Bermain di Kidzoona Opi Mall Palembang

Kidzoona palembang
Adek Umar Bermain di Kidzoona Palembang

Sebagai seorang warga Jakarta, Kidzoona sudah tidak asing lagi bagiku. Ya walau aku belum punya anak. Tapi beberapa kali sering menjumpai wahana permainan ini di beberapa mall Jabodetabek. Apalagi keponakanku di Bekasi, Arjuna pernah merayakan ulang tahunnya yang ke 3 di Kidzoona.

Kebetulan akhir bulan Oktober, aku pulang ke Palembang. Saudara kandung Alm Bapak. Yakni Tanteku meninggal dunia. Sembari menunggu acara tahlilan yang ke 7 hari, aku menginap di rumah adikku yang punya anak laki laki kecil dua orang.

Hafidz berusia 4 tahun dan Umar 20 Bulan. Kebetulan keduanya aktif banget dan senang main di Playground gitu. Jadilah hari jumat tanggal 2 November 2018 yang lalu, Amma Fika (Panggilan keponakan kepadaku) dan Dua ponakan berserta Ibunya pergi bermain ke Mall Opi.

Bermain di Kidzoona Opi Mall

Kidzoona Palembang
Bermain di kios eskrim

Awalnya niat ke Opi Mall sekedar jalan jalan saja. Apalagi setelah dibangunnya Opi Mall, aku belum sempat sama sekali berkunjung ke Opi Mall. Walaupun sering pulang ke Palembang. Maklum tinggal di area 26 ilir yang memang lebih dekat dengan mall lainnya ketimbang Opi Mall.

Kebetulan menginap di rumah Adikku yang tinggal di Tangga Takat Plaju. Secara wilayah memang jauh lebih dekat dengan Opi Mall. So hari itu seusai sholat Zuhur kami memesan Gocar untuk menuju kesana.

Akses ke Opi Mall sangat mudah sekali, selain gocar kita juga bisa menumpang angkutan Kota, Bus Transmusi ( Kayak TransJakarta), Dan LRT. Sayangnya kalau LRT cukup jauh berjalan kaki dari shelternya ke Mall. Tapi bagi yang tinggal di daerah Ilir dan pengen main ke Mall ini. Naik LRT tentu lebih cepat dan bebas macet di Jembatan Ampera.

Kidzoona Palembang
Kidzoona di Opi Mall Palembang

Tidak sengaja sih melihat Kidzoona di Opi Mall. Niatnya ke mall ya cuma makan Siang dan cuci Mata. Tapi ketika kami menaiki lantai 2 dan berjalan ke arah locomotive yang berkeliling mall. Mataku melihat Kidzoona ini di ujung lantai 2. Ya sudah kami putuskan saja untuk mengajak anak anak bermain.

Harga Tiket Kidzoona Palembang

Playground ini sebenarnya bukan hal yang baru di Palembang. Sebelum di Opi Mall sudah terlebih dahulu ada di Palembang Indah Mall yang berada di area Ilir Palembang. Tapi untuk warga Plaju, Kertapati, Jakabaring, Tegal Binangun, Seberang Ulu. Tentu saja jadi lebih dekat bila ingin bermain di Kidzoona Opi Mall.

Untuk bermain di sini. Aku harus mengeluarkan kocek sebesar 160 ribu untuk 2 pasang anak + dewasa. Dan 15000 untuk pembelian kaos kaki dewasa 1 orang dan kaos kaki anak anak 1 orang. Sebenarnya awalnya aku hanya mengeluarkan 100ribu Rupiah untuk 2 pasang anak + dewasa. Namun biaya segitu hanya untuk bermain Satu jam. Dan setelah Satu jam habis aku upgrade lagi biaya 60ribu untuk 2 orang anak. Nah aku datang pas weekdays untuk informasi harga lainnya bisa check digambar ini ya Gaes.

Kidzoona Palembang
Harga tiket bermain di Kidzoona Palembang

Seingatku di Jabodetabek sih nggak begini. Seneng deh kemarin itu bisa di upgrade tiketnya. Ya kalau anak anak tiba tiba bosan kan, memang lebih baik pakai tiket yang Satu jam daripada yang seharian. Tapi faktanya keponakanku nggak ada yang sejam kemudian bosan hahahaha. Jadilah keputusan upgrade tiket kemarin keputusan yang tepat.

Jenis Permainan di Kidzoona Palembang.

Area bermain di kidzoona Opi Mall cukup luas. Tidak jauh berbeda dengan cabang lainnya di Jabodetabek. Ada 6 wilayah permainan di Kidzoona. Yang pertama kolam bola dan area ketangkasan seperti perosotan, terowongan, dll.

Kidzoona Palembang
Area kolam bola

Kolam Mandi bola ini cukup luas. Jadi anak anak bakal puas bermain disini. Sayang mainan yang ada di kolam bola ini belum bisa dimainkan oleh keponakanku yang masih cukup kecil. Mungkin 2-3 tahun lagi dia bisa bermain ketangkasan di area ini.

Kakak Hafidz memang beberapa kali bermain perosotan di perosotan balon. Namun itu masih kubantu menaiki anak tangganya karena cukup tinggi antara dasar dengan pijakan kaki pertama. Mungkin kalau disediakan tambahan anak tangga dapat membantu anak anak usia 4 tahun an menaiki jenis Permainan ini.

Area yang kedua adalah area balap sepeda. Ini adalah area permainan favorite Kakak Hafidz di Kidzoona. Di area ini sayangnya cuma ada dua sepeda roda tiga. Jadi cukup lama menunggu untuk bergantian memakai.

Area yang ketiga adalah mainan roda karet besar yang Cara memainkannya dengan mendorong dari dalam. Entahlah namanya apa. Ini banyak dimainkan oleh anak yang lebih besar. Tapi rupanya kakak Hafidz bisa juga ikutan bermain. Beda dengan adik Umar yang memang masih bayi 20 bulan. Dia mah cuma numpang naik doang dan ketawa ketawa kalau terjatuh di dalamnya.

Area bermain yang ke empat adalah balokbtrampoline yang panjang dan lebar. Disini siapa saja bisa main. Ada anak anak yang sudah 10 tahunan ikut melompat. Adik Umar paling menyukai permainan ini. Si ganteng yang pemberani ini kerap berlarian sambil sesekali melompat.

Area ke 5 adalah tempat bermain menyusun aneka puzzle, membaca buku Dan permainan motorik halus lainnya. Kakak Hafidz juga suka bermain di area ini. Kalau adek Umar sih blm mengerti. Tapi adek suka banget lihat gambar mobil-mobil di salah satu buku di rak. Sayangnya bukunya masih sedikit sekali. Cuma Ada 6 kalau ndak salah.

Area terakhir adalah area bermain peran. Dan merupakan area yang paling menarik buat anak anak. Ada miniature Gedung pemadam kebakaran lengkap dengan mobilnya. Mobil polisi lengkap dengan 4 macam sirenenya. Ada juga market dengan rak rak berisi buah dan dan sayuran imitasi yang bisa dipotong dan direkatkan kembali. Mainan ini juga dilengkapi seragam dan kasir kasiran.

Selain itu Ada toko burger fast food yang dilengkapi imitasi roti, daging, keju, ham, telur rebus, irisan selada, tomat, minuman berkarbonisasi dll. Ada juga toko cake, toko ice cream, Dan toko sushi, semua dilengkapi dengan seragam yang bisa dipinjam untuk dipakai dan mesin kasir lengkap dengan uangnya.

Ada juga kantor POS Dan dapur. Permainan ini yang paling banyak peminatnya. Baik anak laki laki maupun perempuan. Bahkan adik Umar pun asyik sekali bermain peran berjualan burger xixixi. Bagus juga ya kalau bisa punya mainan peran ini dirumah masing masing. Kalau Amma Punya anak. Mau ah buat jenis Permainan ini dirumah.

Don’t and Do’s di Playground seperti Kidzoona

Kalau aku perhatikan semua permainan di Kidzoona ini aman. Penggunaan kaos kaki selain menjaga kebersihan area bermain juga untuk keamanan dan kenyamanan si pengguna.

Untuk anak seusia Kakak Hafidz tidak perlu banyak di awasi karena sudah mandiri. Tapi untuk anak yang lebih kecil memang harus didampingi.  Aku juga merasa terganggu dengan anak anak yang orang tuanya ikut bermain di ruang aktivitas motorik halus. Walau memang buku buku dan puzzle itu nanti ada petugas yang akan membantu membereskan. Tapi setidaknya kalau bisa bantu meletakkan di tempat asalnya kan jadi lebih baik. Membantu meringankan beban petugas.

Sebaiknya anak anak diberi makan dahulu sebelum bermain. Karena disana tidak ada tempat untuk makan. Dan akan mengganggu pengguna lainnya kalau sampai ceceran Makanan terinjak dll. Kidzoona bekerjasama dengan salah satu Perusahaan minuman. Jadi kalau anak anak haus bisa beli langsung. Sayangnya kemarin tidak ada air putih. Terpaksa anak anak diberi air minum berasa. Aih lain kali kalau ke Kidzoona bawa botol minum air putih deh.

Alhamdulillah lebih dari dua setengah jam Kakak Hafidz dan Adik Umar bermain di Kidzoona Palembang. Mereka senang dan puas. Kami sebagai pendamping juga senang apalagi pelayanan dan staff Kidzoona Palembang sangat sigap dan ramah tamah. Mungkin nanti akan jadi langganan. Karena anak anak mendapat manfaat cukup banyak bila bermain di playground sejenis ini.

Yes sampai jumpa di postingan berikutnya. Semoga cerita Amma fika ini bermanfaat ya. Terima kasih

Amma Fika Dan umar
Amma Fika Dan umar

40 Comments

  1. Seru banget ya main ke Kidszona, anak-anakku juga suka nih ke playground kayak gini. Bisa seharian kalo enggak dijatah cuma sejam ya ga mau pulang, hehe

  2. Wah asyik pisan euy buat anak-anak jadi anteng yah, itu yang bermain peran lucu banget :3 pasti bisa lebih satu jam yah kalo anak2 betah hihi

  3. Kemaren liat instastory temen aku ngajak anaknya ke kidzoona. Seru banget ya. Apalagi ternyata semua anak memang betah disana. Coba ada di banjarmasin

  4. Senangnya bisa nemenin ponakan main. Giliran aku jumat besok, jemput ponakan yg acara field trip dari bandung ke mall ibukota untuk area bermain serupa.

  5. Wuaaah adek Umar nya lucu banget ya. Bundeeer, hehe

    Ternyata mahal juga ya. hitungannya per jam. Kukira main sampai puas. Aku dulu kayaknya gak pernah main beginian. Padahal yo pengen seh sakjane

  6. Wahh seru banget! Di Lampung belum ada nih yg begini. Harganya juga murah yah bisa perjam atau harian. Seru!

  7. Wahana bermainnya kumplit dan bagus ya,
    Pantas tuh Kakak Hafidz dan Adik Umar bermain di Kidzoonanya sampai 2 jam lebih.

  8. Anak2nya Mbak Fika pasti seneng banget diajak main di kidzona. Qtime sama si kecil cocok bgt di kidzona ini.

  9. Ada doonk teh…anak usia 4 dan 3 tahun sudah ditinggal bermain gitu aja sama orangtuanya.

    KZL nya…pas si adiknya ngompol, sang kaka malah marahin adiknya.

    Jadilah hebooh..
    nyariin dimana Ibunya.

    Ternyata Ibunya lagi shopping cantik di mall.

    Yaa Allah~

  10. Waaaaaaah! Udah sampai Palembang yaaaa, selama ada di jakarta aja aku pernah mampir wkwkwkwkwkwk

  11. wahh asyik juga playgorund buat anak-anak di Kidzoona ini yaa.. apalagi aak2 harus pakai kaos kaki jadi bisa lebih steril dan bersih deh..

  12. Surga dunianya anak-anak ya ka kidzooona ini.., jangankan umar, anakku yang 5 tahun dan 8 tahun aja masih suka main di wahan permainan seperti ini. Fasilitas lengkap, aman untuk anak dan harga terjangkau menjadi faktor penting orangtua dalam memilih wahana permainan.. dan kidzoona punya itu semua ya ka.. mantab!

  13. Mainan anak-anak makin merambah ke setiap kota ya, kidzoona pasti anak2 mah betah banget..

  14. Email nih kidzoona di opi mall palembang bisa di upgrade waktunya bermainnya, kalau kurang tinggal nambah lagi deh.
    Jadi pengen nyoba kalo dijakarta bisa gal yah seperti it, selama ini belum pernah nyoba Dan gak pernah nanyain juga sih, penasaran.

  15. iyess emg harus weekdays nih biar bebas main kesana kesini.. tempat permainan anak kaya gini semoga semakin banyak yah mba cukup melatih perkembangan anak jg kan hehehe

  16. jadi salfok sama permainan disana mbak. betewe kalau kesana foto-foto sama anak pake kamera semacam dslr bukan kamera hp, boleh enggak sih ?

  17. Embun kalau udah main ke playground kaya Kidzoona pasti seneng banget dan ga mau pulang!

    Liat balon warna-warninya bahagia yaa..

  18. Seru bgt ya main di kidzoona. Pasti anak betah bgt berlama2 di sini kalo tempatnya nyaman kek gini

  19. Wuihh tempatnya seru banget ya , anak-anak kalau kesini betah banget pasti dan ga mau pulang haha.

  20. Asyik ya tiap kota ada tempat singgah buat anak anak adalah keseruan keluarga dalam perjalanan.

  21. Semakin banyak area bermain ank yg mengedukasi dan menarik kreatifitasnya. Dan sekarang sudah menyebar ke berbagai kota lainnya. Senangnya tempat seperti ini bisa jadi solusi quality time bareng anak

  22. Asyik yaaa ajak buah hati main ke sini. Ponakan2ku juga seneng main di tempat gini 😀

  23. Kidzoona ada juga di Jabodetabek? Belum pernah lihat area bermain outdoor ini. Atau aku yang nggak fokus sama mainan anak 😆. Bisa jadi rekomendasi tempat bermain buat Sagara dan Gie

  24. Playground ini udah ada dimana-mana ya, nyaris di setiap mall kota besar ada. Surabaya dan Yogyakarta juga udah ada nih. wahana permainannya emang lengkap.

  25. Surganya anak-anak main kesini yaa mbak. Puas lari jejingkrakan itu liat kolam bolanya

  26. Makin kesini makin happy dan ceria sang amma.

    Kidzona harga beda ya sama jakarta. Permainan banyak, bikin happy

  27. Ini sih anak-anak pasti senang sekali ya dibawa ke Kidzoona, seru-seru permainannya. Aku pengen bawa anakku krsini pas selalu ramai terus, mungkin karena weekend juga ya.

  28. Di bekasi juga ada mba. Tapi klo kesana pas weekend, beuuhhh rameee. Dan enaknya lagi main pas menjelang tutup. Jadi gak dibatasin waktunya. Hahaha

  29. Aku baru tau kalau Kidzoona ini ternyata beda sama yang satunya lagi hahaha tadinya sempet mikir lho ternyata udah buka di Palembang, eh ternyata beda merek >.<

  30. Bedanya dikit jg ya sejam sama seharian.. keknya itu cara narik pengunjung biar main seharian hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *