndonesiaMaju

Pada tanggal 26 Maret 2018 yang lalu Pelaksanaan Lomba Media Sosial dengan tagar #MenujuIndonesiaMaju telah diresmikan dan diumumkan oleh Bapak Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Gedung III Kemensetneg Jakarta.  Lomba ini dimulai dari bulan Maret sampai November 2018.  Ada 5 platform media sosial yang digunakan dalam pelaksanaan lomba ini.  Diantaranya adalah Twitter, Facebok, Instagram, Youtube dan Blog.  Adapun persyaratan dan ketentuan lombanya sebagai berikut.

Twitter :

Di Akun twitter Setkab @setkabgoid  sejak April hingga November 2018 sudah diadakan beberapa kali lomba twitter dengan bermacam cara. Pertama ada lomba tweet tentang hal yang berkaitan dengan seberapa jauh dampak kebijakan yang telah dilakukan oleh Pemerintah RI terkait program Prioritas.  Lalu ada lomba membuat moment/kul-tweet/chirpstory.  Dan mengisi teka  teki silang.

TWITTER

Facebook :

Untuk lomba di Facebook dari bulan April hingga November 2018 sering diadakan lomba mengisi teka teki silang dan mencari lalu mengisi kata yang hilang dari pidato Presiden ataupun Sekretaris Kabinet.  Adalagi lomba mencocokkan nama, sesuai event yang tengah berlangsung saat itu.  Contohnya seperti gambar di bawah ini.

FACEBOOK

Instagram :

Lomba di Instagram, diantaranya membuat minivlog atau video reportasi berdurasi maksimal 1 menit, mencocokkan kata seperti di Facebook dan menemukan kata dalam kotak.  Salah satu contoh lombanya bisa sobat lihat dibawah ini

Lombs meme di Instagram
Lombs meme di Instagram

Youtube :

Lomba youtube ini cocok banget buat para milenial yang memang suka sekali membuat vlog atau video blog (video dengan cerita). Lomba vlog ini dibagi menjadi dua periode yakni Periode 1 (Mei-Juli 2018) dan Periode 2 (Oktober-Desember 2018).  Wah masih bisa ikutan nih di Periode 2.

Bagaimana caranya? Kita baik perorangan maupun kelompok dengan jumlah maksimal anggota 5 orang, wajb membuat video dengan durasi maksimal 5 menit yang diunggah ke akun youtube. Video diharapkan bercerita mengenai pembangungan infrastruktur di Indonesia beserta manfaatnya. Selain lomba vlog, juga ada lomba membuat film pendek.  Film pendek ini berisi program prioritas pemerintah RI dibidang Maritim, Energi, Pangan dan Pariwisata.

Ketentuan lainnya adalah, video yang diunggah harus mencantumkan format judul [#MenujuIndonesiaMaju-Judul Vlog/Film Pendek] dan berikan tagar #MenujuIndonesiaMaju dan #PembangunanMaju. Tiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 vlog/1 film pendek saja, jadi semua masyarakat bisa ikut berpartisipasi dengan kesempatan menang yang sama besar.

Salah satu pengumuman lomba vlog bisa dilihat di gambar ini

video

Blog :

Untuk teman teman yang hobi menulis melalui blog.  Ternyata Sekretariat Kabinet membuka peluang kita mendapatkan hadiah melalui tulisan. Yakni lomba blog dengan hadiah yang sangat menarik. Lomba ini sudah diadakan dalam periode Juli-September 2018.  Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut :

Menulis blog tentang #MenujuIndonesiaMaju dengan platform apapun. (Blogspot, WordPress, kompasiana dll).  Ditulis dengan minimal kata 500 dan maksimal 1500 kata.  Postingan blog di share di media sosial twitter dan harus dengan tagar #MenujuIndonesiaMaju kemudian jangan lupa mention akun @setkabgoid.
lomba1

Hadiah Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet

Tahukah kamu ternyata hadiah lomba media sosial di Sekretariat Kabinet itu WOW banget.  For Your Information total hadiah adalah sebesar 107 juta dengan rincian :

Lomba Youtube total 29 juta rupiah, lomba blog senilai 6 juta rupiah, twitter 24 juta rupiah, facebook 24 juta rupiah, dan instagram 24 juta rupiah.

Wow Siapakah Pemenangnya?

Alhamdulillah Gaes, beberapa hari lalu sudah diadakan pengumuman dari beberapa lomba medsos Sekretariat Kabinet edisi bulan November.  Tinggal menunggu lomba Vlog dan film pendek yang akan berakhir di bulan desember.

Aku juga ikut beberapa lomba yang ada di medsos sekretariat kabinet.  walau memang belum beruntung karena belum pernah menang sekalipun xixix.  Tapi aku tidak sedih berlarut karena belum menang.  Aku yakin insyaAllah akan ada kesempatan untuk menang di lomba pada tahun berikutnya. Semoga Sekretariat Kabinet mengadakan lagi ya.

Aku turut bergembira saat membaca pengumuman pemenang lomba media sosial Sekretariat Kabinet.  Karena banyak nama akun yang dimention adalah teman temanku.  Alhamdulillah inget banget siang itu sebelum pengumuman lomba.  Salah satu temanku sedang bercerita bagaimana perjuangannya dalam membiayai sekolah anak anaknya. Hingga S2nya sempat terhambat karena mendahulukan biaya sekolah anak anak.  Nggak disangka dan diduga temanku itu menjadi salah satu pemenang lomba twitter di Akun @setkabgoid dan berhak mendapat tabungan mandiri senilai 2 juta rupiah.  Masyaallah happy banget nggak tuh.

Dan aku juga mendapat banyak sekali informasi dan wawasan mengenai kegiatan Sekretariat kabinet juga tentang program kinerja Pemerintah RI di masa sekarang ini.  Melalui kegiatan berlomba dan menjawab soal di kuis kuis Sekretariat Kabinet.  Nah kalau kamu penasaran siapa pemenang lomba media sosialnya. Yuk cari namamu disini ya :

Kategori twitter
Kategori twitter
Kategori facebook
Kategori facebook
Kategori Instagram
Kategori Instagram

IMG-20181130-WA0021

IMG-20181130-WA0022

IMG-20181130-WA0023

Yeay selamat ya buat para pemenang, walau aku belum menang tapi aku turut bahagia kok.  Buat yang belum ikutan. Yuk follow semua akun media sosial Sekretariat Kabinet dan nantikan kegiatan dan kuis menarik lainnya. Untuk informasi akunnya bisa dilihat dibawah ini ya teman.

Facebook Fanpage: @Setkabgoid

Twitter: @setkabgoid

Instagram: @sekretariat.kabinet

Youtube: Sekretariat Kabinet RI

Website: www.setkab.go.id

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *