ALFATREX, Solusi Pengiriman Paket Terkini

Me as Online Seller

Tidak menyangka, menjadi online shop sekaligus blogger adalah sumber penghasilanku saat ini. Dulu memutuskan membuka online shop itu sejak pindah ke Jakarta. Lebih tepatnya setelah menikah dan resign dari pekerjaan yang lama. Awal mulai berjualan online pada tahun 2011 bulan February. Produk yang dijual awalnya hanya herbal, pempek made by order dan gamis.

Lambat laun usaha online shop pun makin membesar. Omset bisa sampai 50 juta per bulan, dengan keuntungan bersih minimal 20persen. Produk yang dijual pun palugada. Mulai dari pakaian, perlengkapan baby, kolam dan mainan, juga  alat masak dan mesin jahit.  Tiap tahun baru selalu dapat kalender dari bermacam ekspedisi.  Bahkan kalau mendekati Hari Raya, sering banget dapat paket parcel juga dari berbagai langganan ekspedisi.

Sayangnya di 2015 Saya mulai tidak aktif jualan online. Karena saat itu ibu saya sudah mulai berat penyakitnya. Berhubung hanya Saya Yang belum dikaruniahi anak. Waktu Saya lah yang lebih fleksible dalam mengantar jemput ibu berobat. Yang masih Saya teruskan hingga saat ini adalah berjualan lakban jumbo. Karena pelanggan lakban Saya sudah banyak. Sayang bila tidak dilanjutkan.

Awal 2017 ibu saya masuk rumah sakit, beliau harus dirawat cukup lama. Belum lagi beliau dinyatakan gagal ginjal stadium 5. Sehingga Saya harus benar benar fokus mengurus ibu. Hingga akhirnya ibu wafat April 2017 yang lalu. Online shop sudah saya tutup sepenuhnya.

Namun sejak maret 2018 yang lalu Saya mulai lagi berjualan online. Kali ini selain lakban jumbo. Bekerja sama dengan adik sepupu yang kerja di luar. Kami berjualan jam tangan autenthic branded dari luar. Kadangkala handcarry dari Seattle USA, Macau, Bangkok, Jepang dan lain lain. Tergantung kemana dia tugas.

Alhamdulillah sudah lumayan banyak jam yang bisa Saya jual dan ini merupakan suatu hal yang Saya syukuri. Karena penghasilan jadi meningkat. Namun apakah berjualan online hanya ada enaknya saja? Oh tentu ada tidak enaknya. Di 2014 Saya bahkan pernah jatuh sakit cukup lama karena kecapekan mengantar paket yang isinya besar besar. Saat itu panci set dan mesin jahit adalah dagangan yang banyak peminatnya.

Belum lagi kalau paket tidak sampai tepat waktu. Nomor resi tidak bisa ditracking. Buang buang pulsa dengan menelpon agen ekspedisi hampir tiap hari. Belum lagi harus mondar mandir mendatangi kantor cabang ekspedisi untuk mengurus paket yang nyasar  atau pun hilang.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Seminggu yang lalu saat mengikuti Launching Alfatrex di The Pallas Jakarta pada 7 Mei 2018. Saya merasa dimotivasi lagi untuk meningkatkan penjualan online shop.  Life is like riding bicycle, to keep your Balance you must keep moving (Albert Einstein) kutipan ini cocok sekali untuk bisnis di era digital ini. Yang mendorong manusia untuk bertransformasi secara digital. Contohnya Alfamart. Dengan inovasi barunya alfamart ingin memberikan Layanan yang terbaik untuk seluruh kalangan masyarakat.

Mengenal Alfamart dan Bisnis Corenya

Pasti sudah pada tahu kan alfamart.  Bahkan ada seorang ibu yang viral videonya di Sosmed. Karena  saking inginnya diajak ke Alfamart oleh suaminya.  Alfamart ternyata sudah  eksis di Indonesia sejak 17 tahun yang lalu.  Saat ini Alfamart Indonesia memiliki 13500 store. Dengan jumlah konsumen loyal hampir 9 juta oranng dan transaksi 4.2 juta per harinya.  Dengan bonus demografi di 2020 nanti. Populasi generasi X,Y, Z  di negara kita akan menjadi 235 juta atau 91 persen dari total penduduk. Perbedaan nyata antara generasi ini dan baby boomer (generasi orang tua saya) adalah penerimaan terhadap hal hal baru.  Generasi X,Y,Z tidak anti hal hal baru.  Mereka tidak takut belanja online.  Jadi inget pertanyaan tante saya ” Kalau beli online emangnya tidak takut ditipu? salah ukuran? salah warna? salah barang? salah kirim? ”  Padahal untuk generasi X,Y,Z kuncinya cuma satu.  Kalau ada salah-salah pada proses jual beli online. Ya tinggal Complain saja.

Oleh Sebab itu berdasarkan Data Ecommerce Foundation Report 2017 pertumbuhan customer online (e-shopper) di Indonesia sebanyak 24%.  Nilai ini jauh lebih tinggi dibanding India, China, Arab Saudi dll.   Alfamart melihat peluang ini hingga akhirnya membuka bisnis baru menambah 5 digital bisnis lainnya.  Alfamart Digital Bussines adalah inovasi yang dilakukan oleh alfamart untuk menjawab tantangan di dunia Modern ini.  Sebagai pilihan masyarakat baik para konsumen maupun individu yang berwirausaha dalam memudahkan segala urusannya melalui dunia digital, lewat genggaman tangan saja.  Apa saja core bisnis Alfamart Digital business?

6 Core Bisnis Alfamart Digital Business
6 Core Bisnis Alfamart Digital Business

1.  ALFAMIKRO

Aplikasi ini memudahkan mitra binaan Alfamart atau warung. Inovasi ini menggerakan warung untuk memperluas layanannya untuk pembayaran.  Jadi tidak hanya menjual Groceries saja.  Warung binaan Alfamart juga bisa menjual PPOB (Pulsa, BPJS, Token listrik dll).  Aplikasi ini tersedia di Playstore dan bisa diunduh secara gratis.   Hal ini juga menepis isu bahwa Alfamart mematikan usaha warung warung kecil.  Padahal sebenarnya barang yang dijual di Alfamart dan warung kecil sangat berbeda. Alfamart menjual barang kebutuhan bulanan. Seperti minyak 2 liter, susu 1 liter, popok dan pampers dalam ukuran besar.  Sedangkan warung menjual eceran seperti susu uht ukuran sekali minum, kopi sachetan, shampo sachetan, detergen seribuan dll,  Pemilik warung di sekitar alfamart bisa menggunakan aplikasi ini untuk membeli produk produk dengan harga spesial untuk dijual lagi di warungnya.

2. ALFAMIND

Alfamind adalah Jaringan toko virtual pertama di Indonesia yang menggunakan3D AR-VR (Augmented Virtual Reality).  Dengan teknologi tersebut, Alfamind memungkinkan kita untuk berjualan serta berbelanja seperti di dunia nyata, sebuah sensasi yang tak akan kita peroleh di toko digital atau e-commerce biasa.  Dengan Modal hanya 100 ribu saja kita bisa mulai berjualan segudang barang dagangan tanpa perlu susah mencari suplier, repot mengatur stock atau takut kehabisan barang. Semua produk mulai dari home living, community produk hingga lifestyle bisa kita jual di Alfamind.

3. ALFAPOP

Alfa Point of Purchase (Alfapop). Layanan kios digital ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan berbagai pembayaran selain berbelanja.  Bahkan pelanggan bisa melakukan pemesanan barang.  Memang toko Alfamart terlihat kecil. namun untuk kesediaan barang setara dengan stock sebuah HyperMarket.  Di 1000 Store Alfamart yang sudah tersedia layar komputer Alfapop kita dapat melakukan pemesanan produk daily, home living, beauty dan PPOB hanya dengan satu jari.  Produk yang dipilih bisa dibayar langsung di toko atau melalui transfer.

4.  ALFAGIFT

Pelanggan Alfamart yang menyukai Promo/Diskon dan voucher penawaran khusus. harus memiliki Aplikasi ini.  Karena disinilah informasi Promo Special, Diskon, Voucher dari produk pruduk Alfamart ditampilkan berupa katalog Produk. Selain itu pembeli juga berhak mendapatkan poin dari berbagai transaksi yang nantinya bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.  Dengan teknologi AI (Artificial Intelegence) yang canggih.  Pembeli juga bisa mendapatkan saran mana produk yang sebaiknya dipilih.

5.  ALFACART

Alfacart adalah sebuah terobosan dalam industri ritel di Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan sebuah cara berbelanja yang praktis dan mudah. Menyediakan beragam kebutuhan pribadi maupun keluarga mulai dari fashion, peralatan elektronik, handphone, komputer & laptop, kebutuhan rumah tangga sehari-hari, peralatan dapur, hobi & gaya hidup sampai kesehatan & kecantikan. Menggunakan layanan online to online (o2o) pembayaran bisa dilakukan secara langsung di Alfamart terdekat, barang pesanan juga bisa diambil di store Alfamart. Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore.

6.  AlFATREX

 Alfatrex adalah core bisnis terbaru yang merupakan pilar ke enam dari Alfamart Digital Business.  Seperti apa Alfatrex ini? Lihat yuk Keseruan Launchingnya.
Launching ALFATREX
Siang itu acara dibuka oleh Bapak Bambang Setyawan Djojo yakni Direktur PT Alfa Mitramart Utama.  Yang menjelaskan 6  bisnis core Alfamart Digital Business.   Lalu dilanjutkan dengan Talkshow oleh Ibu Amalia dari Alfa Digital.  Yang menjelaskan seperti apa itu alfatrex, dan hal yang membuat alfatrex berbeda dari ekspedisi sebelumnya. Yakni Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Teknologi yang digunakan terkini dan modern. Serta Layanan pengiriman paket yang cepat, akurat dan efisien.   Selain itu juga hadir mitra Alfamart seperti Ibu Lisa Widodo dari Blibli dot com, Mohammad Feriadi dari Asperindo, Bapak Donny Wardhana E-commerce and logistic Pratitioner, serta Mira Sahid Founder dari Kumpulan Emak Emak Blogger.  Dalam kesempatan ini para Narasumber memberikan pandangannya terkait pengaruh teknologi digital bagi dunia pekerjaan masing masing.  Mak Mira mengatakan bahwa Teknologi Digital membawa manfaat yang sangat baik bagi Para Ibu Rumah Tangga yang dibuktikan dengan bertambahnya jumlah member KEB dari tahun ke tahun.  

Alfatrex Resmi diluncurkan setelah kelima perwakilan dari Alfamart maju dan menekan tombol secara serempak.  Tak lama logo Alfatrex Muncul dibarengi pemutaran video Proses Pengiriman di Alfatrex. Juga Icon Kurir Alfatrex dengan Seragam Merahnya naik ke atas panggung. Yeay Selamat Alflatrex telah menambah barisan Ekspedisi yang bisa digunakan dalam layangan pengantaran barang.

Fakta Mengenai Alfatrex

Visi dan misi Alfatrex adalah menjadi Pilihan pertama bagi pelanggan dalam jasa pengiriman dan menyediakan layanan pengiriman yang terpercaya, dapat diandalkan dan cepat bagi pelanggan.  Dengan Memegang value CUSTOMER (yakni C= Customer, U = Urgent, S = Safety, T = Team Work, O = Ownership, M =Mentoring, E = Excellent dan R = Reliable).  Hal ini  yang mendasari komitmen Alfatrex untuk optimis menjadi pilihan pertama bagi pelanggan dalam jasa pengiriman barang.

Kecepatan, Ketepatan dan terpercaya adalah semboyan alfatrex dalam melayani pelanggannya.   Alfatrex memiliki 4  produk pengiriman diantaranya :

1.  Same Day Service (SDS).  Merupakan produk primer dari Alfatrex.  Dimana paket anda akan diantar ke tempat tujuan kurang dari 15 jam.  Cocok untuk yang ingin barangnya cepat sampai ataupun produk makanan.

2. Next Day Service (NDS) Layanan pengantaran paket ke tempat tujuan kurang dari 48 jam.  NDS juga salah satu produk primer Alfatrex.  Cocok untuk produk fashion.

3. Reguler Service  (RGS) Produk layanan pengiriman yang menjangkau seluruh Indonesia dengan tarif yang terjangkau

4. Economy Service (ECS) Pengiriman paket dalam jumlah  besar dapat menggunakan layanan ini.  Produk ini cocok untuk barang Kargo.

Review Menggunakan ALFATREX

Guru yang paling baik adalah pengalaman. Karena itu lah setelah mengikuti Launching Alfatrex. Saya segera mencoba mengirim paket mwlalme alfatrex.  Prinsip pengiriman paket melalui alfatrex adalah Jadi member, input data, print kode booking, pantau paket anda.

Hal yang membuat beda Alfatrex dengan ekspedisi lainnya adalah Layanan kirim dan ambil melalui store alfamart sebanyak 13350 store seluruh Indonesia. Tentu saja ini menjadi nilai tambah.

4 Langkah Mudah Menggunakan Alfatrex

1. Menjadi Member

Buka aplikasi m.alfatrex.id melalui layar smartphone. Cari laman sign up. Isi data diri sebagai pengirim. Lengkapi data. Lalu simpan.

2. Isi dan Save Data Buyer

Untuk online shop yang menggunakan platform socmed dan wa untuk closing orderan. Cukup copy paste alamat kirim buyer ke kolom isian penerima. Save nama mereka. Bila buyer membeli berulang kali. Kita tidak tidak perlu susah payah mengisi ulang. Cukup dengan mencari di daftar simpan.

3. Print Kode Booking

Setelah mengisi info produk seperti berat, volume, isi paket, asuransi Dan lain lain. Nanti akan keluar pilihan paket pengiriman. Pilih salah Satu. Save dan keluarlah kode booking. Bawa paket beserta kode bookingnya ke store Alfamart terdekat (kamu juga bisa memanfaatkan Layanan pick up).  Serahkan produk pada pegawai alfamart. Mereka Akan melakukan pengecekan ulang terkait alamat kirim, no handphone, berat paket, dimensions paket dan isi paket. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi Hal Hal yang tidal diinginkam kedepannya. Salah satunya paket nyasar. Setelah kode booking dimasukkan. Pegawai alfamart akan memberikan bukti cetak resi. Dan paket siap diantar oleh alfatrex.

4. Pantau Paket secara Online

Paket yang dikirim menggunakan Alfatrex bisa dipantau keberadaannya mulai dari dipickup hingga diantarkan ke penerima.

Alhamdulillah mudah sekali bukan. Kabar baiknya lagi. Hingga 31 Mei nanti setiap member yang menggunakan kodevoucher ALFATREXLAUNCHING akan mendapatkan potongan harga 8000 Rupiah dari total biaya pengiriman. Dan kode ini bisa digunakan 3 x Sis and Bro. Wow banget Kan. Tidak hanya itu saja, bagi yang mengirim paket melalui store alfamart Kita juga berkesempatan mendapat minuman botol dingin.

Semoga kedepannya bisa terus menggunakan Layanan alfatrex untuk pengiriman paket Online shop Saya. Selain lebih mudah karena Store Alfamart berada 2 ruko disebelah ruko tempat tinggal Saya.  Belanja sekaligus kirim paket. Semua bisa di Alfamart. Alfatrex Solusi Pengiriman paket terkini

15 Comments

  1. Wahh..Alfa ternyata banyak sekali ya cabang bisnisnya. Setauku cuma di retail aja, baru tau kalo ada jasa pengirimannya juga. Bisa jadi salah satu alternatif tuk mengirim barang ya. Makasih sharing infonya.

  2. Belum pernah coba kirim barang dengan Alfa , tapi kalau tahu begini mudahnya mah mau coba ah kesitu

  3. Aku kenal Fika sebagai pedagang pempek online. Lalu jualan macam2. Dan sekarang jadi blogger jg. Klop deh semua ada di Fika. Pakai Alfatrex makin mantap dagangnya

  4. Jadi enaknih y mba blnja online aplagi bisa kasih hadiah ke orang tanpa dtg k alfa,, mba fika mau ksih apa ke aku😊😊

  5. wah gampang ya bun. enak nih. aku suka worry kalo belanja online, secara rumah sering ga ada org. kan kalo pake alfatrex bisa dikirim ke alfamart yaa

  6. Bisa jadi solusi kurir pilihan ya mba Fika,, apalagi yang punya toko online 🙂
    Mau dong dapat kiriman dari mba Fika melalui Alfatrex

  7. Kece beut dah mbak Fika ini… Bener mbak rejeki mah dari mana aja yang penting halal…
    Btw Alfamart juga kece euy… One stop solution bgt… Apa aja ada ya di alfa

  8. Wah semakin maju ya branch Alfa. Semakin enak ya belanja bisa dikirim ternyata tanpa repot-repot

  9. Sekarang makin banyak ekspedisi jadi semakin banyak pilihan buat para penjual online jadi biar paket cepat sampai

  10. Terobosan yg bagus kian mempermudah dlm berbelanja. Sangat membantu banget bagi yg memiliki kesibukan ekstra

  11. Hebat nih Alfamart selalu ada terobosan baru. Banyak cabang Alfamart bikin mengirim barang lewat Alfatrex semakin mudah.

  12. Alfa makin berkembang ya…cocok tuu buat pengiriman paket LBH Deket karena ada d mn mn .bolehlah kapan2 d coba

  13. Alfatrex bisa jd alternatif pengiriman paket. Aku belum pernah sih coba. Aku juga sempat jualan online dan aku memanfaatkan jasa ekspedisi yg bisa ambil paket kermh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *