Smartphone dengan Kamera Terbaik : Oppo F3 Plus FCB vs Xiaomi MI 5X, Mau Pilih yang Mana?

source : oppo.com
source : oppo.com

Awal Agustus 2017, dua perusahaan smartphone asal Tiongkok meluncurkan produk terbaru dengan fitur fotografi berkualitas tinggi. Oppo harus menghadapi pesaing beratnya, Xiaomi. Beberapa waktu lalu, Oppo sukses memasarkan seri F3 Plus. Kini, menghadirkan F3 Plus FCB (FCBarcelona) dalam jumlah terbatas. Baru dibuka pemesanannya di Indonesia; ponsel cerdas itu terjual lebih dari 300 unit.

Itu pun hanya butuh waktu 12 jam. Fantastis, bukan? Namun, Oppo kalah start dari Xiaomi yang lebih dulu merilis MI 5X di akhir Juli lalu. Ponsel pintar ini laris manis di pasaran, bahkan sampai sekarang.

Source: newsrar.com
Source: newsrar.com

Hal itu dipengaruhi dua faktor; harga dan spesifikasi. Apalagi menawarkan kamera high quality. Tidak menutup kemungkinan, penggunanya bertambah di bulan ini.

Lalu, benarkah fitur Xiaomi MI 5X mampu melebihi smartphone high-end sekelas Oppo F3 Plus FCB? Ini fakta perbandingannya!

Kamera

Source: pixabay.com
Source: pixabay.com

Popularitas Oppo sebagai smartphone yang mengutamakan kualitas kamera, kembali dibuktikan lewat merek ini. Dengan mengusung selfie expert, lensa pertama dibekali sensor 16+8 MP. Tidak ketinggalan, terdapat teknologi ultra-wide untuk memberikan angle luas tanpa efek distrosi. Sementara itu, kamera belakang 13 MP dilengkapi autofocus, LED flash, dan aperture f/2.2.

Baca : Yuk Bikin Video Masak Sendiri

Tak kalah dari Oppo, Xiaomi MI 5X tampil menawan dengan dual camera 12+12 MP di bagian belakang. Karena itulah, bisa menghasilkan gambar seperti kamera DLSR. Efek depth-of-field yang diberikan; menciptakan hasil fotografi paling memukau. Terlebih didukung kamera depan 16 MP. Agaknya, Xiaomi  MI 5X memang lebih unggul daripada Oppo F3 Plus.

Baca : 8 Secret Key For Grow Youtube Channel by Yonna Kairupan

Kapasitas RAM dan Memori Internal

Soal memori dan RAM, kedua merek smartphone ini seimbang. Baik produk Oppo, maupun Xiaomi, dipacu RAM 4 GB. Kapasitas tersebut sangat mumpuni untuk membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Dipastikan tidak menimbulkan efek loading lambat atau kerusakan sistem. Pun dibekali memori internal 64 GB yang mampu menampung beragam platform digital dan file.

Baterai

Source: pixabay.com
Source: pixabay.com

Oppo F3 Plus FCB dan Xiaomi MI 5X melengkapi ponsel dengan baterai Li-ion non-removable. Namun, kapasitas 3.300 mAh dimiliki Oppo sehingga lebih unggul satu tingkat. Sementara Xiaomi mengandalkan 3.080 mAh sebagai penyokong kekuatan smartphone.

Teknologi fast charging dibenamkan pada ponsel Xiaomi MI 5X.  Dengan demikian, mengisi daya baterai lebih cepat dua kali lipat dibandingkan merek Oppo F3 Plus. Inilah yang membuat Xiaomi mendapatkan satu poin lagi. Jadi, tetap mengejar keunggulan brand Oppo.

Display Ponsel

Persaingan Oppo F3 Plus FCB dan Xiaomi MI 5X semakin ketat dengan menghadirkan layar tipe IPS beresolusi 1080 x 1920 piksel. Kerapatan 401 ppi menampilkan kualitas gambar yang tajam. Dilengkapi corning gorilla glass, antarmuka ponsel tahan gores dan tidak mudah pecah. Sayangnya, kedua smartphone ini masih membutuhkan penerang tambahan karena tingkat kontrasnya kurang maksimal.

Desain dan Ukuran

Source: oppo.com
Source: oppo.com

Sama-sama berukuran 5,5 inci dan berbodi metal, Oppo F3 Plus dan Xiaomi MI 5X bersaing dari sisi desain. Oppo tampil memukau dengan logo Barcelona berlapis emas 18 karat. Meskipun hanya menawarkan merah, warna tersebut tampak memikat. Sementara rivalnya, menyediakan tiga pilihan; rose, gold, dan black.

Sistem Operasi

Xiaomi MI 5X memasang OS Nougat versi 7 atau Android N. Sistem operasi ini lebih canggih daripada Marshmallow yang dibenamkan pada Oppo F3 Plus FCB. Beberapa fitur mengalami penyempurnaan sehingga performa dan kinerjanya semakin optimal. Contoh transformasinya; fitur doze, multi-window, direct reply, dan notification.

Meski begitu, kedua sistem operasi tersebut mendukung koneksi semua jaringan, khususnya 4G. Untuk mengaktifkan 4G LTE, boleh menggunakan operator apa pun, misalnya Telkomsel. Kini, tersedia SIM card Telkomsel 4G LTE yang dapat diaktifkan secara otomatis. Jika membutuhkan isi ulang, bisa membeli paket internet Telkomsel dari Traveloka di halaman ini.

Konektivitas

Source: pixabay.com
Source: pixabay.com

Oppo F3 Plus dan Xiaomi MI 5X  dibekali hotspot, GPS-A GPS support, bluetooth, dan WiFi direct. Pun tersedia koneksi data seluler berkecepatan ekstra. Anda bisa menggunakan jaringan 2G, HSPA, 3G, atau 4G dengan kuota internet Telkomsel. Paket tersebut dapat dibeli melalui konter atau agen pulsa online, seperti Traveloka.

Baca : Membeli Mobil Bekas dan Asuransi, Lebih Mudah Secara Online

Kinerja Processor

Oppo F3 Plus FCB dan Xiaomi MI 5X tidak hanya dibekali bodi menawan, tetapi juga chipset tangguh. Oppo dengan Mediatek MT6750T, sedangkan Xiaomi dipacu Qualcomm Snapdragon 625. Dilihat dari sisi efesiensi, Snapdragon jelas lebih mumpuni. Namun, kekuatan keduanya nyaris seimbang tatkala dilengkapi CPU Octa Core Cortex A53.

Harga

Source: pixabay.com
Source: pixabay.com

Oppo F3 Plus FCB siap-siap tersaingi dari sisi harga. Pasalnya, untuk mendapatkan Xiaomi, hanya butuh 3 juta rupiah. Sementara itu, Oppo F3 Plus FCB dibanderol 4 jutaan rupiah. Bisa dikatakan, merek Xiaomi menjanjikan smartphone tingkat premium yang ramah kantong.

Demikian ulasan mengenai ponsel cerdas besutan perusahaan asal negeri tirai bambu. Sampai saat ini, kedua merek tersebut masih diandalkan sebagai smartphone selfie terbaik. Apa pun brand yang Anda pilih, kualitas data seluler harus diperhatikan supaya bisa mengunggah foto ke media sosial. Salah satu solusinya, yaitu dengan menggunakan paket internet Telkomsel. Harga kuotanya murah, koneksi pun lancar.

1 Comment

  1. dulou xiaomi kameranya paling bagus sih
    tapi sekarang oppo juga makin mantep
    sayang klo xiaomi cepet panas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *