Festival Prestasi Indonesia Inspirasi Untuk Semua

images (3)

Kamu nggak pancasila ya fik, tanya seorang teman saat melihat saya tidak ikut ikutan memajang foto saya pancasila beberapa waktu lalu.  Saya balas bertanya kepadanya, menurutmu bagaimana?.  Dia terdiam sebentar, ” Tapi kamu ga rasis sih kayak orang orang, walau jilbab kamu lebar, kamu masih bergaul dengan siapa saja”.

“Nah kan, kamu sendiri sebenarnya sudah rasis pada saya, karena kamu mengkotak kotakkan saya, kata jilbab lebar itu sendiri sudah sebuah pengkotak kotakan. Padahal jilbab yang saya pakai itu hanya pakaian, pembungkus aurat dan mencerminkan kalau saya ini mengamalkan sila pertama pancasila, yakni Ketuhanan yang maha Esa” Ujar saya panjang lebar waktu itu. Teman saya sih manggut manggut saja, “Sudahlah tidak usah diperpanjang ” Pintanya. Hihihi Saya pun mengangguk.

Gerah memang rasanya akhir-akhir ini membaca media sosial, rasanya perbedaan majemuk di Negara ini menjadi hal hal yang dicari-cari untuk dipermasalahkan. Salah satunya rasis. Rasis sendiri adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu, bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya.

Seringkali sikap rasis ini menimbulkan perbedaan perlakuan terhadap orang lain, perbedaan ini saja sudah membuktikan ketidakadilan bagi orang tersebut. Padahal setiap rakyat indonesia itu berhak mendapat perlakuan yang sama dan adil sesuai dengan pancasila sila ke 5.  Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Tuh baca deh. Wujud dari pelaksanaan isi dari sila ke 5 ini akan membuat kita semua merasa tentram, damai, aman dan sejahtera tinggal di Indonesia.  Oleh karena itu stop lah mengkotak-kotakan sesuatu dan bersikap rasis, karena itu sama sekali nggak sesuai dengan sila berapapun dari Pancasila.

Oh iya sekarang ini sudah ada UKP PIP loh. Apa sih itu? UKP PIP adalah unit kerja Presiden pembinaan ideologi pancasila, yang merupakan lembaga nonstruktural yang didirikan melalui peraturan presiden no 54 tahun 2017. Tugas UKP PIP membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan umum pembinaan ideologi Pancasila dan berkoordinasi, sinkroninsasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Diharapkan dengan dibentuknya UKP PIP ini dapat merangkul dan menginspirasi generasi muda seperti kita ini untuk memanfaatkan potensi dalam diri dengan cara positif yang sesuai dengan nilai nilai pancasila.

Menurut saya pribadi, nilai nilai pancasila sendiri dapat kita serap secara positif dalam kehidupan sehari hari, contohnya, dengan fokus beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing masing, tidak perlu repot mengurusi agama orang lain. Cukuplah menjalankan perintah agama kita masing masing. Saya rasa Indonesia akan damai kalau rakyatnya agamis dan saling menghormati kebebasan beragama.

Penerapan sila kedua, kemanusiaan yang adil dan beradab adalah dengan saling menghormati dan bertenggang rasa dengan warga lain, ikut aktif di kegiatan sosial. Sejak 2006 saya aktif di salah satu kegiatan kerelawanan dibidang bencana.

Penerapan sila ke tiga, Persatuan Indonesia, menempatkan kepentingan bangsa Indonesia diatas kepentingan pribadi, bangga menjadi bangsa Indonesia caranya dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, tidak menggunakan bahasa asing hanya untuk gaya gayaan.

Penerapan sila ke 4 kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan dan perwakilan. Contohnya adalah menerima hasil pemilihan umum baik tingkat negara maupun daerah, mendukung kepala negara ataupun kepala daerah yang terpilih.

Penerapan sila ke 5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, bersikap adil kepada seluruh orang tanpa melihat sara, bergaul dan sigap memberi pertolongan kepada siapapun, tanpa melihat asal usul orang tersebut. Tidak bersikap boros, dan bekerja keras.

Kalau kamu mau tahu siapa saja yang berhasil menerapkan ke 5 sila pancasila, kamu bisa hadir ke acara festival prestasi indonesia yang diadakan di Jakarta Convention Centre sejak tanggal 21 Agustus hinggal tanggal 22 Agustus 2017.  Sebanyak 72 orang ikon prestasi dari anak anak bangsa hadir dan ditampilkan di acara ini. Salah satunya adalah Hajjah Suraidah, bidan yang menjadi inisiator pendidikan anak usia dini di perbatasan Indonesia-Malaysia. Juga ada pak Suryono, satu satunya petani yang menjadi pembicara dalam konferensi tingkat tinggi perubahan iklim PBB di Maroko. Beliau pun masih punya banyak prestasi lainnya.

IMG_20170821_220051

Kalau kamu pingin tahu penerima award #PancasilaInspirasiMaju ini lainnya, kamu bisa langsung hadir besok, acara ini terbuka untuk umum kok. Kamu juga bisa follow social media UKP PIP disini nih

Facebook : https://www.facebook.com/GenPancasila/

Twitter : https://www.twitter.com/ukp_pancasila/

Instagram

https://www.instsgram.com/ukp_pancasila/

Semoga besok kita bisa hadir disana ya, dan mengikuti semua rangkaian acara festival prestasi Indonesia, dapat menginspirasi kita semua agar menerapkan pancasila di setiap tindak tanduk kita sehari hari. Pancasila sumber inspirasi maju.

21 Comments

  1. Kalau aku bilang sih, Mbak Fik komentar rasis kaya gitu biasanya basa-basi doang. Lucu aja yah.. Aku sendiri juga terkadang masih rasis sih huhuhu..

  2. Wah aku baru tahu ada festival prestasi pancasila seperti ini.

    Bener banget sih masalah mengkotak-kotakkan orang dan asal ngeklaim “oh kamu gak pancasila ya?” Hanya karna gak ikutan heboh saat hari kemerdekaan. Sebenarnya, hal kayak gini tuh emang bikin kesal sendiri, padahalkan menerapkan pancasila bukan berarti harus koar-koar di media sosia. Namun harusnya diterapkan pada perlakuan disetiap harinya. Semangat Mbak Fika!

  3. Mungkin perlu penataran P4 lg kyk zaman kita kecil dulu kali ya huhuhu. Skrng beda dikit rame, salah dikit, dinyinyirin.
    Festival2 semacam ini bagus utk refresh ttg persatuan TFS infonya mbk Fika 🙂

  4. Wih festivalnya apik banget. Masalah kesamaan memang perlu dipukuk supaya gak ada masalah, tapi kadang keadaan yang mempengaruhi

  5. betul tuh, anakmuda n remaja memang perlu diberikan pemahaman pancasila. Kalau mba fika sih, gw yakin sudah pancasila hehe.. ya iya kita hidupdi Indonesia ya pancasila sbg falsafahnya. Apalagi sila 1 kan ketuhanan yang maha esa. Jadi memang tak perlu diperdebatkan ^^ dah bagus banget itu pancasila, komplit n ga banyak negara yang punya seperti kita loh.

  6. Aku gak paham betul dengan Pancasila semenjak menjadi orangtua.
    Mungkin karena banyak berita pejabat yang tidak memberi contoh baik dalam bertindak dan berperilaku.

    Duluu…jaman sekolah, aku terpaksa paham. Karena ada mata pelajaran khususnya. Dan kalau diajak diskusi tentang kenegaraan, masih yang sok Pancasilais.

    Jadi gimana niih….aku perlu kayanya di refresh dengan datang ke acara ini yaa…?

  7. Iya, gerah juga melihat linimasa yang selalu mengkotak-kotakkan. Padahal kalau setiap individu menerapkan agamanya masing-masing, negeri ini akan damai-damai saja. Karena pada dasarnya setiap agama mengajarkan pada kebaikan.

  8. saya juga benci banget kalau ada yang berbicara atau bertingkah yang SARA dan mengkotak-kotakkan.. tapi ya apa daya, kebebasan informasi di indonesia ini kadang malah jadi bumerang sendiri.. dan sepertinya masih banyak orang yang terhasut karena isu sara

  9. Wuaw, makin keren aja indonesia
    UKP PIP ini dihadirkan mungkin karena berkembangnya issu anak muda sekarang kurang pancasilais gegara gak ada mata pelajaran PIP di sekolahnya. Gitu kali ya, hehhee
    Bagus sih prokernya, mengenalkan pancasila langsung dari wujudnya
    Tapi lebih keren lagi kalo wujud atau penerima penghargaan itu didatangkan langsung ke sekolah2 supaya menjadi role model pembelajaran pancasila

  10. dari kemarin, timeline saya penuh dengan tema pancasila,

    Ternyata lagi ada festivalnya toh,

    oh yah saya mau beropini pribadi,

    soal Pancasila tidak perlu diperdebatkan

    itu adalah dasar negara kita,

    yang kadang membuat ramai dan mengotak-ngotakan sebenarnya karena isunya diangkat sih

    media dan keriuhan media sosial adalah penyebabnya

  11. semoga dengan adanya UKP PIP ini nilai -nilai Pancasila kembali bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, walaupun tantangannya berat…

  12. aku baru tahu ya tentang UKP Pancasila kek begini, smeoga ini juga menjadi sarana untuk mengenal dan melestarikan nilai pancasila kepada anak cucu kta sejak dini

  13. Saya sangat sepakat bahwa penerapan nilai pancasila bisa diaplikasikan pada rasa keberagaman kita dalam beragama. Tidak perlu mengusik agama lain. 🙂

  14. Aku sendiri merasa msh kurang mendalami makna panca sila. Untungnya sih di desa jd gak terlalu terbawa org2 yg mengkotakan ini itu sampai mau mengganti pancasila. Mgkn dr anak2 kita hrs menanamkan cinta pancasila biar semakin cinta Indonesia

  15. Sayangnya, eventnya baru ada di Jakarta ya.. semoga nanti Bandung kebagian event kayak ginian juga.. mem-pancasilakan generasi muda banget event seperti ini tuh..

  16. SARA itu sensitif ya…tapi banyak dibahas dan gampang disulut. Kenapa Indonesia belakangan ini mudah banget disulut masalah SARA ya…

    Adanya UKP Pancasila ini, semoga menjadikan Indonesia yang berbhineka tunggal ika

  17. UKP PIP mirip dgn P4 ?
    Ingat dulu waktu masuk SMP ditatar dulu dengan P4
    Ya memang pengamalan Pancasila harus lebih diresapi oleh generasi muda
    Acaranya sepertinya insoiratif banget
    Nanti saya kepoin deh sosmednya
    Makasih ya mba

  18. Aku paling sebal deh sama orang yang suka mengotak-ngotakkan kayak gitu. Apalagi perihal agama. Aku setuju banget. Mestinya soal agama jadi urusan pribadi sama Tuhan aja, yang lain gak usah ikut campur. Dengan begitu, pasti akan lebih damai. Indonesia miris banget untuk persoalan yang satu ini. Gak habis-habis.

  19. festival ini sangat bagus banget buat generasi bangsa indonesia dan generasi muda. apalagi ada 72 ikon berprestasi yang telah memajukan bangsa indonesia.

  20. Sayang banget kemaren gak bisa ke festival ini karena faktor A, anak wkwk. UKP PIP ini bagus banget kurasa untuk anak muda agar bisa memahami Pancasila dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *