Asyiknya Liburan ke Malang Truly Of Jawa Timur

Jawa timur bisa dibilang wilayah Jawa yang wisatanya belum pernah aku kunjungi. Jawa barat lebih sering karena dekat, bisa seminggu sekali atau bahkan lebih. Kalau daerah Jawa tengah, Jogya merupakan destinasi populer, sudah lebih dari lima kali sepertinya ke sana. Nah, Jawa Timur pastinya memiliki beragam wisata yang menarik juga. Sebelum melakukan perjalanan, maka aku mencari wilayah atau kota di Jawa timur yang memiliki beragam wisata dan lokasinya tidak terlalu jauh, maka terpilihlah kota Malang. Apalagi Malang disebut sebut sebagai the truly of Jawa Timur. Tambah penasaran deh ingin segera mengunjungi Kota Malang.

Setelah melakukan pencarian di internet melalui google, ternyata Kota Malang memiliki beragam wisata, ada wisata alam, wisata urban, wisata gunung, wisata pantai, wisata sejarah dan wisata kuliner. Klop. Benar benar komplit. Jadi julukan Malang the truly Of Jawa Timur tidak berlebihan. Memang benar adanya. Suamiku pun melakukan preparasi untuk keperluan kami disana. Rencananya kami akan berlibur selama 5 Hari 4 malam di Malang. Untunglah zaman sudah canggih, beli tiket dan booking hotel tinggal pakai aplikasi saja.

Sayangnya saat itu tiket pesawat sedang mahal mahalnya. Suamiku sih tidak masalah, tapi sebagai emak emak rasanya sayang kalau cuma ke Pulau Jawa tapi menghabiskan uang untuk tiket 4 juta rupiah PP untuk dua orang. Beda kalau misalkan berangkatnya ke Luar Pulau Jawa. Toh masih sepulau ini. Lagipula kalau misal ada bis, nggak masalah kok naik bus. Dulu waktu ke Solo sering beli Tiket Bus ke Solo. Karena selain solo lebih dekat. Naik bus juga seru. Suamiku akhirnya menuruti keinginan emak emak irit ini. Pergi ke Malang Naik kereta, pulang Naik pesawat yang waktu itu tiketnya lagi Mahal di angka 1.2 jt per orang. Huhuhu

Perjalananku menuju malang diawali menggunakan kereta. Perjalanan sekitar 14 jam Dari stasiun Senen dijalani penuh dengan Drama. Karena ternyata aku tidak cocok Naik kereta ekonomi yang sedang penuh dan dengan durasi cukup lama. Terus terang aku tidak boss tidur Sama sekali hahahaah, apalagi kursi disebelah kami diisi ABG yang dari sejak berangkat sampai tiba di stasiun Malang. Mereka tidak pernah kehabisan energi. Kalau Siang ya wajar sih kalau ribut. Kalau sepanjang malam mereka tetap ribut dan berkicau? Duh poor of me.

Untunglah akhirnya kereta tiba juga di stasiun Malang. Ya ampun seneng banget, Karena terbayang akan segera tidur dulu di hotel xixixi. Jalan jalannya sore saja, Karena mata sudah 5 watt. Suamiku terus terusan berkata. ” Makanya udah dibilangin Kan”. Aku cuma tersipu sipu malu. Wkwwkwk salah sendiri pingin irit sih.

Kami makan Siang dahulu di salah satu restorant fast-food depan stasiun Malang. Oh ya, sebelumnya Pak suami telah melakukan booking sewa kendaraan bermotor. Jadi, seketika sampai distasiun, untuk menuju ke tempat penginapan bisa menggunakan motor. Teorinya begitu, tapi aslinya aku pesan taksi juga. Karena bawaanku segambreng hahaha. Dan Pak suami menyusul menggunakan motor yang kami sewa. Sekedar saran, jika waktu liburan yang anda pilih adalah waktu libur panjang/tanggal merah. Persiapkan dari jauh hari untuk melakukan booking, karena sebelumnya melakukan lebih dari 10 penyewaan motor dan semuanya full booked. Tapi alhamdulillah dapat juga.

Suamiku sudah merencanakan untuk menginap di tengah kota, sehingga memudahkan untuk ke mana-mana, dan perjalanan dari stasiun kereta ke tempat penginapan hanya sebentar, kurang lebih 15 menit. Setelah sampai di tempat penginapan, kami beres-beres dan istirahat, karena sudah siang maka kami hanya memiliki sisa waktu setengah hari, destinasi yang dituju haruslah tidak terlalu jauh.

Selain itu mempertimbangkan ramai atau tidaknya lokasi wisata tersebut, maka destinasi pertama adalah jatim park 3. Berdasarkan info jatim park 3 merupakan destinasi yang selalu popular dan ramai dihari libur, berhubung kami tiba masih dihari kerja, maka seharusnya tidak ramai.

Oh ya, sebenarnya wisata urban dan alam yang beragam bukan berada di kota malang melainkan di kota batu atau kadang disebut juga batu malang. Cuacanya lebih dingin karena lokasinya ke area yang menaik. Tapi kenapa malang lebih populer dibanding batu ? karena Jatim park 3 berada di wilayah batu. Perjalanan sekitar 30 menit. Jatim park 3 merupakan wisata urban atau hiburan untuk semua kalangan. Beragam tempat hiburan seperti museum dino park.

Pada hari kedua kembali menuju ke daerah kota batu. Ada alun-alun batu malang. Setelah itu kami mencoba ke tempat wisata taman selecta. Taman selecta berada setelah jatim park 3, dan merupakan tempat wisata gabungan antara taman yang berisi beragam tanaman dan bunga, kolam renang seperti water park dan kuliner. Tapi karena cukup ramai, kami kurang menikmati, tapi recommended bagi yang membawa keluarga, anak dan sambil berenang, karena luas dan bisa seharian.

Wahana rumah Instagramable dekat Coban Rondo

Di taman selecta kami hanya berputar putar sekitar 1 jam, dan melanjutkan ke destinasi selanjutnya. Selanjutnya suamiku merekomendasikan untuk mengunjungi wisata alam berupa air terjun. Ada banyak wisata air terjun di batu, tapi kami memilih mengunjungi air terjun coban rondo, karena berdasarkan informasi disana bukan hanya ada air terjun tapi juga memiliki tempat yang menarik dan instagramable dijadikan objek foto. Sesampainya di lokasi air terjun, aku harus berjuang melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju air terjun tersebut. Ternyata masih sekitar 1-2 Km lagi.

Pemandangan di Coban Rondo

Dengan jalan yang menurun, berbukit, mendaki, asli ini juga penuh drama. Aku merasa seperti sedang diospek oleh suamiku. Dan berubah jadi ninja Hattori. Berhubung penasaran ya sudah aku sih tetap lanjut. Yang serunya disini tuh jajanan murah meriah. Nasi ayam penyet lengkap dengan Tempe tahu, lalapan dan es teh Manis cuma 10ribu rupiah, porsinya pas dan rasanya enak. Xixixi lah di Jakarta 10 ribu dapat apa sih?

Hari ke tiga, kami baru benar-benar wisata malang berupa pantai, tepatnya wilayah malang selatan. Lokasi pantai sebenarnya cukup jauh dari kota malang. Perjalan bisa mencapai 2 jam. 97 km pergi dan 97 km pulang. Kebayangkan gimana rasanya Naik motor PP segitu, wkwwkk pegal bow. Tapi ternyata sepadan dengan puasnya main di pantai yang masih asli dan cantik sekali. Malang ternyata juga banyak destinasi pantai, tapi Kita harus selektif memilih pantai agar pulang kembali ke malang tidak kemalaman. Pantai yang kami tuju adalah pantai balekambang dan pantai teluk asmoro.

Tiket Bus Jakarta Solo
Di Pantai Balekambang Malang

Baca juga : Pengalaman mengunjungi Pantai Teluk Asmara

Hari ke empat kembali lagi mengunjungi Kota Batu. Nggak capek fik? Capek sih dari Pantai kemarin. Tapi karena tergoda melihat foto foto instagramable orang orang di stasiun angkut. Akhirnya aku dan suami memutuskan untuk mengunjungi museum angkut plus pasar apungnya.

Dan memang asli disini itu cuma asyik buat foto foto sambil mengenal ragam desain, jenis dan tipe semua kendaraan dari zaman Batu sampai zaman modern. Keren ya bisa lengkap gitu loh koleksinya. Lama juga kami memutari tiap sudut museum angkut. Hampir 500 lebih fotoku disini. SD card mirrorless yang hampir 4000 itu separuhnya isi foto foto selama di Malang. Pulang dari sini kami mampir ke kampung warna warni Jodipan. Dan bertambah lagi koleksinya fotoku.

Tibalah Hari kelima, alias Hari terakhir. Rencananya pengen ke batupark spektakuler Night Show. tapi siangnya udah pulang ke Jakarta. Hahaha salah susun rencana destinasi sih. Akhirnya kami cuma sempat untuk mencari oleh oleh untuk dibawah pulang. Dan mencoba beberapa makanan terkenal di Malang. Seperti Mie Gajahmada dan bubur Agus. Sepertinya ini pertanda bahwa harus kembali lagi ke Malang untuk mencoba destinasi wisata lainnya. Tapi kali ini semoga dapat tiket pesawat PP murah. Kalau misal berkunjung ke Jogja atau solo, aku sih tidak menolak perjalanan Darat. Sering juga dulu memesan tiket bus Jakarta Solo. Berlibur di Solo Lalu lanjut ke Jogja. Karena jarak tempuhnya lebih dekat. So yuk Kita liburan lagi.