Telkom Craft Bukti Kreativitas Pemuda Bangsa

Beberapa hari lalu saya baru saja selesai mengunjungi Negara tetangga. Walau saya terpukau dengan keindahan dan keteraturan negara tersebut. Ada satu hal yang membuat Saya merasa bangga sebagai Bangsa Indonesia.

Saya meletakkan kembali beberapa pilihan pakaian, jilbab, selendang dan Kain yang sebelumnya telah saya pilih di sebuah pasar yang terkenal dengan oleh oleh khas Negara tersebut. Apa pasal?

Saya merasa produk yang mereka tawarkan tak lebih baik dan kurang menarik dibanding produk yang bisa Saya dapat di Negeri sendiri. Indonesia memiliki kreativitas yang lebih menurut Saya. Walau produk tersebut hanya dibuat skala ukm. Namun kreativitas UKM Asli Indonesia inilah yang membuat Saya bangga. Lebih menarik, beragam pilihan, kreatif dan harga yang terjangkau. Itulah produk UKM Indonesia.

Begitupun saat Saya mengunjungi Telkom Craft di JCC Senayan beberapa waktu lalu. Bersama dua orang kawan karib. Kami hunting produk fashion pilihan. Biasanya saat pameran diskon dan sale pun bertebaran. Itu pula yang jadi alasan kami bertandang.

Pengisi Talkshow
Pengisi Talkshow

Sambil istirahat siang, kami juga tertarik mengikuti Talkshow dari blanja dot com. Sudah sejak memasuki area pameran Saya tergoda dengan situs blanja dot com ini. Hampir semua store rasanya terpasang logo Blanja dot com. Diiming imingi diskon hingga 75.000 berbelanja menggunakan aplikasi blanja dot com. Tentu menggiurkan bagi emak emak irit macam kami. Akhirnya aplikasi tersebut nongkrong nanis di smartphone.

Ngomong ngomong soal Talkshow, Saya teringat ide besar salah seorang founder Brodo yang menjadi salah satu pengisi talkshow. Produsen sepatu kulit khusus laki laki. Awalnya lelaki tinggi jangkung yang berasal dari Padang itu. Kesulitan menemukan sepatu dengan ukuran 46. Kalaupun ada, harganya tak bersahabat untuk kantong mahasiswa. Dari sanalah Yukka sapaan dari owner Brodo membuat usaha sepatu bersama saudaranya Uta, memanfaatkan potensi pengrajin sepatu cibaduyut. Alhamdulillah sekarang Brodo sudah menjadi salah satu pilihan sepatu anak muda di Indonesia.

IMG_20180324_133828

Yukka dan Uta memulai usaha mereka melalui dunia digital sejak 2010. Online shop yang mereka bangun. Memudahkan para customer yang juga kebanyakan anak muda, untuk mendapatkan sepatu yang stylist, beragam, berkualitas dengan harga terjangkau. Dari mimpi yang diolah menjadi sebuah tindakan ditambah kreativitas. Kehadiran Brodo di dunia UKM bukti bahwa pemuda Indonesia itu kreatif memanfaatkan peluang.

IMG_20180324_151122

Tidak hanya itu saja, Saya juga berkesempatan berkeliling ke banyak stand di Telkom Craft. Salah satunya stand batik. Dibeberapa stand Saya menjumpai banyak foreign yang turut membeli batik. Mereka mencintai salah satu wastra nusantara Kita ini. Bahkan bangga mengenakannya. Aih Saya betul betul bangga. Selain stand fashion dan batik. Stand yang Saya sukai adalah Makanan. Salah satunya olahan ikan.

Indonesia adalah negara perairaran dengan banyak sumberdaya air tawar dan laut. Apalagi Kita sendiri tahu, jenis ikan dan jumlahnya melimpah rua di Indonesia. Sudah jelas juga bagaimana potensi gizi ikan sebagai salah satu sumber protein penting bagi pertumbuhan otak dan tubuh anak anak kita.

Sebagai anak yang dilahirkan Dan dibesarkan dekat sungai Musi. Penganan ikan sangat familiar buatku. Makanya Saya sumringah sekali saat ditawari mencicip kerupuk tulang ikan bandeng.  Wah pas sekali, beberapa hari lalu di group Ibu ibu shalihah kami juga membicarakan bagaimana caranya mengelola sisa Makanan termasuk tulang ikan.

Stand inofishfood dengan ragam olahan bandeng
Stand inofishfood dengan ragam olahan bandeng

Rupanya Inofishfood pengusaha bandeng Olahan ini tidak hanya membuat olahan dari bandeng, tapi juga memanfaatkan sisa buangan ikan seperti tulang ikan. Rasanya kerupuk tulangnya pun tetap gurih seperti kerupuk berbahan ikan. Tentu saja manfaat kalsium bisa terpenuhi dari snack kerupuk tulang ini bukan. Tenang Tak ada rasa duri yang kasar pada kerupuknya. Saya pun sudah coba. Dan memutuskan untuk membeli.

Salah Satu produk unggulan dari inafishfood yang berasal dari Bekasi ini adalah bandeng bang somad atau bandeng saos tomat. Hampir mirip dengan ikan sarden dalam saus tomat. Tapi tentu saja yang ini proteinnya asli dari ikan bukan dari cacing dalam sardin ya.

Ragam produk Ikan bandeng inofishfood
Ragam produk Ikan bandeng inofishfood

Bandengbang somad juga menawarkan kepraktisan dalam mengkonsumsi bandeng. Konsumen tinggal memanaskan bandeng saos tomat, Dan citarasa gurih daging bandeng dengan tulang lunak dengan saos tomat asam manis bisa Kita nikmati. Sebentar lagi ramadhan loh. Ide order bandeng bang somad dan Varian lainnya bisa kamu praktekkan sekarang juga.

Download saja aplikasi Blanja dot com dari playstore. Kemudian cari store bandeng bang somad. Banyak pilhan produk yang ditawarkan. Kalau mau langsung membeli di Telkom Craft, bisa juga. Tapi untuk tahun berikutnya. Karena Telkom Craft tahun ini adalah kegiatan yang kedua. Ah Saya tak sabar bertemu Telkom Craft tahun depan. Kemarin belum puas berbelanja batik dan Makanan. Semoga masih ada usia dan rezeki. Dan nanti Kita janjian kesana bareng ya. Biar hunting barang bermutu hasil kreativitas para pemuda pemudi Bangsa ini.

6 Comments

  1. Oohhh di telkom craft selain ada kerajinan juga ada olahan makanan yak. Hmmm… Inilah yg aku suka juga dari Indonesia karena kekreatifannya sangat beragam. Apapun bisa dijadikan produk untuk dijual…semakin bangga ya sama generasi penerusnya.

  2. Memang kalau dibandingkan dengan negara lain, kita patut berbangga karena Indonesia kaya akan keragaman budaya. Jangankan di seluruh provinsi di Indonesia, di Jambi saja setiap kabupaten punya corak dan motif batik tersendiri yang jumlahnya lebih dari satu. 😀

    Semoga budaya kita makin bisa dikenal lewat tangan-tangan pengrajin dan pengusaha muda di Indonesia.

  3. kreatif banget ini, semoga terus berkaryadan memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia ke depannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *