Begini Caranya, Jadikan Qurban Kita Lebih Bermakna

Sumber : pexel
Sumber : pexel

Dulu adik Kakek yang tinggal di desa jauh dari Kota Palembang. Pernah cerita kalau Gede (Panggilan untuk Nenek) cuma makan daging kalau ada hajatan saja. Aku pikir hanya bercanda. Masa sih? Apalagi hajatan di desa itu nggak sesering di kota. Karena penduduknya hanya sedikit. Bisa dihitung kalau satu tahun hanya makan daging kambing atau sapi 4-6 kali.

Beda dengan di Kota. Walau kami yatim tapi tidak pernah kekurangan gizi. Daging merah setidaknya dimasak nenek seminggu sekali. Kalau ada hajatan berarti ya bisa 2-3 x makan daging setiap pekannya. Makanya kami tumbuh sehat dan tinggi. Walau orang tua kami tidak terlalu tinggi. Generasi ke 3 semua diatas tinggi rata rata rakyat Indonesia. Yang perempuan diatas 160cm dan yang laki laki diatas 175cm. Nah ini contoh anak anak yang beruntung. Bagaimana dengan anak anak dan orang yang kurang mampu di desa, dusun maupun kampung di pedalaman ? Siapa yang harus memperhatikan mereka? Membantu mereka?

Kami semua Yatim
Kami semua Yatim

Kebetulan sekali gaes, salah satu solusi berbagi sudah diajarkan lewat kisah pengorbanan Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim. Bukti keikhlasan dan ketaatan seorang hamba yang rela mengorbankan anaknya, berbuah manis dengan keluarnya perintah Allah untuk menggantikan pengorbanan Nabi Ismail dengan menyembelih hewan Qurban. Qurban (kurban) sendiri artinya adalah hewan tertentu yang disembelih bagi manusia untuk menjadi lebih dekat dengan kasih sayang Allah.

Selain dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Qurban juga merupakan ibadah yang mengajarkan hablum minannas, yakni manfaatnya dapat dirasakan oleh lingkungan sekitar. Qurban adalah ibadah yang mendekatkan diri kepadaNya dan disisi lain membantu masyarakat yang kurang mampu untuk merasakan lezatnya daging qurban yang jarang disantap dalam keseharian.

Sumber : Pexel
Sumber : Pexel

Aku mendengar tentang program Qurban dari IBM. Ssst ini bukan program komputer. Tapi nama sebuah lembaga amil zakat yang memang fokus membantu masyarakat pedalaman. Salah satu program unggulan ya adalah Qurban Untuk Pedalaman. Supaya tahun ini Qurban Kita lebih Bermakna. Yuk disimak dulu apa sih IBM dan program Qurbannya.

Tentang Insan Bumi Mandiri

Berawal dari pengalaman Ridwan Hilmi yang sekarang adalah Direktur dari IBM.  Dulu Ridwan Hilmi pernah bertugas dan tinggal di beberapa lokasi pedalaman di Indonesia Timur. Beliau melihat banyak sekali potensi masyarakat namun tidak banyak juga orang/lembaga yang mau peduli/membantu. Sehingga banyak masyarakat di sana yang kehidupannya masih serba kekurangan. Sekolah sekolah dengan bangunan sederhana serta jauh dari kata bagus. Akses transportasi yang sulit, dan masih banyak lagi.

Insan Bumi Mandiri yang lahir di Bandung pads tahun 2016. Ridwan Hilmi melalui IBM memutuskan visi misinya untuk membantu dan peduli terhadap masyarakat pedalaman melalu beberapa program. Diantaranya adalah program kesehatan, pemberdayaan ekonomi, pendidikan, pembangunan sarana.  Melalui program ini IBM tercatat sejak 2016 sudah memberi manfaat kepada 12.500 penerima manfaat di 10 propinsi 22 kabupaten/Kota, 53 kecamatan dan 103 desa.

Qurban di pedalaman merupakan salah Satu program tahunan yang juga memberikan manfaat yang banyak kepada masyarakat pedalaman.  Berdasarkan cerita Ustadz Kadir Jaibakal yang merupakan warga lokal sekaligus salah satu volunteer IBM. Sama seperti di Dusun tempat Gede kami tinggal. Di Pedalaman sebut saja salah satunya Pulau Alor dan Pulau Pura di Nusa Tenggara Timur. Makan daging kambing/sapi itu hanya kalau ada acara hajatan. Begitupun dengan peternak di sana. Pembeli ternak hanya datang saat perlu untuk hajatan.

Ustadz Kadir Jaibakal (Kiri) dan Direktur IBM Ridwan Hilmi (kanan)
Ustadz Kadir Jaibakal (Kiri) dan Direktur IBM Ridwan Hilmi (kanan)

Awalnya  kambing dan hewan ternak lainnya disebar begitu saja di hutan. Dibiarkan liar dan hanya dicari saat butuh disembelih. Memang tiap hewan mempunyai ciri khas berupa penanda khusus yang dipasang oleh pemilik sebagai Identitas kambing peliharaan siapa. Sehingga walau disebar begitu saja di hutan. Masyarakat tidak sembarang ambil milik orang lain.

Karena itu IBM melalui program Qurban di Pedalaman membantu juga para perternak lokal. Selain membeli kambing/hewan Qurban pada mereka. Juga memberikan bantuan pendampingan berternak melalui ahli peternakan yang bekerja di IBM. Tidak hanya itu IBM juga membantu membangun kandang kandang untuk kambing, sehingga hewan ternak tidal lagi harus dilepas begitu saja di hutan.

Begini Caranya Agar Qurban Kita Jadi Lebih Bermakna

Qurban dimana saja baik, selama terpenuhi syarat sah Qurban. Nah memilih berqurban di IBM juga merupakan hal yang baik. Terutama untuk masyarakat perkotaan yang sudah banyak sekali pemotongan Qurbannya. Keluarga kami memutuskan untuk membagi sebaran Qurban setiap tahunnya. Satu kambing untuk di komplek tempat tinggal dan sisanya kami serahkan ke beberapa lembaga amil zakat terpercaya seperti IBM. Begini alasannya.

 1. Tepat Sasaran

Qurban di Pedalaman atau daerah daerah yang miskin dan jarang pengqurban tentu lebih tepat Sasaran. Penerima manfaat lebih jelas.  Di Kota sudah terlalu banyak hewan Qurban namun penerima manfaat sedikit. Sehingga seringkali terdengar berita Satu keluarga menerima daging Qurban berkali kali. Bahkan kami pun masih sering diberi oleh masjid dekat rumah. Padahal bukan penerima manfaat.

2. Membantu Perekonomian Masyarakat Pedalaman

Kambing/Sapi yang nantinya jadi hewan Qurban didapat dari peternak lokal. Sehingga meningkatkan omset dan penghasilan peternak disana. Tahun 2016 IBM telah dipercaya menyembelih Qurban 200 ekor kambing. Dan tahun 2017 meningkat menjadi 800 ekor kambing. Target tahun ini adalah 2000 ekor kambing dan 30 ekor sapi.

3. Meningkatkan Gizi masyarakat

Melalui Qurban yang didistribusikan oleh IBM. Masyarakat di pedalaman bisa menyantap dan memeriahkan idul adha setiap tahunnya.

4. Memperkuat Kerukunan Bermasyarakat

Penerima manfaat Qurban di Pedalaman tidak hanya Muslim. Tapi juga saudara saudara yang beragama lain. Hal ini menunjukkan bahwa Muslim itu sangat suka berbagi dengan siapa saja. Dan kegiatan ini tentu saja membantu Kerukunan dalam Bermasyarakat.

Kalau kamu ingin berqurban di Insan Bumi Mandiri caranya mudah sekali.  IBM menyediakan Layanan qurban dengan beberapa cara.

1. Pembelian Lunas

Harga 1 ekor kambing atau 1/7 Sapi adalah Rp 1.700.000,- Kambing sehat dan telah sesuai syarat sah untuk diqurbankan berbobot kurang lebih 20-23 kg.

2. Tabungan Qurban

Dengan DP awal 500 ribu Rupiah, sisanya bisa dicicil hingga Lunas seharga Rp. 1.700.000,-

Qurban yang telah Kita setor nantinya akan disembelih sesuai syariat, didistribusikan kepada penerima manfaat. Dan pengqurban akan diberikan laporan secara rinci Qurban melalui IBM. Tenang saja, dengan hasil audit wajar tanpa pengecualian. Tentu saja tenang bila berqurban di IBM.

Semoga dengan adanya Qurban yang Kita titipkan melalui Insan Bumi Mandiri, membuat banyak warga di Pedalaman merasakan manfaatnya, merasa bahagia juga di hari Raya Idul Adha.

Nah kalau teman teman ingin tahu lebih lanjut mengenai program Qurban di Pedalaman ini. Teman teman bisa langsung mengunjungi web IBM.

www.insanbumimandiri.org

Gallery foto kegiatan Program Insan Bumi Mandiri di Pedalaman
Gallery foto kegiatan Program Insan Bumi Mandiri di Pedalaman

3 Comments

  1. Alhamdulillah saat ini sudah semakin banyak lembaga qurban yg aware juga bagi masyarakat pedalaman dan sulit terjangkau sehingga perataan pun dpt tercipta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *