Generasi Milenial, Ayo Raih Peluang Bekerja Di Danone

Senangnya bisa office tour ke Danone Indonesia
Senangnya bisa office tour ke Danone Indonesia

Keluargaku rata rata berprofesi sebagai guru, dosen atau pns. Dari kakek buyut yang seorang wedana, Nenek adalah kepala sekolah. Tante dan Om yang jadi guru ataupun Dosen. Semuanya hampir berprofesi di dunia pendidikan. Hal ini yang mungkin banyak mempengaruhi keturunannya ini dalam memilih profesi.

Cita citaku dulu Dosen. Tapi sayang Karena suatu hal. Cita cita tersebut belum tercapai. Jadilah bekerja di sebuah NGO saat itu menjadi salah satu profesiku. Penghasilan yang didapat dari pekerjaanku alhamdulilah bisa membantu keuangan ibuku yang janda dan membiayai sekolah adik bungsuku.

Syukurlah setelah aku, profesi adik adikku jadi lebih beragam. Ada yang jadi pramugari, kerja di BUMN dan Perusahaan minyak. Mungkin karena informasi tentang lapangan pekerjaan sudah lebih mudah di akses dibanding saat aku lulus kuliah dulu.

Sekarang aku masih punya 2 orang adik yang masih sekolah di SMU dan SMP. Juga seorang adik yang baru saja fresh graduate dari jurusan pertambangan. Nah karena itulah saat akun Instagram Aqualestari dan akun dancommunityID mengumumkan event Discovering Talent Management at Danone. Aku langsung mendaftar. Siapa tahu informasi yang aku dapatkan setelah mengikuti acara ini membuat mereka tertarik kerja di Danone Indonesia.

Sebenarnya sudah sejak 2016 tahu dan sering mengikuti event event danone. Awal pertama ikut event blogger juga saat mengikuti nutri talk Bertema 1000 Hari pertama kehidupan. Terus terang menurutku Perusahaan Danone ini benar benar sesuai Jargonnya One Planet One Health. Karena banyak kegiatannya yang benar peduli pada lingkungan. So sebagai masyarakat awam tentu saja merasa tertarik dan penasaran seperti apa sih pekerjaan dan proses perekrutan karyawan di danone?

Selasa sepekan yang lalu hadir untuk mengikuti talkshow sekaligus office tour ke salah satu kantor danone di Jakarta Selatan. Yang mengisi Talkshow juga adalah para petinggi Danone loh. Beruntung banget Kan?

Acara dimulai dengan sambutan dan pemaparan oleh bapak Arif Mujahidin selaku Corporate Communication Director Danone Indonesia. Pak Arif memperkenalkan apa itu Danone. Mulai dari sejarah berdirinya danone, hingga komitmen Danone sebagai Perusahaan yang peduli dengan gizi dan lingkungan.

Pak Arif Mujahidin
Pak Arif Mujahidin

Ngomong ngomong soal komitmen Danone Indonesia. Aku merasa beruntung sudah pernah menjadi salah Satu peserta Danone Blogger Academy. Di DBA 2017 kemarin selain mendapat pembelajaran bagaimana cara menulis yang baik, menulis tanpa hoax dll. Kami juga berkesempatan mengunjungi 2 pabrik milik Danone. Plus mengunjungi wilayah CSR binaannya Danone.

Sebagai Informasi, Danone mempunyai 2 divisi Perusahaan. Yakni Water yang dibawahi oleh PT. Tirta dan Early Life Nutrition yakni Nutricia Sarihusada. Komitmen Danone diwujudkan melalui produk produk yang terbaik dan berkualitas melalui divisi water dan ELN tersebut.

Danone juga mendukung Gerakan 1000 Hari pertama kehidupan. Dengan memberikan cuti hamil 6 bulan kepada para karyawan perempuan juga cuti 10 Hari pada karyawan laki laki yang istrinya melahirkan. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Evan Indrawijaya selaku HR Director Danone ELN Indonesia.

Tidak hanya itu, ruangan laktasi dan daycare pun tersedia di semua fasilitas kantor maupun pabrik danone. Sehingga ibu yang bekerja tetap bisa memberikan asi ekslusif untuk anak mereka. Bravo Danone benar benar tempat kerja menyenangkan. Aku pernah menuliskan tentang Danone Perusahaan pertama di Indonesia yang memberikan cuti hamil 6 bulan.

Mendengar hal diatas. Banyak dari undangan yang hadir merasa iri. Bahkan Ada yang ingin masuk bekerja di Danone Indonesia dalam keadaan hamil.  Kalau aku sih malah iri dengan 3 orang perwakilan MT Star Danone. Mereka masih muda, talented, berprestasi dan dihargai kemampuan dan bakatnya oleh Danone

Sebut saja Dwinta Astarini, yang sekarang bekerja sebagai Senior Brand Manager Nutricia. Beliau pernah dikirim ke Cina khusus untuk mempelajari bagaimana Negeri Tirai Bambu itu menjalankan proses Marketing. Jovinta Anggraeni, Supply Chain Network Optimization. Merupakan salah satu utusan pemain soccer yang pernah dikirim ke spanyol juga dipercaya memimpin project senilai 100 milyard di usia yang masih muda. Dedy Suwartono, Head of Commercial Finance, yang sudah pernah bekerja di Danone international di Singapore.

Kenapa MT Star Talent begitu istimewa? Karena peminatnya sangat banyak. Artinya? Prospek kerja di Danone benar benar luar biasa. Selain mendapatkan take home pay yang menjanjikan. Banyak program pengembangan terhadap diri karyawan danone. Situasi dan lingkungan kerja di Danone pun nyaman. Setiap jam 3 sore karyawan mendapatkan menu makanan sehat, bisa berupa snack ataupun minuman sehat.  Juga terdapat klinik dan dokter Perusahaan pun sangat mengapresiasi karyawan yang berbakat dan berprestasi.

Program program yang dilakukan danone untuk mensupport karyawan dalam pengembangan diri adalah sebagai berikut

1. JaguarProgram

Danone memberikan kesempatan bagi karyawannya yang berada di tingkat manajer untuk terlibat dalam proyek antar-negara.

2. Endeavor Program

Program pengembangan karyawan untuk menduduki posisi manager

3. International Assignment

Danone Indonesia secara reguler mengirimkan karyawan  ke Perusahaan Danone di negara lain, untuk mendapatkan pengalaman internasional. Dengan international assignment ini, mereka dapat membangun karirnya di lingkup yang lebih luas

4. Talent assessment and development

Untuk memastikan bahwa talent yang dimiliki sesuai dengan kriteria standar yang ditetapkan oleh Danone secara Global. Danone Indonesia melakukan penilaian dan mapping ke seluruh karyawan Danone Indonesia yang kemudian dikalibrasi oleh talent committee di tingkat departmen, business unit dan Negara (cluster)

5. Management Trainee

Program percepatan jalur karir, bagi para fresh graduate untuk menjadi pemimpin perusahaan, dimana mereka akan mendapatkan pelatihan, dukungan pengembangan diri dan terlibat dalam proyek-proyek menantang.

Tahukah kamu jumlah pendaftar MT star Danone mencapai 28.000 setiap tahunnya. Dan yang Lulus perangkatan hanya 60-70 orang saja. Melihat peminatnya yang super banyak. Memancing kriminal memanfaatkan peluang menipu dengan membuat lowongan kerja palsu. Banyak sekali yang melapor ke danone atas terjadinya penipuan ini.

Bagaimana caranya untuk menghindari penipuan lowongan kerja palsu? Mbak Dewi Suryani selaku Management Trainee and Employer Branding Manager Danone Indonesia memberikan informasi dan tips sebagai berikut :

1. Informasi lowongan kerja dan carrier opportunity hanya diinfokan Danone Indonesia melalui situs www.dancommunity.com

2. Danone tidak pernah mencantumkan nominal gaji di setiap info lowkernya.

3. Danone tidak pernah mengambil biaya Satu rupiahpun untuk pendaftaran di lowongan kerja.

4. Jika kamu ragu, kamu bisa bertanya melalui semua socmed Danone. Seperti IG dancommunityID

Nah jangan sampai penawaran menarik dari akun akun fake membuat kamu rugi. Boro boro bisa kerja di tempat seperti Danone. Malah uang dan waktu terbuang sia sia.

Oke guys siap meraih kesempatan kerja di Perusahaan besar seperti Danone? Jangan lupa Siapkan diri dan pantau terus info career nya di www.dancommunity.com ya. Semoga 6 tahun ke depan salah satu adikku bisa masuk ke MT Star 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *