Puncak Peringatan Hari TB Sedunia

Saya dan teman saat berkunjung ke Peringatan Hari TB di Monas
Saya dan teman saat berkunjung ke Peringatan Hari TB di Monas

“Pengobatan TBSO adalah 6 bulan, rutin setiap Hari selama 2-3 bulan, Dan setiap 3 minggu sekali setelah bulan berikutnya. Sedangkan TBRO pengobatan selama 2 tahun” Jawabku saat mengikuti kuis di salah satu stand.

” Ayo mbak Ada jawaban Satu lagi, jawabannya belum lengkap” ujar mas penjaga standnya.

“Huwaaa aku ndak tahu mas. Kan aku orang awam, aku cuma tahu begitu saja”

Akhirnya aku dinyatakan menang dan berhak mendapatkan hadiah. Yang ternyata sebuah baskom berwarna pink. Hahahaha ndak papa ini kan untuk seru seruan saja. Walau sayangnya aku lupa tanya, jawaban lengkapnya itu seperti apa.

Ikut kuis di stand ini
Ikut kuis di stand ini

Itu salah satu pengalamanku ikut acara Peringatan Hari TB Sedunia yang diadakan hari sabtu pekan lalu tanggal 24 Maret 2018. Di Silang Monas Selatan. Acara dimulai pagi sekali yakni pukul 6. Aku datang pukul 05.30 saking semangatnya.

Acara ini kabarnya serentak diadakan di beberapa daerah juga. Selain Ada sambutan dari Menteri Kesehatan Ibu Nila F. Moeloek. Juga diadakan Senam bersama, pengumuman para pemenang lomba vlog dan film pendek tentang TB juga penyerahan hibah alat support pemeriksaaan TB dari Perusahaan ke 15 Rumah sakit di Indonesia.

Tepuk tanganku heboh sekali saat RSUP DR Moh. Husein. Yakni Rumah Sakit Pusat di Palembang disebut sebagai salah satu penerima hibah. Soalnya itu adalah rumah sakit terbesar di daerah asalku. Dan sebagai putra daerah aku merasa amat bersyukur.

Acara ini diadakan tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi penyakit TB terutama di ruang Publik.

Menteri Kesehatan RI Prof.Dr.dr.Nila F. Moeloek, SpM(K). Berpesan agar Kita semua Fokus pada pencegahan dan pengendalian TB melalui kegiatan TOSS TB. Tolong temukan penderita TBC, diobati sebaik-baiknya. Sampai sembuh, betul-betul harus sampai sembuh agar terhindar dari resistensi,”

Aku sih setuju sekali dengan himbauan bu Mentri. Apalagi almarhumah Ibuku dulunya juga pernah sembuh dari TB. Tentu saja dengan berobat secara rutin.  Sebagai masyarakat awam Kita bisa loh turut berpartisipasi dalam memutuskan rantai penularan TB ini. Salah satunya dengan menggunakan etiket saat batuk.

Marker untuk penderita TB
Marker untuk penderita TB

Makanya kemarin itu setiap orang yang hadir mendapat godiebag yang isinya salah satunya adalah masker. Masker yang ini bahkan bisa digunakan oleh penderita TB dan penderita gagal ginjal. Selain menahan kuman dan virus keluar. Juga menahan kuman,virus dan kotoran masuk ke dalam pernapasan. Kalau orang yang sehat tidak perlu pakai masker yang ini. Cukup pakai masker biasa saja

Oh iya etiket batuk adalah sebagai berikut :

1. Jika batuk, segeralah ambil tisu/saputangan untuk menutupi mulut dan hidung.

2. Ganti saputangan atau buang tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah

3. Bila tidak membawa tisu, dan refleks batuk. Gunakan lengan atas untuk menutup mulut. Kareena lengan atas adalah bagian yang paling jarang melakukan kontak balik dengan benda lainnya.

4. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. setiap mau menggunakan tangan untuk keperluan misal untuk makan, menggendong anak, memotong sayuran dl.

Semoga dengan melakukan etiket batuk Kita turut membantu pemerintah mengurangi resiko penyebaran TB. Apalagi sekarang pencanangan TOSS TB ini dimaksudkan supaya Indonesia bisa bebas TB 2030 nanti. Bahkan aku juga sempat melihat beberapa kreativitas para nakes di FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) dalam upaya mereka menemukan dan mengobati pasien TB. Salah satunya adalah pelayanan berobat TB yang diantar dengan motor khusus. Program ini dilakukan oleh Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat.

IMG_20180324_073411

Sungguh menginspirasi. Karena itu sebagai warga negara yang baik. Mari Kita turut mendukung upaya pemerintah mengentaskan TB. Agar hidup rakyat Indonesia menjadi lebih baik. TOSS TB (Temukan Obati Sampai Sembuh)

3 Comments

  1. Semoga semakin banyak orang-orang yang sadar pentingnya penanganan TBC ya Hingga tuntas, TOSS TB Temukan Obati Sampai Sembuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *