Cek Masa Subur, Awal Perencanaan Kehamilan

Cek Masa Subur, Awal Perencanaan Kehamilan
Cek Masa Subur, Awal Perencanaan Kehamilan

Sumpah! ngomongin anak pernah jadi hal yang paling sensitif buatku. Bagaimana tidak?. Kami, aku dan suami belum memiliki anak hingga saat ini, pernikahan di tahun ke delapan. Memang tahun lalu aku sempat hamil namun tidak beruntung sampai melahirkan.  Ya aku keguguran.  Tepat di hari ulang tahunku.

Sedih? sudah barang tentu. Apalagi melihat keponakan keponakanku. Anak anaknya adikku makin bertambah banyak dan bertumbuh. Saking sedihnya, aku tidak menginfokan ke banyak orang tentang keguguranku. Aku memilih menjelaskan pelan pelan hanya pada yang bertanya.

Hingga satu tahun berlalu, barulah aku berani menceritakan secara terbuka bahwa aku mengalami keguguran. Untungnya aku tidak kapok untuk mencoba hamil. Dan memang akan merencanakan program kehamilan kembali di tahun 2019.

Sudah banyak waktu dan dana yang terpakai begitu saja karena program hamil. Tapi sungguh kami tidak kapok. Karena memang, kehadiran seorang anak benar benar kami nantikan. Ya cukup seorang saja, boleh laki laki ataupun anak perempuan. Yang mana saja, yang penting ada.

Alhamdulillah semangatku tumbuh kembali saat mengikuti acara ” Sensitive Journey, sebuah perjalanan menuju kehamilan”. Dan memang setelah kupikirkan, kehamilanku di 2017 lalu adalah kehamilan alami. Nah setelah berhasil hamil tahun lalu. Harusnya kemungkinan hamil tahun tahun berikutnya masih ada dong.

Apalagi aku ingat pesan dokter kandunganku.  ” Bu selama masih menstruasi, artinya masih ada kemungkinan hamil”. Ya sudah yang Penting tetap berusaha, dan tak lupa berdoa. Tidak ada yang tidak mungkin Kan?

Belajarlah Dari Pengalamanku

dr. Huthia
dr. Huthia

Aku tercengang mendengar informasi yang disampaikan oleh Dokter Huthia saat beliau sharring tentang perencanaan kehamilan di Acara Sensitive Journey. Dokter cantik yang hari itu menggunakan busana biru menjelaskan bahwa ” 80 persen pasangan pengantin, biasanya segera hamil di tahun pertama. Sisanya sebanyak 20 persen belum hamil di tahun pertama, biasanya akan segera hamil ditahun kedua, tapi bila belum kunjung hamil, harus diketahui apa sih penghalangnya”. Bu dokter pun menyarankan untuk menemui dokter kandungan. Agar dapat diketahui apa penyebabnya.

Aiiih sayangnya aku dulu baru memeriksakan diri ke dokter kandungan pada tahun ke 3 padahal seandainya dari tahun pertama aku periksa. Mungkin saja sekarang kami sudah punya anak. Toh dulu aku menikah di usia yang cukup muda kok.  Ah sungguh ini benar benar menjadi penyesalan.  Karena itu buat mom pembaca yang baru saja menikah. Jangan ditunda tunda ya, kalau belum hamil di tahun pertama segeralah periksa.  Memang anak itu perogatif Allah, namun tidak ada salahnya kita berusaha.

Begini loh Proses Terjadinya Kehamilan

Mamak mamak jadi cerita sederhananya, kehamilan itu terjadi ketika sel sperma bertemu dengan sel telur lalu terjadi pembuahan.  Nah ternyata proses aslinya ini tidak sesederhana itu.  Proses kehamilan itu cukup rumit.  Bila tidak terpenuhi salah satunya, bisa jadi tidak akan terjadi proses kehamilan. Ada dua unsur yang paling penting yang harus ada dalam proses ini yakni sel telur dan sel sperma.  Sel telur diproduksi oleh indung telur atau ovarium. Setiap bulannya wanita akan melepaskan satu saja sel telur yang sudah mencapai ukuran tertentu (matang) dari salah satu ovarium yang dimiliki wanita.  Proses inilah yang disebut Ovulasi.

Setelah sel telur dilepaskan dari cangkangnya, ia akan melewati tubafalopi yang menghubungkan ovarium dengan rahim.  Sel telur rata rata hanya dapat bertahan hidup selama 24 jam semenjak dilepaskan.  Sehingga pada waktu ini sel sperma harus membuahi sel telur agar terjadi konsepsi atau kehamilan.  Jika tidak ada sperma yang membuahi sel telur maka sel telur akan rusak dan hancur sehingga terjadilan menstruasi.

2018_1006_10403600

Kapan Waktu yang Tepat Agar Cepat Hamil? Cek Masa Subur

Dulu bayanganku itu ketika menikah dan melakukan hubungan suami istri. Cus bisa langsung hamil kapan saja.  Ternyata tidak begitu.  Hamil merupakan masalah waktu, waktu yang tepat dimana sel sperma dan sel telur bertemu.  Agar bisa cepat hamil, kita harus mengetahu kapan masa subur? hal ini tidak bisa dikira kira saja, namun bisa dicari tahu dengan cara cara berikut ini.

  1.Suhu tubuh basal sedikit naik di pagi hari

Suhu tubuh pertama di pagi hari disebut juga suhu basal.  Nah sebaiknya mengukur suhu tubuh ini benar benar setelah bangun pagi sebelum mengerjakan apapun. Karena bila tidak saat itu, dikhawatirkan suhu tubuh sudah berubah akibat adanya pergerakan.  Rata rata suhu tubuh basal berkisar antara 35,5 derajat celcius hingga 36,6 derajat celcius.  Suhu tubuh basal ini berubah karena mengikuti kadar hormon dalam telur.  Ketika tubuh perempuan melepaskan sel telur, hormon tubuh berubah dan meningkatkan suhu tubuh basal. Suhu tubuh ini akan naik sedikit dan akan tetap tinggi hingga periode menstruasi dimulai.  Cara ini mungkin tidak praktis. karena harus juga menggunakan termometer khusus suhu basal tubuh.

2.  Perubahan pada lendir servisk

Cara kedua ini adalah  memperkirakan masa subur perempuan dengan melihat perubahan hormon lendir pada serviks (mulut rahim).  Hormon hormon yang mengontrol siklus menstruasi dapat mempengaruhi lendir serviks.  Biasanya tepat sebelum atau selama ovulasi terjadi perubahan jumlah, warna, tekstur lendir.  Hal ini salah satu pertanda bahwa sedang dalam masa subur.

Selama masa subur, lendir pada mulut rahim akan memiliki tekstur yang lebih elastis, transparan, dan licin. Ya seperti putih telur yang segar.  Tekstur yang seperti ini sangat membantu sperma berenang untuk mencapai sel telur.  Tekstur lendir yang umum terjadi pada banyak wanita.  Mendekati masa subur, lendiri jadi lebih lengket, lebih banyak dikeluarkan berwarna keruh seperti keputihan.  Selama masa subut, lendir basah, licin, elastis dan transparan seperti putih telur segar ini biasanya berlangsung selama 3-4 hari, bila masa subur telah lewat. Lendir akan terasa lebih sedikit dan kering.  Namun hal ini juga sulit diperkirakan karena banyak faktor lain yang juga memperngaruhi, seperti infeksi pada miss v, penyakit menular seksual, gairah seks dan penggunaan pelumas.

2018_1006_10481100

3. Menggunakan Kalender Masa Subur

Catatan utama dari cara ini adalah, siklus haid kita harus teratur. Dicatat minimal 6 bulan berturut turut.  Kemudian mengetahui berapa lama siklus haidnya.  Karena Rumus sederhana dari kalender masa subur ini adalah Ovulasi terjadi kurang lebih 14 hari sebelum haid berikutnya. Contoh Rumusnya adalah ( Hari terakhir haid + (Siklus Haid – 14 hari ),  sebagai contoh bila seorang perempuan haid terakhir tangal 5 Oktober dengan siklus haid 30 hari, maka perkiraan masa suburnya adalah (5 oktober + (30-14) ) = 5 OKTOBER + 16 Hari setelahnya = 21 oktober

Contoh lainnya : seseorang perempuan haid terakhir tanggal 19 Oktober, siklus haidnya adalah 28 hari, maka masa suburnya adalah (19 oktoboer + (28-14 hari) ) = 19 OKT + 14 hari berikutnya = 2 November.

Sayangnya cara ini tidak bisa dilakukan untuk yang haidnya tidak teratur.

4.  Tanda Tanda Lainnya

Selain tanda tanda diatas, hal hal berikut juga sering terjadi pada masa subur.  Seperti kram atau nyeri ringan di salah satu sisi panggul, nyeri pada payudara atau payudara terasa lebih lembut, perut terasa kembung, keputihan semakin banyak dikeluarkan, gairah seks meningkat, merasa lebih seksi, aroma tubuh lebih baik.

Nah ke empat tanda ini dapat dijadikan acuan dalam menentukan masa subur.

Cek Masa Subur, Awal Perencanaan Kehamilan

Informasi dari Bu Dokter Huthia, prosentasi kehamilan akan jauh lebih besar terjadi bila berhubungan pada saat masa subur.  Mengingat umur sel telur hanya 24 jam saja.  Sehingga dengan mengetahui kapan masa subur calon ibu, dapat menjadi salah satu cara merencanakan kehamilan secara secara alami.  Begitupun sebaliknya, bila ingin melakukan KB kalender, cara ini juga bisa dipakai.

Untuk hasil yang lebih akurat, kita dapat menghitung masa subur menggunakan kalender ditambah mengecek menggunakan alat prediksi ovulasi, alat ini dapat mengecek apakah seorang wanita subur atau tidak dengan menganalisi urin (hormon ALH) dan air liur (hormon esterogen).  Mbak Anita Winata Produk Manager Sensitif PT Danpac Pharma memperkenalkan kepada mom yang hadir, beberapa produk produk unggulan dari Sensitif yang fungsinya membantu memprediksi OVULASI, nama produknya adalah Ovutest. Apalagi Sensitif sudah sukses melakukan tantangan atau challenge Sebuah perjalanan menuju kehamilan.  Sensitif mengajak para pasangan sah nikah, melakukan uji ovulasi dengan menggunakan alat tes ovulasi dari sensitif.  Untuk tahap pertama sudah ada 50 pasangan yang turut serta dan alhamdulillah sudah banyak yang berhasil.  Semoga nanti ada program lanjutannya ya. Aku juga berharap sekali bisa ikutan.

Mbak Anita dari perwakilan Sensitif
Mbak Anita dari perwakilan Sensitif

Oh iya ngomong ngomong tentang ovutest, ada tiga macam ovutest yang diperkenalkan kepada kami*8

* Ovutest strip  : jenis ini berbentuk strip/stik yang dipakai dengan cara dicelupkan ke urin.  Strip ini mengukur hormon LH yang ada pada urin. Hasilnya akan terlihat kurang lebih 10 menit dengan tingkat keakuratan hampir 100 persen.  Dulu sewaktu promil, Dokter Kandunganku sering meresepkan ovutest strip sebanyak 7 buah yang akan kupakai untuk test masa subur. Disarankan menggunakan urin antara pukul 10.00-20.00 untuk hasil prediksi yang lebih akurat.

 

*Ovutest Digital : adalah alat berbentuk stik dengan menggunakan strip khusus yang dimasukkan ke dalam stik ovutest digital.  Hasilnya akan menunjukkan keterangan YES (bila masa subur) dan NO (bila tidak dalam masa subur).  Bila tidak menunjukkan keterangan apapun, artinya ada kesalahan dalam penggunaan. harus di ulangi sesuai petunjuk

 

*Ovutest Scope : Merupakan alat tes yang mengukur hormon estrogen di dalam air liur.  Alat ini dapat digunakan berkali kali. Cara penggunaannya cukup mudah. Tinggal mengoleskan air liur pada lensa objek.  Ovutest Scope memiliki lensa dengan pembesaran 54x yang memungkinkan kita melihat pola ferning dan kristalisasi dari hormon esterogen.  Alat ini sangat cocok digunakan bagi yang masa menstruasinya tidak teratur. karena bisa digunakan berkali kali dan lebih akurat hingga 98%.   Aku juga membeli ovutest scope untuk membantuku memprediksi masa subur saat program hamil.

Cara menggunakan Ovutest Scope

PhotoGrid_1539359122317

Nah kalau mau melihat Pola Air liur pada Ovutest Scope Bisa dilihat disini ya. Ini juga bisa dijadikan acuan bagaimana cara berusaha mendapatkan anak laki laki atau pun anak perempuan.

saliva_1

  • Pada masa tidak subur, pembuahan TIDAK Mungkin Terjadi
    Anda akan melihat pola acak dari titik-titik dan garis-garis yang menunjukkan tidak ada ovulasi yang terjadi. Saat ini, Anda sedang pada masa tidak subur.

Sumber : galeri medika
Sumber : galeri medika
  • Pembuahan MUNGKIN terjadi dengan Kemungkinan yang KECIL
    Tampak pola-pola kecil seperti daun-daun pakis yang mulai muncul di antara titik-titik dan garis-garis. Kemungkinan besar, ovulasi akan terjadi dalam waktu 3-4 hari pembuahan.

  • Bila merencanakan anak perempuan. Saat seperti inilah yang paling pas untuk berhubungan

saliva_3

  • Pembuahan SANGAT MUNGKIN terjadi
    Pola-pola seperti daun pakis tampak dominan di seluruh spesimen. Ovulasi telah terjadi atau akan segera terjadi, dan pembuahan SANGAT MUNGKIN terjadi. Ini adalah masa subur Anda yang paling optimal. Masa subur terjadi 3 hari sebelum sampai dengan 1 hari setelah ovulasi
  • Bila ingin mendapatkan anak laki laki. Saat inilah waktu yang paling tepat untuk berhubungan..

Sensitif Journey Perjalanan Menuju Kehamilan

2018_1006_10354600

Dalam acara yang juga didukung oleh tabloid bintang, bukan saja materi tentang perencanaan kehamilan yang didapat oleh peserta yang hadir. Tapi juga sharring mengenai menjaga keharmonisan rumah tangga oleh salah satu selebrity mom, yakni Caca Frederika. Artis yang terkenal dengan sinetronnya Kisah Sedih di Hari Minggu, banyak memberikan tips seputar komunikasi, cara melayani suami agar tetap kompak dan harmonis, dengan cara sederhana namun menyentuh hati. Selain itu para mom yang hadir juga diberikan kesempatan untuk bertanya seputar program kehamilan.

Alhamdulillah tidak ketinggalan diajak pula me time, membuat bunga tulip dari bahan perca.  Seperti kata MC acara hari itu, bunga tulip adalah lambang cinta yang harmonis.

Membuat bunga tulip
Membuat bunga tulip

Senangnya, kegiatan kemarin itu benar benar berkesan buatku.  Aku jadi tambah bersemangat untuk kembali menjalani program hamil. Apalagi aku sudah punya produk Ovutest Scope di rumah.  Semoga 2019 aku bisa berganti status dari istri menjadi Ibu.  Nggak ada yang nggak mungkin, selagi kita ikhtiar dan berdoa. Nah Mom yang kebetulan baca tulisan ini. Ikutan yuk challenge dari Sensitif. Caranya mudah sekali. Cukup dengan komentar  pengalaman kalian menuju kehamilan.  Komentar terbaik yang terpilih nanti akan mendapatkan hampers menarik dari Sensitif. Yuk buruan komentar !

Bersama mom yang turut hadir di acara ini
Bersama mom yang turut hadir di acara ini

21 Comments

  1. Semoga segera disegerakan hamil lagi ya Bund, sekaramg aku seneng karna ada alat yang bisa bantu tes kesuburannya lengkap lagi ya, semoga ini bisa menjadikan ikhtiarku tuk bisa hamil.

  2. Mom Fika, semoga disegerakan diberi amanah oleh Allah SWT anak yang sholeh sholehah. Aamiin. Waah senang sekali sekarang ada alat untuk tes kesuburan Ovutest Scope. Untuk sekarang ini sih aku sudah menunda kehamilan karena alhamdulilah sudah ada 3 anak. Pengalaman aku menuju kehamilan termasuk yang mudah karena setelah 1 tahun menikah aku diberi momongan. 8 tahun menunda diberi momongan lagi dan 2 tahun tanpa menunda sekarang baby sudah 5 bulan. Terimakasih mom sudah menginspirasi, semoga bisa menjadi ikhtiar buat moms yang juga sedang promil. Semangat mom!

  3. Makasih infonya mba fika, jadi tambah ilmu
    Ternyata ada alat ovutes yang simple pisan, harus nyari nih😊
    Semoga segera dikaruniakan baby keren lahir batin ya mba😘 termasuk saya, eh numpang doa
    Semangat 😍

  4. Ikut terharu dech baca tulisan sis Fika. Banyak bgt info dan ilmu baru yg qudapat. Pengetahuanqu pun jadi makin bertambah. Baru tau ada alat yg namanya ovutest. Sangat membantu sekali y untuk pasangan2 muda yang baru menikah dan ingin segera memiliki anak. Dulu di kehamilan pertama aq juga sempat mengalami keguguran. Aq sangat sedih dan bingung sambil bertanya. Koq bisa y ini terjadi padaqu? Tapi bersyukur kemudian Tuhan memberikan kepercayaan lagi kepadaqu hingga sekarang aq sudah mempunyai 2 anak. Semangat terus sis Fika. Berdoa dan berusaha. Tuhan pasti berikan yang terbaik. Tulisan sis Fika juga sangat menginspirasiqu dan orang lain juga pastinya.

  5. Bermanfaat sekali Bu.. Saya kebetulan juga lagi program sm suami. Kami menikah sudah 1 juli kemarin…
    Semoga bulan ini positif.. Aamiin.

  6. Baru tahu nih ada alat mengecek masa kesuburan, jadi bisa tahu kapan waktu terbaik dalam berhubungan intim jika ingin merencanakan kehamilan. Karena aku tahunya kalau mau hamil, sewaktu dalam berhubungan intim itu sperma suami dikeluarkan di dalam pasti nantinya akan segera hamil, ternyata spekulasiku salah, karena itu kenapa aku ga hamil-hamil lagi. Jadi cek kesuburan itu penting ya, kalau memang berencana untuk hamil. Alat ini pasti sangat membantu, karena untuk cek kesuburan secara alami kurang akurat, karena pastinya banyak perkiraan yang meleset.
    Sepertinya wajib punya alat ini, semoga dengan alat ini dapat membantu mewujudkan rencana menuju kehamilan.
    Oiya….mau tanya juga, kira-kira alat ini bisa dibeli bebas di apotik kah?

  7. Tetap semangat ya mbk Fika..InsyaAllah disaat yang tepat amanah itu akan hadir. Saya juga sedang berjuang promil dan alat tes masa subur membantu sekali dalam perencanaan kehamilan. Salam kenal.

  8. Wah, sangat informatif ya, terima kasih untuk ulasannya Ka.
    Semoga Kaka segera diberikan keturunan yah.., tetap semangat.

  9. Hii Moms to be… Informatif banget…
    Bismillah ya, semangat..
    Aku juga sedang ikhtiar mempersiapkan diri jd Mommy..
    Karena aku yakin jika aku dah siap, Alloh pasti berikan jalan yang terbaik..

    Salam garis dua

    ~W

  10. Nice share tentang kehamilan kak..

    Enak ya sudh punya alat utk mencek kehamilan kayak gitu, tapi tingkat kurasinya gimana tuh kk?

    Ohya, klo mau punya anak kembar gimane caranya kak? Katanya sich utk anak kembar perlu punya genitas dr adanya kembar dr riwayat ayah maupun ibunya.. Nah klo gk punya riwayat tsb, bisakah diusahakan twrjadinya anak kembar..
    Kan manusia tetep berusaha ya kak, meskipun takdir hanya Allah yang kan menganugerahkan anak kembar tsb..

    Makasih sharingnya kaka..

  11. Alatnya bagus tuh untuk promil, semoga segera diberi amanah untuk mengandung dan melahirkan seorang anak yang sejat jasmani rohani serta enak dipandang mata ya mbak, aamiin.

  12. Terus berjuang mba Fika. Manusia memang hanya bisa berusaha, tetap Allah yang menentukan. Jangan bosan celana masa subur ya, supaya tahu kapan bisa dicoblos lagi 😆

  13. Wah lengkap bgt informasinya. Semangat ya fika . Kita saling mdoakan.

  14. Aku cari diapotik belum ketemu nih..penasaran banget. Secara aku gak KB jadi penting untuk tahu masa subur

  15. Fika sabar ya, tiap org punya ujiannya masing masing koq. Smoga cepet dpt momongan ya, btw aku kebalikan dr fika. Aku gampang bs hamil tp rentan krn mulut rahim aku lemah. Jd demi mempertahankan bayi biar ga lahir prematur terus dan meninggal aku juga menjalankan banyak treatment fika. Semangat yaa sayang

  16. Huwaaaaa semakin canggih aja ya Mba Fika, aku pengen punya atu. Bener banget nih aku lagi kepengen punya momongan. hehehe mau praktekin ah untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh biar pembuahannya sempurna

  17. jadi lewat Ovutest Scope bisa mengecek masa subur wanita lewat air liur dengan keakuratan 98% ya? keren sih kalau demikian ini.

  18. Semangat terus ya mbak Fikaaaa, inshaaAllah segera diberikan momongan pada saat yang tepat ya.. Aamiin.. Dengan adanya Sensitif Ovutest, jadi bisa makin fokus ya mbak programnya.. Hehe. Semangat terus mbak Fikaaaa

  19. MasyaAllah mba, peluuk erat sayang buat kamu mba. InshaaAllah kesabaran, usahamu berbuah hasil ya. Terharu aku baca tulisanmu mba. Tetap semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *