Pemberdayaan Muslimah di HC Day 2018

Sabtu Siang, Saya bersama seorang teman meluncur menggunakan taksi online menuju sebuah event muslimah. Event ini digelar di sebuah mall besar di Jakarta tepatnya di the Hall Senayan city.

Tidak sulit mencapai lokasi, begitu masuk pintu utama, tinggal berjalan ke sebelah kiri ke arah lift menuju lantai 8. Di atas rupanya sudah banyak pengunjung yang hadir. Saking ramainya Saya sempat kerepotan saat mengambil tiket masuk.

IMG_20180505_132442

Ternyata acara ini digelar oleh Hijabers Community (HC) dan merupakan acara tahunan yang rutin diadakan. Untuk tahun ini Bertema Hijrah. Kabarnya acara ini diadakan untuk  menunjukkan keinginan Hijabers Community dalam memberdayakan kaum perempuan. Hal ini terlihat juga dari rangkaian acara yang disusun pada HC Day 2018. Bukan hanya sekedar bahasan tentang sebagai pemakai make up, kosmetik dan fashion. Tapi sudah masuk ke bahasan ekonomi, yakni muslimah sebagai produsen.

HC day 2018 ini digelar 12 jam saja, terhitung sejak pukul 10.00 pagi hingga 22.00 malam. Banyak pengisi acara yang digadang-gadang merupakan perwakilan dari Generasi muda yang menginspirasi dan mandiri.

Saya yang datang pukul 12.30 pun sudah jadi peserta yang ke 790 dilihat dari nomor gelang tiket masuk. Woww belum 3 jam sejak acara  dibuka, audience yang datang sudah sangat ramai.

Selain ingin menonton Talkshow yang digelar dengan banyak pembicara kondang. Para muslimah beragam usia ini juga datang untuk mencari produk  produk fashion dari 100 booth yang ikut. Bahkan di beberapa booth tampak antrian mengular.

Entahlah Saya tidak sempat mengintip produk fashion apa yang bikin para ladies itu rela mengantri panjang. Saya lebih suka menghampiri booth booth yang lebih lega ruangannya. Karena jadi lebih nyaman untuk memilih dan memutuskan membeli. Saya tidak anti diskon tapi kalau harus antri panjang demi sehelai pakaian. Oh it’s not me.

Sebuah tas kulit sintetis berwarna tan, adalah produk yang sempat Saya beli disana. Kebetulan booth tersebut menyediakan mesin EDC. Sehingga yang tidak pernah bawa uang cash dalam jumlah banyak seperti Saya bisa ikut berbelanja. Ada beberapa barang lagi yang Saya taksir tapi ya itu karena cash only. Saya tak jadi membeli.

Setelah asyik berputar mengelilingi booth yang Ada. Saya Dan teman teman masuk ke sebuah ruangan Talkshow. Acaranya sudah mulai. Bahkan sudah QnA. Wajar saja kalau ruangan yang luas tersebut sangat penuh. Untung Ada beberapa kursi yang tersisa untuk ditempati.

Suasana talkshow
Suasana talkshow

Saya juga sempat ke mini stage untuk mengintip Talkshow The Secret of Young and Succesful Muslimah yang disponsori Kopi ABC. Talkshow ini menghadirkan Fildza Hasnamudia, Nadine Gaus, Raisa Aribatul dan Wilda Aisyah sebagai pembicara.

Selain Talkshow diatas juga Ada 14 Talkshow lainnya yang dibagi kedalam 3 stage. Salah satunya adalah talkshow “Jannah in My Home” berasama ummu balqis, ratih megasari (mama Adamfabumi), analisa widyaningrum (psikolog).

Pengisi Talkshownya bagus bagus kok, lihat saja nama namanya disini. Dewi Sandra, Sandiaga Uno-Nur Asia Uno, Fenita Arie-Arie K Untung, Teuku Wisnu-Shireen Sungkar, Ratu Anandita-Mario Irwinsyah, Ben Kasyafani-Nesyana Nabila, Haykal Kamil-Tasya Nurmedina, Tya Ariestya, Intan Erlita, Ustad Oemar Mita, Ustad Steven Indra Wibowo, Atras Mafazi, Archie Wirija, Candi Soeleman, Natta Reza-Wardah Maulida, La Ode Munafar, Allysa Hawadi, Thata Aljundiah, Ucita Pohan, Fifi Alvianto, Ummu Balqis, Benefiko, Ratih Megasari (Mama Adam Fabumi), Analisa Widyaningrum, Temi Sumarlin, Syifa Fauzia, Sarah Sofyan, Nalia Rifika, Fatharani Fadhila, Fildza Hasnamudia, Nadine Gaus, Adetyaa, Dieva Ipeh, Raisaaribatul, DR.Anggia Melanie Lubis, Wilda Aisyah, Miarosa,Organic Supply.co, Indonesia Mengajar, Alif School

IMG_20180505_132558

Ah senangnya bisa datang dan menghadiri HC day 2018. Dimana terlihat pemberdayaan para muslimah yang memiliki ide, kemampuan dan peluang menjadi produsen dan berbisnis sama seperti kaum lelaki. Disini juga dibuktikan bahwa pangsa pasar produk produk untuk muslimah itu sangat prospek dan menggiurkan.

Semoga kedepannya HC day hadir kembali dengan konsep dan acara yang lebih bagus lagi dari tahun ini. Semoga juga bisa hadir di ruang dan tempat yang lebih luas dengan lebih banyak talent dan tenant yang bergabung. Aamiin

2 Comments

  1. terima kasih sangat bermanfaat sekali acaranya. mengapa tema yang diambil itu Hijrah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *