Nonton Di Rumah Makin Seru Dengan Dolby Stereo di MNC Vision

Park Do Kyoung seorang sound director di Kdrama Oh So Young Again
Park Do Kyoung seorang sound director di Kdrama Oh So Young Again

Anyeong Haseyo Emak Emak pecinta Kdrama. Masih inget nggak dengan Kdrama Oh So Young Again?. Nah kalian perhatiin deh kerjaan Eric Mun alias Park Do Kyoung. Di drama ini perkerjaannya adalah menjadi seorang Sound Director. Pekerjaan yang tidak awam Kita dengar ya. Padahal sound director ini pasti ada perannya di setiap film yang Kita tonton loh. Awalnya Aku juga nggak terlalu paham. Apa sih pentingnya suara dan musik di sebuah film?. Dan apa pula itu sound director. Sampai suatu hari aku berkunjung ke MNC Vision. Dan merasakan hal ini melalui sebuah experience. Kenapa sound dan musik itu penting untuk sebuah tontonan.

Jadi begini, siapa yang merasa kalau lagi sedih jadi tambah sedih saat mendengar musik yang sedih?. Siapa yang bersemangat saat mendengar alunan musik dengan nada beat atau gembira. Ternyata gaes itu merupakan hal yang lumrah. Karena memang suara dan musik itu dapat mempengaruhi emosional dan suasana hati. Menurut seorang psikolog dari London, Dr Victoria, mendengarkan musik bisa mempengaruhi reaksi yang sangat luas dalam tubuh dan pikiran, dan beberapa bagian otak bisa diaktifkan oleh sebuah musik. Istilahnya Musik dapat menggerakkan hati.

Teman teman yang suka nonton film sepertiku juga pasti pernah nonton film berjudul A Quite Place. Sebuah film yang menurutku unik. Karena tokoh di film tersebut tidak bercakap cakap secara normal. Namun feel dan suasana mencekam dapat dirasakan penonton melalui sound dan musik di film tersebut.

Bahkan ada yang menyarankan. Bila seorang penakut pingin menonton film horor. Cukup matikan suaranya. Insyaallah takutnya berkurang. Dan ini memang telah aku buktikan. Saat menonton Valak maupun film horor yang lain. Baik di bioskop ataupun di rumah. Aku selalu menonton sambil mendengarkan musik India. Alhamdulillah hasilnya #kamitidaktakut.

Tapi bagi yang tidak penakut ya jangan dimatikan suaranya. Karena daya tarik film horor itu salah satunya dari musik dan suara suara backgroundnya. Nah di MNC Vision beberapa hari lalu. Saat ikut blogger gathering  sekaligus office tour di sana. Aku baru tahu loh ternyata tayangan di MNC Vision itu sudah disupport dengan Dolby Stereo.  Emang dolby stereo itu apa? dan seperti cerita seruku selama Office Tour di MNC? Bisa disimak disini ya Gaes.

Apa Sih MNC Vision itu?

Waktu acara dimulai, dan MC bertanya siapa yang sudah pakai MNC Vision. Ternyata cuma beberapa orang yang mengangkat tangan. Tapi ketika MC bertanya siapa yang pakai OKE TV, TOP TV dan Indovision?. Banyak loh peserta yang hadir mengangkat tangannya.

Ternyata eh ternyata MNC vision ini adalah wajah baru dari gabungan TOP TV, Oke TV dan Indovision. Sebagai pionir TV berlangganan di Indonesia. Berganti nama menjadi MNC Vision guna memperkuat kualitas layanan dan memaksimalkan fitur serta fasilitas.

Logo MNC TV merupakan gabungan dari TOP TV, Oke TV dan Indovision
Logo MNC TV merupakan gabungan dari TOP TV, Oke TV dan Indovision

MNC vision saat ini merupakan operator terbesar DTH di Indonesia dengan penetrasi pasar lebih dari 70 persen.  Dengan Identitas baru, MNC Vision berkomitmen untuk hadir sebagai seamless home intertainment pay TV Platform dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan dengan kenyamanan menikmati tayangan favorite di manapun dan kapanpun melalui fitur MNC Vision Plus yang dapat diakses lewat aplikasi MNC Now.

#CeritakuDiMNCVision

Ceritanya memang dimulai sejak peserta dipanggil namanya satu persatu. Satu kelompok berisi kurang lebih 13-15 orang. Aku kebetulan masuk ke kelompok ke-dua. Entah kenapa malah berubah nama menjadi rombongan RT 2. Mungkin karena rombongan kami suka sekali berlama-lama berfoto memanfaatkan tiap spot selama mengikuti office tour.

Tiap kelompok memiliki arah dan tujuan masing masing. Yang penting semua dapat melihat dapur pacunya MNC Vision. RT Dua mengawali office tour di Antenna Farm. Ya seperti namanya.  Antenna Farm, terdapat pusat penerima konten dari satelit-satelit provider melalui antena TVRO (Television Receive Only) dengan jalur fiber optik, alasan inilah yang membuat MNC Vision lebih tahan cuaca. MNC Vision sendiri menggunakan satelit Indostar-2, yang dikendalikan langsung dari ruang SCC (Satellite Control Center). Mas Angki atau Damanu Angki selaku SPV Satcom ( Satelit Communication) yang dengan sabar menerangkan informasi ini pada kami.

Mas Angki menjelaskan tentang Antena Farm
Mas Angki menjelaskan tentang Antena Farm

Setelah puas bertanya sekaligus foto foto di Antenna Farm. Kami pun diarahkan menuju WIC (Walk In Centre). Ruangan ini merupakan ruang khusus untuk menerima pelanggan lama yang menyampaikan komplain, atau bertanya tentang promo terbaru. Juga menerima pelanggan baru yang akan mendaftar paket paket MNC Vision.  WIC buka setiap senin- sabtu mulai pukul 09.00 wib sampai 16.00 wib.  WIC bukan cuma ada di kantor MNC Vision. Tapi dibeberapa wilayah juga ada. Contohnya di Area Kelapa Gading dan Pondok Indah.

Narsis di ruang WIC
Narsis di ruang WIC

Setelah mengunjungi WIC, rombongan RT 2 pun menyambangi Studio. Nah disini rasa penasaranku akan siaran komentator bola pun terjawab. Rupanya, studio di MNC Vision kerap dipakai untuk siaran langsung yang bisa diselipkan di tayangan televisi MNC Vision. Tidak itu saja, beberapa lembaga baik pemerintah maupun swasta juga sering menggunakan studio MNC Vision. Untuk menanyangkan kegiatan simposium, lokakarya, rapat dan lain lain yang dengan bantuan Satelit bisa ditayangkan juga di daerah daerah secara langsung. Kece badai ya. Akupun sempat bergaya seperti kameramen di ruangan ini.

Perjalanan belum selesai. Selanjutnya kami menyambangi ruangan Customer Care di lantai 7. Setiap harinya para pegawai di bagian ini menerima sampai ribuan telpon dari seluruh pelanggan MNC Vision di Indonesia. Nah bagi kamu yang malas ke WIC kalau terjadi apa apa. Langsung saja telpon ke Customer Care MNC Vision PSTN di 1500 900 dan dari ponsel di (021) 21 500 900 (Hubungan lokal dari semua kota). Customer Care siap melayani 7 Hari/minggu, 24 jam/hari.

Nah akhirnya yang paling ditunggu tunggu RT 2 adalah experience Dolby Stereo di Movie Room.  Aku selalu teringat intro Dolby Digital di Bioskop sebelum film dimulai. “Are arround you.”  Bagiku film yang bagus tidak hanya ditentukan oleh jalan cerita, dan akting pemainnya saja. Melainkan juga harus didukung oleh sound dan music yang bersih, jernih.

Kenapa sih film film box office rasanya lebih enak ditonton di Bioskop dibanding televisi biasa?. Hal ini karena faktor sound sistemnya. Bukan sekedar besar menggelegar. Tapi ada efek menggetarkan emosi alias bikin merinding. Kurang lebih seperti itu yang dirasakan saat menonton film dengan sound berkualitas Dolby stereo.

Begitulah tujuan dari diciptakannya teknologi Dolby ini. Semua dibuat berdasarkan penelitian mendalam tentang suara. Jadi bukan sembarang. Sama seperti yang aku rasakan saat menonton tayangan MNC Vision yang sudah dilengkapi dengan sound berkualitas Dolby.

Bahkan kami menjajal langsung bagaimana teknologi Dolby audio di dalam tayangan MNC Vision (RCTI, HBO dan Fox Movies) yang diputar melalui decorder, sama baik kualitasnya dengan yang diputar menggunakan home theater dengan speaker di seluruh ruangan.

Salah Satu fitur unggulan di MNC Vision yakni Dolby audio ini menghadirkan kualitas suara yang kaya dan super jernih yang memungkinkan pendengar mengenali seluruh dialog, dentuman suara, maupun detail-detail momen dengan sangat jelas. Kalau sudah begini, nonton di rumah pun makin seru bukan?.

Setelah mendengarkan serta membandingkan bagaimana berbedanya kualitas antara sound sistem biasa di film film lama dengan Dolby audio di film film bertanda khusus yang didemokan perwakilan Dolby Stereo Singapore. Aku semakin paham mengapa sound dan musik yang bagus itu sangat penting bagi sebuah film.

Hal ini dilandasi penjelasan dari Mas Khimawan Santosa, Sound Departemen Film Koki Koki Cilik. Intinya, suara yang detail itu diperlukan untuk menjelaskan informasi yang sudah tidak mampu dijelaskan oleh gambar, juga bersama gambar membentuk kesatuan emosi, ruang, ritme, dan waktu secara realitas dan fungsional.

Khimawan Santoso, Sound Director Koki Koki Cilik
Khimawan Santoso, Sound Director Koki Koki Cilik

Mas Khimawan juga menjelaskan bagaimana proses kreatifnya pembuatan suara pendukung dalam film. Juga kabar baik bahwa sekarang Indonesia sudah punya Dolby Approved Studio ( Crossfade) yang tentu saja akan mendukung terciptanya film film Indonesia dengan Sound yang berkualitas.

So ini lah alasannya kenapa nonton di Rumah bakal lebih seru dengan tv berbayar seperti MNC Vision bukan yang lain. Selain Dolby audio kelebihan MNC Vision lainnya adalah :

  • Multi Decoder, fitur dari MNC vision yang memungkinkan pelanggan untuk memiliki dekoder tambahan di satu alamat, serta maksimal 3 dekoder termasuk dekoder utama.
  • High Definition, merupakan salah satu fitur yang ada di MNC Vision untuk mendapatkan kualitas tayangan yang lebih jernih. Sehingga lebih nyaman ditonton. Anti semut istilahnya.
  • MNC Vision plus yang diakses melalui aplikasi MNC NOW, fitur terkini dari MNC Vision untuk dapat menikmati tayangan MNC Vision melalui gadget dimanapun dan kapanpun. Cocok banget untuk yang punya mobilitas tinggi.

Apa saja Promo Terbaru MNC Vision

  1. Program ‘Nonton Premier League Langsung di Inggris’, yang memungkinkan pelanggan MNC Vision mendapat kesempatan untuk menyaksikan langsung liga premier di Inggris hanya dengan meng-upgrade paket berlangganan basic atau menambah paket berlangganan High Definition (HD) dan melakukan pembayaran secara advance payment.
  2. Program Super Bundle yang menghadirkan paket bundling TV Berlangganan + internet super cepat dengan mobile broadband bekerja sama dengan Indosat Ooredoo dan XL
  3. Program MNC Vision Priority atau program khusus pelanggan setia MNC Vision
  4. Berlangganan Program Bimbel hanya 50ribu rupiah per bulan

So yuk sambut penawaran menarik dari MNC Vision. Untuk menghadirkan tontonan menarik Dan berkualitas untuk seluruh keluarga.

8 Comments

  1. Serunya bisa nonton menggunakan fitur Dolby ya mbak. Berasa banget nontonnya bagai di bioskop

  2. Scoring film atau ilustrasi musik dalam satu film mendukung banget film itu. Coba deh nonton film horor tapi di-mute. Ga berasa menegangkan, kan?

  3. Baru paham apa itu MNC vision , emang paling yahud kalau nonton d bioskop suaranya menggelegar dan sekarang bisa nonton d rumah jg ya, seru

  4. Wkwkwk emang bener tuh kalo nonton film hantu yg paling serem ya suaranya. Aku pun matiin suaranya hahaha

  5. Aku gagal fokus karena ada #kamitidaktakut nya… Hehehe… Btw bener juga yak musik dan sepaketnya itu emang bikin film jadi lebih berasa…

  6. Aku jadi penasaran sama pilem korea itu mba fika. Belom pernah nonton yg juduk itu deh. Apalagi nontonnya pake dolby audio ya, uuhh mantep tuh

  7. Seru banget kalo dirumah bisa nonton tv sekualitas bioskop ya suaranya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *