Pertimbangan saat memilih kipas angin

Rumahnya strategis mbak, puji bapak driver taksi online padaku tadi sore, saat mengantarku menuju stasiun cibinong. Memangku akui rumah kami di Cibinong ini posisinya cukup strategis, dekat akses tol, terminal dan stasiun kereta. Belum lagi dekat dengan sekolah dan rumah sakit.

Sayangnya karena suami masih kerja di Jakarta barat, kami belum bisa menempati rumah di cibinong secara full time. Hanya sesekali berkunjung dan menginap disana setiap menjelang weekend atau akhir pekan. Karena itu jugalah perabotan besar belum kami pindahkan dari rumah di fatmawati. Mesin cuci, lemari es, meja makan dll belum satupun yang diajak pindah.

Memang sih kalau musim penghujan suhu di Cibinong jadi sejuk sekali. Ya standar lah hampir di tiap kota juga begitu. Namun bila musim panas tiba, beew hareudang pisan. Nah saya belum memboyong air conditioner ke rumah yang baru. Karena di Jakarta jauh lebih panas kalau bukan musim hujan.

Berterima-kasihlah kepada Doraemon sebagai penemu baling baling bambu. Ups bercanda, maksudnya thanks untuk Mister Schuyler Skaats Weeler yang menemukan kipas angin listrik pertama kali pada tahun 1882. Setelah 1000 tahun lebih penemuan weeler pun semakin berkembang dengan berbagai model dan fitur fitur kekinian.

images (1)

Berbicara soal membeli kipas angin, ada beberapa pertimbangan yang biasanya dipilih oleh kebanyakan ibu rumah tangga. Dari hasil survey kecil kecilan saya di sosial media. Beberapa alasan orang dalam memilih kipas angin adalah sebagai berikut.

1. Ukuran dan jenis

Yang dimaksud ukuran dan jenis disini adalah deskfan atau wallfan atau standfan. Ternyata banyak ibu ibu yang lebih memilih standfan untuk diruang tamu, dan deskfan untuk diruang tidur.

2. Merk

Merk tertentu dipercaya terkait dengan inovasi dan masa pakai sebuah produk. Jadi setelau melihat no 1, yang kemudian dilihat adalah merknya.

3. Penggunaan Daya listrik.

Tentu saja semenjak TDL naik, banyak IRT yang semakin awas terhadap penggunaan daya listrik di rumah mereka. Elektronik yang wattnya rendah alias hemat listrik lebih disukai.

4. Harga

Ono rupo ono rego, kalau memang barangnya bagus, merknya pun diminati. Dan jaminan tahan lama, harga sedikit tinggi tidak masalah. Apalagi kalau dapat barang dengan harga yang lebih murah. Pucuk dicinta ulam pun tiba.

Ngomong ngomong soal kipas angin, aku sempat kesulitan loh membeli di pasar secara langsung. Ibu rumah tangga penganut paham prinsip ekonomi garis keras sepertiku ini, menjunjung tinggi membeli produk yang berkualitas, fungsional, harga terjangkau dan ga pake capek.

Coba disini siapa yang kalau ke pasar, niatnya membeli A yang dibeli malah B-Z?. Belum lagi yang nggak berani menawar?. Kemudian yang sibuk tingkat dewa?  Mana sempat ye kan harus ke toko/pasar.  Atau yang punya bayi dan anak yang masih piyik.  Bew repot kalau harus keluar rumah bawa pasukan. Kalau begitu membeli dengan cara online bisa jadi salah satu solusi untuk kamu.

Karena itulah dimasa digital seperti sekarang ini. Membeli secara online patut menjadi pertimbangan yang ke lima, karena apa?. Membeli secara online artinya mendapatkan waktu lebih untuk memilih milih produk yang diinginkan, mengamati dan menyesuaikan fitur.  Membandingkan harga antara produk yang satu dengan yang lain,  bila beruntung seringkali ada promo diskon. Anti laper mata,  dan terhindar dari membeli yang tidak dibutuhkan.   Nah kalau kamu sedang ingin membeli kipas angin dalam waktu dekat. Coba tengok penawarannya di MatahariMall.com deh!

3 Comments

  1. Alasan membeli kipas angin nya sama seperti saya. Pernah punya keinginan beli rumah di Bogor, Cibinong, atau Bekasi tapi mikirnya kerja suami jadi jauh. Apaboleh buat di Jakarta saja walau lahan sempit.

  2. Aku suka ga kuat dengan kipas angin Mba. Seperti menusuk dalam tulang anginnya. Soalnya angin cuma dari satu arah jadi ngappp.

  3. Kipas angin jadi wajib tuh dikamar, apalagi tuk cuaca Jakarta ya. Lain kalo pas lagi musim hujan rada lumayan deh ga terlalu panas. Tapi untuk saya pribadi sih kipas ga begitu penting karena memang ga suka, cuma kalo untuk anak2 yah kasihan juga klo pas udara panas ga ada kipas angin. Makasih tuk tipsnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *