Sinarmas 79 tahun bersama Rakyat INDONESIA

Sumber : twitter @sinar_masID
Sumber : twitter @sinar_masID

Sebelum film dimulai, sering sekali muncul extra, heheehh saya sih menyebutnya extra. Padahal itu adalah iklan yang berisi cuplikan trailer film film coming soon, dan iklan layanan masyarakat.  Salah satu iklan yang saya perhatikan adalah iklan Sinarmas. Di cuplikan tersebut nampak sekali kalau, hubungan antara karyawan sangat harmonis, juga hubungan antara karyawan dan masyarkat sekitar juga harmonis.  Bagaimana mereka saling menyapa, sholat berjamaah, saling tersenyum saat bertemu, makan bersama dengan keluarga masing masing. Seakan memberikan informasi bahwa seharusnya seperti itulah hubungan kita dengan sesama, yakni saling perduli.

Mungkin banyak dari kita yang sudah tahu apa itu SINARMAS GROUP, namun pasti banyak yang belum tahu kalau sinarmas group ternyata sudah berusia 79 tahun saat ini. Bermula sejak tahun 1938 Eka Tjipta Widjaja mendirikan Sinarmas Group. Sekarang selama 79 tahun berkontribusi di masyarakat melalui 6 pilar bisnis yang dijalankan oleh Sinarmas Group sudah memberdayakan 380.000 karyawan.  Apa sajakah ke 6 pilar bisnis sinarmas?

1. Pulp dan Kertas

Asia Pulp & Paper (APP) berkembang sejak tahun 1972, awal berdirinya masih bernama Pt. PABRIK KERTAS TJIWI KIMIA. App ini memproduksi kertas dan produk turunannya. Dengan kapasitas produksi hingga 12 juta ton per tahun, menjangkau 120 negara di 6 benua. Salah satu produk kebanggaan dari APP adalah kertas halal untuk alquran dan foopak. Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas meraih penghargaan Eco Product International Fair 2016 (EPIF) di Bangkok, Thailand, sebagai salah satu perusahaan yang memiliki proses produksi paling ramah lingkungan. APP merupakan satu-satunya perusahaan Indonesia yang pernah meraih penghargaan ini.

Foopak, sumber twitter @sinar_masid
Foopak, sumber twitter @sinar_masid

2. Agribisnis dan Pangan

Golden Agri-Resources Ltd (GAR) yang berdiri pada tahun 1996. Merupakan anak perusahaan Sinarmas yang berdiri sebagai pilar bisnis yang kedua. Pengelolaan industri sawit terintegrasi menjadikan GAR senantiasa mengedepankan efisiensi, produktivitas, kualitas dan juga keberlanjutan di setiap rantai produksi. Seperti halnya di sektor hulu, GAR juga terus memperkuat kehadirannya di sektor hilir dengan dukungan kekuatan rantai logistik, distribusi, hingga ke variasi jenis produk, agar mampu memenuhi peningkatan jumlah dan ragam kebutuhan konsumen global.

Sumber twitter @sinar_masID
Sumber twitter @sinar_masID

3. Pengembang dan Real Estate

Sinar Mas Land adalah salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam produk, mulai dari kota mandiri, perumahan, kawasan komersial dan industri, hotel hingga resor wisata, yang tersebar tidak saja di Indonesia, tapi juga di Asia hingga Eropa. Salah satu contoh hasil dari pilar ke 3 ini adalah kawasan ICE BSD.

Sinarmas Land
Sinarmas Land

4. Layanan Keuangan

Sinar Mas melalui PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) menyediakan berbagai layanan keuangan bagi nasabah korporasi – termasuk pula usaha mikro, kecil dan menengah – maupun perorangan melalui sejumlah anak perusahaan yang dinaunginya. Menjangkau masyarakat dengan layanan berkualitas global di sektor perbankan, asuransi, pembiayaan nasabah, serta manajemen aset, dengan dukungan layanan terpadu dan solutif, sekaligus mendorong jangkauan keuangan inklusif bagi masyarakat luas.

5. Komunikasi dan IT

Sinar Mas menyediakan layanan telekomunikasi melalui PT Smartfren Telecom Tbk dengan mengandalkan teknologi 4G LTE Advanced pertama di Indonesia, yakni sebuah teknologi jaringan nirkabel tidak membedakan jaringan GSM ataupun CDMA, dengan menggabungkan dua atau lebih saluran radio (spektrum) untuk mendapatkan kecepatan yang lebih baik.

6. Energi dan Infrastruktur

Sinar Mas bergerak pula dalam penyediaan energi listrik, pertambangan batu bara, infrastruktur, bahan kimia, perdagangan ritel dan multimedia, sejak tahun 1998 melalui PT Dian Swastatika Sentosa Tbk dan sejumlah perusahaan di bawah naungannya. Diawali dengan memasok kebutuhan energi bagi fasilitas produksi pilar bisnis pulp dan kertas di lingkup Sinar Mas, kini perseroan memperluas jangkauan layanan dengan memasok pula kebutuhan listrik bagi masyarakat.

Dari berbagai 6 pilar bisnis yang dijalankan Sinarmas Group,  setidaknya ada beberapa yang sangat dekat dengan kehidupanku sehari hari,  diantaranya produk produk yang dihasilkan oleh Sinarmas Group.  Sebagai kontribusi Sinarmas Group kerap aktif melakukan Inovasi,  dan juga CSR sebagai bukti keterlibatan Sinarmas Group untuk kepentingan rakyat Indonesia.  Beberapa kontribusi Sinarmas sebagai berikut.

Trade Expo Indonesia

Trade Expo Indonesia 2017
Trade Expo Indonesia 2017

TEI ini akan berlangsung mulai dari kemarin tanggal 11 oktober 2017 hingga 15 oktober 2017. Berlokasi di ICE BSD, sebuah kawasan bisnis di Indonesia yang merupakan salah satu contoh properti milik Sinarmas Land.

Trade Expo Indonesia adalah pameran perdagangan bussines to bussines yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pengembangan Ekspor Nasional. Pameran Trade Expo Indonesia menampilkan lebih dari 300 produk unggulan Indonesia.  Sinarmas Group sendiri menampilkan produk produk unggulan mereka,  seperti kertas sinarline,  produk minyak goreng filma dan kunci mas,  produk butter,  hingga desa makmur peduli api yang merupakan salah satu CSR Sinarmas Group

CSR Sinarmas Group

 A. DPMA – Desa Makmur Peduli Api

Pict source twitter @sinar_masid
Pict source twitter @sinar_masid

Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas membuat program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani lokal sekaligus bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup. Selain itu, juga diperkenalkan program pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan secara terpadu yang disebut dengan Integrated Fire Management (IFM). Program ini antara lain mulai dari pembentukan Regu Pemadam Kebakaran (RPK) mandiri, penggunaan teknologi modern, hingga kelengkapan infrastruktur dan peralatan yang memadai.

B. Wakal Al Quran

Tidak seperti kebanyakan jenis kertas, Qur’an paper (QPP) dikembangkan mengedepankan aspek halalan toyyiban atau produk yang halal dan baik. Sebuah produk halal terjadi lewat rangkaian proses panjang. Halal  bahan baku yang dipakai, halal proses pembuatan dan peralatan yang digunakan serta halal pula proses penyimpanannya. Mulai dari mesin yang harus terbebas dari najis. Demikian pula dengan dalam penggunaan bahan baku. Karena barang yang baik harus dihasilkan melalui proses yang baik, terlebih lagi akan digunakan untuk mencetak Al-Quran yang berisikan kalam atau firman Allah SWT.

Qur’an paper (QPP) Sinar Tech yang diproduksi oleh PT. Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang Mill, merupakan kertas berwarna dengan tekstur halus berikut daya serap tinta yang baik serta tingkat pencerahan warna yang maksimal. Dengan desain khusus untuk bahan dasar kitab suci Al-Qur’an, yang memiliki spesifikasi High Smoothness, dengan tingkat kehalusan sangat tinggi, High Opacity, yang menjadikannya tidak berbayang meski dicetak bolak-balik, High Average, dimana pori-pori kertas menyebar secara merata yang menjadikan setiap titik dan huruf Al-Qur’an dapat tercetak maksimal di setiap bagiannya. Meski halus, namun QPP sanggup mendukung percetakan hingga 15.000 lembar per jam dengan ketahanan kertas dan wana kertas yang mampu bertahan hingga 100 tahun dalam pemakaian normal. Kehalalan dan berbagai kelebihannya terjamin, melalui sertifikat Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ISO 9706 yang telah dilabelkan kepada produk QPP Sinar Tech. Sustainable business practice mendorong Asia Pulp Paper (APP) menyikapi hal ini tidak sekadar dari sisi ekonomi semata, namun juga melalui sisi sosial Wakaf Al-Qur’an menjadi salah satu solusinya.

Sejak tahu bahwa Sinarmas App memproduksi kertas halal.  Saya jadi mencari informasi mengenai program wakaf Al quran.  Ternyata Sinarmas juga turut membantu program CSR dibidang ini. Program wakaf ini sudah berjalan sejak tahun 2008 dan kita sekarang masih bisa turut serta,  karena penyaluran wakaf quran juga dilakukan Sinarmas sepanjang tahun 2017. Caranya adalah Upload foto mu dengan memegang tulisan “Al-Quran untuk Indonesia, Produk Indonesia Jatidiri Bangsa”  dengan hashtag #BanggaIndonesia dan #QuranUntukIndonesia me-mention Instagram @Sinar_MasID & @Asiapulppaper.

Sebenarnya masih banyak lagi kontribusi Sinarmas selama 79 tahun berkembang bersama Rakyat Indonesia. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa cari tahu melalui sosial media Sinarmas disini

Facebook : Sinarmas

Instagram : @sinar_masID

Twitter : @sinar_masID

3 Comments

  1. Baru tahu kalau pabrik kertas Tjiwi Kimia satu grup dengan Sinarmas. Dari saya SD pakai buku tulis Tjiwi kimia memang kualitasnya bagus, ga nyangkanya sudah 79 tahun tenyata Sinarmas jauh lebih tua dari kita.

  2. Wah baru tau ternyata ada kertas yang ga halal juga ya? Patut diteladani perusahaan sinar mas ini ya, sampe sedetil itu pun diperhatikan.

  3. Sinar Mas ini banyak anak usahanya salah satunya perkebunan. Suami dulu sempat di perkebunan milik sinar mas ini. Sinarmas ada juga pendidikannya ya. Lengkap ya. Semoga semakin berkarya Sinarmas ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *