Ngetrip Murah ke Gunung Ijen? Pakai Kereta Api Saja

Terus terang aku suka naik kereta itu baru sejak tinggal di DKI Jakarta. Dulu di daerah asalku Palembang, tidak banyak destinasi wisata yang bisa ditempuh dengan kereta. Berbeda dengan sekarang, apalagi sejak jadi blogger yang suka Travelling, kereta api menjadi angkutan idola buat traveler. Alasan utamanya, ada banyak kelas yang bisa dipilih, mulai dari tiket KAI ekonomi sampai kelas eksekutif pun ada. Jadi tinggal pilih sesuai keinginan dan budget. Selain itu, alasan lain lebih nyaman naik kereta api adalah anti macet. Toh jalurnya tidak saingan dengan kendaraan jenis lain Kan.

Angkutan massal ini punya prioritas utama sebagai transportasi darat sehingga bisa sampai di tujuan dengan lebih tepat waktu sehingga kamu lebih punya banyak waktu untuk menjelajahi destinasimu. Jadwalnya juga sudah tertata dengan rapi. Sehingga jarang sekali angkutan kereta api tidak sesuai jadwal keberangkatan.

Ngomong ngomong soal destinasi wisata. Pulau Jawa juga surga buat yang ingi berwisata naik kereta api. Salah satunya Banyuwangi. Bagi yang ingin mengungkap keindahan Banyuwangi, jangan sampai melewatkan Gunung Ijen. Gunung eksotis yang terkenal dengan para pembawa bongkahan belerang ini punya daya tarik wisata yang luar biasa. Nggak hanya menyuguhkan keindahan alam pegunungan, tapi juga fenomena blue fire yang hanya akan kamu temukan di tempat lain di seluruh Nusantara.

Sambil berburu tiket KAI, berikut adalah tips ngetrip murah ke Gunung Ijen dengan menggunakan jasa kereta api.

Dari Surabaya, ada dua angkutan massal yang bisa kamu gunakan, yaitu bus antar kota atau kereta api. Kalau sudah punya niatan naik kereta api, belilah tiket KAI dari Stasiun Surabaya Gubeng menuju Stasiun Jember. Pilihannya adalah KA Sri Tanjung, dengan layanan kelas ekonomi AC, berangkat jam 14.00, atau KA Probowangi yang berangkat lebih pagi, pukul 04.25 WIB. Mau lebih santai, pesan tiket KAI murah dari aplikasi Traveloka saja ya!

Sesampai di Stasiun Jember, lanjutkan perjalanan ke Terminal Arjasa, Jember. Setelah itu, lanjutkan lagi perjalanan menuju Terminal Bondowoso. Tiba di Bondowoso, langsung cari angkutan menuju Sempol. Dari tempat tersebut, sudah banyak ojek wisata yang siap mengantar kamu menuju Pos Paltuding, Gunung Ijen.
Kelebihan Lewat Bondowoso

Menuju Gunung Ijen lewat Bondowoso adalah sebuah keistimewaan. Dari rute ini, kamu bisa menemukan banyak pariwisata alam yang indah. Sebut saja Kawah Wurung, Padang Savana, agrowisata kopi, pemandian air panas Blawan, air terjun, dan Bukit Megasari. Sediakan waktu liburan lebih panjang supaya bisa mengunjungi semuanya.

Selain via Bondowoso, buat kamu yang dari Pulau Dewata dan masih berpetualang di Banyuwangi, nggak ada salahnya melengkapi liburan dengan mengunjungi Gunung Ijen. Dapatkan tiket KAI dengan jurusan Banyuwangi,menuju Stasiun Karang Asem. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki ke Terminal Sasak Perot dan cari angkutan desa menuju Kecamatan Licin. Setelah perjalanan selama 40 menit, lanjutkan perjalanan menuju Pos Paltuding dengan menumpang truk pengangkut belerang.
Sebagai moda transportasi idaman masyarakat Indonesia, mendapatkan tiket KAI adalah sebuah perjuangan keras. Biar nggak kecewa gara-gara kehabisan tempat duduk, pesan jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Makin cepat, makin baik, supaya kebagian tempat.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *