Serunya Menjahit Tas Sendiri Dukung Bijak Berplastik

1533850755744

Serunya Menjahit Tas Sendiri, wah kalau dari judulnya sih seperti jago banget Menjahit ya? Padahal sih tidak. Sebenarnya Sabtu lalu 4 Agustus 2018. Saat berjalan jalan ke Gandaria City. Melihat brand mesin jahit Brother sedang membagi bagikan tote bag gratis untuk para pengunjung mall. Acara ini ternyata dalam rangka program CSRnya Brother yang mendukung bijak berplastik.

Tahu sendiri lah ya, betapa masalah sampah plastik di Negeri ini sudah termasuk kategori gawat darurat. Disatu sisi plastik merupakan komponen yang sangat penting disetiap lini kehidupan. Plastik merupakan hasil teknologi yang menakjubkan di Masa ini. Kemasan yang murah, ringan, mudah diubah bentuk jadi kemasan apapun.

Sayangnya kelebihan kelebihan plastik membuatnya menjadi momok sendiri. Bila tidak dikontrol penggunaannya. Tidak semua kemasan plastik degradable, juga tidak semua kemasan plastik dapat digunakan ulang. Dan sayangnya kemasan yang non degradable ini menambah daftar panjang masalah sampah dan pencemaran lingkungan. Bahkan sudah mencemari laut. Banyak kura kura yang  terluka karena tertusuk sampah sedotan plastik, atau ikan ikan yang dalam perutnya terdapat sampah kresek.

Menurutku langkah yang dilakukan Brother ini sangat menginspirasi sekaligus menghimbau masyarakat agar membantu #bijakberplastik ini dengan mengurangi pemakaian plastik. Setidaknya plastik kemasan belanja.

Informasi dari KLKH yang pernah kudengar saat mengikuti sebuah kampanye bijak berplastik di Hari lingkungan hidup Juni lalu. Ternyata kebijakan kantong plastik berbayar di supermarket telah dapat mengurangi penggunaan plastik hingga 55 persen. Wow daebak banget Kan?

Nah harusnya kebiasaan baik ini tetap diteruskan walau campaignnya telah selesai. Aku salah satu yang tetap meneruskan kebiasaan baik ini. Makanya saat brother mengadakan program #GreenEmbroidery ini aku langsung ikut antri buat mendapatkan tas tote dari brother.  Tidak sampai disini saja, masing masing tas bahkan bisa dibordir namanya dengan mesin bordir milik brother. Seruuuu Kan?

Belajar menjahit tas
Belajar menjahit tas

Eh belum selesai, ternyata ada lagi program CSR brother yang juga diadakan hari itu. Yakni belajar menjahit tas. Bersama Asri Damayanti, seorang crafter dari Kriya Indonesia. Seneng deh aku bisa jadi salah satu yang ikut menjahit tas dan menjajal mesin jahit brother. Yup walaupun aku sudah punya mesin jahit dengan brand yang sama dirumah. Tetap saja kalau ada kesempatan, pingin coba jenis mesin jahit lainnya.

1533850755991

Rencananya kami akan diajari menjahit tote bag. Tapi sebagai penggemar tas. Aku tahu dan hapal jenis jenis tas. Setelah jadi tasnya ternyata lebih mirip ke hobo bag. Tote bag bercirikan 2 tali pendek yang berfungsi sebagai tali genggam ataupun Tali bahu. Sedangkan Hobo Bag berbentuk seperti kantung dan terlihat menyerupai bulan sabit. Bagian talinya menyambung langsung ke badan tas.

Ah tapi tidak masalah apapun jenis tasnya. Yang penting ilmu bermanfaat mengenai menjahit Tas untuk pertama kalinya aku dapatkan dari acara ini. Mohon maaf karena saking senengnya bisa menjahit tas. Aku lupa memfoto step by step saat menjahit kemarin.

Jadilah aku nggak bisa menjelaskan bagaimana caranya membuat tas hobo bag ini. Yang pasti belajar menjahit dengan brother mesin jahit pasti terasa lebih mudah. Karena mesin jahit brother sangat mudah digunakan. Kebetulan saat itu aku menjajal mesin jahit brother JA 1450. Lebih murah memang dari mesin jahit punyaku JS2700. Walau fiturnya lebih sedikit dari punyaku di rumah. Namun untuk pemula mesin jahit ini lebih dari cukup kok. Mudah memasang benang, dilengkapi dengan Lampu LED Dan masih banyak lagi kelebihan lainnya. Yang pasti menjahit itu adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh setiap perempuan. Dan memang sebaiknya tiap rumah minimal punya Satu mesin jahit sendiri.

Begitulah ceritaku mengikuti green embroidery dari brother. Semoga semangat brother mendukung bijak berplastik dapat menginspirasi Kita juga ikut mengurangi beban sampah plastik dari Bumi yang Kita tempati ini ya Gaes!.

1533850756450

10 Comments

  1. Tas nya dari plastik apa mba Fika? Kekreatifan bisa mengubah masalah menjadi solusi. Plastik aja bisa jadi tote bag ya.

  2. Semua mmg harus berawal dari diri sendiri ya mulai dari menolak bgkus plastik saat berbelanja dan mbawa wadah sndiri

  3. Workshopnya seru, belajar membuat tas sekaligus membudayakan hemat plastik yg konsen terhadap lingkungan

  4. Wah keren nih ..aq sebenarnya sk menjahit tp terkadang mentok dimata, masukin benang aja susah bgt..mesin jahit brother gampang ya makenya praktis bgt

  5. Sudah lama banget pengen belajar menjahit dulu diajarin Ibu aku malah menolak sekarang pengen banget deh belajar menjahit lagi.

  6. Kece mba. Menjahit jadi salah satu wishlist yg ingin aku pelajari di tahun ini. Seru ya kalo bisa jahit tas sendiri, bisa dicostum suka-suka 🙂

  7. asyik ya kegiatannya
    saya ada keinginan bisa menjahit
    waktu kecil di samping rumah ada tukang jahit
    sering kumpulin perca dan bikin tas kecil seukuran hp
    tapi dulu itu buat naruh duit koin atau kelereng
    jahitnya pake tangan aja hehe

  8. Duh iya Mbak, aku juga lagi pusing sama plastik² yang berserakan di rumah. Bawa tas sendiri ke mana² lebih kece ya…. Apalagi kalai jahit sendiri. Mau ah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *