Sebelum Konsumsi Pahami Dulu Kegunaannya, Karena Tiap Susu itu Berbeda

Susu Sapi pict source mymilk..com
Susu Sapi pict source mymilk..com

13 tahun yang lalu saya sering berkunjung ke beberapa pabrik pengolahan susu. Ke pabrik susu segar yang dipasteurisasi sudah pernah, ke pabrik yang memproduksi susu proses juga pernah. Sebagai mahasiswa teknologi pangan, saya jadi sering keluar masuk pabrik makanan dan minuman proses. Bagi saya dulu, semua susu itu sama, asalkan berwarna putih dan enak diminum. Maklum dulu kan belum jadi Ibu. Kalau sekarang ya tidak bisa begitu, seorang ibu harus jeli melihat segala sesuatu, berbekal pengalaman saat kuliah dulu, ternyata tiap susu itu berbeda. Contohnya susu jika ditinjau dari proses pembuatannya dapat terbagi menjadi beberapa jenis. Belum lagi bila dilihat dari komposisi nutrisi dan kegunaannya. Ternyata kegunaan tiap susu itu berbeda loh Bapak dan Ibu. Karena itu sebagai pengguna susu, apalagi sebagai orang tua, kita wajib teliti dan paham kegunaan dari masing masing susu. Jangan asal minum apalagi sembarang memberikan ke anak.

Selasa 12 September 2017 yang lalu, bertempat di Sleepy Head Cofee Kebayoran Baru Jakarta selatan. Bersama para mom blogger dari komunitas ISB, terlibat dalam sebuah diskusi kesehatan. Kebetulan temanya sangat menarik. Tiap susu itu berbeda. Yang dibahas sih banyak sekali, karena memang sesi acaranya lebih banyak fun discussion.  Narasumbernya adalah seorang dokter spesialis anak yang ternyata juga seorang jurnalis. Yakni dr. Martin Leman SPA. Sebagai seorang dokter anak, dokter Martin begitulah beliau selalu disapa, paling sering mendapat pertanyaan seputar susu dan kegunaannya sebagai penambah nutrisi bagi anak. Apalagi di Indonesia, minum susu untuk anak anak sudah menjadi sebuah keharusan. Banyak pula akhirnya simpang siur yang perlu diluruskan, apalagi zaman digital seperti sekarang ini, aneka artikel, baik yang benar isinya maupun yang hoax cepat sekali penyebarannya. Untuk itulah saya dan teman teman komunitas ISB merasa perlu turut serta menyebarkan informasi yang dirasa lebih tepat mengenai susu. Yuk mari kita simak apa saja yang saya dapatkan dari fun discussion kemarin.

Apa sih susu itu?

susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia. Jadi bila ditinjau dari asalnya susu dapat dibedakan menjadi dua jenis. Air susu Ibu (Manusia) dan air susu hewan mamalia (Sapi, Kambing, Onta, Domba dan beberapa hewan lain yang lazim diambil susunya). Sedangkan susu soya atau susu kedelai, maupun susu almond dan susu kacang kacangan lainnya, sebenarnya tidak termasuk jenis susu, hanya saja karena warna dan teksturnya mirip susu lantas disebut juga sebagai susu.

Air Susu Ibu.

Semua ilmuwan maupun praktisi kesehatan sepakat bahwa air susu ibu adalah yang terbaik untuk anak manusia. Asi menjadi satu satunya sumber nutrisi bagi bayi berumur dibawah 6 bulan. Seperti yang disampaikan oleh Dokter Martin Leman, bayi dibawah 1 tahun tidak perlu susu tambahan lain apabila sudah mendapatkan asi, dan makanan pendamping asi setelah usia 6 bulan. Memang sebaiknya bayi diberikan asi hingga 2 tahun. Susu dari hewan mamalia memang dapat dan diperbolehkan diberikan ke anak anak dengan syarat dan ketentuan berlaku, yakni bila anak anak belum mendapat nutrisi seimbang dari makanannya, terutama kalsium. Susu hewani terutama susu sapi bisa menjadi solusi penambah nutrisi.

Jenis Susu Sapi

Berdasarkan hal diatas, susu sapi dapat dikategorikan berdasarkan proses pengolahannya.

1. SUSU SEGAR

Susu segar adalah susu dengan kandungan susu asli paling tinggi, ya tentu saja karena susu ini didapat dari hasil perahan hewan mamalia ternak seperti sapi, kambing, onta, domba dll.  Susu ini pun tidak mendapat tambahan air, fortifikasi zat gizi, dan rasaya paling lezat karena asam lemak susunya belum rusak.  Susu segar tidak dapat bertahan lama, dan sebaiknya segera diminum setelah dipanaskan pada suhu maksimal 70 derajat celcius selama 5-10 menit.

2.  SUSU BUBUK

Susu bubuk didapatkan dari proses mengeringkan susu segar dengan proses spray driying maupun drum driying yang bertujuan untuk mengurangi sebagian air dan lemak, namun tidak menghilangkan kandungan gizi alami susu seperti laktosa, vitamin,protein dan mineral.  Jenis susu ini paling disukai karena tahan disimpan lama, bisa ditambahkan fortifikasi zat gizi, serta khusus untuk susu formula bayi dan anak anak dapat ditambahkan nutrisi khusus sehingga bisa dimodifikasi sehingga mendekati nutrisi asi.  Susu bubuk untuk anak juga tidak ditambahkan gula, karena itu rasanya tidak semanis jenis susu lainnya.

3. CONDENSED MILK (KENTAL MANIS)

Sesuai dengan namanya, susu kental manis diperoleh dengan melakukan pemanasan susu dengan suhu 80 derajat celcius selama beberapa jam, sehingga hampir setengah bagian air dalam susu dihilangkan.  Supaya kental, dilakukan proses evaporasi bertahap dengan menambahkan gula yang banyak.  Fungsi gula disini adalah sebagai pengawet.  Susu kental manis ini bukan merupakan jenis susu yang dianjurkan untuk memenuhi gizi seimbang.  SKM dibuat dan diperuntukkan hanya sebagai bahan tambahan makanan dan minuman.  Tidak disarankan untuk dikonsumsi sebagai susu, karena tingginya kadar gula dan kalori di SKM, susu ini tidak cocok diberikan ke anak anak, selain dalam bentuk topping makanan maupun campuran makanan.

3. SUSU UHT

Dari namanya kita tahu kalau susu ini dibuat dengan sistem Ultra High Temperatur tanpa diberi pengawet makanan.  Susu yang sudah diolah akan dipanaskan dengan suhu tinggi hanya dalam waktu sepersekian detik. Suhu ini berguna untuk mematikan bakteri pembusuk dan patogen.  Namun karena pemanasannya pada suhu yang cukup tinggi, proses ini cukup mengubah komposisi dan nutrisi susu, menghilangkan vitamin sehingga perlu fortifikasi tambahan, mendenaturisasi protein dan merusak enzim. Susu ini hanya bertahan 6-10 bulan. Dan apabila sudah dibuka dari kemasannya harus dihabiskan dalam satu hari.

4. SUSU PASTEURISASI

Sepintas mirip dengan susu UHT, namun susu pasteurisasi hanya mengalami proses pemanasan pada sushu 72 derajar celcius dengan tujuan mematikan bakteri pembusuk saja.  Karena itu dibanding jenis susu lainnya, susu ini adalah susu yang paling mendekati rasa susu segar.  Sayangnya jenis susu pasteurisasi tidak dapat disimpan terlalu lama dan butuh ruang penyimpanan dengan suhu rendah.

5.  SUSU STERILISASI

Susu ini juga mengalami proses pemanasan yang tinggi seperti susu uht.  Kelebihannya susu menjadi sangat higienis, sehingga bisa disimpan disuhu ruang, tentu saja selama kemasannya belum rusak/dibuka. Sayangnya terjadi perubahan warna susu dan rasa susu aslinya.

Bapak Ibu, dari ke lima informasi jenis susu diatas.  Dapat kita ketahui kan mana saja susu yang lebih cocok dikonsumsi oleh kita terlebih anak anak kita.  Apalagi untuk anak anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang 1000 hari pertama kehidupan.  Kita wajib memberi mereka makanan dengan gizi seimbang.  Mengingat 1000 HPK adalah masa yang sangat penting dalam pertumbuhan fisik dan berkembangnya Organ tubuh, dan Otak anak. Kesalahan dalam memenuhi makan dan minum anak di 1000 HPK dapat menyebabkan anak mempunyai resiko mengalami penyakit degeneratif (diabetes, obesitas, hipertensi, jantung, kanker) lebih besar saat mereka dewasa nanti.

Beberapa Tips Memenuhi Gizi Seimbang anak

1. Jangan lupa Susu Kental Manis sebaiknya diberikan sebagai bahan tambahan makanan saja, jangan diberikan sebagai minuman penyeimbang gizi untuk anak, apalagi anak anak dibawah usia 7 tahun. Karena kandungan gulanya yang terlalu tinggi.

2.  Susu juga tidak perlu diberikan bila anak sudah mendapatkan makanan dengan gizi yang seimbang.

3. Untuk anak anak yang membutuhkan nutrisi tambahan, boleh diberikan susu. Namun check kandungan gizinya, pilih yang tidak mengandung gula tambahan.

4.  Bayi yang tidak mendapatkan asi dari ibunya, perlu berkonsultasi ke dokter anak untuk mencari solusi yang tepat mengenai susu formula pengganti

5.  Berikan cukup asi saja untuk anak dibawah usia 6 bulan, dan tidak perlu susu formula tambahan untuk anak yang mendapat asi hingga 2 tahun.

6.  Susu adalah makanan tambahan, berikan hanya setelah anak makan. Bukan makanan utama yang membuat anak anak jadi malas makan.  Tips berikan susu hanya saat bangun tidur atau sebelum tidur.

7. Utamakan kualitas dan kegunaan susu, jangan hanya lihat dari harga susu.  Susu mahal bukan jaminan kualitas terbaik, susu murah bukan jaminan sehat.

Oke deh, sebenarnya masih banyak yang ingin saya tulis. Karena kaitan susu dengan kesehatan anak anak juga banyak sekali.  Namun cukup sampai disini dahulu informasi yang bisa saya bagikan ke Bapak dan Ibu sekalian.  Semoga dapat menambah wawasan kita tentang kegunaan susu yang keluarga kita konsumsi. Sampai bertemu kembali dipostingan selanjutnya.

39 Comments

  1. selama ini ku salah dong ya, si kakak nih seneng bgt sama susu kental manis ternyata gulanya itu ya yg banyak. dan kalau memang sudah baik gizinya tdk perlu penambahan susu lagi. makasih bun fika untuk tulisannya

  2. ASI adalah yang utama… Tapi bila tidak lagi mencukupi kebutuhan nutrisi bagi anak kita… Tentu kita harus pandai memilih susu yang tepat sebagi pengganti nya ya…

  3. Ane Suka Susu bubuk Dan Kental manis. Susu buat toping Dan makanan enak. Tahu Susu oleh oleh wajib bawa saat ke Bandung. Susu enak bikin pintar

  4. Wah penjelasannya lengkap banget, jadi tercerahkan saya mba ficha. Makasih infonya ya, selama ini ternyata banyak berita simpang siur mengenai susu, khususnya susu untuk anak2.

  5. Masyarakat masih banyak yg kurang memahami apa itu Susu Kental Manis dan bahaya gula yg terkandung didlm SKM tersebut. Pernah berkunjung ke daerah pelosok Jawa Tengah dan sempat tercengang juga karena hampir setengah anak balita dr desa tersebut minum SKM dan sang ibu berpikir klo SKM itu susu formula yg dianjurkan utk memenuhi gizi seimbang.

  6. Nah iya ni penting banget sosialisasi akan hal ini mba, soalnya di kampungku malah menjadikan SKM sebagai pengganti ASI. Duh kan mengkhawatirkan ya..

  7. Alhamdulillah anak saya belum terlalu sering diberi SKM, karena bagi saya memang terlalu manis. Sekaran Azzam masih minum susu formula, ternyata bisa jadi penyebab obesitas dan penyakit diabetes ya SKM itu.

  8. Anak-anak minum UHT dan tetep mamanya beli yang harganya lagi promo hehe..

  9. Anak saya untungnya minum susu bubuk yg kaya nutrisi. SKM buat es campur aja 🙂

  10. Tips memenuhi gizi seimbangnya oke banget Fika, Btw emang banyak yang keliru akan manfaat SKM ini sih ya…duh takutnya kalau udah kecanduan efeknya jadi Obesitas ntr jangka panjangnya 🙁

    Namanya harus di ubah jangan ada kata susunya kali ya hehe…

  11. Anak sy sdh 2thn 3bln, dari bayi sdh minum susu bubuk karena asi sedikit, tp sekarang sudah beralih ke susu uht yg plan (kbetulan sukanya yg ini) karena ada yg blg susu bubuk jg krg bagus untuk anak diatas 2 thn..apa benar ya bun?

    1. Author

      sepanjang pengetahuan saya, susu itu ndak wajib bun, selagi anak sudah mendapat makanan dengan gizi seimbang, tapi kalau masih memerlukan susu sebagai sumber kalsium dan lemak, ya boleh dikonsumsi asal sesuai takarannya, dibanding susu bubuk, jelas uht kan masih lebih mirip suau segar. tapi bkn berarti jg jd lebih baik. krn masing masing ada kelebihan dan kekurangannya. yang pasti cek label aja dulu bu. lihat komposisi susunya

  12. Waaaah berarti dulu pas kecil aku salah sering banget dibeliinya SKM hihihi :’) namun untung nggak berlanjut sampe dewasa sih, malah sekarang sukanya susu UHT atau nggak susu bubuk :3 enak soalnya hihi

  13. Susu itu makanan tambahan bukan utama. Sayangnya msh byk yg blm ngerti. Asal anaknya udah minum susu, makanan lain gak masuk. Kudu bner2 jeli skrg ini. Dan aku dr kecil kurang doyan susu mamalia

  14. Istri saya pernah nih menjelaskan poin-poin keguanaan susu, dan lebih kurang tips-tips yang Mbak Fika sebutkan.

    Tapi, anak saya, ketagihan susu parah, sehari bisa belasan botol, Alhamdulillah membantu pertumbuhannya. Yang melegakan, meskipun konsumsi susunya banyak, makannya ga keganggu.

    kecuali lagi ngambek, sih.

    Btw, sepakat, kalau bayi masih bisa dikasih ASI, jangan dulu lah dicampur sama sufor.

  15. Kalau aku sering disaranin untuk tidak terlalu mengkonsumsi susu bubuk. Karena proses untuk menjadi bubuknya sendiri mengungari kandungan gizi yang seharusnya.
    Eh aku sih emang eggak pernah minum skm, ga pernah dikanalin skm sama orangtuaku. Tapi aku justru kenal skm dari rumah sakit.

  16. Kalau aku sedniri udah lima tahun sejak 2012 nggak minum susu, sehabis baca buku Miracle of Enzim. Namun aku masih sering banget makan produk susu hahah.
    BTW aku baru tahu kalau SKM itu bahasa Inggrisnya CONDENSED MILK, aku pikir ada sweet2nya wakakakakkaka

  17. saya pernah tuh minum susu di BIB (Balai inseminasi buatan) di lembang, kayaknya itu masuk kategori Susu Pasteurisasi (?) dan lebih seger sih..

    1. Author

      sepertinya aku tahu hehehe, iya itu paesteurisasi.. yogurtnya jg enak.

  18. Aku suka banget dulu minum SKM waktu SD. Baru tahu ini kalau bagusnya SKM itu untuk tambahan olahan makanan atau minuman saja mbak.

    Kalau masih kecil aku anak Susu bubuk lho, ga full ASI 2 tahun hiks hiks hiks

    Kan katanya anak yg full dikasi ASI 2 tahun days than tubuhnya lebih ok kan ya 🙁

    Kembalikan masa kecilku (baper lagi) 😀

  19. Hahaha aku anak susu formula sampai 6tahun. Gak terlalu diasupi asi, sedangkan abang aku anak asi. Kekuatan daya tahannya juga beda sih.
    Kalau susu kental manis lebih sering di konsumsi pas usia ud gede gini. Karena lebih praktis drpd susu bubuk.
    Kalau susu murni yg di campur rasa2 lain, itu kandungan vitaminnya gimana ka? Masih baguskah untuk tubuh?

  20. Tulisan yang mencerahkan.

    Terus susu yang ada rasa-rasanya itu gimana mbak?! Aku soalnya sukanya yang rasa coklat ehehhehee..

    Kalau untuk bayi emang sebaiknya ASI ya mbak. Selain hemat, nutrisinya juga sudah jelas.

  21. Aiiiiiiih gak baik ya ternyata susu UHT. hmmm aku baru tau

    Ibuku juga gak tau, kalo ternyata susu kental manis itu gak baik buat diminum kayak susu. Huhuu dulu aku minumnya itu. Soalnya murah. Tapi cuma abis seperempat.. Soalnya gak suka sih. Hahaha. Cukup buat pemanisnya jelly2an dan lainnya aja lah yaaaa

    Hihihi tengkyu infonya mbak fikaaaaaah

  22. Susu harus diperhatikan nih untuk si anak jgn sampai salah langkah nih. Klo salah ksh susu nantinya gizi si anak jd terganggu.

    Informasi yang bagus banget nih buat para ibu ibu yg msh awam

  23. aku anak susu formula, bukan ASI. wkwkwkw
    tapi emang ketahanan fisik anak susu formula dengan ASi berbeda sih. cuman ya, susu formula hadir kala sang anak tidak mengidolakan ASI emaknya.
    Kalau sekarang minumnya susu kental manis, meskipun emang sih gulanya banyak, tapi bikin dengan air yang banyak juga, biar gak terlalu manis. kalau susu penambah berat badan gitu, bagus gak sih ka?

    1. Author

      itu bukan susu mia, tp makanan nutrisi, kata pak dokter sih gitu. kemarin sempat dipaparkan jg, cm memang tulisan ini lebih ke susu kental manisnya sih.

    2. Author

      sama mia, aku jg asi cm 9bln keburu punya adek

  24. Kayaknya aku dari kecil ditanamkan pikiran bahwa susu itu penting, susu itu wajib. Blablabla. Tapi ternyata di sini dibilang gak perlu diberika susu kalau kebutuhan gizi sudah seimbang. Wah. Pengetahuan baru banget ini, sih. Ternyata susu hanya untuk konsumsi tambahan toh :/

    1. Author

      iya karena susu terbaik untuk manusia ya emang susu manusia itu sendiri

  25. Anak-anakku dulu susu minded, mba Fika…sampe gak bisa minum kalo gak susu.
    ((KZL kan yaa…karena gak selamanya orangtuanya luang. Kadang aku sakit, harus bikin susu, dll…ribbeett!))

    Alhamdulillah,
    makin besar bisa di sounding bahwa minum susu sehari 1 kali aja yaa…
    Karena minuman yang sehat itu yaa…air mineral.

    Begitu kan yaa, mba Fika?

    1. Author

      betul banget.. bener bener mama super ini mah

  26. Aku dulu juga dikasih tau ada susu bubuk satu kali pengeringan yang bisa membuat zat gizi lebih baik dari susu biasa. Alma suka sekali sama susu ini, entah kenapa. Tapi aku tak kuat belinya karena mahal. Akhirnya sesekali dioplos.

    Susu wajib jika gizinya kurang. Kalau sudah cukup tentu tidak wajib.

  27. Orangtua saya dulu, berpendapat bahwa susu adalah yang utama. Pokoknya harus minum susu setiap hari. Kalau saya beda lagi. Selama anak masih mau makan banyak makanan yang bergizi, susu tidak pernah saya haruskan. Kecuali memang mereka lagi mau susu.
    Saya juga setuju, jika anak usia 2 tahun ke bawah, cukup diberikan ASI saja.

  28. Mantap ini artikel. Saya penggemar susu jadi tau banyak ttg jenis-jenis susu. Saya juga baru tahu kal susu kental manis tidak dianjurkan dikonsumsi berlebihan atau kepada anak kecil.

  29. Di kampung saya dulu ada yg jualan susu segar
    Aromanya mmg beda
    Tapi sayangnya saya ga suka susu hehehe
    Paling klu udah dicampur ke makanan atau minuman baru bisa
    Klu susu asli ga bisa saya minum
    Anak saya konsumsi susu kedelai
    Sekarang udah tidak nyusu kg Krn sdh 6 thn .paling cuma beli susu kemasan aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *