Belajar dari Film 3 Dara 2, Komunikasi itu penting

Apa sih yang membuat rumah tangga jadi tetap langgeng dan harmonis?. Selain saling mencintai dan menyayangi Menurutku adalah komunikasi yang sehat antara suami dan istri.  Karena aku sendiri sering melihat banyak perceraian di antara teman teman dekatku. Bermula dengan komunikasi yang tidak sehat.

Istri seringkali dianggap sepele dan tidak pernah diajak serta dalam mengambil keputusan. Baik dalam membeli properti, urusan investasi dan lain lain. Apalagi kalau keduanya saling tidak jujur. Duh bisa nggak lama nih pernikahannya.

Kalau pun masalah ekonomi yang jadi permasalahan. Selagi masih bisa dibicarakan baik baik. Istri yang normal pasti nggak akan keberatan turut membantu menopang perekonomian keluarga. Ataupun sekedar bersabar dengan ekonomi suami yang sedang sulit.

Permasalahan berikutnya adalah turut campurnya mertua. Ini sih yang memang sepertinya menjadi penyebab terbesar perceraian/ ketidak harmonisan rumah tangga seseorang. Tapi memang ini ini merupakan fenomena. Yang sering terjadi di Indonesia

Fenomena Keluarga Indonesia di Film 3 Dara 2

Nah fenomena ini lah yang muncul di film 3 Dara 2. Sebuah film besutan sutradara Monthy Tiwa. Dibintangi oleh pemain utama yang juga merupakan pemeran dari film terdahulunys 3 Dara. Yakni Tora Sudiro sebagai Afandy, Adipati Dolken sebagai Jay, serta Tanta Ginting sebagai Richard.

Di film 3 Dara 2 ini memang sudah ada perubahan sikap lebih baik dari para lelaki ini. Afandy sedang berbahagia, karena pernikahan putri semata wayangnya Kasih. Jay pun sudah Punya anak yang lucu menggemaskan. Namanya Darren. Yang lebih mengejutkan lagi. Ternyata Richard si Playboy malah jadi menantunya Afandy. Yak kaget banget lah kami yang menonton xixixxi.. Selama ini Richard Kan panggil Afandy itu mas. Tapi sekarang harus mulai panggil ayah mertua hahahaa. Asli deh scene ini lucu banget.

Sebenarnya di akhir film 3 Dara 1 itu memang ceritanya Richard Punya pacar baru namanya kasih. Tapi beneran kaget kok bisa sampai ke pelaminan.

Nah cerita bermula saat Eyang putri yang diperankan oleh cut mini, menginap dirumah Keluarga Afandy. Eyang melihat bagaimana pagi itu putri semata wayangnya Aniek (diperankan oleh Fanny Fabriana), sibuk banget dengan segala urusan rumah tangga.

Eyang marah dong. Kok anaknya diperlakukan seperti pembantu. Kenapa Affandy ga ikut mengurus dirinya sendiri. Makan harus disiapkan. Jas Aja harus dipakaikan. Mungkin kalian juga pasti bertanya. Rumah seluas itu, mewah kok nggak punya pembantu?

Aniek menjawab Eyang. Bahwa sejak pembangunan yang terakhir. Dia kesulitan mencari pembantu lagi. Namun Eyang tetap saja marah, dan dan mengejek Affandy sebagai menantu yang kemondol. Dan sumpeh aku nggak ngerti itu kemondol apaan artinya hehehe.

Affandy pun menyimpan amarah dalam hatinya, dia memanggil kedua sahabatnya. Jay dan Richard.  Mereka pun berkumpul. Saat berkumpul ini lah Affandy menceritakan kegalauannya yang bekerja di Perusahaan mertuanya. Sehingga merasa tertekan oleh sikap mertuanya.

Affandy memiliki solusi untuk melepaskan masalahnya. Yakni dengan mencari uang tambahan melalui bisnis investasi. Sayangnya karena tergiur keuntungan instant. Mereka bertiga ini memutuskan sendiri semuanya. Tidak melibatkan sama sekali Istri Istri Mereka. Boro boro dimintain saran, diberitahupun tidak.

Awal masalahnya ya disitu. Terus terang saja, Suamiku juga menginvestasikan sebagian tabungan kami ke agrobisnis.  Karena memang hasilnya lebih baik daripada sekedar di simpan dalam bentuk tabungan dan deposito.

Tapi untungnya beliau selalu meminta pendapatku sebelum menginvestasikan uang ke agrobisnis. Jadi aku tahu, berapa banyak uang yang dibisniskan, peluangnya seperti apa, resikonya seperti apa. Memang bisnis investasi seperti ini sangat menggiuarkan. Contohnya bisnis investasi agrobisnis yang kami ambil. Satu unit itu biasanya untuk tenggat waktu 4 bulan. Bila harga pasaran normal. Kami mendapat keuntungan sebesar 40% di akhir waktu yang dijanjikan. Tapi pernah juga mendapat keuntungan hingga 220% di akhir tenggat waktu. Karena waktu itu harga pasaran komoditi yang Kita ikut investasi. Sedang melambung tinggi.

Memang bisnis jenis ini sangat menggoda sekali. Karena itu banyak yang sering tidak berfikir dengan jernih dan tertipu bisnis agrobisnis bodong. Salah tiganya Affandy dan teman temannya.

45 Milyar uang yang mereka investasikan kabur dibawa penipu. Mereka pun pailit, rumah, apartement Dan Mobil ikut disita. Istri mereka kecewa syock dll karena tidak diajak berunding dahulu saat mereka ikut investasi tersebut .

Namun karena para istri mencintai suami mereka. Mereka tetap mendukung para suami mencari solusi untuk melunasi hutang. Caranya dengan mengungsi ke rumah Eyang untuk sementara waktu. Kebetulan Eyang sedang jalan jalan ke eropa selama 3 minggu.

Disinilah mereka mulai berganti peran. Para istri bekerja agar segera dapat melunasi hutang. Para suami membantu urusan rumah tangga. Sayangnya Affandy Dan teman temannya belum sadar juga. Mereka malah terlibat masalah lagi dan lagi.

Apakah mereka dapat menyelamatkan bahtera rumah tangga mereka? Apakah Mereka dapat menemukan dimana Penipu uang mereka tinggal? Apakah Mereka dikutuk lagi jadi perempuan ?

Saksikan sendiri yuk di Bioskop. Film 3 Dara 2 berdurasi sekitar 88 menit. Dan film ini kocak banget. Dari awal sampai akhir nggak selesai selesai tertawa. Benar benar menghibur. Tapi banyak pesan moral didalamnya.

Panduannya adalah 13+ jadi Aman juga ya untuk remaja. So Ayo nonton 3 Dara 2 di Bioskop sekarang juga.

8 Comments

  1. Baca review ini kelihatannya film ini kocak banget ya. Temennya jadi mertuanya, tukar peran, dll.
    Btw komunikasi dalam berumah tangga itu emang penting banget. Apalagi biasanya suami tuh lebih suka to the point daripada disindir-sindir doang. Gak ngerti 😂

  2. Beberapa kali liat trailer dan reviewnya bersliweran jadi mayan tertarik buat nonton taoi nggak ada waktu wkwkwk sok sibuk sih:( kupenasaran sama aktingnya Adipati juga sih di film ini

  3. Wah kebetulan blog walking kesini, bisa sedikit tau jalan ceritanya… Kebetulan besok mau nonton 3 dara…

  4. Oh ada sequelnya ya jd 3dara 2. Bayangan gw 3dara yg jaman dulu itu ternyata bukan ya hihi.

    Jd penisirin bahasa kemondol itu apaan hahah
    Kemendel atau centil kali ya?
    Hshha

  5. Lah, aku jadi pengen nonton yang session 1. Biar nyambung pas nonton session 2

    Aku kira gak ada maknanya loh filmnya, ternyata cukup dalam yaaaa

  6. Film indonesia yanh wajib ditonton dan ada unsur komedi menurut saya sih filn 3 dara 2 ini tidak membosankan apalagi, ada sisi makna yg bisa diambil dalam keluarga pun harus komunikasi gitu ya mba

  7. Kayaknya aku salah komen deh tadi 🙁 mau komen disini eh terkomentar di postingan happy one 🙁
    Yaudah aku komentarin lagi disini hihihi. Btw aku jadi penasaran dengan film 3 dara ini,sesi 1 belum nonton, jadi kayaknya biar nyambung nonton yang pertama dulu ya kak Fika. Terus baru deh yang sesi 2

  8. Film 3 dara ini nunjukin bahwa petempuan juga bisa jadi dominan dan nunjukin perempuan bisa memberi keputusan. Tapi laki laki juga suka kesulitan dengan komunikasi, soalnya menebak kemauan wanita sangat susah sekali hohoho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *