11 Cemilan Yang Sering Ada di Rumah Saya

Saya itu nggak tahu mau posting apa lagi, padahal ya ini odop baru memasuki hari ke 3. Hahahaha, jadi ketahuan lah ya betapa tidak kreatifnya saya dan kurangnya kemampuan membaca saya. Ya namanya juga bumil, tolong dimaklumi atuh.

Oke, akhirnya saya ingat, beberapa cemilan yang sering saya buat di rumah. Sementara ini dalam bentuk gambar dulu ya, besok besok semoga bisa saya lengkapi dengan resep, dan siapa tahu saya jadi cukup tajir untuk membagikan samplenya.  Baiklah lanjut saja kita mulai dengan cemilan yang paling sering dibuat di rumah saya.

1. Pempek Ikan

pempek buatan saya
pempek buatan saya

Orang yang kenal dekat dengan saya, sudah pasti tahu kalau saya makan ini sedikitnya 3 kali seminggu. Hampir semua jenis pempek saya buat dan makan, memang yang paling sering itu adalah pempek telur, dan adaan karena rasanya yang enak.  Kamu suka pempek juga?

2. Pempek Dos isi Telur Keju

Screenshot_2017-08-03-23-30-03-049_com.instagram.android-01

Wah bedanya apa sih pempek yang ini sama yang diatas.  Oh tentu beda, kalau pempek yang diatas itu ada campuran ikannya sebagai rasa gurih. Kalau yang ini hanya menggunakan biang terigu sebagai adonan pengganti ikan. Isinya diberi telur yang dikocok bersama parutan keju, nah disinilah istimewanya. rasa gurihnya keju berpadu lembut telur kocok, pas banget di lidah. Kapan kapan kamu harus coba nih

3. Cilok Daging

cilok daging sapi
cilok daging sapi

Nah ini juga salah satu cemilan yang sering banget saya bikin kalau abis beli daging.  Cilok buatan saya tidak pakai terigu, tapi seperti adonan bakso namun lebih banyak tepung daripada dagingnya.  Rasanya kenyal kenyal gurih, apalagi kalau diisi dengan keju didalamnya.  Makannya pakai saos sambal, aduh aku ga suka cilok yang pakai kuah kacang itu.

4. Cireng

Cireng adalah makanan khas bandung, tapi saya juga rajin membuatnya. Cukup ada tapioka, daun bawang, dan sedikit terigu ataupun sisa nasi kemarin. Jadi deh cireng yang empuk, makannya pakai saus cuka.

5. Laksan

laksan
laksan

Laksan adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari rebusan pempek lenjer yang diberi kuah udang dengan santan yang pedas. Hmmm yummy banget, apalagi kalau ditambahkan potongan daun kucai dan taburan bawang goreng. Wanginya khas.

6. Cibay

sekilas mirip martabak, tapi itu cibay
sekilas mirip martabak, tapi itu cibay

Cireng ngambay ini adalah olahan Aci yang katanya seperti keju mozarella, tapi kalau saya selalu membuat cibay mencampurnya benar dengan keju yang dipotong dadu. Cibay ini enak disantap hangat hangat.

7. Celimpungan

Celimpungan juga makanan khas dari palembang, yakni bulatan pempek yang direbus dimasak dengan kuah santan bumbu kunyit yang kental karena menggunakan daging ikan rebus. kalau laksan dari kaldu udang, celimpungan ini dari kaldu ikan

8. Godo godo

Adalah cemilan mirip bakwan tapi tanpa sayuran, isinya cuma tepung terigu yang dicamput telur dan air, lalu digoreng. istimewa bila ditambah daun bawang dan udang basah. yummy

9. Tekwan

Mungkin sebagian sudah tahu ya, ini adalah pempek rebus bulat kecil yang dimasak dengaan kuah kaldu udang diberi potongan buah bengkuang, daun sedap malam dan jamur kuping, enak ditambahkan perasan jeruk nipis dan sambal cabe rawit.

10. Model

Model Tahu
Model Tahu

Model kuahnya mirip kuah tekwan, hanya saja ini pempek tahu yang dikuahi kaldu udang, biasanya ditambahkan sohun diatas sajiannya.

11. Cigo

Cilok aci yang berisi jando atau tetelan diberi kuah bakso, cilok ini juga kadang diisi dengan telur puyuh, tambahkan sawi, ceker ayam dan tahu sebagai pelengkap

Nah itulah 11 cemilan yang sering ada dirumah saya, kalau kamu mau kamu bisa berkunjung ke rumah saya yang jauh ini, tapi kalau lagi ada ya beruntung, kadang kadang saya juga malah tidak punya makanan apa pun. xixxix semoga beruntung ya.

24 Comments

  1. banyak kesukaan yg sama mba, terutama pempek dan tekwan. Orang Palembang kah? hihi. Salam kenal mba,

  2. Wow, cemilannya mengenyangkan semua, Mbak. Jadi bikin tambah laper di jam makan siang… 😀

  3. yampun mak, enak banget bisa masak cemilan cemilan gini, udah sehat karena buatan sendiri bisa nyemil terus jadinya, kalo saya bisa masak ini makin endut nih

  4. subhanallah serba empek-empek dan aci-acian yaaa

    di tempatku tinggal, lumajang, kok aku nggak nemu empek2 yang enak sih. tapi kata temenku yang asli palembang, memang rasa empek2 di jawa dan palembang cukup beda.

    duh kah, pengen empek2 yang asliiiii

    1. Author

      hahahaha iya aku doyan bgt yg serba aci, smg nanti kalau roos main ke bogor, mampir ke rumah ku ya..

      1. huaaaaaaau cataaaaaat
        ke bogor demi empek2, makan banyak empek2, lalu pulang2 orang rumah pada nggak ngenalin, soalnya muka udah mirip empek2
        ah, tragis banget T_T

  5. Ya Allah cemilannya enak-enak. Di rumah aku mah jarang ada cemilan. Kirim dong ke rumah aku.

  6. Ya ampun banyak banget nama cemilan yg aku baru tau. Tekwan itu favorit banget pas resepsi pernikahanku habis paling duluan menu ini. Ngiler bgt sama laksan itu deh

  7. Banyak dari 11 makanan diatas terasa asing ditelinga, mungkin saja tidak terasa asing jika sudah melalui kerongkongan

  8. Mbak, cemilanmu kenapa berat semuanya sih?
    Jadi pengen jajan pempek, cireng kan ini. Habis aku blm bisa masak gituan

  9. Aduuh…pagi-pagi mampir ke sini, benar-benar menggoda…jadi pengen pempek. Apalagi liat yang isi telor keju…hmm…yummy, deh!

  10. Cemilan nya berat berat tapi enak… Cilok pake bumbu kacang itu enak loh mbak… Apalagi kalo pedes hmmm….

  11. Wuih… sering ada makanan istimewa di rumah…..
    Jadi pengen main, nih.

    Yang model itu, memang mirip tekwan ya… Jadi pengen nyobain, Cigo juga. Semua mua mua pengen nyobain, Hihihi

  12. Untung pas baca postingan ini aku sambil nyemil pempek, oleh2 dari tmn blogger ya baru pulang dari Palembang hehe

    Hmmm, kalau yang Cibay itu aku baru tau hehee, di Jkt ada yg jual gk ya 😀

    Atau Mbk Fika aja yg bikinin dikirim ke sini? #nglunjak :))

  13. Mulai dari nomor lima ke bawah aku masih asing banget sama namanya. Apalagi bentuk dan rasanya hahahaha. Kecuali Tekwan deng, masih tau kalo itu. Duh, banyak ya camilan yang sering dibuat di rumah Mbak Fika. Jadi pengin main deh.

  14. Ya ampuuun aku ngeces…

    Pempek makanan favorit saya dan suami. Btw mbak Fika rumahnya di mana? Main ke rumah sambil bawa rantang yaa

  15. Ada makanan yang saya suka juga
    Tapi ada yg saya baru tahu nih
    Namanya juga unik
    Jadi penasaran tuk nyoba

  16. Wahh asik banget nih yang bisa buat empek empek bikin dong buat pengunjung setianya haha btw kok ciloknya kaya bakso mba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *