Peringatan HKN 53 untuk Indonesia yang Lebih Sehat

Ada yang unik di CFD Jakarta Minggu kali ini, sepanjang jalan MH Thamrin hingga ke Bundaran HI ramai dengan warga berseragam biru dongker.  Memang biasanya kawasan ini yang paling ramai setiap kali CFD.  Namun minggu kemarin tanggal 12 November 2017 jauh lebih ramai lagi. Apa pasal? ternyata ada rekor muri dalam peringatan hari kesehatan nasional yang ke 53.  Rekor muri tersebut adalah dalam bidang peserta senam peregangan terbesar se Indonesia. Sebenarnya peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 ini diadakan serentak pula di Indonesia. Senam peregangan kesehatan yang menjadi salah satu kegiatan menggencarkan gerakan masyarakat sehat diikuti oleh kurang lebih 120.000 orang.

Acara ini dibuka langsung oleh Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek. Sekretaris Jenderal Kemenkes Untung Suseni Sutarjo dan ketua pelaksana hari kesehatan nasional ke 53 bapak Usman Sumantri, bahkan wakil Presiden kita, Bapak Yusuf Kalla pun turut hadir pada ajang perayaan HKN yang ke 53 ini.

Bapak Yusuf Kalla turut berpesan, bila keluarga sehat maka negara akan sehat pula. Kenapa BPJS bisa defisit? karena banyaknya warga negara yang sakit. Bila rakyat Indonesia menjaga kesehatannya, mestilah negara ini pun akan menjadi negara yang kaya dan produktif.

Melalui peringatan hari kesehatan nasional ke 53 ini, yang mengambil tema sehat keluargaku. Tujuannya adalah untuk mengajak warga dan masyarakat di Indonesia untuk hidup sehat sesuai dengan GERMAS yakni gerakan masyarakat sehat. Yang isinya antara lain makan makanan bergizi, banyak makan buah dan sayur, rajin berolah raga, tidak merokok, dan memeriksakan kesehatan secara teratur.

Karena itulah di Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 ini, selain diadakan senam peregangan bersama. Dimana senam peregangan ini merupakan aktivitas fisik yang dapat menunjang kesehatan masyarakat. Juga diadakan lomba gerak jalan sehat bersama 23 tim dari kementrian dan lembaga.  Juga disediakan booth kesehatan yang tersebar di sepanjang jalan mh thamrin dan dapat diakses oleh masyarakat yang hadir secara gratis.

Tidak ketinggalan dalam mendukung nutrisi dan kecukupan serat dalam germas. Di acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 ini juga disediakan berbagai booth bazar yang menawarkan ikan, seafood, produk pertanian berupa buah dan sayur baik yang organik maupun hidroponik dengan harga terjangkau. Teman saya membeli udang kupas dengan ukuran yang cukup besar dan masih segar hanya seharga 45000 ribu rupiah.  Belum lagi ikan kembung yang masih sangat bagus kesegarannya hanya dibandrol 20.000 rupiah per bungkusnya. Sayangnya karena ingin mengikuti acara ini hingga selesai, saya memutuskan tidak ikut membeli. Karena khawatir ikan dan seafood tersebut mencari selama saya mengikuti acara. Mungkin lain kali bila kemenkes mengadakan acara serupa dan ada bazzar ikan segarnya lagi, saya akan mempersiapkan coolbox dari rumah.

Kemeriahan acara peringatan hari kesehatan Nasional tidak sampai disitu saja, ada juga lomba foto kesehatan yang bisa diikuti oleh para peserta CFD yang hadir. Dengan memfoto kegiatan on the spot warga berkesempatan mendapat hadiah berupa sepeda dan tensi digital.  Wuih seru banget kan. Kapan lagi sambil olahraga berkesempatan dapat hadiah.  Sayangnya aku belum beruntung menang di lomba ini, padahal foto yang kuambil termasuk bagus dan mendapat engagement dan impresion yang banyak di Instagram.  Ya nggak apa apa, yang penting sudah ikutan dan memeriahkan acara HKN 53 ini.  Semoga nanti di lain kesempatan diadakan kembali acara serupa. Kamu juga harus ikutan ya

5 Comments

  1. Jarang-jarang ya CFD ada bazar ikan, kalo aku disana pasti belanja tuh apalagi udang nya murah bgt. Semoga HKN berikutnya bisa ikut meramaikan

  2. Ide nya keren nih kementrian kesehatan, ga hanya cuap cuap soal hidup sehat aja tapi langsung praktek di acara CFD dengan senam peregangan dan bazaar bahan makanan segar…

  3. Seru banget. Senam bareng bu menteri.dan teteup ya namanya juga Mamak Mamak tak jauh jauh dari kegiatan belenjong alias belanja. Banyak bazaar soale ya dan yang dijual adalah makanan sehat seperti sayur, buah dan ikan.

  4. Bagus acaranya mengajak masyarakat tuk peduli dengan kesehatan, karena masih banyak masyarakat kita yang pola hidupnya gak seimbang. Contohnya banyak konsumsi karbohidrat tinggi gula dan lemak tapi rendah serat. Belum lagi aktifitas fisik yang kurang. Yuuk ah kita bergerak bersama GERMAS. Makasih sharingnya ya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *