Mengungkap Takdir Kejayaan Indonesia 2020

Salah satu menu favorite di rumah kami.
Salah satu menu favorite di rumah kami.

Siapa yang menyangka bahwa ikan Asin itu adalah sebuah bukti kejayaan Indonesia?. Menurutku hanya orang orang yang jeli dan mencintai negara ini. Apa pasal? Sebab ternyata Ikan Asin sudah mendunia. Namun di Indonesia sendiri Ikan Asin masih jadi warga nomor 2. Buktinya, makan ikan Asin identik dengan tanggal tua.

Penyuka Ikan Asin biasanya adalah bapak ibu kelahiran baby boomer dan Generasi Y. Walau kadang sudah dilarang dokter makan ikan Asin every day, karena tekanan darah tinggi. Tetap saja ikan Asin adalah favorit.

Tahu nggak sih, ikan Asin itu konon sudah ada sejak jaman kerajaan kerajaan. Bahkan ikan Asin tertulis banyak di prasasti sejak Abad ke 9 dan 10 tentang ditemukannya bukti bukti industri Ikan Asin.

Dilihat secara harfiah, ikan Asin memiliki banyak sekali potensi. Yang pertama ikan Asin adalah Versi  perpanjangan Masa simpan dari ikan segar yang melimpah ruah di Indonesia. Ikan Asin mudah dan sederhana proses pembuatannya. Menggunakan sumber alami yakni garam dan tenaga matahari.

Ikan Asin dimiliki hampir di setiap daerah diwilayah Nusantara. Dengan khas ikan masing masing. Contoh ikan Asin kayu dari aceh. Ikan Asin baung dari Palembang. Ikan Teri medan, Ikan Asin sunu khas Makasssar. Ikan Asin tulang jambal khas Bandung. Dan ikan Asin Gulama khas Tarakan. Serta lain lain. Karena Kalau ditulis semua yakin bisa jadi 20 paragraph sendiri.

Selain itu adanya Ikan Asin di Indonesia membuktikan pula banyaknya industri garam. Keanekaragaman jenis ikan dll. Lagipula rasa dari ikan Asin sendiri merupakan rasa umami. Yakni rasa gurih yang nikmat. Makanya kalau makan Nasi pakai ikan Asin dan sambal. Diidentikan akan nambah berkali Kali.

Lantas apa sih hubungan si ikan Asin ini dengan takdir kejayaan Indonesia?. Hal ini pun baru terpikir olehku saat mengikuti buka bersama Sembutopia 3 Hari yang lalu tepat tanggal 20 Mei 2018. Hari kebangkitan Nasional.

Bapak Kafi Kurnia, Founder Sembutopia
Bapak Kafi Kurnia, Founder Sembutopia

Sembutopia merupakan platform digital yang diprakarsai Bapak Kafi Kurnia pada bulan November 2017. Lewat ide sederhana  ingin memotivasi dan menginspirasi Indonesia agar Kita bersama sama menciptakan sebuah lingkungan yang lebih sehat dan membebaskan Indonesia dari semua penyakit dan konflik. Atas alasan tersebutlah Sembutopia didirikan.

Agar tahu hubungan antara ikan Asin dengan takdir kejayaan. Kita harus tahu dulu apa itu Indonesia 2020. Hal ini tidak terkait dalam bilangan angka. Jadi maknanya bukan Indonesia tahun 2020. Pengertian 2020 disini lebih kepada “Perfect Vision” dimana seseorang dapat melihat dengan sempurna tanpa kacamata. Walaupun ya, 2020 adalah juga perayaan Indonesia ke 75 tahun.

Nah sekarang benang merah nya adalah . Bahwa Indonesia akan jadi Bangsa yang besar dan Akan terjadi peningkatan ekonomi Karena mulai menggali potensi potensi yang sudah Ada. Salah satunya potensi kuliner di Indonesia.

Contohnya Korea Selatan dan Indonesia yang sama sama Merdeka di tahun yang sama dan hanya terpaut perbedaan 2 hari saja. Mana sekarang yang lebih maju dan sudah mapan perekonomiannya? Kita pasti sudah sama sama tahu jawabannya.

Bagaimana remaja Indonesia sekarang bangga sekali menjadi fans dari Idola Idola KPOP’ers. Hapal aneka Makanan khas Sana. Nggak mengapa sih, asal sebagai Generasi milenial Kita juga harus mengenal sejarah Bangsa sendiri. Mencintai segala potensi, Makanan khasnya, bangga menggunakan wastra nusantara dan berbahasa Indonesia. Walau tidak juga dipungkiri kemampuan berbahasa asing juga penting sebagai skill.

Hal hal ini yang dapat Kita lakukan sebagai Generasi muda Indonesia yang nantinya dapat membantu kebangkitan takdir kejayaan Indonesia.

1. Banyak belajar dan membaca tentang sejarah Indonesia.

2. Mengenal dan bangga dengan kekayaan kuliner di Indonesia

3.  Memperkenalkan dan memviralkan potensi Indonesia di social media.

4. Menulis pemikiran, ataupun pandangan mengenai potensi Indonesia seningga akan meningkatkan literasi tentang wawasan nusantara.

Bukti kejayaan Indonesia bukan cuma ikan Asin. Tapi masih banyak lagi. Dan itu adalah tugas kita sebagai Generasi muda untuk mencari tahu, memahami, lalu menyebarkan infoemasinya ke seluruh dunia. Agar semua tahu bahwa Indonesia juga negara yang besar dengan banyak potensi dan peluang. Yap takdir kejayaan sesungguhnya berada di tangan Kita wahai Generasi muda.

Kearifan Lokal adalah potensi yang tersembunyi
Kearifan Lokal adalah potensi yang tersembunyi

18 Comments

  1. Sejarah mengajarkan kecintaaan terhadap tanah air . Sedari kecil harus belajar cinta negri, bisa lewat makanan.

  2. Wah saya malah suka ikan asin mba, ikan asin di tambah sambal trasi wuih buat menu buka kayaknya mantep, hehe

  3. Aku doyan ikan asin mba fika apalagi klo pakai sayur asam n sambel sayangnya di rumah cuma sendiri yg doyan, anak2ku ngga suka. Padahal khas bngt makanan Indonesua ya,,

  4. Itu coba menu ikan asinnya dikondisikan, sist. Sungguh menggoda selera.
    Btw baru tahu banget kalau ikan asin itu udah ada sejak jaman kerajaan dulu.

  5. Ga nyangka bgt ya kalo ikan asin aja bisa membawa kita ke kejayaan 2020… Indonesia mah emang kaya
    ..

  6. Wah berarti 2 tahun lagi yaa. Aku sukaaa ikan asin tapi harganya lumayan juga. Tiap goreng dihemat >,<

  7. Saya cinta Indonesia, alam, budaya dan makanannya selalu nomir satu, buktinya banyak orang asing yang berebut ingin menguasai Indonesia karena kekayaannya.

  8. Oh gitu. Dulu pas hamil abhi aku suka banget sama ikan asin, tapi hamil Ran, aku sukanya ikan segar. Jadi sampe sekarang gak terlalu doyan sama ikan asin. Huhu. Padahal enak ya dimakan sama sambel dan sayur asem

  9. Ikan asin salah satu kuliner nusantara yg sdh mendunia ya mbak , itu poto awal ikan asin gabusnya aja bikin ngecess mbakk jd galfok aku hahaha.. semoga Indonesia 2020 bisa terwujud demi mengembalikan kejayaan Indonesia ya mbakk

  10. Ga menyangka ya, ternyata ikan asin sudah menyebar ke luar negeri, tapi sayangnya di Indonesia masih dianggap makanan murahan, ini yg harus kita perkenalkan pada generasi milenial.

  11. Saya yakin Indonesia bisa mewujudkan Takdir Kejayaan 2020, hal pertama yang kita harus lakukan adalah mengkonsumsinya di keluarga kita dahulu.

  12. Saya suka kok ikan asin , ternyata sudah mendunia ya . Inilah tugas kita untuk.mengembalikann masa kejayaan lewat kuliner Indonesia

  13. Jujur aku nggak nyanga loh, ternyata ikan asin sebegitu besar peranannya dalam kuliner Indonesia. Ternyataaaa, bahkan diluar negeri sangat terkenal

  14. Ikan asin itu makanan enak, sayangnya aku ga berani makan banyak-banyak, takut ama kadar garamnya.

  15. Bagus banget ini acaranya ya. mengangkat kearifan lokal Indonesia terutama kekayaan alam ya.

  16. Aku suka ikan asin, apalagi dimakan sama sayur bening atau sayur asem..duh nikmat banget. Sayang ga berani banyak2, takut darting.

  17. sebagai generasi muda kita memang harus siap untuk menghadapi masa depan indonesia, saya setuju harus banyak belajar, belajar dan belajar…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *