Sekarang Zamannya Investasi Mudah Lewat Aplikasi Digital

“Kamu sebenarnya profesinya apa sih fik?  Jualan lakban iya,  buka po pempek juga iya,  ngajar les matematika juga iya, kadang kadang blogger juga iya? Emangnya gaji suamimu nggak mencukupi yak? “

Pertanyaan pertanyaan itu sering diajukan oleh teman teman.  Yang mengenalku dan suami pasti tahu kalau penghasilan bang fachrie itu sudah lebih dari cukup untuk hidup nyaman di Jakarta.   Catat loh ya di Jakarta.  Tapi kok aku kayak setan gila uang ya,  masih jualan ini jualan itu.  Kerja ini kerja itu.  Ah andai kalian tahu teman,  penghasilan kami ini tidak hanya untuk dinikmati berdua saja.  Kami juga harus mensupport keluarga lainnya.  Makanya itu harus kerja super keras supaya semua bisa kebagian.  Hitung hitung tabungan akhirat.  Betul tidak?

Nah selama ini aku dan suami sudah cukup konsisten untuk menabung tiap bulannya,  walaupun untuk dana darurat kami baru mulai memikirkannya beberapa bulan lalu. Sayangnya karena kondisi perekonomian sekarang yang cenderung flat.  Aku merasa kalau pengeluaran jadi jauh lebih besar.  Investasi yang kulakukan dengan cara berdagang pun tidak menunjukkan peningkatan yang spesifik.   Kami juga berencana menambah jenis investasi baru dengan memanfaatkan tabungan.  Cuma belum terfikir mau investasi seperti apa.

Kebetulan sekali,  Minggu 22 0ktober kemarin saat mengunjungi ICE BSD.  Ada acara mandiri edukasi loh. Aku ingat dulu pernah ikut juga di Salah satu mall besar di Bekasi.  Melihat tema talkshownya menarik. Aku jadi berminat untuk ikutan.  Pas pula,  acara ini terbuka untuk umum,  dan siapapun bisa ikutan. GRATIS LOH.

Bocoran dari Mc,  acara Mandiri edukasi ini sudah diadakan lebih di 15 kota di Indonesia dan telah diikuti 2598 orang. Rangkaian acara ini diadakan sebagai komitmen Bank Mandiri untuk meningkatkan literasi dan pemahaman masyarakat Indonesia mengenai financial atau keuangan.

Yang serunya lagi,  di acara kemarin itu selain pengisi acaranya adalah para expert di bidangnya,  juga ada publik figure loh.  Tahu kan Achmad Gozali? Financial konsultan yang terkenal dengan buku berjudul Habiskan saja gajimu.  Ada juga mbak Ivy Batuta yang cantik.  Dan Bapak Mauldy Rauf Makmur selaku Head Of Corporate Secretary Pt. Mandiri Investasi yang nantinya akan menjelaskan mengenai aplikasi moinvest salah satu terobosan terbaru untuk membeli reksadana tanpa ribet.

Sebelum acara talkshow dimulai,  para pengunjung yang datang terlebih dahulu diajak menyaksikan cooking demo oleh chef Billy Kalangi.   Kata chef Billy dua menu yang akan dibuatnya hari ini tidak mahal dan juga sehat.  Burger chickpeas keju dan greek mango yogurt adalah menu yang didemokan oleh Chef Billy.   Saya salah satu penguniung yang beruntung loh guys,  karena berkesempatan maju ke atas panggung untuk membantu chef Billy membuat burger.   Burgernya unik,  karena roti bun nya terbuat dari alpukat,  dan pattynya terbuat dari chickpeas atau kacang arab. Sayang aku nggak kebagian icip icipnya,  karena sudah kehabisan, banyak pengunjung yang antusias pingin cicip juga.  Hahahha ya sudah kapan kapan aku bikin sendiri deh,  resepnya mudah dipraktekan.

Nah setelah icip icip dan nonton cooking demo,  sekarang materi yang dinanti nanti pengunjung.  Yakni Cara cerdas berinvestasi di pasar modal.  Dimulai dengan curhatan Ivy Batuta,  bahwa sebagai seorang ibu dan manajer keuangan keluarga harus pandai pandai mengatur keuangan.  Ivy membagi pengeluarannya dalam beberapa hal kategori penting.  Yang pertama membayar kewajiban cicilan,  yang kedua sedekah dan infak.  Yang ketiga biaya bulanan,  yang keempat tabungan. Nah sayangnya kata mbak Ivy, jatah untuk tabungan seringkali tinggal sedikit karena sudah sisa sisa pengeluaran.

Mas Achmad Gozali pun memberikan beberapa tips seputar financial planner.

1. Tiap orang memiliki pengeluaran prioritas yang berbeda,  jadi carilah sistem perencanaan keuangan yang pas bagi diri masing masing.

2.  Ubah mindset.  Selama ini kita mengeluarkan uang secara terpaksa, sekarang kita mengeluarkan uang dengan hati yang bahagia.  Karena walau bagaimanapun pasti kita tetap harus mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan kita.

3. Pay for God first, maksudnya rezeki yang kita dapatkan kita sisihkan sebagian untuk zakat,  infak dan sedekah.  Ini sebaiknya dikeluarkan pertama setelah menerima penghasilan.

4. Saving before shopping,  jadi menabunglah dulu sebelum berbelanja. Sehingga kita tahu berapa kemampuan dana belanja kita setelah kita sisihkan untuk ditabung.  Supaya nggak bablas kata mas Ahmad Gozalinya.

5. Habiskan saja gaji/penghasilanmu. Kalau tujuan menghabiskan,  pasti semua orang mau.  Yang penting dihabiskan di jalan yang benar.  Salah satunya melalui investasi.

6. Semua Investasi itu nggak ada yang salah,  yang salah itu orang yang menjalankannya.  Cth investasi bodong. Yang membuat investasi itu jadi bodong kan karena orang yang berniat menipu orang yang berinvestasi melalui dia. Karena itu bijak dan hati hatilah memilih jenis investasi.

Nah ngomong ngomong soal investasi nih guys,  giliran Bapak Mauldy R. Makmur dari Pt.  Mandiri Investasi nih yang memberikan informasi.  Kebetulan aku dulu pernah mendapat materi dari beliau mengenai perencanaan keluarga. Boleh loh baca disini : 5 langkah mengelolah keuangan keluarga mapan sejahtera

Kembali lagi ke Investasi, Pak Mauldy menginformasikan salah satu jenis investasi yang mudah, tidak ribet, aman, menghasilkan dan mudah dicairkan adalah reksadana.  Memang banyak jenis investasi, namun reksadana menjadi salah satu solusi investasi jangka pendek dan bisa juga solusi investasi jangka panjang, tinjau dulu tujuan berinvestasinya apa?.  Karena sejatinya berinvestasi itu untuk menunda konsumsi namun supaya nilainya tidak berkurang (karena adanya invlasi) bila hanya disimpan saja, lebih baik uangnya diinvestasikan.

Reksadana adalah wadah yang digunakan oleh  perusahaan manajer investasi untuk menghimpun dana kolektif para pemodal, yang kemudian dana tersebut oleh manajer investasi diinvestasikan dan direinvestasikan ke portofolio efek (saham, obligasi dan pasar uang).  Melalui aplikasi moinvest yang bisa didownload di playstore.  Membuat beberapa kelebihan membeli reksadana secara digital. Yakni sebagai berikut :

1. Reksadana dapat dibeli secara online dan dijual kembali melalui aplikasi moinves
2. Dana untuk reksadana tidak perlu besar, cukup 50.000 dan dapat di top up hanya dengan 50.000
3. Lakukan secara berkala
4. Bisa dicairkan setiap hari
5. Ibarat nasi goreng, membeli investasi pada perusahaan yang terpercaya membuat kita tidak perlu repot untuk mengurus dan memantau reksadana yang kita beli. Apalagi PT. Mandiri Manajemen Investasi menjadi peringkat ke 2 dari 10 top perusahaan Manajer Investasi di Indonesia dan sudah memiliki banyak link ke market leader.

Wah ternyata berinvestasi di zaman sekarang mudah banget ya, tinggal download aplikasinya, daftar, kemudian beli deh produknya. Alhamdulillah acara kemarin benar benar memberikan wawasan baru mengenai jenis investasi lainnya.  Aku sih yess. Kalau kamu gimana?

19 Comments

  1. Jaman sekarang mau nabung atau investasi udah gampang ya, kalau dulu pake celengan ayam hhehhee..

    Btw aku dari kemarin mau buka reksadana tapi nggak jadi-jadi, padahal udah sampe konsultasi ama temen yang wartawan ekonomi hhahhaha

  2. Setuju banget! Aplikasi digital sudah macem macem, salah satunya investasi ya. Tapi sekali lagi sih menurutku, yang namanya investasi harus dipelajari keuntungan dan kerugiannya. Penyedia layanan harus memberikan informasi lengkap dan jelas kepada calon pelanggan. Calon nasabah juga harus belajar bener bener sebelum memutuskan

  3. Sekarang mah udah gampang banget buat nabung. Gak lagi dipersulit dengan segala keribetannya. Dulu mah widya nabung di celengan ayam jago. Sekarang mah udah praktis banget ada aplikasi digitalnya 😀

  4. berinvestasi zaman sekarang makin gampang ya, tinggal kitanya aja yang mau investasi atau ga, hu um.

  5. Sungguh banyak sekali pilihan yang ditawarkan oleh sebuah investasi di jaman sekarang ini, salah satunya adalah investasi saham atauapun emas yang makin banyak dipilih orang untuk investasi.

    Namun, investasi dalam reksadana pun mulai dilirik oleh orang-orang karena kemudahannya. Dan jika utk investasi jangka panjang, tentu saya akan memilih berinvestasi pada tanah ataupun emas.

  6. Keinginan memiliki masa depan yang baik pastinya jadi keinginan semua orang. Kadang bekerja tak mengejar materi semata, tetapi jika untuk eksistensi diri dan kepuasan batin bisa berkarya.

    Keinginan tersebut hal yang wajar, salah satu caranya dengan berinvestasi. Tak perlu repot datang ke bank, tinggal buka smartphone dan sudah bisa mulai berinvestasi di Mandiri Investasi. Teknologi memang memudahkan kehidupan kita, termasuk memudahkan investasi.

  7. Aku beberapa bulan terakhir ini udah nerapin pay for god first, tapi belum ke poin 4. Biasanya aku belanja dulu terus nabung. Hahaha. Makanya tabungan ya segitu2 aja
    Inshaa Allah akan aku perbaiki sistem keuanganku
    Sembari belajar mengurus keuangan keluarga nantinyaaa 😊😊😊

  8. Ah bener nih, pay God first, ya. Jd diingatkan harus bersyukur atas kebaikan-Nya 🙂

  9. Betuul…berinvestasi zaman sekarang memang mudah. Tinggal download aplikasinya, daftar kemudian beli produknya. Serba mudah dan praktis ya…

  10. Aku fokus ke point ubah mindset habiskan uang dgn bahagia jgn trpaksa. Tapi habiskannya dgn cara yg cerdas ya mba, jgn buat dhambur2kan.. Hhe
    Aku pernah jg nih ikut acara mandiri edukasi dan materinya emang Bagus sih buat ngatur keuangan kita.

  11. Kedengarannya Reksadana begitu menggiurkan… Tapi kudu dipelajari sampai paham banget.., jangan sampai cuma2 ikut2tan..

    Bener..banget kadang belanja..jadi ngedumel..belanja kebutuhan dapur lagi nih..uang keluar deh.. namanya kebutuhan terpaksa dibeli…#nahkan.. terpaksa judulnya 😀

  12. sekitar 3 bulan belakangan ini saya udah mulai mencoba poin nomor 4. Khusus poin 5 dan 6, jujur masih bingung nih mbak fika untuk investasi reksadana atau deposito yah,?

  13. betul banget sekarang sudah sangat dimudahkan banget untuk investasi dan menabung. Semuanya serba digital sama halnya reksa dana programnya bagus banget tuh melatih kita untuk nabung dan nabung untuk masa depan.

  14. Reksadana likuidasinya sekarang cepet ya? Suamiku bilang 2-3 hari tuh, wkwk. Kalau masalah ginian, walaupun ada aplikasinya, jujur aku gak paham. Kuserahkan semua pada suami. Haha

  15. Menabung dulu sebelum belanja!!! Duhhh ini banget yang kudu ditulis besar-besar dan ditempel di setiap dinding rumah 😂 apa lagi pas online dan tergoda ol shop 😭😭😭

  16. Jaman now mau apa pun mudah, simpel, dan gak pakai ribet, ya. Termasuk kalau mau investasi sekali pun. Padahal, investasi dulu kayaknya susah banget.

  17. Hahaha kucoba bermain reksadana namun kayaknya kurang kuminati sih, entah kenapa ga tau.. Penambahan dari suku bunga tiap bulannya kecil banget ya..eh tapi emang fluktuasi sih. Mungkin saat ini lebih nyaman nabung konvensional seperti umumnya.

  18. Investasi itu penting.. Dan pay for god first itu utamakan juga yaaaa…

    Sekarang juga lagi belajar investasi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *