Semarak 3 Tahun Blogger Muslimah, Bukan Event Milad Biasa

 

Beli bihun di Pasar Kebayoran Lama,
Dimakan hangat saat hati bahagia,

3 tahun sudah usia Blogger Muslimah,
Makin bermanfaat, barokah untuk semua.

Semarak 3 Tahun Blogger Muslimah. Mungkin itulah judul yang tepat mengenai kesan yang saya dapat setelah mengikuti Event Milad Blogger Muslimah, satu pekan yang lalu. Menurut saya Event Milad yang diadakan pada tanggal 10 Desember 2017 di Kantor Proxsis Kuningan, bukanlah Event Milad Biasa.  Terus terang event yang kedua kali kuikuti ini jauh lebih semarak dan meriah.

Walau ada unsur hiburan dan penuh lomba dengan berbagai hadiah. Sebagai komunitas blogger yang mengedepankan konten berbobot dan meningkatkan kualitas membernya. Acara workshop dan diskusi tetap menjadi bagian penting. Untuk itulah acara yang dimulai pukul 09.30 pagi ini diisi dengan 2 materi yang menarik.  Satu berhubungan dengan pembangunan karakter dan yang kedua berkaitan dengan profesi blogger.

Saya merasa beruntung sekali, bisa terpilih menjadi salah satu dari 30 peserta terpilih.  Mengingat yang mendaftar untuk acara ini pun banyak sekali. Namun untuk teman teman yang belum berkesempatan hadir. Tidak perlu merasa kecewa, insyaAllah saya akan membagi keseruan acara kemarin melalui postingan saya ini. Sebelumnya mari saya perkenalkan dulu apa itu blogger muslimah.

Komunitas Blogger Muslimah

Blogger Muslimah dibentuk oleh Uni Novia Syahidah (Penulis Novel Putri Kejawen) pada tanggal 1 Desember 2014  untuk mewadahi para muslimah yang tergugah untuk menulis di dunia digital tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dengan harapan blogger muslimah dapat memberdayakan para muslimah di dunia blogging. Tanpa maksud mengkotak-kotakkan para blogger. Blogger Muslimah hanya ingin menjadi mesin penggerak muslimah untuk aktif menulis di media digital. Syarat bergabung di Komunitas ini pun tidak sulit. Baik yang sudah berhijab  dan belum berhijab, yang penting dia muslimah.

Muslimah Di Era Digital

Begitulah tema yang diusung pada milad 3 tahun Blogger Muslimah ini.  Ada 2 Materi berbobot yang diberikan pada acara hari ini. Yakni Kepribadian Muslimah yang disampaikan oleh salah satu Admin Blogger Muslimah yakni Ratih Sophie Azizah. Serta Materi kedua yang berhubungan dengan dunia blogging yakni SEO Management disampaikan oleh Coach Rian dari Tim Proxsis. Mengenai materinya, silahkan dibaca secara runut di paragrap berikut ini.

Kepribadian Muslimah

IMG_20171210_103515_731

Ratih Sophie Azizah memberikan materi kepribadian muslimah dari sudut pandang psikologi dan agama.  Mbak Ratih menyampaikannya secara apik dan membagi sesinya menjadi 3 bagian. Yakni penyampaian materi, tes kepribadian dan pembahasan.  Mbak Ratih yang berprofesi sebagai Human Resource Generalis ini membagikan ilmunya mengenai ” Kepribadian” yang berbasis pengenalan karakter diri sendiri melalui sebuah tes kepribadian  bernama DISC.  Diharapkan setelah mengenali diri sendiri, para blogger muslimah dapat luwes dalam bergaul dan menghadapi karakter orang lain.

DISC sendiri merupakan jenis psikotes yang dulunya sering digunakan untuk rekrutmen tentara Amerika di Perang Dunia ke 2.  Dirasa bernilai positif, di masa kini banyak perusahaan yang lantas mempergunakannya untuk merekrut para karyawan.  DISC sendiri merupakan perkembangan dari pembagian kepribadian yang sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Dulu kepribadian manusia dibagi menjadi 4 jenis, yakni Api, Air, Udara dan Tanah. Lantas pada masa Hipocrates mengembangkannya kembali menjadi Koleris, Sanguin, Plegmatis, dan Melankolis. William Moulton Marston Mengembangkannya menjadi metode DISC yang merupakan singkatan dari Dominance, Influence, Steadliness dan Compliance.  Masing masing tema kepribadian diatas memiliki sifat dan karakter yang khas dan menonjol sebagai berikut

1. Dominance

Sifat dan Karakter yang melekat kuat dalam type ini adalah tegas, to the point, suka tantangan dan persaingan, berkemauan keras. Orang yang memiliki type Dominant biasanya menjadi inisiator yang handal dalam lingkungannya.  Sayangnya tipe Dominan sering tidak sabaran, kurang hati hati dan cenderung menuntut. Contoh Publik Figure dengan type ini adalah Margaret Thatcher

2. Influence

Type Influence bisa dilihat dari orang orang yang luwes dalam bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain. Pribadi yang optimis dan antusias. Sayangnya orang dengan tipe Influence seringkali kurang serius mengerjakan sesuatu, cenderung menyepelekan dan sering menaruh curiga terhadap lingkungannya.  Contoh Publik Figure dengan type ini adalah Goerge HW Bush

3. Steadiness

Orang dengan type ini memiliki ciri sabar, tekun dan penuh perhatian. Tenang, suka rutinitas, dan menghindari konflik. Sayangnya orang dengan type Steadiness ini sangat selektif dalam memilih teman, tidak menyukai perubahan yang mendadak dan cenderung keras kepala jika sudah memiliki pendirian. Contoh Publik Figure dengan type ini adalah Barack Obama.

4. Compliance

Perfeksionis adalah kata yang tepat untuk menggambarkan manusia dengan type ini. Detail, penuh pertimbangan, kritis dan menyukai kesempurnaan.  Sehingga terkadang manusia type ini lama sekali mengambil keputusan dan kurang dapat menerima kritik. Contoh Publik Figure dengan type ini adalah Albert Einstein.

Saya sih sudah bisa menebak hasil yang ditunjukkan dari tes kepribadian ini, saat panitia membagikan kertas berisi pertanyaan pada sesi tes.  Karena pernah mengikuti tes serupa saat masih bekerja kantoran.  Bisa ditebak bukan, saya adalah muslimah dengan type DOMINANCE dan INFLUENCE sebagai dua type karakter yang paling kuat dalam diri saya.

Menurut Mbak Ratih, setidaknya ada 4 hal penting yang dapat kita lakukan setelah mengetahui jenis karakter diri sendiri. Yakni :

Step satu adalah understanding. Dengan memahami jenis karakter diatas, kita bisa mengenali orang lain dan berusaha memahami mereka. Walau untuk tipe dominan seperti saya ini sulit, saya cenderung cuek dengan perasaan orang lain, dan saya juga cuek dengan pendapat orang lain terhadap diri sendiri.

Step kedua adalah Recognising. Kita diharapkan bisa mengenali orang lain dan memprediksi perilaku  orang lain terhadap tindakan yang akan kita lakukan.  Ya semacam persiapan atas respon yang akan diberikan oleh orang lain.

Step ketiga adalah adapting.  Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan orang lain, kita dapat beradaptasi menyesuaikan posisi dan mudah menempatkan diri dalam berbagai kondisi saat berhadapan dengan orang lain.

Step keempat adalah Apreciating The Diffrence : Perbedaan itu ada untuk saling melengkapi, diharapkan setelah mengetahui sifat dan karakter orang lain. Kita tidak lagi fokus pada perbedaan yang tidak akan menyelesaikan masalah. Namun mencari celah mensinergikan perbedaan perbedaan sifat yang ada.  Contohnya saat melaksanakan sebuah event kegiatan, tentunya komposisi orang dengan ke 4 sifat ini amat sangat bermanfaat karena akan saling menutupi kekurangan dan mendukung kelebihan satu dan lainnya.

Mbak Ratih berharap, DISC ini bisa dipakai untuk mensupport profesi sebagai blogger namun tetap mencantumkan indentitas sebagai seorang muslimah.  Selain itu mbak Ratih juga berpesan kepada member Blogger Muslimah yang hadir untuk Tidak latah dan termakan trend di media sosial, yang tidak sesuai dengan kepribadian muslimah. Berhati hati memilih tempat bersosialisasi.  Seperti ikan, walau di lautan asin namun rasa ikan tidak ikut jadi asin. Dan satu lagi adalah berhati hati menjaga lintasan pikiran. Sebagai seorang Blogger Muslimah diharapkan selalu menyertakan Allah dalam setiap tindak tanduk kita termasuk saat membuat tulisan.

Sebelum masuk ke Materi kedua, para hadirin acara milad Blogger Muslimah diberi kesempatan untuk Ishoma, berganti pakaian yang diberikan oleh para sponsor dan mengikuti beberapa rangkaian lomba yang diadakan oleh Panitia.

Materi Kedua : SEO MANAGEMENT

Coach Rian dari digitalfinger
Coach Rian dari digitalfinger

Khusus Materi ini akan saya bahas di postingan berikutnya, karena sangat panjang dan sayang kalau tidak dikupas dengan tuntas. Pastinya materi ini diberikan oleh Riandi Rahmat atau biasa disapa dengan Coach Rian salah satu pengajar dari digitalfinger dot com. Intinya, SEO sangat bermanfaat bagi para blogger yang ingin content yang ditulisnya dibaca lebih banyak orang, dan manfaatnya tersebar lebih luas karena bisa nangkring di Pejwan (Page One) google. Bagaimana langkah dan tips memanfaatkan SEO for blogging? cek infonya disini sis.

Ups, sampai lupa. Biasanya kalau kita menghadiri syukuran milad seseorang.  Tentunya para tamu undangan membawa bingkisan kado bukan?.  Nah di Semarak 3 Tahun Blogger Muslimah, peserta yang hadir malah mendapatkan KADO. Wih bener bener bukan Event Milad Biasa. Apa saja surprise yang diberikan di acara ini? simak informasinya dibawah ini

Suprise Pertama : Kantor Proxsis Consulsting yang disulap jadi Instagramable

Acara ini diadakan di ruang kantor Proxsis Consultant yang bertempat di kawasan Epicentrum Kuningan.  Proxsis Consulting adalah sebuah lembaga training dengan berbagai pelatian profesional baik untuk perusahaan maupun personal. Lembaga ini telah bertransformasi menjadi sebuah group consulting terbesar dan terkemuka di Indonesia.

Mengkolaborasikan para ahli di bidang Manajemen, SDM, IT, Risk, dan Compliance untuk misi penting memberikan manfaat untuk banyak orang dalam bentuk ” The Corporation of Knowledges dan Ideas.  Selain Proxsis Consulting telah memberikan materi yang sangat sesuai kebutuhan para blogger melalui materi seo management.  Ruangannya pun berbentuk co-working yang disulap menjadi sangat instagramable oleh para panitia milad. Kamu pingin lebih tahu  lebih lengkap mengenai proxsis bisa berkunjung ke www.proxsisgroup.com

IMG_20171210_104133

Suprise Kedua : Gamis Cantik dari Seply (Group Ethica Fashion)

Duh siapa sih yang nggak bahagia saat mendapatkan gamis cantik, pas dipakai dan nyaman?.  Begitu disuruh berganti kostum.  Semua peserta bergegas mencoba gamis berbahan kasiani dan katun yang bahannya lembut dan menyerap keringat ini. Ini buktinya saya pakai untuk selfie di acara.

Selfie with seply by ethica dot id
Selfie with seply by ethica dot id

Suprise Ketiga : Bandana Rajut Hana Mozlima dan Aksesoris Evaldinart

Gamis baru rupanya tidak lengkap bila tak diberikan pernik pelengkapnya. Sungguh saya suka sekali dengan bandana rajut dari Brand Hana Mozlima ini, karena mengikuti lingkar kepala.  Sehingga tidak terasa pusing di kepala. Selain itu aksesoris bross dari IG @evaldin_art mempercantik penampilan saya hari itu.

Aksesoris Evaldrin Art
Aksesoris Evaldrin Art

Suprise KeEmpat : Makan Siang yang Enak dari Ayam Bahagia

Nama adalah Doa.  Mungkin itu pula alasan owner Nasi Kotak Ayam Bahagia memilih nama brand yang salah satu cabangnya berada di Jalan Kelapa Kopyor Raya Blok O1 no 12 A Kelapa Gading Jakarta Utara. Nasi dengan Lauk Ayam goreng cabai ijo dengan rasa yang sangat khas, porsi nasi yang cukup.  Gurihnya ayam yang empuk berpadu pedasnya cabai ijo khas padang.  Tak lupa bakwan jagung yang lembut dan tempe goreng sebagai lauk pelengkap. Juga sayur asem yang rasanya makyuss dilidah. Dan tidak ketinggalan kerupuk merah yang renyah melengkapi hidangan makan siang para peserta Semarak 3 Tahun Blogger Muslimah.

Berbekal pengalaman sebagai restoran minang di Kota Medan, Ayam bahagia memperluas cakupan pelayanan nasi box dengan konsep simple dan Modern.  Ayam bahagia yang memiliki jargon ” Jagonya Kuliner Ayam Nusantara” ini memiliki banyak sekali varian menu. Menu ayam cabe ijo yang saya makan kemarin merupakan salah satu dari beberapa menu andalan lainnya. Seperti Rendang Bakar Ayam, Rendang Bakar Daging, Balado Ayam Bakar dan lain lain.  Mau liat menu dan testimoni lainnya? langsung aja mengunjungi IG @ayambahagia

Nasi ayam bahagia, yang enak banget.
Nasi ayam bahagia, yang enak banget.

Suprise Ke Lima : Menang salah satu lomba

Nggak nyangka banget, ketika Uni Novia Syahidah mengumumkan para pemenang lomba di acara milad Blogger Muslimah ini, nama saya nyangkut menjadi salah satu pemenangnya. Dan syukur alhamdulillah saya beruntung mendapatkan hadiah dari supertwin shop.  Toko online yang memiliki jargon ” super for Everything ini menghadirkan produk produk berkualitas buatan dalam negeri, salah satunya adalah produk jas hujan muslimah cantik dengan brand Sheba. Yang model dan bahannya tidak pasaran, limited edition dibuat secara khusus dengan model dan warna warna cantik yang cocok sekali untuk muslimah.  Kalau mau kepo kepoin apa saja yang di jual supertwin shop dan model jas hujan sheba, langsung aja ya berkunjung ke IG @jaketsupertwinshop @hijabsupertwinshop @jashujansupertwinshop dan @supertwinshop.

Nah, selain itu ada juga lomba membuat ucapan milad 3 tahun blogger muslimah di Instagram. Kalau video buatanku bisa kamu lihat disini :

3 Tahun yang lalu saya bergabung di komunitas @bloggermuslimah walau saat itu blog saya baru ada isi mukadimah alias perkenalan doang hahahaha. Tapi kami (saya dan teman2) diberi kesempatan untuk join. Blogger muslimah ini mungkin sedikit berbeda dengan komunitas blogger lainnya. Krn yg dititik beratkan adalah pengembangan kemampuan literasi membernya. Alhamdulillah, nggak nyangka sudah 3 tahun pula umur Komunitas Blogger Muslimah ini, semoga kedepannya makin panjang perjalanan dan makin kuat semangat perjuangan member blogger muslimah, untuk mewarnai dunia digital melalui tulisan tulisan yang bermanfaat, menginspirasi dan mengajak makin dekat kepada Illahi.. ALHAMDULILLAH BLOGGER MUSLIMAH 3 tahun #milad3tahunbloggermuslimah #milad3bloggermuslimah #miladbloggermuslimah #doadanucapan #videokeren By : www.hellofika.com

A post shared by Refika Z. Artari (@hello.fika) on

 

Seru ya? betul banget.  Karena itu rugi banget kalau kamu nggak ikut bergabung menjadi member blogger muslimah. Jangan mikir lama lama, kalau kamu muslimah dan suka menulis di blog, yuuuk segera daftar jadi member blogger muslimah, supaya nanti kamu bakal dapat aneka surprise dari setiap event offline maupun online yang diadakan oleh blogger muslimah.  Alhamdulillah, semoga postingan saya ini bermanfaat ya. Dan sampai bertemu kembali di postingan berikutnya.

14 Comments

  1. Acara milad yg sangat spesial. Bermanfaat utk membernya sekaligus membahagiakan krn member yg hadir bkn hny dpt gift saja tp juga ilmu bermanfaat. Sukses selalu utk Blogger Muslimah

  2. Ooo Ayam Bahagia itu dulu restoran Minang? Pantesan kok ada menu cabai ijonya 😀

    Hehe iya yang datang gak bawa kado tapi malah dibawain oleh2 kado buat dibawa pulang 😀

  3. Whaaa belum ditulis ya yang SEO padahal aku penasaran dengan tips SEOnya. Bte gamis pink cantiiik deh. Cocok buat pesta

  4. Sukses selalu untuk bloger muslimah, aku juga pantau ilmunya loh dari twitter kemarin
    Dan dilengkapi oleh mba fika

  5. Amiiin… Saya jg seneng banget bisa jadi bagian dari blogger muslimah dan bisa hadir di acara milad nya. Doubel dapet nya ilmu jg hadiah jg. Sukses terus ya blogger muslimah

  6. enak ya hadir di milad blogger muslimah bun, Dapat dress plus makan siang itu emm yummy dah. Hehehehe

  7. Bnyak ilmu yg kita dapat di sini , beruntung bnget bisa hadir di milad BMI,

  8. Aku penggabungan antara Compliance dan stadiness … Bener bener baru tau jenis karakter sendiri ya pas ikut milad nya Blogger Muslimah ini….

  9. Acara miladnya komplit banged ya, apalagi ada test kepribadian. Meskipun nggak hadir tapi banyak dapat informasi dari tulisan Mba Fika.

    Semoga Blogger Muslimah selalu mengispirasi para membernya.

  10. Blogger muslimah makin eksis nih. Banyak sponsornya. Kukira dulu malah mau dibubarkan.

  11. Happy Milad Blogger Muslimah…
    Aku suka step understanding, terkadang diantara kita banyak yang misskom yang membuat kesalahpahaman disambut dengan cepat menanggapi secara negatif. Harus belajar banyak dengan understanding.

  12. acaranya bikin mupeng banget sih… padat berisi dan bertabur hadiah…

  13. acaranya berfaedah banget, ilmunya nambah banyak dan silaturahmi pun makin terjalin kuat

    btw ngelihat mbak fika pake gamis + kerudungnya kece gitu jadi pengin gamisan heuheu ethica ada plus size juga ? lagi pengin hunting baju balu nih mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *