Membeli Mobil Bekas dan Asuransi, Lebih Mudah Secara Online

Sebagai online seller yang menjual aneka perlengkapan kantor, dan alat masak secara online, sudah dipastikan saya dan keluarga familiar banget dengan aktivitas transaksi online ini. Jangankan sepatu dan baju, segala paku dinding, pukul besi, tangga, lemari pakaian, matrass, bahkan sambel pete pun, kami beli secara online. Beneran deh belanja online itu, sekarang bukan lagi perkara nyari barang unik, tapi sudah solusi dari kesibukan sehari hari. Kalau bisa klik klik pakai jari kenapa harus repot mondar mandir menelusuri toko untuk mencari kebutuhan pribadi.

Ayah mertua saya yang usianya sudah 68 tahun, 2 tahun yang lalu membeli mobil bekas melalui situs mobil123.com. Bayangin deh kakek kakek umur segitu saja bisa order, trus cod dan akhirnya membeli sebuah mobil bekas untuk mereka (ayah dan mama) jalan jalan. Menggantikan mobil mereka yang sebelumnya sudah dijual dan dipasang iklannya pun di website mobil online. Artinya transaksi jual beli mobil secara online ini merupakan aktivitas yang sangat mudah. Lah itu buktinya ayah saya yang kakek-kakek pun dapat melakukannya. Cuma berbekal android pemberian suami, ayah mencari mobil sesuai kategori yang beliau inginkan, berapa lama usia mobil, daerah penjualan dan harga sesuai uang cash yang ayah punya.

IMG-20170916-WA0014-01

Kebetulan saya kemarin baru saja ikut acara dari mobil123, msig asuransi dan bluebird caready. Di acara tersebut banyak dibahas mengenai memilih mobil bekas dan membeli asuransi secara online.  Saya merasa perlu untuk membagi informasi penting yang saya dapatkan di acara ini yang diadakan Rabu siang 13 September 2017 kemarin di kafe Tartine FX Sudirman.

Mengapa harus mobil123

Mobil123 adalah portal otomotif no 1 di Indonesia yang mempertemukan antara pembeli dan penjual yang terpercaya di satu platform yang terdiri dari listing berkualitas, juga terdapat riset dan review kendaraan untuk menciptakan sebuah pengalaman jual beli yang terbaik* (Sumber. FAQ Mobil123.com). Mobil123 memiliki jumlah listing terbesar di Indonesia dengan lebih dari 200.000 listing kendaraan baik baru maupun bekas yang tersedia didalam database. Salah satu listing yang bergabung adalah Caready.com yakni milik Perusahaan taksi bluebird. Yang menjual mobil mobil khusus bekas taksi.

mercedez benz e200 compressor bekas taksi bluebird
mercedez benz e200 compressor bekas taksi bluebird

Tips Membeli Mobil Bekas

Tips dari Bapak Hery Sugiarto, General Manager Blue Bird Used Car.  “Membeli mobil adalah tindakan konsumstif, karena sekarang mobil sudah menjadi kebutuhan bukan lagi sebuah kebanggaan”.  Membeli mobil bekas dapat menjadi salah satu solusi bila kita memiliki keterbatasan kesediaan dana.  Asal tahu tips dan triknya, mobil bekas yang kita beli jauh lebih bermanfaat.  Saya setuju banget, apalagi tipe konsumen seperti suami, yang tidak mau berhutang.  Apa apa dibeli secara tunai termasuk kendaraan.  Sepertinya membeli mobil bekas dapat masuk ke dalam list target kami selanjutnya, mengingat mobil impian yang harganya pun masih dibawah 250 juta harus, menabung 5 tahun mungkin baru terkumpul uangnya.  Kalau Beli yang bekas, sepertinya tidak perlu menabung selama itu kan?.

IMG-20170916-WA0006
Bapak Hery Sugiarto menjelaskan apa saja yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas

Ada 6 Hal yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas

1. Check bentuk exterior mobil

Pastika mobil berada pada permukaan rata sebelum memeriksanya, periksa semua ban, apakah ada bagian mobil yang sudah turun atau melorot?, periksa dengan telilit kondisi cat mobil.  Periksa jangan sampai terlihat titik titik karat, penyok atau goresan.

2.  Check Mesin

Periksa bagian dalam kap mesin apakah ada penyok, kerusakan atau karat.  Periksa selang selang dan sabuk, periksa mesin terhadap segala jenis kebocoran.  Angkat tongkat pengukur oli transmisi, warna oli harusnya merah atau merah jambu.

3.  Check Interior Mobil

Jangan sungkan untuk masuk kedalam mobil, periksa jok dan sarungnya, apakah terdapat sobek, noda, lubang atau kerusakan lainnya.  Periksa apakah pendingin mobil bekerja dengan baik. Untuk mobil mobil yang telah memiliki komputer mesin, cermati peringatan peringatan yang mungkin muncul ( berupa lampu atau suara).

4.  Test Drive

Pilih mobilnya mah bisa online, tapi setelah memutuskan membeli. Tetap harus COD dan coba pakai dulu mobilnya. Pastikan untuk memeriksa rem dengan menekan dalam dalam untuk berhenti mendadak, tetapi tidak sampai selip. Periksa apakah ada guncangan kecil pada kecepatan 72/88/105/121 Km per jam.

5.  Surat Surat Kendaraan

Check kelengkapan surat, seperti pajak apakah sudah dibayar sesuai waktunya.  Check BPKB pastikan kondisi baik, dan keterangan di STNK dan BPKB sama. Check Faktur Pajak kesesuaian dengan realita kendaraan.

6. Tips Sederhana dan yang menjadi bagian paling penting

Bandingkan harga dan kondisi mobil baik secara online maupun offline, beli di tempat terpercaya, dan no 1-4 cukup diwakilkan dengan membawa mekanik untuk mencheck kondisi mobil.

Mobil Bekas Taksi Bluebird

Bagaimana? sudah tertarik membeli mobil bekas?.  Teman teman bisa juga berkunjung ke www.caready.com.  Situs jual beli mobil bekas bluebird.  Bluebird selalu melakukan peremajaan pada armada taksinya, setiap 5 tahun sekali mobil taksi bluebird diganti dengan yang baru. Nah mobil bekas taksi ini bisa dibeli oleh masyarakat umum.  Tapi jangan khawatir tentu saja bluebird melakukan pengecheckan dan perbaikan kondisi mobil terlebih dahulu sebelum mobil dilempar ke pasaran.  Mobil akan diperbarui catnya, mesin mesin yang rusak juga akan diganti terlebih dahulu. Sudah banyak kok pengguna mobil bekas bluebird, salah satunya komunitas VLOG yang menggunakan mobil Limo bekas bluebird. Sekarang sudah ada beberapa jenis mobil yang bluebird tawarkan selain limo juga ada jenis Mercedes Benz E200 kompresor.  Untuk jenis toyota limo sendiri dijual mulai RP. 82.500.000 dan konsumen mendapatkan garansi mesin 3 bulan.  Bagaimana menarik ya.

Tentang MSIG ONLINE

Selain membeli mobil bekas secara online, sekarang kita juga bisa loh membeli asuransi secara online, bahkan mengurus klaimnya pun bisa dengan menelpon call center saja. Cocok banget untuk kamu yang tidak suka bertemu agen asuransi, mungkin karena kamu gugup kalau bertemu orang baru (hihihi) atau tidak mau dipengaruhi saat memutuskan membeli polis asuransi (gue banget). MSIG online merupakan bagian dari PT Asuransi MSIG Indonesia, salah satu perusahaan umum patungan terbesar di Indonesia yang juga anggota dari group asuransi umum terbesar di Jepang.  MISG telah beroperasi di Indonesia lebih dari 40 tahun dan telah berkembang menjadi lebih besar.  Sementara ini asuransi online yang telah lebih dulu di launching ke masyarakat adalah asuransi perjalanan atau travel insurance. Untuk jenis asuransi lainnya akan segera dilaunching pula di kemudian hari.

Keuntungan Membeli Asuransi Online

PRAKTIS, AMAN dan CEPAT, itulah 3 kunci keuntungan membeli asuransi perjalanan di MISG Online. Kalau bisa praktis kenapa harus susah,  cukup lakukan transaksi secara online dengang mendaftarkan dan membeli langsung di www.msigonline.com dalam sekejap kita langsung terlindungi manfaat polis asuransinya.  Informasi yang kita masukkan saat membeli produk akan tersimpan dengan aman dan MISG selalu berkomitmen untuk selalu menjaga kerahasiaan data polis. Dan di masa digital yang serba online ini, kita akan mendapatkan polis langsung bersamaan setelah membayar premi, tidak perlu lagi menunggu berhari hari sekedar untuk penerbitan polis.  So express bukan?. Lagipula MISG ini perusahaan yang sudah terkenal nama baiknya.  Tidak perlu khawatir premi tidak dibayarkan. Asal sesuai ketentuan, MISG akan selalu responsif dalam mengurus klaim konsumennya.

28 Comments

  1. Waw…punya mobil limo dengan harga terjangkau. Makin eksis bergaya nih

  2. Sekarang apa apa serba online yaa, karena memang efisien dan praktis sih, makasih rekomendasinya kaka. ☺

  3. Makin banyak yg bisa kita beli secara online ya mb, senangnya gak perlu macet-macetan dan ditungguin spg?

  4. Perkembangan jaman semakin canggih aja ya, semua hal dibuat praktis. Hanya tinggal buka web nya, kita bisa pilih2 kendaraan sesuai budget. Jd ga perlu repot2 lagi sekarang harus cari kemana2. Info yg sangat menarik sekali.

  5. Jujur sebenernya agak males punya mobil, selain macet harganya mahal, Kalo beli mobil bekas suka galau… Tp setelah baca info ini jd tertarik

    1. Author

      beli heli jg bisa kok bun, cocok di kondisi jakarta yg serba macet ini

  6. Sekarang serba online.jadi lebih mudah.mau muda atau tua bisa langsung akses. Dan juga walaupun online ba aman krn bs cod dan liat kondisi mobil

    1. Author

      betul bun setuju banget, makanya ye kan kita makin gencar promo onlineshop nya krn yg online itu lebih mudah

  7. Asik, dapat informasi mengenai tempat beli mobil bekas dengan kualitas bagus yang ga mahal.
    Semoga cepat kekumpul uangnya dan bisa secepatnya punya mobil Vios ex Blue Bird.

  8. Naksir Mercy ituuuuu
    Dan Asuransi Online juga mudah ya mendapatkan penjelasan akuratnya di MSIG?

  9. Jarang ada asuransi yang paperless, MSIG Online keren nih programnya 🙂 Nah, klo Mobkas Blue Bird meski murah tetap nampak mewah ya kualitasnya terjaga kalau beli di CAReady!

  10. nyari pete emang susah mak? lagi gak musim. kalau nyari pete susah yg gampang aja mak carinya. asuransi msig

  11. Sistem serba online ini emang memudahkan siapapun ya… Bahkan orang tua sekalipun bisa belanja belinji tanpa harus keluar rumah lagi…

  12. Tambah memudahkan banget buat yang suka jalan2 tanpa ada gangguan yang terduga selama perjalanan, cocok nih asuransi perjalananannya

  13. Mobilnya masih mulus dan bagus ya, apalagi ada asuransi online yang gak pake ribet makin cucok deh

  14. Uwooow dengan harga segitu udah bisa beli mobil walaupun bekas tapi Insha Allah kulitas dan performanya oke ya, bisa direkomendasiin nih buat kaka ku yg lagi cari2 mobil 🙂

    Btw ayah mertuanya melek teknologi ya hehe, salut deh masih bisa nyaari2 mobil sendiri via online hihihi

  15. Belum pernah coba beli mobil secara online karena dulu belum kenal mobil123.com sekarang boleh deh di coba siapa tau dapat mobil bekas yang kece

  16. Jadi tahu apa yang harus diperhatikan saat akan membeli mobil bekas

  17. boleh juga nih blue bird caready sebagai alternatif beli mobil bekas… karena mobilnya berkualitas walau bekas

  18. Udah jamannya Online apapun jadi mudah, lebih praktis, hemat waktu…..namun tetap kita harus teliti dan jeli ya mba terutama hrs tau sumbernya trpercaya atau gak jgn sampai kecewa dikemudian hari

  19. ipar aku juga pernah beli vios di Blue Bird mba, aku liat mulus banget mobilnyaa, jadi pengen jugaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *