Nutrisi 1000 Hari Pertama Kehidupan, Kunci Masa Depan

Generasi 80-90 pasti pernah baca buku sejarah saat penjajahan Jepang. Pernah lihat kan bagaimana penggambaran tinggi orang orang Jepang. Mereka dulu mengklaim sebagai saudara dekat. Karena secara fisik memang cukup mirip, terutama tinggi badan. Tapi coba tengok generasi mereka sekarang?. Orang Jepang sekarang punya tinggi badan yang jauh diatas rata rata tinggi orang Indonesia.

Tahukah kamu tinggi rata rata orang Jepang laki laki adalah 171 cm. Bandingkan dengan tinggi rata rata Laki laki di Indonesia yakni 158cm.  Apakah tinggi badan ini berkorelasi dengan Gen orang tua? Ada tapi cuma 20persen. Buktinya Bapak Saya cuma 165cm dan Ibu saya 158 cm. Saya 163cm, adik Saya perempuan 160cm, ketiga adik lelaki saya 183cm, 178cm dan 172 cm. Tinggi kami melampaui tinggi badan orang tua kami.

Ngapain sih ngomongin tinggi badan apa hubungannya sama keadaan Indonesia?. Ini loh sebenarnya pemerintah Indonesia sedang berusaha menyelamatkan Generasi sekarang ini dari Bahaya Stunting.  Menurut Prof Dr Endah L Achadi, MPH. Salah Satu Narasumber di Health Discussion yang diadakan oleh Danone Sarihusada,  Nutrisi Untuk Bangsa 20 Februari 2018 yang lalu.

Stunting atau perawakan pendek adalah keadaan tubuh lebih pendek daripada standard usianya. Nah stunting ini bukan cuma tinggi tubuh saja yang dikhawatirkan tapi masih banyak Hal lainnya. So bukan sekedar penampakan fisiknya saja, namun hal hal yang muncul selain itu juga harus diperhatikan karena banyak sekali dampak buruk yang bersifat permanent kalau Nutrisi 1000 Hpk tidak diperhatikan. Teman bisa baca mengenai stunting disini ya. Baca juga http://hellofika.com/2018/01/08/isi-piringku/

Fokus diskusi kesehatan kemarin tentunya mengingatkan kembali mengapa Nutrisi 1000 Hari pertama kehidupan itu penting. Karena kuncinya adalah ini. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Arif Mujahidin selalu perwakilan Danone Sarihusada. ” informasi mengenai pentingnya nutrisi di 1000 Hari pertama kehidupan, harus selalu diinformasikan dan disebarluaskan, dan blogger dapat menjadi salah satu media penyebaran informasi. Danone ikut membantu memfasilitasi dengan mengadakan beragam diskusi kesehatan dengan Narasumber yang kompeten, sehingga informasi yang disampaikan tepat berimbang”. Bahkan untuk mendukung para karyawannya memenuhi nutrisi di 1000 HPK. Danone memberikan cuti 6 bulan pada pegawai perempuan yang melahirkan loh. Bravo!  Baca juga : http://hellofika.com/2017/08/31/danone-pertama-di-indonesia-kebijakan-cuti-melahirkan-6-bulan/

Apa itu 1000 Hari pertama kehidupan?? 1000 HPK adalah periode emas seorang anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Masa pembentukan semua organ penting dan perkembangan otak anak.  Bahkan sejak 2 minggu pertama usia janin sudah terjadi pembelahan sel yang merupakan cikal bakal organ penting anak. Karena inilah Nutrisi 1000 Hari Pertama Kehidupan itu adalah kunci Masa depan.

1000 Hari pertama kehidupan
1000 Hari pertama kehidupan

1000 HPK dimulai dari 270 Hari selama kandungan, Dan 730 Hari saat bayi berusia O-2 Years. Merujuk hal ini Ada 4 kelompok yang Harus dijaga nutrisinya.

1. Ibu Hamil

Asupan makan bumil harus Adekuat, pertambahan berat badan selama hamil baik. dan mencegah penyakit bumil bisa dengan pola hidup bersih dan sehat juga imunisasi IT.

2. Ibu Menyusui

Asupan Makan busui adekuat, hilangkan pantangan makan, menghindari penyebab penyakit pada busui

3. Bayi 0-6 bulan

Asi Ekslusif dan mencegah penyakit infeksi dengan menjaga kebersihan bayi dan pengasuhnya.

4. Bayi 6-24 bulan

Asupan makanan adekuat di MPASInya, teruskan pemberian ASI, mencegah penyakit Infeksi.

Tumpeng Gizi Seimbang
Tumpeng Gizi Seimbang

Untuk Panduan Gizi Seimbang pada 1000 HPK baik untuk ibu maupun anaknya. bisa berpedoman pada Tumpeng Makanan Gizi Seimbang. Gizi Seimbang menurut Dr Tirta Prawita Sari yang merujuk dari Kemenkes 2014, adalah Susunan Makanan sehari hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman makanan, aktivitas fisik, perilaku hidup sehat dan mempertahakankan berat badan normal untuk mencegah gizi kurang dan gizi lebih.

Bila gizi seimbang tidak terpenuhi maka Alan terjadi yang namanya kurang gizi lalu menyebabkan stunting/perawakan pendek, Rendahnya IQ, mass depan suram.

So buat Kita semua, jangan lupa untuk selalu mengupayakan gizi seimbang untuk para anak anak Kita, juga buat calon ibu, ibu Hamil Dan ibu menyusui. Dengan nutrisi 1000 HPK anak anak Akan tumbuh menjadi lebih cerdas, dan bermanfaat untuk Indonesia.

 

14 Comments

  1. Sangat penting ya menjaga gizi seimbang dalam makanan, apalagi untuk anak² kita. Terima kasih sharing nya…

  2. Wow Danone kasih cuti 6 ban untuk melahirkan?! Kereeeen bangeeeett …. semoga banyak perusahan lain yg terinspirasi untuk melakukan kebijakan ini agar ASI Exclusive yang menjadi hak anak kita bisa terpenuhi secara maksimal

  3. Haidar sudah melewati 1000HPK dan aku yakin sudah memberikan nutrisi yang terbaik di 1000HPK nya.

  4. Jangan lupakan Gizi Seimbang, itu penting banget tuk asupan nutrisi di 1000HPK. Thanks for sharingnya, cool deh Danone ngasih cuti melahirkan sampai 6 bulan..wow.

  5. Banyak sekali yg kita belum tau untuk 1000 JPK , terlebih jika tidak terkangani dengan baik akan berdampak buruk untuk keturunan kita ya

  6. Tumbuh kembang seorg anak uth lebih optimal tdk hanya dipengaruhi oleh asupan nutrisi dan gizi tp masa ke emasannya di 1000 hpk

  7. Sayang didaerah-daerah ada beberapa Ibu yang kehamilannya kurang ditinjau kesehatannya, mungkin karena minim pengetahuan atau malu bertanya namun dengan adanya tulisan atau artikel ini yg di share ke sosial media bagus juga jadi banyak org yg tahu.

  8. tinggi orang jepang sekarang macam orang bule ya mba, beda sama kita eh aku maksudnya hehehe. jadi makin sadar nih akan pentingnya 1000 HPK

  9. Lagi punya baby kmerin gk kepikiran dengan 1000hpk tetapi untungnya menjaga banget asupan gizi seimbang jadul gk worry perkembangan kidos alhamdulillah

  10. Aku langsung merubah mainset setelah mengetahui gizi seimbang untuk mempersiapkan program hamil.
    Good information banget ya Mba.

  11. Intinya stunting itu kurang zat gizi ya… Jadi perkembangan tinggi badannya agak lambat. Baru tau saya… Mungkin setelah besar bs d bantu olahraga ga sii

  12. Informasi ini sebenarnya sudah dari dulu sering di edukasi kan, tapi sayang ya masih banyak para ibu hamil yang mengabaikannya. Kalo dah kejadian baru deh menyesal, ibu hamil suka teledor dalam hal asupan nutrisi saat hamil.

  13. Alhamdulillah 1000HPK bersama SID udah terlewati. Semoga gizinya tercukupi supaya ia tumbuh optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *