A Sampai Z Seputar Higienitas Kewanitaan yang Perlu Ladies Ketahui

Travelling itu nggak nyaman kalau keputihan
Travelling itu nggak nyaman kalau keputihan

Hai ladies siapa disini yang lagi asyik foto foto cantik begini eh terganggu dengan rasa basah di area kewanitaan. Trus kamu jadi pengen buru buru ke restroom dan ganti pakaian dalam. Tapi kalau lagi travelling begini kadang repot kalau harus sering ganti pakaian dalam. Belum tentu ketemu toilet yang senyaman di rumah ya kan?.

Lalu kamu pernah nggak sih merasa nggak nyaman di area kewanitaan? Apalagi saat udara panas. Area sensitif Kita terasa lembab, bahkan ada yang berbau tak sedap. Selain bikin risih dan malu, ternyata kalau dibiarkan bisa jadi berbahaya gaes. Kok bisa? Ya bisa dunk. Jawabannya ada setelah ini.

Happy nya diundang ke blogger meet up Hijup x Softex
Happy nya diundang ke blogger meet up Hijup x Softex

Di Acara Bloggers Meet Up Hijup X Softex Daun Sirih, dr Bram Pradipta Sp.OG menerangkan banyak sekali tentang higienitas kewanitaan dan menjaga kesehatan organ kewanitaan. Salah satunya tentang keputihan, bahaya keputihan kalau dibiarkan, serta solusi bagaimana menjaga dan mengatasinya

Selain itu juga ada sharring dari Lulu Elhasbu yang cantik tentang aktivitasnya sehari hari dan pengalamannya mengenai higienitas kewanitaan. Juga sharring informatif dari Mbak Anastasia mengenai produk apa saja yang dapat menunjang dan menjaga higienitas dan kesehatan organ reproduksi wanita.

Para Narasumber di acara Blogger Meet Up
Para Narasumber di acara Blogger Meet Up

Nah Hal diatas sudah aku rangkum menjadi A sampai Z seputar Kesehatan dan higienitas organ reproduksi wanita. Supaya pembaca blogku lebih mudah menyerap informasinya. Yuk simak apa sajakah itu

A- Apa sih higienitas kewanitaan itu?

Ternyata organ reproduksi sama pentingnya dengan organ tubuh seperti jantung dll. Karena itu perlu dirawat Higienitasnya. Higienitas adalah suatu usaha untuk melindungi, memelihara, dan memperhatikan serta meningkatkan derajat kesehatan organ intim wanita,

B-Bahaya yang mengintai bila higienitas kewanitaan tidak dijaga

Kesehatan organ intim wanita tidak hanya berpengaruh sebagai alat sekresi saja, tapi punya fungsi yang lebih komplit,  Seperti fungsi reproduksi.  Penyakit yang mengintai organ intim wanita ini bukan hanya yang ringan seperti keputihan, tetapi bisa juga yang berbahaya seperti kanker. mulai kanker Serviks, Kanker Rahim, Kanker Ovarium. Semua bisa bermula dari perawatan organ intim yang awalnya dianggap ringan dan sepele.  Dr Bram Pradipta menceritkan pada blogger yang hadir. Bahwa Kanker Serviks banyak dimulai dengan gejala Keputihan.

C-Cara Tepat Merawat Organ Intim

Ternyata membersihkan organ Intim ada caranya juga. Harus cermat agar organ intim bisa bersih dan aman dari kuman/virus berbahaya.   Dr Bram Pradipta SP.Og memberikan beberapa tips yang dapat kita praktekan ya Ladies.

1. Mencuci Organ Intim dengan Benar : Basuh organ intim dengan air bersih dari arah depan ke belakang. Jangan sebaliknya agar terhindar dari bakteri yang ada di organ intim bagian belakang (Anus).  Bila perlu basuh dengan air hangat kuku.  Keringkan dengan handuk agar tidak lembab
2. Hindari membersihkan Organ intim dengsan menggunakan sabun yang mengandung pewangi.  Karena dapat memicu iritasi ya gaes. Kalau iritasi, Kuman akan lebih gampang masuk.
3. Selalu bersihkan miss V sebelum dan sesudah “hubungan Pasutri” hal ini supaya kuman di dalam miss v tidak masuk ke dalam rahim, hal ini berlaku juga untuk cairan douching (Penyemprot miss V)
4. Gunakan Pantyliner dan ganti tiap 3 jam sekali, agak miss V tidak lembap
5. Saat menstruasi gunakan  pembalut yang tidak mengandung pewangi

D-Daun Sirih Sebagai AntiSeptik Alami

Nenek moyang kita dulu menggunakan Daun Sirih sebagai antiseptik Alami. Baik untuk membersihkan mulut, juga untuk sebagai air cebok saat menstruasi.  Daun sirih dipercaya memiliki kandungan Kavikol yang mempunyai khasiat sebagai antiseptik, antibakteri dan anti jamur.  Wanginya yang khas juga mampu menghilangkan bau tak sedap.  Orang orang dahulu merebus 10 lembar daun sirih setiap hari bersama 2 gelas air.

E-Ekstrak Daun Sirih

Kemajuan teknologi saat ini mempermudah Ladies mendapatkan manfaat Daun Sirih melalui berbagai produk dengan kandungan Ekstrak Daun Sirih.  Ekstrak adalah zat yang dihasilkan dari ekstraksi bahan mentah secara kimiawi, yang meliputi aromatik, ester, oil dll. Namun tetap memberikan manfaat yang sama dengan bahan mentahnya.

F-Faktor Resiko Gangguan Kesehatan pada Organ Intim

Selain masalah kebersihan, Dr Pram Pradipta Sp.OG juga menjelaskan beberapa faktor yang dapat menambah resiko terjadinya gangguan kesehatan pada organ Intim, yakni sebagai berikut :

1. Obesitas, Ladies dengan berat badan berlebih dapat mengalami iritasi dibagian selangkangan karena gesekan saat beraktivitas. Sehingga selain lebih lembab, luka yang ada dipermukaan bisa memancing bakteri untuk masuk.  Solusinya tentu saja dengan mengurangi berat badan dan mengganti ke gaya hidup sehat.
2. Stress dapat meningkatkan keputihan karena tubuh mengeluarkan kortisol yang mengganggu kesimbangan hormon.
3.Perubahan hormon, ini banyak terjadi pada Ladies yang sudah mendekati waktu menopouse.  Sedangkan pada yang lebih muda biasanya terjadi keputihan yang lebih banyak saat menjelang dapat mestruasi ataupun hamil.
4. Penyakit Diabetes yang memiliki cairan urine tidak normal, dapat meningkatkan jumlah keputihan di miss V
5. Penggunaan Antibiotik tidak tepat guna, dapat menyebabkan keseimbangan bakteri di area miss V inbalance.
6. Sexs Bebas, ini merupakan pintu masuk bebas bagi segala virus dan bakteri berbahaya. antara lain virus HPV dan virus HIV.

G-Gunakan PantyLiner untuk mengurangi kelembapan

Cuaca Tropis di Indonesia, membuat tubuh kita jadi cepat berkeringat. Termasuk area kewanitaan kita. Penggunaan Panty liner dapat dipakai untuk mengurangi serapan cairan yang keluar dari Vagina. Dengan begini pakaian dalam Ladies terjaga dari lembab. Sehingga kuman dan bakteri tidak nyaman untuk beranak pinak. Gunakan Pantyliner yang mengandung Ekstrak daun sirih Ladies. Selain mengurangi bau tak sedap. Antiseptiknya pun menghambat pertumbuhan bakteri.

Salah Satu pantyliner dengan manfaat ekstrak daun sirih
Salah Satu pantyliner dengan manfaat ekstrak daun sirih

H-Hal Hal sepele yang dapat mencederai miss V

Kulit miss v sangat sensitif, penggunaan tisue yang yang kasar untuk mengelap miss v setelah BAK, kurang minum/dehidrasi, Dan bercukur tidak hati hati, dapat menciptakan Luka atau iritasi di sekitar miss v

I-Inovasi Softex

Softex adalah salah satu brand Pembalut dari PT. Softex Indonesia yang merupakan produsen perawatan bayi, perawatan dewasa dan perawatan Feminim.  PT. Softex Indonesia membuat beberapa Inovasi pada produk Pembalut dan Panty Liner dengan brand Softex.  Selain Ekstrak Daun Sirih yang ditambahkan dalam formula.  Inovasi Pembalut dan Pantyliner Softex adalah sebagai berikut :

1. Memiliki Breathable Layer (Lapisan Sirkulasi Udara Untuk Cegah Lembab)
2.Absorb In 1 Second (Mampu Menyerap dalam 1 detik)
3, Sirih Protection Technology (melindungi Area Kewanitaan Secara Alami dan Higienis)
4. Pillow Protection (Bantalan Lembut yang membuat nyaman serta tidak membuat iritasi)

Screenshot_20180506-225522-01

J-Jamur dan Bakteri Penyebab Keputihan abnormal

Candidas atau monilla adalah jamur yang paling banyak menyebabkan keputihan, perubahan warna dari putih ke kuning bahkan kehijauan juga disebabkan jamur ini.  Selain itu  ada juga bakteri Trichomonas vaginalis dan bisa juga disebabkan oleh cacing kremi yang berasal dari daerah dubur yang berpindah ke vagina.

K-Keputihan

Keputihan normal adalah keluarnya cairan atau lendir berwarna bening, kental dan baunya sedikit agak tidak enak adalah hal yang normal. Ini merupakan proses ilmiah yang berkaitan erat dengan konsisi masa subur seorang wanita normal. Cairan ini keluar menunjukkan adanya fase kesuburan pada organ reproduksi wanita. Keputihan menjadi tidak normal kalau bakteri dan jamur diatas turut berkembang biang karena lembab.

L-Langkah Hemat Memenuhi Kebutuhan Pembalut di Masa Menstruasi

Biar lebih hemat, bisa loh Ladies membeli paket pembalut yang berisi 3 jenis ukuran. Isinya bisa dipakai sesuai kebutuhan, saat lagi heavy flow, ataupun saat tinggal sedikit menunggu. Jadi tidak perlu membeli banyak jenis ukuran.

Seperti ini ya Ladies
Seperti ini ya Ladies

M-Menstruasi

Menstruasi adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Sayangnya kalau kebersihan miss v tidak terjaga saat menstruasi di karenakan salah memilih tampon. Selain dapat menyebabkan gatal, bau tak sedap juga iritasi.

N-Nature Hygiene

Softex Daun Sirih adalah Pembalut dengan label Nature Hygiene. Karena terbuat dari Sirih asli. Tidak menambahkan pewangi. Sehingga wangi lembut yang muncul dari Pembalut dan Panty liner Softex merupakan wangi dari ekstrak daun sirih yang memiliki manfaat sebagai antiseptik dalam menjaga higienitas kewanitaan sehari hari maupun saat menstruasi Ujar Anastasia Erika, Brand Manager PT. Softex Indonesia. 

O-Organ Intim Wanita

Organ intim wanita tidak hanya miss V saja, didalamnya banyak tersimpan kompleksitas yang terkait dengan berbagai fungsi. Diantaranya sex, sekresi dan reproduksi. Karena itu perawatannya tidak boleh sembarangan

P-Pastikan Ganti Pembalut atau Pantyliner sesering mungkin.

Tentu saja ini disesuaikan dengan kondisi cuaca, dan kelembapan di tempat ladies tinggal. Kalau memang diperlukan setidaknya ganti pembalut saat haid minimal 2-3 jam sehari. Begitupun Pantyliner. Jangan dipakai seharian ya ladies.

Q-Qualitas Pembalut yang Aman untuk Organ Intim Wanita.

Yang Harus diperhatikan dalam memilih Pembalut saat menstruasi adalah :

1. Daya serap, pilih yang berdaya serap cepat. Sehingga darah menstruasi terkunci segera di dalam pembalut dan tidak menempel di kulit miss v.

2. Pembalut yang tidak menggunakan pengharum, karena tambahan pengharum hanya akan membuat kulit iritasi

3. Panjang dan bentuk pembalut

Beda bentuk tubuh, beda kuantitas menstruasi yang keluar beda pula kebutuhan pembalutnya. Yang Harus dipastikan panjang dan ukurannya Harus pas agar nyaman dan tidak menyebabkan kebocoran saat haid

R-Rahasia agar organ intim tetap nyaman walau aktivitas padat

Lulu El Hasbu seorang social media influence membagikan tipsnya menjaga kesehatan organ intim kewanitaaan ladies yang hadir. Selain rajin berolahraga, istirahat yang cukup, banyak minum air putih, juga selalu membawa pakaian dalam ganti, serta menggunakan panty liners setiap hari. Lulu juga menggunakan pembalut dengan manfaat ekstra daun sirih saat menstruasi.

Pribadi yang Ceria Lulu Elhasbu saat sharring dengan para blogger
Pribadi yang Ceria Lulu Elhasbu saat sharring dengan para blogger

S-Size Pack Softex Daun Sirih

Produk sanitary napkin unggulan Softex adalah pantyliner dan pembalut, semuanya mengandung ekstrak daun sirih alami.  Ada dua ukuran pantyliner softex. Yakni size 15 cm dan 18 cm.

Sedangkan pembalutnya terdiri dari berbagai ukuran dan jenis.  Mulai 23 cm, 29cm dan 36cm

Softex Daun Sirih beragam jenis ukuran
Softex Daun Sirih beragam jenis ukuran

T-Tetap Beraktivitas Saat Menstruasi

Menstruasi bukanlah sebuah halangan dalam melakukan aktivitas. Yang penting Kita tahu bagaimana tips menjalani Hari saat sedang menstruasi berat

U-Underwear bersih, Miss V Aman

Underwear yang bersih adalah keharusan. Terutama saat menstruasi. Jangan biarkan underwear terlalu lama ditumpukan pakaian Kotor. Cuci underwear segera bila terkena noda darah. Hindari penggunaan suhu tinggi. Karena noda darah akan makin terikat di serat pakaian. Sebaiknya gunakan detergent tanpa pewangi Dan pemutij untuk mencuci underwear. Dan selalu ganti underwear segera bila terasa lembab.

V-Virus HPV penyebab Kanker Serviks

Virus HPV memang banyak ditularkan melalui hubungan seksual. Akan tetapi Alan lebih parah bila kesehatan organ intim tidak terjaga. Salah satu gejala yang muncul adalah keputihan abnormal. Bila terjadi Hal demikian segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

W-Waspada Keputihan yang abnormal.

Sekali lagi, keputihan yang berlebihan, baik warna, bau dan kekentalan adalah petunjuk terjadinya sesuatu yang kurang baik. Entah itu kanker, tumor ataupun penanda ketidak-suburan.

X-xcelent Life

Dengan menjaga kebersihan Dan kesehatan organ intim. Insyaallah hidup Ladies akan lebih bahagia. Dan terhindar dari penyakit berbahaya seputar organ intim.

Y-Yuk Jaga Pola Hidup Sehat

Gaya hidup sehat dengan pola gizi seimbang dan olahraga teratur, terbukti menjaga tubuh tetap fit. Dan hal ini juga mempengaruhi kesehatan area Kewanitaan Kita Ladies.

Z-Zaman Now dengan Kearifan Zaman Old

Softex Daun sirih merupakan produk yang dibuat memanfaatkan kearifan zaman dulu. Yakni ekstrak daun sirih. Yang dikemas dengan modern dan teknologi tinggi. Ini pembalut pilihanku.

Mas Bimo Pradana, Mentor Photografi di Acara ini
Mas Bimo Pradana, Mentor Photografi di Acara ini

Nah ladies bukan hanya hal diatas saja yang kami dapatkan selama acara. Tapi Hijup sebagai parnert Softex daun sirih. Juga memberikan pelatihan flat lay photography oleh Mas Bimo Pradana. Salah satu photographernya Hijup.

Hasil belajar foto Flat Lay
Hasil belajar foto Flat Lay

Selain diberi ilmu, kami juga langsung praktek loh. Dalam waktu 5 menit sudah harus foto, edit dan upload di media social. Nggak nyangka banget aku jadi salah satu peserta yang beruntung menang lomba foto ini. Hadiahnya kece banget. Jaket Breakwind dari Softex dan voucher Hijup.

Aku sih udah belanja produk kece di Hijup pakai voucher itu. Gampang banget ordernya. Tinggal pilih, masukkan alamat, pilih cara pembayaran, transfer lalu konfirmasi. Nggak sampai 10 menit, belanjaanku sudah terkonfirmasi dan siap kirim. Aiih gampang toh.

Hasil belanjaku di Hijup dot com
Hasil belanjaku di Hijup dot com

Kalau kamu mau juga, ini bisa pakai  kode voucher HIJUPSFTXJAKARTA akhir transaksi. Berlaku sampai 31 Juli 2018. Masih lama Kan? Bisa dunk untuk belanja baju lebaran. Lumayan dapat potongan 50.000 Rupiah setiap pembelian minimal 250.000 Rupiah. Tunggu apalagi ya Ladies. #BersihSehatBebasWorry bersama Softex Daun Sirih dan Tampil Keren dengan koleksi Hijup.

Tulisan ini diikutsertakan dalam blog competition Hijup X Softex
Tulisan ini diikutsertakan dalam blog competition Hijup X Softex

32 Comments

  1. Bener banget mbakk , yg namanya keputihan itu gak enak banget. Aku salah wanita yg ngalamim itu mbak, pantyliner dari softex jd penolong saat travelling … selal bawa dalam koper dan stock dirumah .. extra daunsirih nya sukaa bingitt

  2. salfok sama candinya ini.. jadi pingin liburan. eh tapi aku juga pakai pembalut ini lohh.. nyaman banget buat dipakai pas sedang berhalangan.. gak mau pindah kelain hati.

  3. Bener banget kalau stress dapat meningkatkan risiko keputihan. Butuh banyak piknik biar gak stress dan pikniknya pakai Pantiliner softex daun sirih yes biar tetap fresh area kewanitaan kitaa. Thanks for sharing ya mbaaak.

  4. Sungguh tips A sampai Z yg berQualitas dan Zuper Zekali. Segera saya info menarik ini ke istri bahwa pentingnya menjaga area kewanitaan dgn memilih pembalut yg tepat..

  5. Pas banget nih daku juga pakai hampers Softex daun sirih. Nyaman dan nggak bikin was-was. Jadi aktivitas daku tetap lancar dan tenang

  6. Kalau pakai panteliner mah tenang saat jalan jalan. Eh kirain di diamin seharian, ternyata harus di ganti ya tiap 3 jam

  7. Kalau lagi bepergian suka nggak nyaman dengan area kewanitaan, ada produk yang oke nih kayaknya

  8. Senang dengan inovasinya ih. Produk yang familiar banget pas wanita datang bulan ini. Inovasi yang makin baik ini terutama tuk tetap menjaga kelembaban daerah wanita. Jadi makin nyaman aja kalau saya sebagai mobile work pakai. Nice info kak

  9. Wow beneran A to Z. Zupeeer!
    Hihihi, seru banget baca tipsnya. Miss V penting di perhatikan buat kesehatan tubuh kita. Kalau bermasalah, kan jadi gelisah mulu.

  10. Aku juga suka beli pembalut dr mulai ukuran panty sampai yang panjang. Karena kalo haid tinggal sedikit cukup pakai yg sedang atau panty. Tapi seringnya skrng aku beli yang 3 in 1 saja deh, biar sekalian. Hehehe….

  11. Noted banget infonya. Aku baru tahu banyak hal. Huhuhu selama ini selalu menyepelekan organ intim. Padahal penting banget, ya. Kudu mulai lirik produk yang ramah di organ intim nih.

  12. Belum pernah coba produk softex daun sirih, rekomend kah?

    Memang sih daerah kewanitaan kudu di jaga dari kelembaban ya bun, apalagi kalau pas keringatan dan ekstra bekerja pasti bikin celana dalam kita basah ujung2nya bisa gatal n keputihan.

  13. Aku dan anakku pake ini sebab kami penyuka warna hijau…hahaha . Maksa yaaa. Kadung cinta warnanya.

  14. Aku juga pake ini sebab selain suka warna suka juga harganya dan manfaatnya.lagi ada promo juga kan diskon 50 persen

  15. Penuturan Dr Bram ini semakin meningkat dan menambah informasi tentang pernasalahan kewanitaan. Seakan ditegur utk lebih aware terhadap kesehatan dan kebersihannya

  16. Aku pernah tuh merasa tidak nyaman di area kewanitaan, karena keputihan jadi kerasa becek dan juga bau. Ternyata ngaruh ya, jenis pembalutnya.

  17. Setiap kali hamil aku pasti mengalami keputihan yang tidak biasa… Mungkin karena perubahan hormon juga kali ya… Dan pantyliner dari Softex daun sirih ini emang amat membantu bgt

  18. Aku juga pakai softex mba. Lebih nyaman rasanya. Oh ada varian terbaru ya?. Boleh juga tuh…

  19. lengkap kap kap infonya. ini mah kudu dicatet deh biar ga lupa. secara organ kewanitaan itu penting banget untuk dijaga, TFS ya bun

  20. Kebersihan organ intim kewanitaan hrs dijaga sejak dini ya. Terutama saat haid. Smoga semakin bnyk sosialisasi ttg pentingnya menjaga kebersihan saat menstruasi spy wanita terhindar dr penyakit kewanitaan spt kanker serviks dan keputihan

  21. Sangat tidak nyaman ketika datang bulan dan kondisi miss v lembab, untung saya juga menggunakan Softex Daun Sirih. Ga ada lagi masalah miss v lembab dan bocor saat datang bulan.

  22. Duluu aku sepele dg masalah kesehatan miss V, sejak menikah, setiap kali pipis atau miss V dirasa gak nyaman, segera bersihkan dan lap pakai tisu huhu biar gak lembab, trus rajin ganti underwear

  23. Iya ya mbak, zaman nenek2 kita dulu kalau bersihin area kewanitaan pakai daun sirih gtu 😀
    Penasaran nih ma softex daun sirih, kata org 2 yg udah makai katanya nyaman gk mydah tembus TFS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *