(review) Buku Aplikasi Pencari Rezeki, Untuk People Zaman Now

Buku Aplikasi Pencari Rezeki
Buku Aplikasi Pencari Rezeki

Aku sedih, pernah dibilang sok sholehah, hanya karena mengingatkan seorang teman dekat untuk sholat Zuhur saat ikut event. Padahal yang diingatkan baru tentang sholat. Yang menurutku sebuah perintah ibadah yang sering didengar seorang Muslim dari kecil.  Nah begitu membaca buku tentang Aplikasi Pencari Rezeki ini. Baru di bab awal saja aku sudah bersyukur telah diingatkan penulisnya mengenai pentingnya Sholat dan hubungannya dengan rezeki. Mungkin bila berkaitan dengan rezeki, orang lebih tertarik. Begitulah kita manusia kadang hanya fokus ke hal hal yang jadi haknya, tapi tidak dengan kewajibannya. Terutama Ibadah sebagai kewajiban terhadap Tuhannya. Maaf numpan curcol sedikit ya. Aih padahal ini mau cerita isi buku APR loh.

Menurutku Buku yang ditulis oleh Mbak Achi Tm dan Mas Wusda Hetsa ini, wajib dimiliki oleh setiap orang. Karena membahas mengenai rezeki yang terkait erat dengan rasa syukur dan muhasabah saat mengharap rezeki, menunggu rezeki, menerima rezeki, hingga menikmati rezeki. Buku ini mengingatkan Kita semua apa sebenarnya hakikat rezeki itu. Karena rezeki itu bukan sekedar uang dan harta benda, teman yang suka saling menasehati dalam kesabaran dan kebaikan ternyata juga rezeki.

Apa itu Buku Aplikasi Pencari Rezeki

Awal membaca judul buku, Aku penasaran. Kenapa judulnya ada Aplikasi. Rupanya karena di buku ini dibahas mengenai rezeki dengan pendekatan kekinian. Analogi analogi serta nasihat yang bijak tentang manusia, smartphone dan aplikasi socmed dalam kehidupan Kita saat ini. Juga dilengkapi penjelasan yang mudah dimengerti.

Informasi isi Buku Aplikasi  Pencari Rezeki.

Buku Aplikasi Pencari Rezeki ini cukup tebal, terdiri dari 198 halaman. Dan dibagi kedalam 6 Bab. Tapi tenang saja, kamu nggak akan merasa jenuh membacanya, tahu tahu eh sudah selesai. Serunya setelah Aku tuntaskan baca Buku Aplikasi Pencari Rezeki, judul judul di babnya pun sudah membentuk sebuah rumus tentang rezeki itu sendiri. Rezeki yang membuat bahagia akan menciptakan Masa depan bila diaplikasikan dengan baik dalam hidupmu asal selalu berdoa dan fokus dalam mencari rezeki halal. Kalau Tak percaya coba deh lihat gambar ini.

Setuju ya?
Setuju ya?

Teman, mungkin Aku tidak akan menuliskan keseluruhan isi buku ini disini, karena sebaiknya masing masing kamu punya buku ini dirumah.  Berikut beberapa garis besar yang bisa Aku tuliskan setelah membaca buku ini.

Bab 1. Apa itu Rezeki

Pola pikir kita saat dewasa memang ditentukan dari kebiasaan yang ditanamkan oleh orang tua melalui pola didik saat kecil.  Termasuk saat memahami konsep apa itu rezeki.  Aku terkesan sekali dengan cerita mbak Achi TM mengenai kebiasaan dan konsep memaknai rezeki yang ditanamkan oleh orang tuanya.  Seperti menabung untuk hal hal yang diinginkan, lalu percaya dan yakin rezeki itu kekuasaan Allah. Manusia memang harus ikhtiar dalam mencari rezeki, namun tetap pemberi rezeki adalah Allah SWT. Di bab ini pula dijabarkan hubungan antara sholat dan rezeki.  Bagi kaum muslimin, sejatinya sudah paham bahwa sholat adalah ibadah wajib pertama yang Allah perintahkan. Dan menjadi ibadah pertama pula yang nanti akan dihisab kelak di akhirat. Di buku ini mbak Achi menerangkan hubungan sholat dan rezeki melalui spektrum warna. Menarik sekali.

Bab 2. Apa Itu Bahagia

Di Bab ini dijabarkan mengenai arti kebahagiaan oleh penulis. Bahwasanya manusia memiliki 2 motivasi utama dalam mencari kebahagiaan yakni mencari kenikmatan dan menghindari kesengsaraan. Bahagia bagi kebanyakan orang adalah sebuah standard dengan skala tertentu dan selalu berkaitan erat, dengan harta, tahta dan wanita. Nah di buku aplikasi Pencari Rezeki ini, kedua penulisnya memberi pandangan berbeda, yang memaknai lebih apa itu bahagia. Coba deh kamu pikir, kalau seseorang baru merasa bahagia kalau dia sudah jadi Presiden. Lantas, bagaimana setelah jadi Presiden? Standard kebahagiaan seperti apa? Harus jadi Presiden 2 Kali?.  Karena itu kebahagiaan itu sesungguhnya terjadi karena sebuah sebab akibat. Untuk jelasnya kamu baca sendiri ya buku ini.

Bab 3 Create The Future

Saya baru tahu log, ternyata ada alasan kenapa seorang bayi bisa gugur dalam kandungan. Saya sempat keguguran Agustus 2017 lalu. Rupanya Mbak Achi menuliskan ini dalam sejarah perjalanan manusia. Bahwa saat semua mahkluk ketika usia 120 hari, Ruh Akan ditiupkan ke alam rahim dan Allah mengambil kesaksian dari hambaNya sehingga ditetapkanlah jodoh, maut, rezekinya. Ketika ruh sepakat dengan apa yang menjadi ketetapan Allah, maka ruh akan ditiupkan ke janin. Nah ruh yang tidak terjadi kesepakatan dengan Allah, ya tidak jadi ditiupkan kedalam janin. Sebab itulah ada Ibu yang keguguran. Nah mengenai Masa depan, sebenarnya terkait erat dengan proses perjalanan manusia ini. Kalau sudah Allah tetapkan kenapa kita harus susah payah berusaha? Kan sudah ditakdirkan ini itu?. Nah kembali lagi guys ke proses perjalanan manusia. Bukannya sejak masih dalam bentuk sperma. Kita sudah harus berjuang mengalahkan ratusan sperma lainnya?. Begitu juga dalam konsep rezeki. Walau sudah Allah tetapkan, rezeki juga harus dijemput dengan cara berusaha alias kerja. Di Bab ini juga akan dijelaskan beberapa analogi penggunaan aplikasi facebook dalam kehidupan sehari hari dalam rangka membentuk Masa depan. Penasaran Kan? Kalau gitu lanjut ke Bab berikutnya yang lebih menjelaskan lagi tentang aplikasi dalam hidup.

Bab 4. Aplikasi Dalam Hidupmu

Kisah di awal Bab ini mirip kisah tetangga Saya, bedanya tetangga Saya cuma tidak bisa kentut. Padahal apa sih susahnya kentut. Tinggal dorong Aja.. trus keluar deh gas dan bunyinya. Plus baunya juga. Nah bagi yang kentut itu gampang. Tentu saja ndak jadi masalah. Bagaimana dengan tetangga saya yang nggak bisa kentut tadi? Beliau sudah tentu harus mengalami perawatan dan tindakan operasi yang biasanya tidak sedikit. Waduh hanya perkara kentut yang setiap hari kita keluarkan gratis.

Nah begitupun konsep rezeki, rezeki bukan cuma harta dan uang. Rezeki itu luas. Bisa berupa kesehatan, pertemanan, kasih sayang Dan lain lain. Di Bab ini diceritakan bagaimana cara memeluk rezeki seperti Dropbox yang menyimpan file file Kita. Aplikasi berikutnya adalah twitter yang mengajarkan bahwa dalam mencari rezeki itu harus to the point dan anti basa basi. Bagaimana dengan analogi aplikasi lainnya? Ada google, Facebook dll? Makanya Baca sendiri ya guys biar lebih nyantol ilmunya.

IMG_20180207_143817

Bab 5 The Power Of Orison

Oh ternyata Orison itu doa. Doa ini ternyata erat kaitannya dengan Takdir. Memang sih ada beberapa ketentuan Allah berupa takdir yang tidak dapat diganggu gugat. contoh kelamin. Kalau Kita sudah terlahir sebagai laki laki, jangan berdoa minta jadi perempuan, apalagi sampai operasi ganti kelamin. Itu sudah takdir guys Hak perogatif Allah. Contoh lainnya Jepang ditakdirkan sebagai negara berpotensi gempa yang tinggi. Yang bisa Kita lakukan adalah meminimalisir potensi buruk akibat gempa. Nah Ini erat kaitannya dengan potensi kemungkinan takdir. Bahwa memang takdir itu sesuatu yang sudah ditetapkan dan akan terjadi, namun bisa saja Allah ganti dengan hak perogatifnya setelah mendengar doa dan melihat usaha Kita. Mindset atau pikiran Kita adalah salah Satu doa yang terpendam. Kalau Kita senantiasa makan dari rezeki halal, melakukan kebaikan, mindsetpun akan selalu tersetting baik. Sehingga yang keluar pun akan baik. Karena Allah hanya akan memberi sesuai yang Kita butuhkan.

IMG_20180207_144001

Bab 6. Fokus, Yuk Fokus

Guys Aku sepakat banget dengan isi Bab ke 6 ini. Karena memang semua usaha keras yang sudah Kita lakukan. Akan jadi sia sia kalau Kita tidak serious dan tidak fokus menjalaninya. Namun tentu saja fokusnya diarahkan ke Hal Hal positif saja. Dengan fokus Kita akan terus diarahkan ke tujuan mencari rezeki yang sesungguhnya.

Oh ya, selain mendapatkan banyak ilmu dan informasi penting tentang hakikat mencari rezeki. Buku ini juga dilengkapi fiksi mini yang bersambung dibeberapa Bab dan isinya bersinergi dengan bahasan di tiap bab. Seperti sebuah kisah contoh nyata di kehidupan sehari hari. Selain itu banyak quote dan nasihat nasihat bagus yang tertulis dalam bentuk doodle di beberapa halaman berwarna. Bagus banget untuk dibaca, bahkan buat dipajang di instragram. Xixiixx.. yups buku Aplikasi Pencari Rezeki ini tidak hanya bagus isinya, tapi juga Instagramable. Penasaran Kan isi lebih lengkapnya? So segeralah cari buku ini di toko buku terdekat.

Halaman fiksi
Halaman fiksi

52 Comments

  1. Rezeki diberikan sesuai dengan kemampuan kita meraih dan menggapainya ya mba Fika 🙂

    Meskipun ngoyo mengejarnya tetapi belum tentu rezeki besar yang kita harapkan adalah yang terbaik buat kita.

  2. Jleeeeeebbbb bangettt…
    baru baca reviewnya saja berasa ditampar
    Jadi penasaran sama bukunya…
    Emang bener sih…banyak dari kita (termasuk saya) masih sering berpendapat rezeki itu diukur dari materi. Terutama klo lagi BU 😆
    Judul bab nya ngena banget nih…🙈
    Sering pengen dapat rezeki dengan cara cepat.tp lupa untuk berdoa dan fokus pada ikhtiar hingga lupa jadi bahagia atau hanya dapat bahagia semu…
    itu d photo bagian dalamnya?
    keren banget… bener2 cocok buat pembaca dan pencari rezeki zaman now😍

    Barakallahu buat penulis…semoga buku ini bs menjadi inspirasi😊

  3. Rejeki yg kbanyakan orang berpikir it hanya berbentuk uang Dan harta, padahal byk hal yg bs dbilang it adalah rejeki….. Buku ini keren caky y fika, mupeng aq 😍😍😍😍

  4. Kadang kalau pas sholat barengan event, yg bergegas ke musholla sedikit ya kak hehe

  5. Rezeki itu banyak pengertian nya. Kita hidup pun itu sebuah nikmat rezeki yang Allah kasih. Karena rezeki tidak semata uang. Nice post

  6. Buk ini sangat memotivasi kita yg sedang terpuruk dan menanyakan adilkah rezeki untukku?? Suka banget sama isinya dan pengen punya satu buku untuk memotivasi aku bagaimana cata bersyukur

  7. du du du ini buku yg diperlukan banget buat mak rempong macam makcint, bersyukur dan mengoptimalkan kemampuan yg dimiliki, rezeki itu bukan hanya materi mbak! keep fighting

    sukses terus mak fika
    selalu tebarkan semangat utk kami
    love you

  8. Alhamdulillah buku Inis angkat bermanfaat buat saya terutama dan sudah saya rasakan sendiri setelah membaca buku ini saya memiliki semangat yg luar biasa

  9. Banyak manfaatnya usai baca buku ini… Semoga bisa pula diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari

  10. Rhs ilahi rezeki tapi bisa di capai. Suka banget di bahas step demi step pembahasan nya.

  11. Ha… Ha. Ha ane kirain aplikasi baru kudu Download playstore. Kalau yg ini kudu Download dan klik sama pencipta. Semoga ane dot rezeki yg halal toyib dan barokah

  12. Rejeki bukan hanya uang aja yah mba, punya teman seperti dirimu juga menjado rejeki buat aku

  13. keren mak fik baca reviewnya jadi pengen bukunya, kalau dari gambar kelihatan bukunya warna warni full colour 😍

  14. jadi tau apa itu rezeki dan bagaimana cara mendapatkannya. kadang kita suka saja mengeluh kekurangan rezeki padahal sudah banyak rezeki yang kita terima

  15. Hakikat rejeki luas sebenernya, tdk melulu soal materi ya..bahkan segala nikmat dan kesehatan juga rezaki yg harus di syukuri. Dan Saya masih terus berupaya untuk memaknai hal tersebut secara mendalam

  16. Ini buku yang berhasil aku tamatkan tanpa jeda loh mbak… Serius duo penulis ini bener bener pinter bikin aku tetap stay baca bukunya… kaya ga rela begitu buat nge jeda baca..

  17. Kadang orang lupa bersyukur padahal itu sangat terkait dengan lancarnya rezeki

  18. Saya selalu tertarik dengan pembahasan konsep dari persfektif Islam. Apalagi terkait permasalahan rezeki. Rezeki ini kadang memang seperti misteri. Tapi memang, dengan keyakinan yang tinggi dan usaha yang maksimal tentu hasil tidak akan mengecewakan. Benar rezeki itu tidak hanya harta, teman yang baik juga rezeki. Percuma saja berharta banyak jika tidak ada orang di sekeliling.

  19. Miris ya, diingatkan sholat malah bilang sok sholikah

    Soal rejeki, matematikanya Allah kadang di luar nalar ya. Seperti yang saya alami saat ini, anak tambah, kebtuhan tambah, Saya berhenti bantuin jualan tapi tetep bisa mencukupi semua kebutuhan, meskipun harus lebih hati2 mengatur keuangannya. 🙂

  20. Menginspirasi sekali ya bukunya, tapi kayaknya kudu mikir serius nih tuk memahami isinya..hehe But thanks for the review ya, singkat tapi padat.

  21. Bukunya menarik banget nih mba Fika, buku yang membahas tentang rezeki sepertinya selalu laris hehehe…saya suka dengan layout isi buku ini di halaman tertentu yang menarik tampilannya

  22. Menarik bukunya.
    Bisa juga kata aplikasi mengacu pada penerapan.
    Jadi kata ini jadi kata “pivot” antara aplikasi yang berarti software dan aplikasi sebenarnya yg berarti penerapan

  23. Bukunya bagus, tampilannya pun menarik banyak warna gitu. Aku dulu punya buku soal rejeki dr iatadz yusuf mansur, trs hilang di pinjem orang. Sepertinya bisa beli lagi buku ini

  24. Sebenarnya rezeki itu bukan hanya uang aja, ya, Mbak. Meliputi banyak hal. Kalau ingin rezekinya mengalir terus, mintalah pada yang memilikinya. Caranya dengan memperbaiki ibadah kita.

    Kayaknya bukunya bagus, deh! Banyak quote, gambar warna-warni… Bisa jadi daya tarik. Gak bosen bacanya ya..

  25. bagus kayaknya ya mbak bukunya, aku baru baca reviewnya saja sudah jatuh cinta

  26. Pas baca judul bukunya, aku kayaknya nggak tertarik. Tapi, pas ada doodle-doodle nya kayak gitu sepertinya nggak bakalan ngebosenin bacanya yah.

  27. Sepertinya saya dan suami harus baca buku ini biar bisa memahami rezeki dari arah spiritual, juga agar tidak menjadikan uang sebagai tujuan hidup yang utama.

  28. Aku kira semacam aplikasi android..
    Tapi ternyata meraih rejeki di tangan Tuhan dengan cara yang berbeda…
    Dan rejeki itu ..benar banget bukan berupa kebendaan semata..

  29. MashaAllah…
    Bukunya banyak mengingatkan pembaca untuk menyadari betul apa hakikat dari rejeki itu sendiri.

    Semoga kita menjadi hamba Allah yang senantiasa bersyukur atas apa yang diperoleh, sehingga rejekinya lancar selalu.
    Aamiin….

  30. Bukunya cantik ya. Tapi aku suka lelah baca buku motifasi gitu. Lebih suka baca fiksi gitu. Tapi di buku ini ada juga fiksinya ya… Aku jadi tertarik baca bukunya. Dipinjam aja kali ya 😊

  31. Saat membahas rezeki memang biasanya orang akan lebih tertarik, beda kalo diingatkan ttg kewajiban suka rada gimana gituu.
    Bukunya kayaknya bermanfaat bgt mba, bisa jdi pengingat kita akan rasa syukur thdp Alloh SWT

  32. setuju banget sama buku ini. Rejeki dan segalanya sudah diataur sama Tuhan. Kita tinggal mengaturnya supaya semua sesuai dengan porsinya

  33. Bagus juga tuh mba bukunya, jadi kita diajak untuk terus introspeksi diri dan juga bagaimana kita bisa mendapatkan kehidupan yang baik ke depannya. Sepertinya akan masukkan dalam wishlist buku yang akan saya beli baca nanti mba

  34. Baca buku yang gini yang bisa menentramkan hati dan pikiran, semaju apa pun zaman, tetap Allah no.1. Nice mbak.

  35. Yup! Setiap manusia hanya berusaha, Allah yg menakdirkan hasilnya kini atau kelak.
    Sepertinya bukunya bagus mba. Saya jd penasaran dg hubungannya dg aplikasi sosmed..

  36. Rejeki emang sudah ada yang ngaturin ya kak. Ngga semua rejeki bisa dipol polin dengan usaha sendiri. Tetep mesti restu yang maha kuasa dan memberi. Paling penting bersyukur dengan segala rejeki dan segala yang terjadi dalam hidup

  37. Baca reviewnya jd penasaran dgn buku ini
    Coba cari di toku buku ntar
    Semoga udah masuk di kota saya

  38. Mantap ulasannya aku baca tiap ulasan babnya jadi penasaran sama bukunya. Bahas rejeki ini bener banget. Bukunya di toko online ada ga yah?

  39. ada ada aja nama bukunya unik dan lucu. kuncinya mencari rejeki sih usaha kerja keras dan berdoa kuncinya cuman itu saja

  40. Makasih ya mbak fika. Good article! Informatif sekali isinya. Saya jadi mengerti apa bedanya gaji dan rezeki dan yang lebih penting lagi bahagia karena sejatinya letak kebahagiaan tak hanya sebatas materi. Tapi juga rasa syukur dan muhasabah kepada Illahi

  41. Bukunya lucu!
    Walaupun temanya berat, tapi kalo baca Buku ini kayaknya mudah2 aja deh, soalnya ada penjelasan2 yang bisa dimengerti. Hihi.

    Rezeki itu nggak melulu soal harta, teman yang baik juga merupakan rezeki juga kan?

  42. Nama bukunya beda banget yaaa mba, dan aku setuju kalo rezeki bukan hanya berbentuk materi semata :’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *