Wajib Tahu, Kanker Serviks Bisa Dicegah Sejak Dini

2014_0310_00500600
Ibu Elly dan dr Yuslam EF SPOG

Perempuan usia 40 an itu menggunakan kaos panjang berwarna hijau Toska. Dengan jilbab yang senada, membalut wajahnya yang selalu menyunggingkan senyum manis.  Terus terang aku nggak akan menyangka beliau adalah survivor 2 cancer. Kalau saja tidak mendengar informasi itu dari MC acara mengenai kanker serviks bersama RS Mayapada kemarin 30 November 2017.  Karena wajahnya yang tetap sumringah dan badannya yang masih kelihatan segar dan energik.

Namanya Sumbangsih Elly Mawati, beliau survivor 2 kanker Primer. Sejak 2015 beliau terkena kanker kolorektal yang berkembang dari sel sel usus besar.  Untungnya Bu Elly menemukan kankernya ini di stadium 2A. Dengan proses operasi selama 7 jam, sepanjang 20 cm dari kolonnya bisa dibuang.  Walau hingga sekarang beliau harus ketergantungan dengan obat atau melakukan kemo oral, yang penting sudah dinyatakan bersih dari kanker kolorektal.

Sayangnya cobaan beliau tidak hanya berhenti di situ saja. Berselang 8 bulan kemudian, Bu Elly mendapat cobaan lagi.  Kali ini adalah terdiagnosis kanker serviks.  Untunglah masih di stadium awal 1B, sehingga dapat dilakukan proses pengangkatan serviks. Bu Elly bahkan memutuskan untuk mengangkat kedua ovarium dan rahimnya.  “Saya sekarang adalah WTS, wanita tanpa serviks” candanya saat itu seakan cobaan yang beliau alami bukan hal besar.

Mengapa bu Elly dapat menemukan Kanker Serviksnya di stadium awal?.  Hal ini terjadi karena beliau rajin melakukan screening, yakni Papsmear.  Karena Kanker Serviks ini merupakan kanker ganas yang sulit sekali di deteksi.  Papsmear menjadi salah satu solusi untuk mengetahui kondisi serviks. Apa dan bagaimana fakta mengenai kanker serviks? mari kita simak informasi dari DR. Yuslam Edi Fidianto SPOG, salah satu dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari RS. Mayapada Lebak Bulus Jaksel.

2014_0310_00494700

Apa itu Kanker Serviks?

Kanker serviks atau disebut juga kanker mulut rahim. Adalah kanker yang muncul dan menyerang di leher rahim wanita.  Kanker ini disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus) no 16 dan 18 yang hampir 90% menjadi penyebab kanker serviks.  Sedihnya menurut WHO Indonesia sekarang menjadi negara dengan jumlah penderita kanker Serviks terbanyak di Dunia.  Jumlahnya 1/3 dari seluruh penderita kanker di Indonesia. Penyakit mematikan ini menjadi penyakit pembunuh no satu untuk wanita. Karena itu kita wajib tahu bagaimana mencegah dan mengobatinya sejak dini.

Penyebab Kanker Serviks

Penyebab utama kanker serviks yang diketahui oleh para ahli kesehatan saat ini adalah Virus HPV no 16 dan 18 yang paling berbahaya dari 100 jenis virus HPV, dan dari 60 HPV  lainnya yang bisa menyebabkan kutil di tangan, kaki maupun alat kelamin.  HPV adalah singkatan dari Human Virus Papiloma. World Health Organisation memperkirakan sekitar 70% kanker serviks disebabkan oleh kedua jenis HPV tersebut.

Cara Penularan HPV

Sebagian besar penularan HPV menurut dr Yuslam Edi Fidianto SPOG adalah melalui pertukaran cairan tubuh/ hubungan seks.  Akan tetapi kanker serviks juga bisa ditularkan melalui hal berikut.

  1. Kontak langsung dengan kulit penderita.
  2. Menggunakan bahan yang terkontaminasi bersama (mainan seks, gunting kuku, handuk, dll)
  3. Ibu kepada bayinya melalui persalinan normal ( kemungkinan kecil.

Berdasarkan hal diatas berikut adalah hal hal yang perlu kita lakukan untuk mencegah terjadinya kanker serviks.

1. Tidak berhubungan seks di usia muda.

Berhubungan suami istri dengan perempuan yang berusia di bawah 18 tahun meningkatkan risiko perempuan terkena kanker serviks.  Hal ini terjadi karena organ reproduksi wanita belun siap.

2. Setia terhadap pasangan

Setia dengan pasangan yang halal,  tentu saja mengurangi resiko terjadinya penyebaran virus HPV.  Apalagi sebelum menikah melakukan pra marital test untuk mengetahui resiko masing masing diri dan pasangan.

3. Menjaga kebersihan pakaian dalam,  dan sanitasi

Pakaian dalam yang lembab bisa menyebabkan keputihan dan berkembangnya jamur serta virus lain lainnya.  Dan selalu membersihkan alat kelamin dengan air yang bersih.

4. Konsumsi Makanan Sehat dan Menjaga Berat Badan

Makanan yang kurang sehat bisa menjadi penyebab datangnya penyakit. Dan perempuan dengan berat badan berlebih punya resiko lebih tinggi terkena kanker serviks

5. Tidak Menggunakan Alat Kontrasepsi dalam Jangka Panjang

Konsumsi pil KB dalam jangka waktu lebih dari 5 tahun dapat memperbesar resiko masuknya virus HPV,  karena terjadi perubahan hormon yang dimanfaatkan virus HPV untuk berkembang menjadi kanker serviks.

6. Melakukan pola hidup sehat

Dengan cara menjaga pola makan bernutriso seimbang,  rajin berolahraga,  berhenti merokok,  istirahat yang cukup,  mengelola stress,  berhenti merokok dan minum alkohol.

7. Melakukan tes pap smear dan vaksin HPV

Pap smear adalah metode untuk mendeteksi sel sel yang berpotensi menjadi kanker.  Pap smear leher rahim bukanlah tes untik kanker.  Pap smear hanya memeriksa kesehatan sel sel pada leher rahim. Lakukan pap smear secara teratur.  Untuk wanita yang berusia 25-49 th dan aktif berhubungan seks, disarankan melakukan set pap smear tiap tiga tahun sekali.  Sedangkan untuk wanita usia 50-64 tahun disarankan melakukan tes tiap lima tahun sekali. Sedangkan vaksin hpv akan lebih efektif bila diberikan pada perempuan muda yang belum aktif secara seksual.

Sumber : twitter RS Mayapada
Sumber : twitter RS Mayapada

Berbicara tentang pentingnya pap smear dan vaksin HPV.  Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.  RS Mayapada selain mengadakan diskusi kesehatan yang saya ikuti beberapa hari lalu.  Juga menyediakan paket pap smear dan vaksin HPV.

PAKET VAKSINASI KANKER SERVIKS MAYAPADA HOSPITAL

RS Mayapada merupakan salah satu produk dari grup kesehatan terbaik di Indonesia.  Rs ini terletak di Jakarta Selatan dan Tangerang. Salah satu rumah sakit ini terletak di dekat wilayah rumahku.  Dan memiliki layanan centre of excelence,  salah satunya adalah onkologi centre yang dibuat untuk melayani pencegahan,  diagnosis,  pengobatan dan rehabilitasi kanker.

Ada 2 paket Promo yang ditawarkan oleh Rs Mayapada. Promo ini berlaku hingga 31 Desember. Paketnya adalah  sebagai berikut.

1. Paket Rose

Paket ini seharga Rp.  3.100.000 (termasuk administrasi,  pemeriksaaan dokter obstetric dan Gynecologi serta 3x Vaksinasi Gardasil 0.5 ml)

2. Paket Lavender

Paket ini seharga Rp.  2.600.000 (termasuk administrasi,  pemeriksaan dokter Obstetric dan Gynecologi serts 3x vaksinasi cervarix 0.5 ml).

Untuk papsmear sendiri,  juga dapat dilakukan di RS Mayapada Hospital.  Tes ini sederhana,  cepat dan tidak sakit. Langsung saja menghubungi 021 29217777 ext 7124 untuk informasi lebih lanjut.  Atau teman tekan juga bisa mengunjungi sosial media RS Mayapada

 

Website : www.mayapadahospital.com

Instagram : @mayapadahospital

Twitter : @rsmayapada

Sumber : Twittee
Sumber : Twitter RS Mayapada

 

 

 

 

28 Comments

  1. screening dgn Papsmear, bisa mendeteksi kanker lebih awal, hal ini tampaknya harus lebih banyak di informasikan agar banyak yg lebih mengetahui

  2. Serem ya… Maka itu segera lakukan pemeriksaan sejak dini sebelum jadi terlambat. Mencegah lebih bsik dr mengobati

  3. Kanker serviks dpt dicegah dengan vaksin dan pemeriksaan pap smear. Mengetahui secara dini penyakit ini dpt meningkatkan harapan utk sembuh. Sbg wanita, kita hrs menjaga kesehatan diri kita sendiri.

  4. Menjaga bagian paling vital perempuan memang rumit dan perlu perlakuan ekstra istimewa ya, saya blm pernah papsmear, jadi pengen segera periksa

  5. yang paling penting menurut aku jaga kebersihan daerah miss V sih ya bund, Karena kalau jarang ganti pakaian dalam dan jorok juga bisa menimbulkan penyakit.

  6. Kalo denger kata kanker tuh bawaanny ngeri aja. Udh takut duluan sebelum screnning. Padahal malah itu penting banget. Papsmear tuh sakit ga sih? Aku belom pernah nih bun

  7. Masya Allah perjuangan Bu Elly benar-benar WOW! Dia begitu tegar menghadapi berbagai cobaan. Ikhlaaaaas.

  8. Betul semua wanita harus waspada pada penyakit yang satu ini. Soalnya akan berakibat fatal jika sudah stadium akhir.

  9. Kantor saya hampir setahun sekali pasti mengadakan pemeriksaan papsmer untuk ibu².. bahkan utk istri para suami yg bekerja juga diperbolehkan untuk ikut..

    Semoga ke depannya semua ibu² bisa menjaga kebersihan dan kesehatan hingga berumur panjang mba

  10. Perempuan mesti aware dengan penyakit yang satu ini karena kaklau terlambat bisa mengancam jiwa, papsmear penting banget ya

  11. Aku lagi mau papsmear jd teredukasi habis baca ini. Ternyata memeriksa sejak dini memang lebih baik, jadi mengantisipasi segala peluang terjadinga kanker serviks ya

  12. Aku juga belum pernah papsmear, tapi masih ngeri bayangin prosesnya. Hehe. Tapi demi kesehatan, seharusnya enggak boleh takut, ya. Semoga segera ada keberanian dan kesempatan untuk tes papsmear.

  13. kl ada penyuluhan spt ini jd tau khusisnya wanita, pencegahan fan pemeriksaan sejak dini. Beberapa waktu lalu kl tdk salah ada program pemeriksaan gratis dr pemerintah bs cek kanker servik di puskesmas terdekat dan free. untuk vaksinnya memang mayan mahal, tp boleh dicicil.

  14. Mencegah lebih baik drpada mengobati

    Jadi oengen papsmear dehh

  15. Semoga kita sellau dilindungi Allah dari penyakit ini. Acara2 kayak gini jadi bikin aware dan tergugah buat rajin cek up dan juga melakukan vaksin ya mbak TFS

  16. Upaya pencegahan memang harus dilakukan sebelum diketahui sakit pada stadium lanjut, sedini mungkin dideteksi secara berkala. Apalagi juga sudah ada vaksinnya juga.

  17. Kalau untuk org desa, vaksin dg harga tersebut lumayan mahal. Untungnya di PKK ada progam pap smear walaupun tetep ada yg berani ada yg enggak. Asal jalani hidup sehat, gak gonta ganti pasangan, semoga kita dijauhkan dr kanker itu ya

  18. Semoga semakin banyak yg aware terhadap penyakit kanker serviks. Semoga ada vaksin lainnya juga untuk kanker lainnya. Semangat menjalani pola hidup sehat mbak.

  19. Aku udah pernah mammograf, tapi papsmear belum berani. Mahal gak ya mbak?

    Tapi sebagai perempuan yang sudah berhubungan sex secara teratur, papsmear itu wajib ya mbak. Duh doakan saya berani…

  20. Menjaga hidup sehat dan peduli akan benda kecil perlu banget ya mba. Tidak sembarangan pinjam gunting kuku maupun benda kecil lainnya

  21. Mendengar kata kanker serviks, saya ngerasa takut bin ngeri. Begitu banyak wanita yang meninggal karena penyakit yang satu ini.
    Tapi, saya masih takut melakukan pap smear. Takut ada apa-apa :((

  22. Penting banget buat jaga kebersihan organ intim..
    Terutama ketika haid..harus sering ganti pembalut..dan menjaga bagian V lembab dan berjamur..

    Duh kalo ngomongin penyakit ini berasa seram sendiri..

  23. Wah memang ini pengetahuan yang wajib tahu ya, unuk semua orang tak hanya untuk perempuan.

  24. Semoga dijauhkan dari berbagai penyakit
    Saya blm pernah papsmear
    Pengin jg nyoba
    Apalagi usia dah masuk kepala 4 ni
    Harus mmg ya

  25. Ternyyata penggunaan alat kontrasepsi dalam penggunaan lma dpt menyebbkn timbulnya kanker serviks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *