Budget Hemat Jalan Jalan ke Makassar

Hotelnya persis depan Pantai Losarj
Hotelnya persis depan Pantai Losari

Hooray bang Fachrie piknik juga, seruku saat tahu suamiku mengajakku ke Makassar. Alhamdulillah aku sih nggak kurang piknik. Karena Januari lalu aku sudah ke Bali. Dan tahun lalu pun cukup banyak Kota yang kukunjungi. Suamiku memang pekerja keras. Dia jarang mau cuti lama lama. Makanya dia yang kusebut kurang piknik, hihihi.

Berhubung Februari ini ada jadwal libur harpitnas, jumat tanggal merah. Maka Ia cukup cuti hari Kamis saja. Dan sekarang kami sudah di Makassar dari kamis 15 Februari kemarin. Rencananya 4 hari disini hingga tanggal 18 Februari.

Pergi bareng Suamiku tentu saja seru. Karena Beliau sudah beberapa Kali kesini Dinas dari kantornya dulu. Yup dulu dia sempat jadi Auditor, yang sering bertugas ke cabang cabang setiap bulannya. Nah karena itu aku percaya kalau pergi jalan jalan bareng beliau akan aman dan nyaman. Ya namanya berangkat bareng suami sendiri. Solo, Jogja, Bandung, Bogor, dan beberapa Kota lainnya pernah kami kunjungi bersama. Paling sering sih Palembang hahaha ya iyyalah namanya juga mudik ke kampung halamanku.

 Sampai di Bandara Sultan Hasanudin disambut hujan
Sampai di Bandara Sultan Hasanudin disambut hujan

Suamiku mempersiapkan rencana travelling ini dari bulan Januari. Mulai membeli tiket, hunting hotel dan menyusun destinasi plus rencana wisata kuliner pun Ia yang lakukan. Aku betul betul nggak ngapa-ngapain.

Nah ya, yang lebih unik lagi beliau itu orangnya detail. Semua pengeluaranpun tercatat rapi. Jadi nanti aku bakal bikin berapa sih budget yang keluar untuk perjalanan ini. Supaya kamu kamu yang juga mau Dolan ke Makassar punya bayangan berapa dana yang dibutuhkan. Kami sih travelling modal hemat kok, alias bukan yang mahal mahal amat. Memang dulu beberapa kali pernah pakai hotel bintang 4/5 tapi untuk yang di Makassar ini cuma pakai hotel biasa. Karena hidup sekarang semakin sulit wakakaka.

D'bugis Ocean
D’bugis Ocean

Oke setelah dicheck semua pengeluaran kemarin all in (tiket, hotel, makan, oleh oleh, semuanya) 5.371.000 rupiah.  Menurutku ini sudah hemat banget tapi tetap meriah. Tiket pesawat PP di angka 2.9 juta rupiah. Hotel 795K (promo deluxe room 265K per Hari) untuk 4 Hari 3 malam. Transportasi darat (taksi, damri, becak, sewa motor) 614K. Sisanya makan, tiket wisata dan oleh oleh. Walau hemat begitu, tapi kami cukup makan enak. Sempet mencicipi pallubassa, sop saudara, coto Makassar, mie titi, nyuk nyang, es pallubutung dan lain lain.

Untuk destinasi wisata, tidak terlalu Mahal. Nanti akan aku ceritakan Satu persatu sesuai destinasinya. Di Makasar ini enaknya destinasi wisata itu hampir dekat satu sama lain jadi memudahkan Kita untuk bikin ittenary. Sebenarnya masih banyak destinasi seru untuk dikunjungi. Pulau pulau kecil, seperti lae lae, samalona, lompo, langkai Dan lain lain. Juga daerah Malino yang katanya seindah new Zealand. Sayangnya datang pas musim hujan, jadi kami tidak sempat ke Sana. Jadilah ittenary nya dirubah sesuai cuaca.

Hari pertama tidak banyak tempat yang bisa dikunjungi, hanya fort Rotterdam, pantai losari, masjid terapung. Wisata kuliner di bakso ATI Raja, rencana ke pulau lae lae pun batal karena hujan turun deras sekali.

Fort Rotterdam
Fort Rotterdam

Hari kedua rencananya mau ke Malino juga batal karena hujan juga turun deras sekali dari pagi hari tidak berhenti. Ittenary pun dirubah ke benteng somba opu, wisata kuliner ke pallubassa serigala, pantai arkarena dan malamnya makan di Mie Titi jalan irian.

Hari ke tiga, cuaca sudah kembali cerah walau tetap siaga dengan payung Dan jas hujan. Di Hari ketiga ini lah ittenary yang sesuai dengan rencana. Yakni ke kabupaten Maros mengunjungi taman Nasional Bantimurung, taman prasejarah Leang Leang dan Hutan Batu tertua kedua di dunia Karst Ramang Ramang. Lokasinya masih satu jalur. Sorenya kami mencicipi coto Makassar.

Di Taman Prasejarah Leang Leang
Di Taman Prasejarah Leang Leang

Hari ke empat mencari oleh oleh disekitar hotel sembari berjalan kaki melihat car free day di pantai losari. Tidak banyak yang bisa dilakukan Hari ini karena harus bersiap siap ke bandara, untuk boarding pukul 13.00 WITA. Di bandara kami mencicipi sop saudara dan es pallubutung. Alhamdulillah budget yang kami Siapkan 6juta ternyata masih surplus.  InsyaAllah di postingan berikutnya, Akan aku tuliskan lebih detail perdestinasi. Yang pasti aku senang bisa mengunjungi Makassar, dan berharap tahun depan bisa kemari lagi mengunjungi toraja, malino dan pulau pulau kecil di Makassar. Semoga Allah cukupkan rezeki ya teman.. aaamiin.

 

10 Comments

  1. Ini masih bersambung ceritanya nih. Blm komplitt… Cita2ku banget traveling berdua suami wkwk.. Nunggu anak-anak bisa ditinggal.

  2. asyiknya bisa jalan bareng suami,,.kalau aku kapan ya kira2 jalan ama suami.berduaan aja hahahaah

  3. Wah…asyik ya bisa ke makassar. Makassar salah satu destinasi utamaku tuh, sayang masih belum kesampaian tuk kesana. Semoga nexttime ada rejeki dan umur bisa kesana juga,Ammiin.

  4. Wah boleh juga neh buat referensi jalan-jalan ke makassar. Kalau mau jalan-jalan memang harus memikirkan semua biaya ya.

  5. Waah pas banget baca ini lengkap banget.. Emang rwncana ama suami pengen ke sana.

  6. Asiiik… Seneng y jalan2 sama mantan pacar secara semua dia yg ngatur terima beres hhh. Boleh ni oleh2 nya hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *