Netizen Bangga Dukung Bersama Asian Games 2018

IMG-20180622-WA0008

” Asian Games 2018 ini kayak Kita ya bang,” ucapku pada Suami.

” Kayak Kita?” Bang Fachrie sepertinya heran.

” Iya kayak Kita berdua, Aku dari Palembang. Kamu dari Jakarta. Nah Asian Games 2018 pun begitu. Jakarta-Palembang jadi tuan Rumah mewakili Indonesia,” Jelasku pada Bang Fachrie. Dia pun tertawa kecil, sembari mengiyakan keteranganku.

Begitulah istimewanya Asian Games 2018 kali ini. Selain lokasi yang merupakan tempat tinggal kami berdua. Banyak hal yang membuatku bangga saat tahu Indonesia menjadi tuan rumah Asian games 2018 kali ini, dan merasa harus turut mendukung kegiatan Asian Games. Apa saja hal tersebut. Bisa teman teman baca ulasannya nanti disini. Tapi sebelumnya Kita telusuri dulu sejarahnya Asian Games ya.

Setelah Perang Dunia II, sejumlah negara di Asia menerima kemerdekaannya. Negara-negara baru tersebut meninginkan sebuah kompetisi yang baru di mana kekuasaan Asia tidak ditunjukkan dengan kekerasan dan kekuatan Asian diperkuat oleh saling pengertian. Pada Agustus 1948, pada saat Olimpiade di London, perwakilan India, Guru Dutt Sondhi mengusulkan kepada para pemimpin kontingen dari negara-negara Asia untuk mengadakan Asian Games. Seluruh perwakilan tersebut menyetujui pembentukan Federasi Atletik Asia. Panitia persiapan dibentuk untuk membuat rancangan piagam untuk federasi atletik amatir Asia. Pada Februari 1949, federasi atletik Asia terbentuk dan menggunakan nama Federasi Asian Games (Asian Games Federation). Dan menyepakati untuk mengadakan Asian Games pertama pada 1951 di New Delhi, ibu kota India. Mereka sepakat bahwa Asian Games akan diselenggarakan setiap empat tahun sekali.

Bagaimana dengan Asian Games Indonesia

Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah untuk ajang olahraga Asian Games ini adalah untuk yang kedua kalinya. Yang pertama adalah pada Asian Games ke IV di Jakarta pada September 1962. Kesempatan ke dua adalah tahun 2018. Pesta Olahraga Asia ke-18, adalah acara olahraga multi-event regional Asia yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018, di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung yang tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.

Nah apa saja keistimewaan di Asian Games 2018 Kali ini?

1. Asian Games 2018 Kali ini merupakan Asian Games dengan cabang olahraga terbanyak dan memperebutkan 462 medali emas. Serta diikuti oleh 45 Negara.

2. Asian Games 2018 Kali ini istimewa terkait dengan bilangan 18. Asian Games ke 18. Di mulai tanggal 18 Agustus hingga 2 September di tahun 2018. Coba hiring sudah berapa kali angka 18 berulang.

3. Banyak cabang olahraga baru. Diantaranya adalah bridge, basket, ju-jitsu, jetski, pencak silat, sambo, kurash,  paralayang, panjat tebing, roller sport.

Cabang Olahraga Baru - Sambo
Cabang Olahraga Baru – Sambo

4. Asian Games Kali ini akan diikuti kurang lebih 16.000 orang 20 persen lebih banyak dari Asian Games di Incheon dahulu. Kabarnya Indonesia akan mengirim 800 atlet untuk meraih medali emas di Asian Games tahun ini.

5. Logo Asian Games 2018 terinspirasi dari bentuk Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan delapan jalur menuju stadion dan lambang matahari dari logo Olympic Council of Asia di bagian tengah, yang mencerminkan tema “Energy Of Asia”. Keseluruhan desain menggambarkan bagaimana “Energy of Asia” akan menyebar ke seluruh dunia. Busur warna-warni juga mewakili keberagaman budaya multinasional Asia dan Indonesia.

6. Maskot Asian Games 2018 sangat unik dan memiliki makna yang baik. Bhin Bhin Adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua. Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

Maskot Asian Games 2018. Bhin Bhin, Kaka, Atung
Maskot Asian Games 2018. Bhin Bhin, Kaka, Atung

Sebenarnya masih  banyak lagi keistimewaan Asian Games 2018. Namun lebih istimewa lagi, kalau Kita sebagai netizen ikut bergerak mendukung perhelatan akbat Asian Games. Bentuk dukungan seperti apa yang bisa Kita lakukan untuk mendukung Asian Games 2018 ini.  Diantaranya sebagai berikut :

1. Ikut menjaga fasilitas Asian Games, seperti gedung sarana olahraga, stadion dll. Tidak mencoret/merusak fasilitas umum. Menjaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah bahkan bisa dengan membawa kantong sampah sendiri ketika menonton pertandingan/ jadi supporter.

2. Bagi yang di daerahnya terdapat venue pertandingan. Yuk ajak nonton keluarga Kita. Kamu bisa membeli tiketnya mulai dari sekarang secara online loh

3. Membeli produk UKM, bangga memakainya dan pajang di social media. Supaya wisatawan/supporter negara lain yang berkunjung jadi ikut tertarik membeli.

4. Untuk yang masih berjiwa muda. Bisa ikutan mengiringi pawai obor yang kebetulan lewat di daerahmu loh.

5 Mendukung dan mendoakan atlet utusan Indonesia agar dapat meraih prestasi terbaiknya di Asian Games 2018

Nah untuk cabang olahraga sendiri. Aku menantikan banyak sekali. Diantaranya bulutangkis, panahan, pencak silat dan renang. Aku sudah Berencana untuk membeli dan menonton beberapa pertandingan di cabang olahraga tersebut. Kalau kamu menantikan cabang olahraga apa nih? Siapa atlet yang kamu jagokan. Yuk ikutan Komen disini ya.

1ce562f5a411f11161c7009051bb7da8 (1)

12 Comments

  1. Walau saya bukan dari jkt atau palembang tapi aku ikut bangga dan mencoba ikut memeriahkan dengan siap menonton hehe

  2. nah, aku juga nunggu nih, ukm jual bonekanya yang murah meriah deh, buat anak aku maen. betewe kamu dan suami kalo boneka kayak siapa sih

  3. Saya bangga sekali Indonesia bisa kembali menjadi tuan rumah Asian Games bahkan saya bisa menjadi saksi sejarah

  4. Insha Allah kak, aku mau ikuta pawai obor saat melintas di kotaku, maksudnya ikutan nonton saja 😊😊😊😊

  5. Seneng ahh, rusa bawean gresik jadi maskot ASIAN GAMES 2018. Sebagai warga Gresik aku merasa bangga ^^

  6. Hahaha kaya kita, “Palembang-Jakarta”…
    Yuk ah semangat dukung bersama asian games 2018. Maju terus atlet indonesia. Pasti juara!

  7. Alhamdulillah banget ya Indonesia bisa jadi tuan rumah untuk Asian Games 2018 ini. Pingin deh nanti ke Palembang, menyaksikan secara langsung kompetisi2nya. Sekalian travelling ke Palembang, mumpung lagi ada event ya kan. Aku belum pernah ke Palembang soalnya. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *