Serunya Cooking Class dan Food Photography bersama Wanita Indonesia di Best Western Premier The Hive

Potongan salmonnya berdaging tebal, sedikit coklat di beberapa sisi, menandakan sudah dipanggang dengan sempurna. Warnanya kontras dengan cream saus berwarna terang meleleh diatasnya. Sayuran berwarna hijau dan oranye beraroma butter bersisian dengan Salmon. Kentang kukus yang dipotong seukuran tanpa putus, kemudian digoreng sebentar. Jadi paduan karbohidrat. Hidangan ini bernama Seared Salmon with Cream Sauce Itulah salah satu sajian bestseller dari Best Western Premier The Hive Cawang. Tampilannya saja sudah menggugah selera.

2014_0413_01535100-01

Selain resep tersebut ada tiga resep lainnya yang melengkapi maincourse diatas. Ada appetizer tomat cream sauce dengan gurih dan segar asli tomat. Juga ada roasted chicken with baked potato, serta dessert berupa ice cream yang digoreng. Duh maaf ya aku cuma mau infoin gambarnya saja. Berikut sajian-sajian tersebut.

Ice Cream Goreng ala Chef Mulyadi Makmur
Ice Cream Goreng ala Chef Mulyadi Makmur
Roasted Chicken With Potato Baked
Roasted Chicken With Potato Baked
Tomato Cream Soup dengan tomat segar
Tomato Cream Soup dengan tomat segar

Aiih enak bukan? Sebelumnya aku mau cerita, kalau foto foto kece menggoyang lidah di atas tercipta dari hasil cooking class bersama Chef Mulyadi Makmur dari hotel Best Western Premier The Hive, Dan ilmu Memotret Food Photography dari Mas Dzulham, fotografernya Tabloid Wanita Indonesia.

21 April yang lalu, mulai pukul 10 pagi. Aku dan teman teman para perempuan Indonesia. Diundang oleh Tabloid Wanita Indonesia dan hotel Best Western Premier the Hive untuk ikut cooking class sekaligus belajar mengeker memotret kuliner tadi food Photography. Bukan pakai kamera tapi pakai smartphone. Nah apa saja yang harus kita lakukan agar dapat foto yang bagus dan kece? Simak saja tulisanku di bawah ini.

Mas Dzulham namanya, beliau salah satu fotografer senior di tabloid IW. Menurut laki laki yang mengenakan batik berwarna gelap itu. Memotret Makanan pun bisa pakai smartphone yang penting tahu triknya. Ada 2 Hal penting dalam Memotret Makanan. 1 object yang dipotret, 2. Cahaya alami saat mengambil gambar. ” Sebaiknya dalam Memotret Makanan jangan sampai menghilangkan kodrat asli Makanan tersebut, jangan pula diedit berlebihan sehingga menimbulkan kebingungan dan banyak pertanyaan bagi yang melihatnya ” Ujar beliau lagi

Nah bagaimana caranya supaya hasil food Photography Kita jadi menarik, walaupun hanya menggunakan smartphone? Beginilah tips yang diajarkan Mas Dzulham. lengkapnya adalah sebagai berikut :

5 Tips Mengeker Memotret Kuliner Ala Zulham

1. Komposisi

Memotret Makanan itu ternyata nggak sekedar asal jepret. Tapi penting juga untuk memperharikan komposisi. Komposisi yang dimaksud disini adalah pengaturan gaya. Seperti gaya diagonal, simetris atau konsep Rule of Thirds. Inti dari Rule of Thirds adalah garis bantu untuk membagi frame foto menjadi sembilan bagian yang sama besar, dengan menarik dua garis sejajar pada horizon dan dua garis sejajar pada vertikal. Sehingga fokus foto tidak melulu berada di tengah.

2. Pemilihan Angle

Hal yang membuat foto Kita menjadi berbeda dari foto kebanyakan adalah dari pemilihan angle. Atau sudut pandang. Apalagi tiap orang pasti punya sudut pandang yang berbeda dalam melihat sesuatu. Makanan bisa Kita foto, dari atas, bawah, samping agar menghasilkan kesan yang berbeda.

3. Pencahayaan

Inilah bagian yang paling penting. Yakni pencahayaan. Mas Zulham bilang, cahaya yang paling baik untuk menghasilkan foto yand bersih Dan jelas adalah cahaya alami yakni cahaya matahari.

Cahaya matahari pagi merupakan saat yang paling pas untuk Memotret Makanan. Bahkan beberapa photographer lainnya pun menyarankan Hal yang sama, yakni pukul 07.00-09.00 dan pukul 15.00-16.00. Eits ini hanya untuk waktu Indonesia ya, kalau kamu Lagi di Luar Negeri yang jam terbit Mataharinya berbeda ya tinggal disesuaikan saja Gaes.

Hindari flash saat memotret makanan, karena akan merubah warna asli makanan tersebut. Bila tidak sempat mendapat cahaya alami. Maka bisa menggunakan kotak photography yang sudah diberi penerangkan lampu LED.

3. Background

Warna polos merupakan background terbaik untuk Memotret Makanan. Warna cerah juga bisa disesuaikan dengan jenis Makanan yang Akan difoto. Untuk menimbulkan kesan elegan sebaiknya gunakan warna hitam. Dan kesan bersih gunakan warna putih.

4. Perbanyak Warna Pada Objek

Cobalah tengok foto Makanan di dinding restaurant. Pasti semua menggugah selera. Apalagi Makanan dengan kombinasi warna yang lengkap. Ada hijau, merah, kuning, biru, putih, ungu dll. Semakin banyak komposisi warna yang tepat dalam satu piring Makanan. Akan menunjang hasil foto kita

5. Editing

Penting dan enggak penting sih menurutku. Kalau kameranya sudah kece, pintar pula Memotret a tidak perlu proses editing. Namun kadang kala proses ini dibutuhkan sekali. Misal untuk menambah tune image foto sehingga menjadi lebih cerah.

Nah setelah tahu 5 tips diatas. Hal yang selanjutnya perlu Kita lakukan adalah mencoba Memotret. Practice make perfect.

Sebenarnya acara ini diadakan oleh Tabloid Wanita Indonesia bekerja sama dengan Best Western Premier The Hive adalah untuk yang ketiga kalinya. Dan perayaan Hari Kartini jatuh sebagai temanya adalah The Hive Cook and Snap. Aku sih sudah kali ke 3 berkunjung ke Hotel yang letaknya strategis di Cawang Jakarta Timur.

Bila Ada keperluan bisnis, cocok sekali loh mengunjungi Hotel bintang 5 yang punya kamar sebanyak 191 kamar. Selain itu Best Western The Hive yang memiliki konsep bangunan seperti namanya “The Hive” atau sarang lebah ini. Juga memiliki banyak ruangan yang bisa digunakan untuk meeting atau jamuan acara. Ruangan yang kami pakai kemarin saat acara merupakan salah Satu dari ruang meeting yang kapasitasnya cukup besar. Namanya Cerana Meeting Room

Best Western Premier The Hive juga memiliki fasilitas Gym, Pool, Spa dan juga restaurant. Restaurant Heather sendiri punya banyak promo menarik loh buat Kita. Biasanya saat ramadhan tiba restaurant ini menyajikan banyak pilihan takjil. Aku sudah pernah mencicipi hidangan di Restaurant Heather. Buktinya disini : 8 Secret Keys For Being Youtuber

Nah karena itulah aku nggak menuliskan resep yang sudah dibagi dan didemokan oleh Chef Mulyadi Makmur. Karena memasak itu berat, kamu nggak Akan kuat. Biar aku saja. Kamu cukup datang dan order hidangan istimewa dari Best Western The Hive. Ini ku bagikan alamat lokasi Best Western The Hive sekaligus akun social medianya. Jangan lupa praktekan food Photographynya plus tag aku di Instagram ya. Selamat hunting makanan enak, dan terima kasih sudah berkunjung di blog ku.

Best Western Premier The Hive

Alamat: Jl. DI Panjaitan Kav 3-4 Cawang, Jakarta Timur, Jakarta 13340. (Depan Shelter Transjakarta Cawang Soetoyo)

Reservasi: (021) 29821888

Website: www.bwpremierthehive.com

Facebook: BWPREMIERTheHive

Instagram: @bwpthehive

Twitter: @bwpremierthehive

Blog: infothehive.blogspot.com

22 Comments

  1. Ice Cream Gorengnya kek gimana rasanya mbakkk *_* Pengen incip2 hheee
    Btw, terima kasih buat bonus tips memotret dengan smartphone ya mbak.
    Ku sendiri paling bingung kalo soal komposisi di fotonya, hhee
    TFS ^_^
    rurohma[dot]com

  2. Biasanya kalo aku masalahnya ya cahaya, bener cahaya alami berpengaruh banget biar pas gitu hihihi, oke mbak terima kasih infonya buat jam yang tepat ambil foto 😀

  3. ternyata warna background berbeda bisa menghasilkan kesan yang berbeda pula ya…

  4. Iya ya background hitam untuk foto makanan tuh kesannya elegan gitu. Trus putih terkesan bersih. Thanks Mbak sharing ilmunya 🙂

  5. Iyaa kak Fikaaa..
    Suka bingung cari angle kalo mau foto makanan.
    Inginnya mereka berbicara “Aku tuuh…bagusnya kalo pake angle begini looh…”

    Jadi mudah kan yaa…
    Hiihi…loveee banget hasil foto kak Fika.

  6. waaah, aku kepingin bnaget belajar food fotografi langsung sama ahlinya. selama ini cuma baca2 blog ajaa

  7. Ternyata ada waktu terbaik untuk memotret, pada 07.00-09.00 dan 15.00-16.00. Untuk cahaya memang paling baik adalah cahaya matahari.

    Edit fotonya tak boleh berlebihan, terkadang melihat foto di buku menu bagus, saat dipesan beda warnanya. Wah, karena editannya berlebihan, jadi merasa kecewa.

  8. Makasih banget tips memotret makanannya. Aku kira pencahayaan hanya pagi yang bagus, ternyata sore juga bisa to? Soalnya kalau pagi buru-buru anter anak sekolah. Soal styling dan sudut pandang ini butuh jam terbang kayaknya:)

  9. Best western cawang ini keren sering adain acara sama Bloggers. Smoga ada lagi yaaa asyik blajar sambil icip2

  10. Wah seru belajar foto2, abis ini dipraktekin mbak upload2 di IG hehe.
    Saya beberapa kali nginep di best western Cawang, lokasinya enak, meski deket perkantoran tapi cari makan gak susah 😀

  11. Ah iy akun pun lbh suka pake cahaya alami ketimbang cahaya flash 🙂

  12. Wah bagus banget acaranya
    Pengin belajar fotograpi makanan jg tp blm ada kesempatan.
    Msh belajar otodidak sendiri.

    Sharing nya bermanfaat, makasih ya mba

  13. Makasih info dan tips food photographynya mba.. jadi sekarang tau kalau moto makanan jangan pake flash.. btw itu ada bang doel juga ya kalau saya lihat di foto hehehe

  14. Tips motret makanan dari mas Dzulham ini perlu aku catet deh kayaknya. soalnya sering banget pas lagi kulineran, awalnya semangat banget mau foto, tapi setelah beberapa kali jepret hasilnya kok gitu-gitu aja, nggak kayak jepretan temen di instagram, aku kok ya jadi kesel sendiri, akhirnya simpan hape dan langsung makan ehehhehee

  15. Aku selalu tergoda sama orang2 yg pinter moto makanan. Aku asal jepret aja sih, butuh banget buat belajar. Tipsnya oke juga. Untuk jam motret, kayanya blm bisa gitu. Soalnya masaknya suka2 di jam berapa aja sih

  16. tips nya berguna banget buat yang hobby foto sebelum makan 😀

    saya terkadang sulit menemukan angle yang tepat, ingin foto tapi kondisi lambung terlalu memaksa untuk menyantap dari pada mengabadikannya…. :v

  17. Hmmmm,,, baru tau kalo warna hitam menimbulkan kesan elegan.. Selama ini taunya yang pake putih aja.. hohohoho. nice info mbak… sangat bermanfaat.

  18. aku paling suka ikut kelas ginian. ngebuat aku semakin pinter dan tentu banyak ilmu baru yang didapat. asik banget deh

  19. Bakat ..juga mempengaruhi..he2, abis…10 kali jepret gak ada keliatan bagus…, Sampe putus asa hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *