Pesona kekayaan Indonesia Potensi Cabang Olahraga Renang Artistik

Generasi Masa Depan Renang Artistik Indonesia
Generasi Masa Depan Renang Artistik Indonesia

Kita mungkin sering melihat tarian indah dengan lenggak lenggok gemulai gadis gadis muda nan cantik.  Pakaian adat yang ragam warnanya menambah daya tarik serta pesona sang penari. Kadang kala kita jadi ingin ikut menari saat melihat tarian yang dinamis dan penuh kekuatan saat penari menggerakkan badannya. Aha, bagaimana kalau tarian itu dilakukan di dalam air, dan penarinya tidak sedikitpun menjejakkan kakinya di lantai?

Pasti tidak terbayang kan? bagaimana bisa menari tanpa menjejakkan kaki di lantai. Tentu saja bisa. Hal ini dibuktikan saat aku menonton renang artistik di Stadion Aquatik Gelora Bung Karno pada tanggal 17 Juli 2018 lalu bersama blogger dan media yang diundang oleh VIVA.co.id, 1newstainment . Jujur saja, selain terpesona dengan kolam renang di stadion aquatik yang kokoh, luas dan modern. aku juga sangat terpukau kala melihat remaja putri dari beragam wilayah di Jakarta mendemokan hasil latihan mereka di kolam renang. Saat itu mereka tengah berlatih renang artistik di bawah asuhan pelatih kelas dunia bernama Jennifer Grey. Beliau mendapat award MBE (Member of the most Excelent Order of the British Empire).  Beruntung sekali mereka mendapatkan coaching clinic dari Jennifer Grey salah satu pelatih dunia dibidang Renang Artistik utusan FINA (Federation Internationale de Natation) yang berkebangsaan Inggris. Mungkin belum banyak yang tahu apa sih renang artistik itu? akan aku jelaskan diceritaku sekarang ini.

Para pelatih peserta Coaching Clinic with Jennifer Grey
Para pelatih peserta Coaching Clinic with Jennifer Grey

Tentang Renang Artistik

Renang artistik atau bisa juga disebut renang sinkronisasi merupakan cabang olahraga yang memadukan unsur renang, senam dan tarian. Cabang olahraga ini sudah ada dibawah naungan PRSI (Persatuan Renang Indonesia) selain Renang, Renang Perairan, Polo Air dan Loncat Indah. Mungkin sebagian dari kita mengenal nama nama besar perenang Indonesia, seperti Radja Nasution. Nah Renang Artistik memang bergabung paling akhir di PRSI, namun potensi dari renang artistik ini tidak dapat dianggap remeh dengan sebelah mata.

Salah Satu Gerakan dalam renang artistik
Salah Satu Gerakan dalam renang artistik

Coaching Clinic Artistic Swimming

Jennifer Grey merupakan seorang atlet renang legendaris dari Inggris yang telah mendapatkan banyak sekali penghargaan dibidang Renang. Salah satunya MBE award di bidang Renang Artistik.  Jennifer Grey telah mengabdikan dirinya mengembangkan Renang artistik lebih dari 5 dekade. Beruntungnya Indonesia kemarin mendapatkan kesempatan berlatih bagi para pelatih renang artistik  dari berbagai wilayah di Indonesia.  Bali, Kalimantan Timur, Palembang, Nusa Tenggara, Jawa timur dan sebagian berasal dari Jakarta. Acara ini diadakan di Stadion Aquatik GBK mulai dari tanggal 14 Juli- hingga 18 juli 2018. Hal penting yang diajarkan oleh Jennifer adalah ketrampilan teknis. Bagaimana teknik yang benar. Termasuk teknik unlined dan scoulling.

Jennifer Grey Legendary dalam bidang Renang artistik
Jennifer Grey Legendary dalam bidang Renang artistik

Potensi Renang Artistik Di Indonesia

Berkaca pada Rusia dan RRC sebagai Juara dunia Renang Artistik. Dua negara tersebut sangat kuat dari segi background cultural dan teknik renang artistik.  Rusia terkenal dengan balletnya, sedangkan RRC terkenal dengan beragam tari tradisional dan gymnasticnya. Menurut Jennifer Grey, Indonesia mempunyai potensi yang besar dan masa depan yang cerah untuk cabang olahraga ini.  Alasannya pesona kekayaan cultural di Indonesia bisa menjadi salah satu support penting dalam peluang mengembangan potensi olahraga renang artistik ini. Pesona Kekayaan tersebut antara lain.

1. Indonesia Kaya Budaya

Dengan 1.340 Suku di Indonesia, terbayang berapa banyak adat budaya termasuk tarian tradisional yang dimiliki oleh Indonesia. Tarian ini dapat menjadi unsur penting dalam kesan artistik dalam penampilan atlet di kolam renang.  Hal ini juga termasuk dalam kostum, cara penyampaian greeting saat memulai dan lain lain.

2.  Indonesia Negeri Perairan

Ini artinya, banyak warga yang harusnya familiar dengan skill berenang di dalam air. Tidak usah jauh jauh, Ibu saya yang besar di pinggiran sungai Musi. Jago sekali berenang, karena sudah sacara alamiah terlatih sejak masih kecil.

3.  Gadis Indonesia Cantik dan Berpostur Atletis

Gadis Indonesia terkenal berkulit kuning langsat, gemulai dan cantik jelita. Ini juga dapat menjadi salah satu daya tarik dalam penampilan juga potensi dalam menjalani profesi sebagai atlet Renang Artistik

Potensi Generasi muda dalam renang artistik
Potensi Generasi muda dalam renang artistik

4.  Bonus Demografi

Waktu yang baik untuk memulai mempelajari renang artistik adalah sejak seseorang anak berusia 10 tahun. Dengan adanya bonus demografi, maka banyak pula calon calon atlet renang artistik yang dapat dibina.

5. Semangat Sportivitas Tinggi

Pemuda pemudi di Indonesia juga punya semangat juang yang tinggi dan siap berlomba dengan menjunjung tinggi sportivitas.

6. Fasilitas Dan Dukungan Pemerintah.

Selain disediakannya fasilitas berupa stadion aquatik ataupun kolam renang dengan standard yang sangat baik.  Pemerintah juga mendukung sekali cabang olahraga ini. Buktinya dengan mensupport PRSI mengadakan Coaching Clinic yang mana pelatihnya merupakan seseorang legendary dan kompeten di renang artistik.

“Indonesia punya potensi untuk perkembangan renang artistik karena olahraga ini tidak sekedar membutuhkan postur tubuh tapi juga harus didukung oleh program pelatihan yang sangat konsisten,” Papar Jennifer Gray menutup sesi wawancara saat kami mengunjungi beliau dalam sesi pelatihan untuk para pelatih senam artistik.

medium

Renang Artistik Di Asian Games 2018

Nah dari beberapa potensi yang dapat mendukung masa depan Renang Artistik di Indonesia.  Beberapa nanti akan dibuktikan dalam cabang olahraga Renang Artistik di Asian Games 2018. Humas PB PRSI Zoraya Perucha juga mengharapkan masyarakat ikut mendukung atlit senam artistik di Asian games 2018.   Sebagai warga yang baik, kita bisa turut mendukung atlet yang turun di cabang olahraga ini.  Dengan cara menonton mereka bertanding.  Rencananya untuk renang artistik bisa mulai ditonton pada tanggal 28 – 29 agustus 2018 di Stadion Aquatic Centre.  Dengan tiket Rp. 150.000,- per orang. Kalau bukan kita siapa lagi toh?. Yuk saksikan pertandingan mereka. Dan doakan Indonesia menjadi juaranya. Dukung bersama asian games 2018.

Media dan blogger bersama Jennifer Grey
Media dan blogger bersama Jennifer Grey

 

 

19 Comments

  1. Aku paling senang kalo lihat yg namanya pertandingan yg didalam air endah itu lompat indah, menari/senam diatas air.. Cantik banget ngeliatnya

  2. Setuju banget, banyak anak-anak yang dari kecil jago berenang, walaupun kebanyakan laki-laki tapi dengan adanya bimbingan anak perempuan pasti bisa perenang artistik, amin!)

  3. Renang itu banyak macamnya juga ya.
    Semoga kontingen Indonesia mengukir prestasi dan berhasil. Amin…

  4. saya suka banget lihat para atlet senam indah ini. Semoga atlet senam indah Indonesia bisa membawa pulang medali, amiin

  5. Skill / keahlian dalam air ini memang seharusnya dimiliki banyak orang yah, penting banget jika ada keadaan darurat jadi bisa menyelamatkan diri sendiri.

  6. Aku kok jadi ngebayangin suatu saat nanti ada selipan koreografi tari tradisional kita yg dimasukin ke renang artistik yak… Kaya jaipong gitu misalnya… Kece kali yak…

  7. aku pernah nonton waktu di gelanggang olah raga, seru dan menarik…

  8. Suka kagum sama atlet ranang artistik ini. Kok bisa y mereka nari… semoga nti asian games atlet kita meraih juara

  9. Aku malah baru tau nih renang artistik. Semoga Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik dan bisa meraih medali emas di Asian Games, ya Mba.

  10. Dari kecil paling seneng banget kalo liat renang artistik ini di tv sampe selesai terus udahannya pengen ngikutin di kasur 🤣

  11. Huaaahaaa, aku yang renang biasa aja belum lancar. Apalagi kalo mau joget di air, duh pasti susah

  12. itu napasnya kudu kuat banget ya krn banyakan kaki yang diatas air.. tp suka juga ngliatnya, kagum gitu.

  13. Dari zaman kecil saya suka banget lihat renang artistik kalau pas ada siaran olahraga di tv. Suka amazing ngeliatnya, gerakannya asyik, trus kok bisa dilakukan di air.

  14. Suka liat senam renang artistik..lompat indah dsb, kayaknya tubuh atlit lentur banget…

  15. aduh, keren banget olah raga ini..pengen lihat.. tapi tengok harga tiketnya lumayan juga ya…

  16. Pernah lihat renang artistik pas berenang di UNY, seru banget liatnya, kagum kok bisa nahan napas sambil gerak tari kek gitu. Salut

  17. Sering liat senam artistik ini di tv. Ternyata Indonesia juga punya atlet2 senam artistik ya. Semoga sukses dan meraih emas saat Asian Games nanti. Aamiin.

  18. Aku baru tahu cabang olahraga ini. tahunya olahraga renang ritmik. sama ngga sih? semoga Indonesia nanti bisa mempersembahkan emas di Asian Games. jangan mau kalah ama negara lain

  19. Blogger Eksis jadi mau nonton pertandingan CaBor ini pas Asian Games 2018 nanti deh. Syukron atas info yang bermanfaat ini mba Fika. Ayo, dukung bersama AG 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *