Superqurban Beda! Solusi berqurban Masa kini

Pertama kali ikut kegiatan Relawan Rumah Zakat yang dulu masih bernama RZI
Pertama kali ikut kegiatan Relawan Rumah Zakat yang dulu masih bernama RZI

Suatu hari di 2006 Saya berkenalan dengan organisasi bernama Relawan Rumah Zakat di Palembang. Kala itu tertarik bergabung karena program bakti sosial dan klinik gratisnya.  Rumah Zakat saat itu menurutku unik sekali.  Setiap proggramnya tepat guna dan digital. Bahkan saat penyaluran untuk siaga bencana mereka sudah punya produk makanan dalam kaleng bernama siaga gizi nusantara dan superqurban.

Saya pun akhirnya ikut diksar Relawan, Dan menjadi peserta akhwat terbaik di diksar Relawan Rumah Zakat Palembang angkatan ke-2 di Pagaralam. Hal ini jugalah yang akhirnya mengantarkan Saya bermula menjadi amil di Rumah Zakat sebagai MRO (Mustahik Relation Officer).

Pengalaman Saya sebagai volunteer maupun Amil yang kerap ikut kegiatan penyaluran bantuan, baik saat siaga bencana di Banjir Lahat, gempa Bengkulu, gempa Padang, dan masih banyak lagi. Membuat Saya tahu, kaleng kaleng Superqurban menjadi salah satu solusi tepat guna dalam keadaan bencana.

Milad 20 tahun Rumah Zakat

Bukan hanya itu keadaan masyarakat miskin baik di Kota Kota besar dan pinggiran. Konsumsi daging merupakan sebuah hal yang jarang menjadi pilihan. Prinsip yang penting makan, membuat keluarga keluarga miskin ini tidak mementingkan komposisi gizi. Bagi mereka mengusahakan ada Nasi itu jauh lebih penting daripada memikirkan apa lauknya. Kaleng kaleng Superqurban sekali lagi sangat pas untuk kondisi mereka.

20 tahun Rumah Zakat

Tidak terasa Rumah Zakat berusia 20 tahun. Saya hanya sempat ikut perayaan yang ke 12 tahun, karena resign bekerja dan pindah ke Jakarta Selatan. Walau sekarang masih bergabung di relawan Jaktim (sudah pasif pula sejak desember 2017). Diundang di acara milad Rumah Zakat di GBK kemarin itu sungguh membuat Saya terharu.

1532851224933

2 Juli 1998 DSUQ (Dompet Sosial Ummul Quro) cikal bakal Rumah Zakat berdiri. Dulu pendirinya bernama Abu Syauqi. Tidak terasa sudah 20 tahun Rumah Zakat menjalankan program programnya di berbagai lini kehidupan. (Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Kepemudaan) memberikan banyak manfaat bagi berjuta penerima manfaat. Penerima manfaat tersebut mencakup 9.268.338 di bidang kesehatan, 5.933.392 di bidang pendidikan, 4.159.213 di bidang ekonomi, dan 8.049.985 di bidang lingkungan yang tersebar dari Aceh hingga Papua

Menurut Bapak Nur Efendi CEO Rumah Zakat Milad RZ tahun ini sengaja diadakan di GBK, untuk menyamakan energi dalam menyambut Asian Games 2018. Bila Asian games adalah Energi Of Asia. Maka Rumah Zakat adalah Energi Of Global.

Lebih lanjut, Milad Rumah Zakat yang ke 20 ini juga dihadiri oleh Bapak Zulkifli Hasan selaku Ketua MPR juga Bapak Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo.

Bapak Zulkifli Hasan menyambut positif semua kegiatan yang telah dilakukan RZ dalam bidan Penghimpunan Zakat dan program pemanfaatan ZIS. Beliau juga menghimbau Muslim di Indonesia agar turut menunaikan Zakat. Dan berharap pengelolaan Dana ZIS di RZ amanah dalam pemanfaatannya. Rumah Zakat telah membuktikan ini dengan  mendapatkan kategori Wajar tanpa Pengecualian dalam Audit setiap tahunnya. Dan tahun ini adalah tahun ke 12 Rumah Zakat mendapat gelar WTP sebagai transparansi pengelolaan Dana ZIS.

1532851904142

Program SuperQurban

Superqurban merupakan program Qurban dari Rumah Zakat. Sama seperti Qurban pada umumnya. Superqurban juga mengikuti syarat dan ketentuan tentang berqurban. Baik pemilihan hewan, pemotongan hewan Qurban dll. Yang membuat Superqurban berbeda adalah wujud dari daging Qurban dan perpanjangan manfaatnya.

Dulu sebenarnya pengawetan pangan sudah ada sejak zaman Nabi Yusuf AS. Tujuan pengawetan Makanan tidak lain agar kebutuhan pangan di suatu negara dapat terpenuhi dalam berbagai kondisi. Hal ini termasuk juga dalam strategic ketahanan pangan.

Begitupun dengan Superqurban. Daging sapi dan daging kambing hasil Qurban diolah dengan memanfaatkan teknologi agar menjadi bahan makanan yang awet, tetap terjaga nilai gizi, mudah dikonsumsi, rasanya enak dan mudah didistribusikan.

Apalagi mengingat konsumsi daging di Indonesia saat ini masih sangat rendah. Yakni 11.6 kilogram per kapita pertahun. Sementara angka idealnya adalah sebanyak 35 kg per kapita per tahun. Masih sangat jauh bukan?

Superqurban Adalah Solusi

Seperti yang Kita tahu. Di banyak Kota Kota besar dengan kehidupan yang sudah layak. Distribusi daging Qurban saat Idul Adha seringkali berputar disitu situ saja. Sehingga membuat penerima manfaat yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Menerima banyak sekali daging. Hal ini timpang sekali dengan keadaan saudara saudara Kita di daerah tertinggal, Pedalaman maupun bencana.

1. Superqurban menjadi solusi untuk pendistribusian daging Qurban ke wilayah yang terpencil. Sudah 1.183 desa berdaya di 30 provinsi yang terserap di Indonesia merasakan manfaat Daging Qurban dalam kemasan kaleng Superqurban.

2. Superqurban menjadi pangan cadangan dalam ketahanan pangan. Karena hanya 1/3 perolehan Superqurban yang didistribusikan ke penerima manfaat saat Idul Adha. Sisanya 2/3 lagi merupakan cadangan pangan yang bisa dikeluarkan saat dibutuhkan.

3. Superqurban bisa dikirim untuk Makanan bagi masyarakat di daerah daerah bencana.  Sudah sejak dulu setiap terjadi bencana alam, Rumah zakat selalu siap siaga mengirimkan bantuan termasuk bahan Makanan berupa superqurban. Yang terbaru adalah 3000 kaleng Superqurban ke Maluku.

Beberapa waktu lalu 3 warga suku Amuse Ane yang terdiri dari 1 orang lansia dan 2 orang balita meninggal dunia akibat busung lapar. Menurut Informasi BPBD Kabupaten Maluku Tengah, kelaparan ini terjadi akibat ganasnya hama babi hutan dan tikus yang menyerang kebun kebun warga.  Alhamdulillah walau perjalanan sangat panjang dan jauh. Rumah Zakat dan superqurban berhasil menjangkau dan membantu masyarakat di Maluku tengah.

4. Superqurban solusi dalam memenuhi gizi bagi banyak balita kurang gizi di daerah daerah miskin. Superqurban diolah menjadi Kornet dan rendang dengan rasa yang enak. Menggunakan komposisi bahan yang aman dikonsumsi sesuai QC dengan teknologi tinggi. Konsumsi daging merah bagi anak anak sangat bagus untuk tumbuh kembang mereka. Bahkan Rumah Zakat bersama posyandu Gunung Sari secara intensif memberikan asupan gizi seimbang pada anak anak yang mengalami gizi buruk di sana.

Qurban dalam Kaleng, SuperQurban Energi Berkelanjutan
Qurban dalam Kaleng, SuperQurban Energi Berkelanjutan

Sebanyak 4,2 Juta kaleng Superqurban Rumah Zakat telah didistribusikan di Indonesia dan mancanegara. Dengan total penerima manfaat lebih dari 2 juta. Selain disalurkan di Indonesia, program superqurban juga telah menjangkau Palestine, Filipina, Nepal, Myanmar, Bangladesh, Somalia dan Syiria.

Untuk mendukung Energi berkelanjutan melalui Superqurban, Kita dapat ikut dalam program Qurban Rumah Zakat dengan cara turut berqurban disini.

Harga Partisipasi Superqurban 1439H adalah :

Kambing Rp. 2.375.000,-

1/7 Sapi RP. 2.575.000

Sapi Rp. 17.250.000,-

Untuk informasi lebih lanjut teman teman bisa menghubungi Contact Center 0815 7300 1555 atau klik microsite www.sharringhappiness.org

Semoga dengan adanya Partisipasi Kita semua, semakin banyak masyarakat di daerah tertinggal terbantu gizinya. Banyak anak anak dengan gizi buruk mendapatkan asupan gizi, banyak keluarga yang kesusahan di daerah bencana tetap bisa makan. Superqurban emang beda. Superqurban Energi Berkelanjutan.

8 Comments

  1. Betul sekali jadi jika sesuatu terjadi bencana bisa dikirim kornet dan rendang ya. Jangan hanya dikirim mie instan untuk korban bencana.

  2. kemaren sempet ngerasain rendang nya enak loh mbak rasanya , nanya juga sama petugas nya katanya di jamin halal dan awet jadi bisa buat konsumsi bila ada bencana juga yaa (kalo bisa sih jgn ada bencana) …

  3. Wah fika pernah jadi relawan Rumah Zakat ya. Semoga aja RZ konsisten ya menyalurkan zakat ke seluruh penjuru tanah air dan negara2 konflik yang membutuhkan.

  4. Ada anak-anak panti ya yg ikut serta meramaikan kemeriahan ulangtahun Rumah Zakat yg ke 20 tahun. Wah seumuran sama keponakanku di Lampung. Ada produk pangan juga lagi ya “Superqurban” pengen nyobain deh rasa kornetnya gimana.

  5. Kalau dikirim rendang dan kornet untuk yang gizi buruk dan korban bencana, mereka bisa mendapat protein hewani, tak hanya karbohidrat seperti mie instan ya 🙂

  6. Terobosan Rumah Zakat (Superqurban) ini brilian banget ya mba, bisa dijadikan makanan untuk keadaan darurat ^^

  7. inilah program qurban yang di printahkan oloeh Allah SWT
    semua perintah-NYA untuk kemaslahatan Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *